new-jeans

New Jeans debut ke dunia K-Pop dengan dahsyat. Dunia musik K-Pop yang semakin berkembang setiap tahunnya terus mengeluarkan banyak artis dan menyebabkan persaingan sengit. Tidak mudah untuk langsung viral setelah debut, tetapi New Jeans berhasil mencuri hati para penggemar bahkan sebelum debut resmi mereka. 

Table of Contents

Sebagai bagian dari HYBE Labels, tentunya kabar mengenai comeback atau debut grup terbaru akan menyebabkan gencar para penggemar K-pop, tetapi popularitas New Jeans yang sudah meroket sebelum debut mereka tidak sepenuhnya karena pengaruh HYBE Labels loh. Bagaimana cara HYBE Labels menciptakan antisipasi sebelum debut? Yuk, ketahui semua tentang New Jeans di sini.

New Jeans Di Bawah ADOR Entertainment atau HYBE Labels?

new jeans

Mari mulai dengan label yang menaungi New Jeans. Dikenal sebagai bagian dari HYBE Labels, tetapi New Jeans berada di agensi bernama ADOR Entertainment yang dipimpin oleh Min Hee-Jin. Lantas bagaimana New Jeans bisa menjadi bagian dari HYBE Labels? 

ADOR Entertainment adalah salah satu label subsidi yang berada di bawah naungan HYBE Labels, sehingga New Jeans juga berada di bawah satu korporasi dengan banyak grup besar seperti BTS yang berada di Big Hit Music, Seventeen yang berada di Pledis Entertainment, Enhypen yang berada di Belift Lab, Le Sserafim yang berada di Source Music, TXT yang berada di Big Hit Music dan banyak grup lainnya. 

Dari SM Entertainment ke HYBE Corporation, Kenali Min Hee-Jin

new jeans

Mungkin banyak yang tidak mengenal Min Hee-Jin, tetapi ia merupakan seorang pemain lama di dunia entertainment Korea Selatan. Portofolio yang dimiliki oleh Min Hee-Jin sangat banyak, tidak hanya ia sudah lama berada di industri, Min Hee-Jin juga banyak bekerja dengan grup besar loh

Sebelum Min Hee-Jin menjadi CEO ADOR Entertainment yang menaungi New Jeans, ia merupakan figur penting di SM Entertainment, salah satu K-Pop Entertainment terlama yang ada dan terkenal sebagai Big 3 Companies di Industri K-Pop bersama YG Entertainment dan JYP Entertainment.

Baca Juga: Menarik, Ini 8 Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark Lagi!

Awal Dari Karir Panas Membahana Min Hee-Jin

Min Hee-Jin bergabung dengan SM Entertainment sejak tahun 2002. Sebelum ia ditunjuk sebagai CEO ADOR Entertainment yang menaungi New Jeans, Min Hee-Jin memulai karirnya sebagai seorang desainer grafis di SM Entertainment yang kemudian menjadi pimpinan visual branding. Di SM Entertainment Min Hee-Jin telah bekerja dengan banyak artis terkenal, seperti Girls Generation, SHINee, F(X), EXO dan Red Velvet.

Prestasi Min Hee-Jin 

Min Hee

Prestasi Min Hee-Jin semakin berkembang di Industri K-Pop. Beberapa prestasinya adalah memenangkan Best Visual and Art Director di Mnet Asian Music Awards 2016. Min Hee-Jin juga bertanggung jawab dalam mengarahkan visual dan artistic direction dari grup SHINee dan F(X) yang merupakan sister groups. Ia juga mengarahkan untuk grup Red Velvet. 

Karya Min Hee-Jin juga termasuk ‘Genie’ oleh SNSD, Album F(X) yang berjudul ‘Pink Tape’ dan ‘4 Walls’, Album ‘1of1’ oleh SHINee, solo album anggota member SHINee, Kim Jonghyun ‘She Is’ dan ‘Russian Roulette’ oleh Red Velvet.

Min Hee-Jin Sebagai Board of Directors SM Entertainment

Pada tahun 2017 Min Hee-Jin bergabung sebagai Board of Directors di SM Entertainment, tetapi menetap pada posisinya tidak bertahan lama karena pada akhir tahun 2018, ia meninggalkan SM Entertainment. 

Min Hee-Jin mengumbarkan aktivitasnya saat menghadiri You Quiz on The Block pada December 2021. Ia berkata bahwa ia merasa burnt out karena jumlah pekerjaannya. Bahkan pernah ia mengeluarkan 4 sampai 5 album dalam waktu satu bulan dengan semua artistik, promosional dan video. 

Awal Baru di Big Hit 

Setelah keluar dari SM Entertainment, Min Hee-Jin bergabung dengan HYBE Labels yang pada saat itu masih Big Hit Entertainment. Ia bergabung sebagai Chief Branding Officer dan bertugas untuk melakukan rebranding untuk Big Hit yang kemudian menjadi HYBE Corporation di May 2021. 

Kesuksesan Min Hee-Jin sebagai CBO memberikan HYBE Label kepercayaan untuknya memimpin label subsidi original pertama milik HYBE, ADOR (All Doors One Room) Entertainment sebagai CEO. New Jeans menjadi grup pertama yang debut di bawah ADOR Entertainment. 

Viral! Ini Strategi Marketing New Jeans yang Unik

new jeans hype boy

Mengapa Min Hee-Jin penting ketika membahas New Jeans? Bukan karena ia CEO ADOR Entertainment, tetapi direksi yang diberikan olehnya dalam membentuk New Jeans. Seperti yang sudah diketahui bahwa sebelum pindah ke HYBE Corporation, ia adalah creative director di SM Entertainment yang menerima julukan idea bank dan telah memberikan banyak konsep unik yang sukses saat dibawakan para idol.

Sebagai grup baru, New Jeans yang berada di bawah supervisi Min Hee-Jin memiliki teknik marketing dan komunikasi yang unik sehingga meningkatkan antisipasi para penggemar. Bagaimana strategi Min Hee-Jin untuk membantu New Jeans memikat penonton? Yuk, ketahui di bawah ini!

Baca Juga: Tingkatkan Instagram Mu Dengan 16 Cara Menambah Followers IG

  • New Jeans Untuk Mengambil Konsep Timeless

Dengan kembalinya konsep Y2K yang populer dikalangan Gen Z, Min Hee-Jin mengonsepkan New Jeans dengan style ala-ala tahun 2000an. Tidak hanya ini memberikan mereka konsen ‘youth’ tetapi juga memberikan mereka kesan yang timeless atau abadi. 

  • Strategi Pendekatan Debut New Jeans yang Unik

Salah satu strategi pendekatan yang umum digunakan di dunia musik Korea Selatan adalah mengeluarkan teaser atau cuplikan mengenai konten yang akan dikeluarkan. Namun, di bawah direksi Min Hee-Jin, New Jeans langsung mengeluarkan video musik bahkan sebelum debut resmi mereka.

Hal ini dilakukan untuk mempermudah para penonton mengenali New Jeans sebagai pemain baru di Industri musik Korea Selatan tanpa mereka harus mengungkapkan judul album debut mereka. Ini menjadi formula debut utama yang meningkatkan antisipasi para penggemar.

  • Jenis Album New Jeans yang Berbeda 

Memiliki beberapa jenis album yang bisa dipilih memang sudah biasa di dunia musik K-Pop, tetapi milik New Jeans berbeda. Biasanya perbedaan tiap album hanya dari konsep, tetapi untuk New Jeans dua album tersebut merupakan 2 tipe yang berbeda.

Untuk album Blue Book merupakan album member dimana bisa pilih untuk fokus kepada satu New Jeans member, semua member atau memilih versi Weverse. Selain itu ada juga versi New Jeans Bag yang ada beberapa versi, Red, Black dan White. Isi dari kedua jenis album tersebut juga berbeda ya.

  • New Jeans Memiliki Berbagai Versi Video Musik

Tidak jarang untuk video musik K-Pop memiliki beberapa versi, tetapi New Jeans menyediakan berbagai versi yang bahkan fokus kepada setiap member New Jeans loh, unik kan? Dengan begini, penonton akan semakin familiar dengan para anggota NewJeans dari sebelum debut resmi mereka.

  • Aplikasi Eksklusif ‘Phoning’ Untuk Penggemar New Jeans

Sebagai bagian dari marketing New Jeans, ADOR Entertainment membuat aplikasi phoning yang bernuansa retro dan memiliki fitur interaktif, seperti permainan dandan versi kartu, mendesain album sendiri dan lainnya. Aplikasi phoning memiliki fitur dimana pengguna bisa mengobrol di dalam grup dengan New Jeans member. 

  • Website Lucu dan Interaktif Untuk Penggemar New Jeans

Selain membuat aplikasi sebagai bagian dari marketing New Jeans, ADOR Entertainment juga membuat website unik yang dapat diakses oleh para penggemar anggota NewJeans.

Di website tersebut para penggemar New Jeans bisa melakukan photobooth dengan New Jeans member dan didekorasi. Website juga memberikan penggemar untuk mengakses foto-foto member New Jeans. Bisa juga membuat kartu ucapan dan dikirim ke orang lain. 

  • New Jeans Merilis Konten Media Sosial Berdasarkan Trend

Member New Jeans semuanya masih muda dan sadar akan tren yang ada di media sosial karena itu tidak jarang untuk melihat mereka merilis konten di Tik Tok yang banyak dilakukan dan diikuti oleh Gen Z. Melakukan ini membantu New Jeans untuk memiliki social media presence dan dikenali oleh netizen. 

Attention! Perkenalkan Super Rookie, New Jeans

full group new jeans

Super rookie girl group New Jeans, yang berada di bawah naungan ADOR Entertainment ini debut 22 Juli, 2022. Dengan 5 anggota NewJeans yang menawan, mereka cepat menarik perhatian para penggemar. Yuk, mari menyelam lebih dalam ke dunia New Jeans untuk melihat apa sih yang membuat pada tergila-gila dengan 5 member New Jeans ini?

Formasi New Jeans

Meski New Jeans debut di tahun 2022, rencana untuk membuat girl group di bawah direksi Min Hee-Jin sudah dijalankan sejak tahun 2019 ketika ia bergabung dengan HYBE Corporation di tahun yang sama. Planning sudah dijalankan hingga menggelar Global audition pada 2019 dan casting untuk grup di tahun 2020 hingga dikenali sebagai ‘Min Hee-Jin’s Girl Group’ oleh beberapa media. 

Awalnya, grup akan debut pada tahun 2021 sebagai kolaborasi Big Hit dan Source Music, tetapi proyek ditunda akibat adanya pandemi Covid-19 dan kemudian dipindah tangankan ke ADOR Entertainment di bawah kepemimpinan Min Hee-jin sebagai CEO. 

Baca Juga: 6 Isu Sosial di Masyarakat yang Diangkat Drama Korea Tomorrow

Arti Nama New Jeans 

Arti kata New Jeans mengambil konsep timeless dari Jeans atau kain denim yang memiliki kekuatan luar biasa sehingga bisa tahan lama. Namun, pemilihan nama New Jeans juga merupakan permainan kata yang bisa terdengar sebagai ‘New Genes’.

Konsep New Jeans

New Jeans banyak mengambil konsep era tahun 2000an yang menggambarkan masa muda atau ‘youth’ dan membuat image girl-next-door. Berdasarkan direksi genre musik New Jeans hingga saat ini, kebanyakan dari lagunya mengambil genre Pop dan R&B. 

Biodata Anggota New Jeans 

Tanggal Debut New Jeans: Agustus 1, 2022

Nama Fandom New Jeans: Bunnies (Tokki)

Akun Resmi New Jeans:

  • Website Resmi Kr: newjeans.kr
  • Website Resmi Jp: newjeans.jp 
  • Weverse: NewJeans
  • Instagram: @newjeans_official
  • YouTube: NewJeans
  • Twitter: @NewJeans_ADOR
  • Twitter JP: @NewJeans_jp
  • Tik Tok: @newjeans_official

New Jeans Member

New Jeans debut dengan 5 anggota yang berhasil memikat penggemar di seluru dunia. Berikut ini adalah biodata New Jeans lengkap dengan nama member New Jeans, fun facts mengenai para New Jeans member.

  • Hanni

new jeans

Nama Panggung: Hanni

Nama Asli: Hanni Pham

Nama Vietnam: Phạm Ngọc Hân

Posisi: Vokalis

Tanggal Lahir: October 06, 2004

Zodiak: Libra

Shio: Monyet

Tinggi: 161.7 cm (5’3”)

Berat: –

Tipe Darah: O

MBTI: INFP

Nasionalisme: Vietnam-Australia

Warna: Pink

Emoji:  🐰

Hanni merupakan satu-satunya member New Jeans yang tidak memiliki darah Korea. Anggota NewJeans yang satu ini lahir di Melbourne, Australia dan bisa berbahasa Vietnam, bahasa Inggris dan Korea. Sebelum debut dengan New Jeans, Hanni merupakan bagian dari dance crew di Australia, AEMINA Dance Crew. Ia merupakan idol Vietnam pertama di HYBE.

  • Minji

new-jeans

Nama Panggung: Minji

Nama Asli: Kim Minji

Nama Inggris: Isabelle

Posisi: Rapper

Tanggal Lahir: May 07, 2004

Zodiak: Taurus

Shio: Monyet

Tinggi: 169 cm (5’6”)

Berat: – 

Tipe Darah: A

MBTI: ESTJ-T

Nasionalisme: Korea 

Warna: Kuning

Emoji:  🐻

Lahir di Chuncheon, Korea Selatan, Minji merupakan anak tengah dengan 1 kakak laki-laki dan 1 adik perempuan. Sebelum debut di New Jeans di bawah ADOR Entertainment, Minji merupakan trainee Source Music yang telah di akuisisi HYBE Corporation. Saat ia masih SD, Minji pernah tinggal sebentar di Kanada untuk belajar bahasa Inggris.

  • Danielle

new jeans

Nama Panggung: Danielle

Nama Asli: Danielle Marsh

Nama Korea: Mo Jihye

Posisi: –

Tanggal Lahir: April 11, 2005

Zodiak: Aries

Shio: Ayam 

Tinggi: 165 cm (5’5”)

Berat: – 

Tipe Darah: AB

MBTI: ENFP

Nasionalisme: Korea-Australia

Warna: Hijau

Emoji:  🐶

Selain Hanni, Danielle adalah New Jeans member yang juga dari Australia. Lahir di Paju, Korea Selatan, ayah Danielle merupakan orang Australia dan ibunya merupakan orang Korea. Ia memiliki kakak perempuan yang lahir di tahun 2000.

  • Haerin

haein

Nama Panggung: Haerin

Nama Asli: Kang Haerin

Nama Inggris: Vanessa Kang

Posisi: – 

Tanggal Lahir: May 15, 2006

Zodiak: Taurus

Shio: Anjing

Tinggi: 164.5 cm (5’5”)

Berat: –

Tipe Darah: B

MBTI: ISTP

Nasionalisme: Korea

Warna: Putih

Emoji:  🐹

Lahir di Anyang, Korea Selatan, Haerin memiliki 1 adik perempuan yang lahir di 2009. Ia bisa berbahasa Inggris dan sejak kecil sering bermain pansori. Ketika ia masih di sekolah, Haerin merupakan bagian dari broadcasting club.

  • Hyein 

Hyein 2

Nama Panggung: Hyein

Nama Asli: Lee Hyein

Nama Inggris: Grace Lee

Posisi:  Maknae

Tanggal Lahir: April 21, 2008

Zodiak: Taurus

Shio: Tikus

Tinggi: 170 cm (5’7”)

Berat: – 

Tipe Darah: O

MBTI: INFP

Nasionalisme: Korea

Warna: Biru Muda

Emoji:  🐣

Hyein merupakan anggota NewJeans paling muda, lucunya tidak hanya di grup, tetapi juga di keluarganya loh. Hyein memiliki 2 kakak, kakak perempuan yang lahir di tahun 2003 dan kakak laki-laki yang lahir di tahun 2005. Hyein bisa berbahasa Inggris dan dulu merupakan model anak-anak sejak umur 8. Sebelum debut di New Jeans, Hyein merupakan bagian dari U.SSP Girl dengan nama panggung U.jeong.

Lagu New Jeans 2022

New Jeans debut pada tanggal 1 Agustus, 2022. Berikut ini adalah lagu-lagu yang ada di EP pertama mereka:

  • Attention 
  • Hype Boy 
  • Cookies
  • Hurt 

New Jeans mengeluarkan comeback pertama Tokki yang dirilis tanggal 19 Desember, 2022.

  • Ditto

Lagu New Jeans 2023

Tidak lama setelah New Jeans mengeluarkan lagu pertama dari single albumnya, New Jeans mengeluarkan lagu terakhir dari album tersebut pada 2 Januari, 2023.

  • OMG

Untuk kolaborasi New Jeans dengan coca cola, mereka merilis lagu yang digunakan sebagai lagu iklan coca-cola. 

  • Zero 

Tanggal 7 Juli, 2023 ini New Jeans akan comeback dengan album baru berjudul ‘Get Up’. 

  •  ASAP
  • Cool With You
  • New Jeans 
  • ETA
  • Get Up 
  • Super Shy

Gimana? Tokki sudah siap dengan comeback New Jeans tanggal 7 Juli mendatang? Untuk nggak ketinggalan yuk, jaga kesehatannya! Asuransi kesehatan dari Super You bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan loh!

Artikel Terkait