peluang usaha makanan

Peluang usaha makanan dapat menjadi solusi bisnis selalu dicari banyak orang. Ada aja muncul usaha makanan yang baru dan unik setiap tahun oleh para wirausahawan. Orang memilih peluang usaha makanan karena tertarik dengan keuntungannya yang besar.

 

Syarat Membuka Usaha Makanan

Tentu kamu harus memilih jenis makanan yang unik dan memang orang akan tertarik untuk membelinya. Kualitas makanan yang baik, posisi lapak usaha makanan yang strategis, dan pelayanan yang ramah. Agar usaha terus berkembang, kamu butuh manajemen keuangan dan strategi pemasaran yang baik. Semakin luas relasi kamu, akan memudahkan untuk menjalankan usaha makanan kamu. Selain itu, manfaatkan sosial media untuk promosi dan sebagai jembatan untuk menjual usaha makanan kamu.

 

10 Contoh Usaha Makanan yang Wajib Kamu Coba

1. Usaha Makanan Cilok

Cilok atau Aci Dicolok. Makanan ini simple karena terbuat dari tepung aci dan cara makannya pun dicolok. Cilok bisa dinikmati dengan saus sambal dan saus kacang. Cilok populer, murah, dan laris.

Cilok mungkin bisa ditargetkan untuk kalangan usia muda apalagi untuk anak sekolahan dan mahasiswa. Untuk penyajian cilok gak sebatas saus kacang dan saus sambal. Tentu bisa dilengkapi dengan saus keju mozarella, saus asam manis, saus barbeque, dan saus daging cincang.

2. Usaha Makanan Bubur

Bubur ayam mungkin terdengar sederhana. Tapi usaha makanan yang satu ini sudah laris manis dimanapun lho. Kamu bisa memulai usaha bubur ayam dengan berbagai toping yang jarang ditemukan. Topingnya gak sebatas ayam dan kacang aja.

Usaha bubur bisa membantu mendulang pundi-pundi rupiah kamu lho. Tergantung ide usaha kamu dan posisi lapak kamu apakah mudah ditemukan dan ramai atau tidak. Modalnya juga gak makan biaya.

3. Usaha Roti Bakar

Roti bakar atau roti panggang dengan lapak gerobakan sebenarnya sudah cukup menguntungkan. Kamu bisa membuat usaha ini menjadi unik dengan berbagai jenis rasa roti bakar dan topping. Selain itu bisa ditambahkan berbagai jenis minuman dingin dan panas seperti teh atau kopi.

Usaha roti bakar bisa kamu buka di depan rumah, dekat kampus, dekat pasar, perkantoran, atau di tempat yang ramai. Dibuat sesederhana seperti warkop (warung kopi) juga sudah menguntungkan. Kamu bisa mendapatkan roti di pasaran atau dibuat sendiri. Mudah bukan?

4. Usaha Makanan Khas Daerah

Tinggal di ibu kota, sebagai anak rantau pasti kangen dengan makanan khas daerah. Nah, ini bisa jadi pilihan kamu. Kamu gak harus membuka makanan khas daerah sendiri, bisa juga mencoba makanan khas daerah lain seperti makanan khas manado, nasi gudeg jogja, ayam betutu bali, seruit lampung, dan lainnya. Jangan lupa agar banyak yang tau, kamu perlu memposting di media sosial ya dengan testimoni atau review makanan yang menarik.

5. Usaha Nasi Goreng

Nasi goreng tentu sudah terkenal sebagai masakan Indonesia dan pernah menduduki peringkat sebagai makanan terlezat nomor dua setelah rendang. Nasi goreng mungkin mudah dibuat di rumah. Namun, sampai sekarang usaha nasi goreng gak ada matinya. Kamu bisa memadukan nasi goreng dengan terong, jengkol, pete, daging, atau seafood.

6. Usaha Makanan Nasi Uduk

Ide lain adalah usaha nasi uduk. Makanan ini cukup banyak digemari. Biasanya dijual dengan menu seperti tempe orek, telur bulat, telur dadar, dan gorengan. Jika kamu ingin membuka usaha nasi uduk, harus tampil dengan menu yang berbeda. Pelajari resep nasi uduk yang lezat untuk menambah aneka lauk menu nasi uduk. Contohnya seperti sate ati ampela, ayam goreng, ikan goreng, sate udang, sate cumi, empal goreng, bakwan jagung, dan lainnya. Banyak orang yang mencari nasi uduk gak cuma di pagi hari tapi juga di malam hari.

asuransi digital

7. Usaha Aneka Bakso

Agar bakso kamu terlihat unik, coba pelajari resep aneka bakso yang lezat. Kamu bisa menjual berbagai jenis bakso seperti bakso ayam, bakso telur, bakso keju, bakso telur asin, bakso udang, bakso cumi, bakso ikan, dan lainnya. Keunikan variasi bakso mungkin dapat menjadi daya tarik untuk orang membeli bakso kamu. Popularitas bakso intinya tidak tergantikan sehingga usaha makanan ini dapat menjadi referensi buat kamu.

8. Usaha Bubur Manis

Usaha makanan bubur manis bisa menjadi pilihan seperti menjual bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, bubur jagung, bubur sumsum, dan lainnya. Kamu juga bisa mencari resep lain yang disukai. Semakin jarang penjual bubur manis, justru dapat menjadi peluang untuk kamu. Sebagai pendamping bubur manis, kamu bisa menggunakan roti tawar atau roti gandum.

9. Usaha Makanan Seblak

Seblak berasal dari Parahyangan. Usaha makanan ini cukup menarik karena dapat dimasak lalu dicampurkan dengan aneka bumbu dan topping seperti telur, makaroni, sosis, bakso, ayam, dan bahan lainnya. Saat ini seblak tampil dengan konsep kekinian seperti menggunakan topping daging sapi cincang, keju mozzarella, dan sebagainya. Usaha ini lumayan memberikan keuntungan besar.

10. Usaha Aneka Donat

Donat dapat menjadi peluang usaha makanan yang dapat kamu coba. Banyak penjual memilih aneka donat manis. Mungkin kamu bisa membuat berbagai variasi rasa donat yang enak dan berbeda. Selain itu dampingi dengan minuman dingin atau hangat seperti variasi jenis kopi. Jangan lupa promosi juga sosial media ya.

Itu dia beberapa contoh peluang usaha makanan yang bisa kamu coba lho. Baca juga 45 ide usaha sampingan yang menguntungkan. Jika kamu gak punya banyak modal, yuk baca contoh bisnis modal kecil dari rumah.

Artikel Terkait Lainnya