Perbedaan AM dan PM

Teman SUPERjuangan mungkin sudah sering mendengar atau membaca istilahnya, tapi bingung apa perbedaan AM dan PM saat menunjukkan waktu. Masih banyak pula yang mengira pengertian AM dan PM itu menentukan siang dan malam aja. Ternyata, bukan sekedar itu loh.

Meski satu hari sama dengan 24 jam, bumi dibagi pula menjadi 24 zona waktu yang berbeda-beda. Nah, pembeda waktu beberapa negara ini disebabkan letak geografis suatu daerah karena pengaruh rotasi bumi. Namun, perlu diketahui pun waktu umum yang menjadi pautan adalah Greenwich Mean Time atau GMT.

Beberapa negara menggunakan sistem 12 jam untuk menentukan waktu, tak seperti negara kita. Umumnya, kita menulis pukul 07:00 menunjukkan pukul tujuh pagi dan 19:00 menunjukkan pukul tujuh malam. Sementara itu, misalnya di Amerika Serikat, akan menulisnya sebagai 7 AM dan 7 PM.

Dari gambaran tersebut, apakah kamu mengetahui perbedaan AM dan PM? Tenang, Supermin akan bantu Teman SUPERjuangan, termasuk pembagian periode dari AM dan PM. Kamu wajib membaca artikel kali ini sampai habis, ya!

Table of Contents

Pengertian AM dan PM serta Asal-Usulnya

Kamu yakin sudah tahu pengertian AM dan PM, coba AM pagi atau siang? Secara singkat, pengertian AM dan PM adalah sistem pembagi waktu yang digunakan untuk membedakan siang dan malam dalam satu hari.

Apa arti AM? Diambil dari bahasa Latin ‘Ante Meridiem’ yang berarti sebelum tengah hari. Apa arti PM? Sama pula diambil dari bahasa Latin ‘Post Meridiem’ yang berarti setelah tengah hari. 

Meski penunjuk waktu ini nggak digunakan oleh seluruh negara di dunia, tapi banyak juga orang yang suka menggunakan keterangan AM dan PM. Alasannya sederhana, pembagian waktu 12 jam ini sama seperti yang dibuat dalam jam analog secara global. 

Menariknya, Mesir merupakan negara yang telah menggunakan sistem 12 jam ini diperkirakan sejak 1500 SM. Kemudian, penggunaan AM dan PM mulai dikenal luas, berawal dari Inggris pada abad ke-17. Dan ternyata penggunaan AM dan PM nggak berbarengan loh.

Apa arti PM lebih dulu digunakan pada tahun 1640-an, sementara apa arti AM baru digunakan satu abad setelahnya. Nah, pembeda waktu beberapa negara ini muncul karena saat itu bahasa Inggris dinilai sebagai bahasa universal, yang mana AM dan PM digunakan oleh negara Inggris sendiri.

Alhasil, dengan mudah pembagian periode dari AM dan PM menjadi patokan waktu hampir di seluruh dunia hingga sekarang ini.

Pembagian Periode dari AM dan PM

Pengertian AM dan PM
Sumber: https://www.freepik.com

Cukup 30 detik Teman SUPERjuangan akan lebih paham perbedaan AM dan PM. Nggak percaya? Coba perhatikan jam dinding yang ada di sekitar kamu, atau jam tangan yang lagi kamu pakai. Pastinya bertuliskan angka 1 hingga 12, kan.

Nah, pembagian periode dari AM dan PM sangat mudah loh. Periode AM dimulai dari pukul 00:00 sampai dengan pukul 11:59 atau setara pukul 00:00 dini hari sampai dengan pukul 12:00 siang hari. Maka, kamu menggunakan keterangan AM.

Sementara periode PM dimulai dari pukul 12:00 sampai dengan 11.59 atau setara pukul 12:00 siang hari sampai dengan 23:59 malam hari. Maka, kamu menggunakan keterangan PM. Yup, pembagian periode dari AM dan PM masing-masing 12 jam aja kok, nggak sulit dong.

Waktu masuk pukul 12 dini hari sampai 12 siang, pakai AM. Kalau udah masuk pukul 12 siang sampai 12 malam, pakai PM. Misalnya, kita menuliskan jam 15:00, maka dalam format ini ditulis 03:00 PM. Jadi, udah paham dong perbedaan AM dan PM? Jangan sampai salah lagi penggunaannya!

Pembeda Waktu Beberapa Negara

Sebelumnya kita sempat menyebutkan istilah GMT alias Greenwich Mean Time. Apa sih itu? Tahukah Teman SUPERjuangan, pembeda waktu beberapa negara akibat bumi yang berotasi. Yup, bumi kita itu berotasi, kamu bisa membaca penjelasannya lebih detail di sini.

Namun, terdapat titik bujur atau bisa dibilang sebagai titik nol dari bumi. Nah, titik tersebut disepakati di suatu wilayah bagian negara Inggris, yakni Greenwich, Kota London. Sehingga terbagilah menjadi bagian bumi yang berada segaris dengan titik tengah, berada di timur GMT, serta berada di barat GMT.

1) Negara-negara yang berada segaris dengan GMT memiliki waktu yang sama seperti GMT itu sendiri. Biasanya disimbolkan GMT atau GMT 0.

2) Negara-negara yang berada di sebelah timur GMT memiliki waktu lebih cepat dibandingkan GMT. Biasanya disimbolkan GMT+. Setiap 15 derajatnya, bakal menunjukkan perbedaan waktu lebih cepat satu jam. Nah, kalau diukur dari GMT, Indonesia berbeda 7 jam, maka ditulis GMT +7.

3) Negara-negara yang berada di sebelah barat GMT memiliki waktu lebih lama dibandingkan GMT. Biasanya disimbolkan GMT-. Setiap 15 derajatnya bakal menunjukkan perbedaan waktu lebih lama satu jam. Misalnya, kalau diukur dari GMT, Kanada berbeda 5 jam, maka ditulis GMT +5.

Seberapa Penting Tahu Perbedaan AM dan PM?

Pentingnya Mengetahui Perbedaan AM dan PM
Sumber: https://www.freepik.com

Tentu dalam format waktu 24 jam, AM pagi atau siang itu tidaklah penting. Namun, sangat dibutuhkan ketika kita pergi ke negara lain yang menggunakan format AM dan PM, apalagi ada pembeda waktu beberapa negara. Misalnya, di Indonesia saat ini pukul 08 pagi di hari Rabu, sedangkan di Amerika Serikat pukul 08 malam di hari Selasa. Jadi, beda banget kan? 

Itu baru salah satu contoh aja loh. Dalam kehidupan sehari-hari, bahkan hingga dunia pekerjaan, tentu kita membutuhkan pemahaman tentang pembagian periode dari AM dan PM. Dan ini dia beberapa alasan pentingnya mengetahui perbedaan AM dan PM!

  • Keperluan pemesanan

Sebelumnya, Supermin sudah menyinggung beberapa orang yang tinggal di negara dengan format 24 jam sekali pun lebih nyaman menggunakan AM dan PM saat menentukan waktu. Nah, saat melakukan pemesanan seperti acara makan malam, perjalanan, atau pertemuan, mengetahui perbedaan AM dan PM membantu kamu bisa melakukan pemesanan tersebut dengan baik.

  • Kesepakatan waktu

Hampir mirip dengan sebelumnya, namun dalam hal waktu berjalannya acara yang telah disepakati. Dengan mengetahui perbedaan AM dan PM, kita bisa memahami juga apakah acara tersebut berlangsung di pagi atau malam hari. Sebaliknya, kalau kita tidak tahu perbedaan AM dan PM, yang seharusnya berlangsung di malam hari, kita justru datang di pagi hari.

  • Kedisiplinan waktu

Dalam dunia pekerjaan, nggak jarang perusahaan bertaraf internasional. Nah, sementara itu kebiasaan warga negara asing menggunakan format AM dan PM. Tentu dalam situasi ini menjadi bentuk keharusan untuk kita mengetahui apa sih perbedaan AM dan PM. Di samping itu, dalam hal menyelesaikan tenggat pekerjaan kita secara tepat waktu.

  • Komunikasi yang efektif

Jika disimpulkan, poin penting mengetahui perbedaan AM dan PM adalah menjalankan komunikasi yang efektif. Kita saling paham atau menyesuaikan kebiasaan orang lain yang menggunakan format AM dan PM. Ini juga bisa meminimalisir kesalahpahaman dan kebingungan saat berkomunikasi dengan orang lain, Teman SUPERjuangan.

Super Care Protection

Nah, itu dia perbedaan AM dan PM yang wajib Teman SUPERjuangan ketahui. Apalagi saat bepergian ke luar negeri yang menggunakan format ini. Tapi, selain menyiapkan paspor atau visa, pastikan kamu sudah terlindungi dengan asuransi jiwa Super Life Protection dari Super You by Sequis aja, premi dimulai dari Rp33.000/bulan, manfaat pertanggungan yang bisa kamu dapat hingga Rp1,5 miliar loh. Yuk, lindungi jiwa dan raga kamu sekarang!

Artikel Terkait