perlengkapan-touring-sunmori

Salah satu hal yang menyenangkan apabila berada dalam komunitas pengendara adalah memiliki teman untuk melakukan perjalanan jauh atau melakukan touring bersama. 

Komunitas sunmori yang didominasi oleh komunitas motor, banyak mengunjungi daerah sekitar hingga daerah yang jauh, karena itu wajib untuk melakukan persiapan dahulu sebelum melakukan touring ke daerah tersebut.

Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Touring Sunmori

Mau touring sunmori ke daerah yang jauh maupun daerah yang dekat tentu saja perlu membawa perlengkapan agar tetap siap dalam situasi apapun. Berikut ini adalah 16 barang yang perlu dibawa saat melakukan touring.

 

1. Jaket Tebal

Membawa jaket yang tebal akan membantu untuk menahan angin saat mengendarai motor, tetapi apabila jaketnya terlalu tebal bisa menyebabkan pengap saat cuaca agak panas. Akan lebih baik untuk membawa jaket tebal yang breathable seperti jaket windbreaker yang bisa memecah udara dari depan, mengatasi hujan kecil seperti gerimis dan tidak setebal jaket kain.

 

2. Jas Hujan

Meski tidak selalu memerlukan jas hujan, ada baiknya untuk selalu menyimpan jas hujan di bagasi motor untuk siap siaga saat hujan tiba – tiba. Salah satu tempat touring yang membutuhkan jas hujan adalah pegunungan karena memiliki curah hujan yang lebih tinggi. Akan lebih baik apabila jas hujan yang disiapkan berwarna terang atau memantulkan cahaya agar bisa mengidentifikasi posisi biker dari kendaraan lain saat hujan.

 

3. Helm Ringan

Untuk menjaga keselamatan selama berkendara pastikan membawa helm. Pastikan untuk memilih helm SNI dan ringan tetapi kuat untuk melindungi area kepala. Meski untuk touring yang paling cocok adalah helm full face tetapi helm tersebut kurang fleksibel. Sebagai alternatif help modular adalah pilihan yang bagus dengan desain full face tetapi bisa membuka Sebagian wajahnya seperti helm half face.

 

4. Masker Breathable

Menggunakan masker sangatlah penting terutama dimasa pandemi Covid – 19 ini. Masker sudah menjadi keperluan saat mengendarai motor sebelum terjadi pandemi. Ini untuk membantu pengendara bernapas dengan melindungi pernapasan dari polusi udara selama perjalanan dan melindungi wajah dari terpaan angin.

 

5. Sarung Tangan 

Meski sepele, sarung tangan adalah perlengkapan penting saat berkendara motor apalagi saat melakukan touring atau sunmori. Tidak hanya mencegah tangan untuk tergelincir dari stang motor, tetapi juga melindungi tangan untuk terbakar akibat teriknya sinar matahari.

Untuk memilih sarung tangan yang cocok akan lebih bagus untuk memilih sarung tangan yang tebal atau bahkan terbuat dari kulit. Memilih ukuran sarung tangan juga pastikan untuk yang pas dengan tangan sehingga tidak terlalu sempit atau terlalu longgar. 

 

6. Knee Pad

Seperti sarung tangan, knee pad adalah salah satu perlengkapan yang kurang digunakan oleh para pengendara motor dan lebih digunakan oleh para pesepeda. Namun, knee pad juga sama penting bagi para pengendara motor seperti helm lho! Ini karena knee pad akan bisa melindungi lutut apabila terjadi kecelakaan kecil.

 

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Setelah Kecelakaan?

asuransi kecelakaan diri

7. Box Motor

Box motor yang dipasang dibelakang jok motor untuk membonceng bisa digunakan untuk menyimpan barang yang dibutuhkan saat melakukan touring. Pastikan untuk memasang dengan benar dan menggunakan bracket yang kokoh agar keseimbangan motor terjaga. 

 

8. Busi Cadangan

Busi sangatlah penting untuk melakukan perjalanan jauh dan apabila busi memanas maka akan gampang untuk rusak. Kerusakan pada busi bisa menyebabkan melemahnya proses pembakaran yang menyebabkan mesin motor sulit untuk dihidupkan karena itu penting untuk membawa busi cadangan apabila melakukan perjalanan jauh.

 

9. Sepatu yang Nyaman

Untuk melakukan perjalanan jauh disarankan untuk menggunakan sepatu yang dapat menutupi kaki secara keseluruhan dan bukan menggunakan sendal jepit atau sandal gunung. Hal ini akan sangat membantu memberikan kenyamanan pada kaki dan tidak menyebabkan kaki lelah. 

 

10. Pakaian Cadangan

Pakaian cadangan diperlukan apabila akan melakukan touring selama beberapa hari ke daerah yang jauh. Namun, pakaian cadangan juga bisa berguna apabila terjadi situasi seperti hujan deras.

 

11. Kotak P3K

Meski diharapkan tidak ada kejadian yang membutuhkan kotak P3K, membawa kotak P3K adalah upaya pertolongan pertama apabila terjadi kecelakaan. Yang harus ada dalam kotak P2K adalah beberapa obat – obatan seperti obat merah, antiseptic, plester luka, kapas atau kasa, minyak kayu putih, lotion anti nyamuk, hand sanitizer, salep untuk nyeri dan lainnya.

 

12. Tool Kit

Meski tidak selalu dibutuhkan, menyiapkan tool kit akan sangat bermanfaat untuk mengotak – atik mesin motor apabila terjadi kendala pada mesin ditengah touring dan tidak ada bengkel di daerah sekitar.

 

13. Senter dan Pemantik Api

Senter dan pemantik api mungkin tidak selalu diperlukan, tetapi untuk berjaga – jaga senter bisa digunakan untuk menerangi apabila ada barang yang terjatuh di malam hari atau harus memperbaiki motor yang mogok di malam hari. Pemantik api bisa digunakan apabila melakukan touring berkemah untuk membantu memasak.

 

Baca Juga: Ingin Bergabung Dalam Komunitas Motor? Ketahui 8 Istilah yang Digunakan!

 

14. GPS

GPS sangat penting saat melakukan touring untuk melihat peta dan memudahkan untuk sampai tujuan. Meski smartphone bisa digunakan sebagai GPS, memiliki GPS yang terpisah dari alat komunikasi dapat menghemat baterai dan tidak usah menggunakan smartphone untuk kedua fitur tersebut secara bersamaan.

 

15. Power Bank

Persiapkan power bank atau charger portable untuk berjaga – jaga apabila baterai smartphone habis agar tetap bisa menggunakannya sebagai GPS dan alat komunikasi. Ini sangat penting terutama jika memilih rute touring di daerah hutan yang sulit listrik.

 

16. Uang Tunai

Mempersiapkan uang tunai penting untuk berjaga – jaga apabila daerah yang dikunjungi tidak bila melakukan pembayaran kartu atau digital. Pastikan juga untuk membawa uang tunai dengan pecahan yang berbeda agar transaksi bisa dilakukan lebih mudah dengan uang tunai yang pas.

 

Selain perlengkapan tersebut, jangan lupa memiliki asuransi kecelakaan untuk menjaga keamanan selama perjalanan. Super You menyediakan asuransi online yang mudah untuk didapatkan dengan harga yang terjangkau lho!