persiapan menyambut ramadhan

Bulan ramadhan yang semakin mendekati membuat kita harus mulai melakukan persiapan menyambut Ramadhan. Pada bulan Ramadhan, menjalankan ibadah puasa merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh kaum muslim dan terdapat syarat dan hukum untuk menjalankan puasa Ramadhan. 

Persiapan Menyambut Ramadhan

Arti Bulan Ramadhan 

Arti Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan sudah semakin dekat, bulan ini merupakan bulan ke-9 di kalender Hijriyah dan dikenal sebagai Sayyidusy-Syuhur atau penghulu semua bulan. Ini tertulis pada Hadis berikut:

“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, penghulu segala bulan. Maka selamat datanglah kepadanya. Telah datang bulan shaum membawa segala rupa keberkahan. Maka alangkah mulianya tamu yang datang itu.” (HR Ath-Thabrani).

Ustaz Ahmad Zarkasih berkata bahwa Ramadhan berasal dari kata Romadh yang berarti panas atau menyengat. Ini karena di bulan Ramadhan panasnya lebih menyengat dibandingkan bulan lainnya. Imam Al-Qurthubi menjelaskan dalam tafsirnya bahwa ini karena pada bulan Ramadhan, dosa-dosa digugurkan dengan amal saleh.

Namun, nama Ramadhan berawal dari kalender Hijriyah tahun 412 Masehi dimana konvensi petinggi lintas dan kabilah bangsa Arab di Makkah sedang menentukan nama-nama bulan untuk memudahkan urusan perdagangan mereka.

Dengan begitu, nama 12 bulan tersebut adalah: 1. Muharram 2. Shafar 3. Rabi’al-Awwal 4. Rabi’al-Tsani 5. Jumada Ula 6. Jumadal Tsaniyah 7. Rajab 8. Sya’ban 9. Ramadhan 10. Syawwal 11. Dzulqa’dah dan 12. Dzulhijjah.

Baca Juga: Super Lengkap! Ketahui Cara Mandi Wajib yang Sah!

Persiapan Menyambut Ramadhan

Persiapan Menyambut Ramadhan

Untuk bulan puasa 2023 ini, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai persiapan menyambut bulan Ramadhan. Terbagi menjadi dua akan apa yang harus dilakukan sebelum puasa Ramadhan secara religius dan non-religius. Yuk, ketahui apa saja di bawah ini.

  • Memperbanyak Ibadah 

Di bulan suci Ramadhan pahala yang didapatkan akan berkali-kali lipat, karena itu menjelang ibadah puasa akan lebih lagi memperbanyak ibadah yang dilakukan. Pastikan untuk selalu beribadah 5 waktu, bisa juga melakukan hal lainnya seperti, memberi santunan ke yang membutuhkan, melakukan jumat berkah dan membagikan makanan sahur atau berbuka ke yang membutuhkan.

  • Memperkuat Iman dan Takwa

Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, memperkuat iman dan taqwa menjadi persiapan menyambut Ramadhan yang sangat penting. Dalam Islam, Iman merupakan perkara terdasar yang perlu dimiliki oleh seorang muslim karena Iman adalah kepercayaan pada Allah SWT dan akan selamat di dunia dan akhirat. 

Seorang muslim yang beriman akan selamat di dunia dan akhirat karena akan ditolong oleh Allah SWT seperti yang tertulis dalam hadits Nabi SAW dari Abu Hurairah:

“Barang siapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni” (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim no. 760).

Baca Juga: Puasa Tidak Bingung Dengan Menu Berbuka 30 Hari Ini!

  • Memperdalam Ilmu Agama yang Dimiliki 

Sebagai persiapan menyambut Ramadhan, salah satu hal yang bisa dilakukan di bulan suci ini adalah memperdalam ilmu agama yang dimiliki. 

Memaksimalkan ilmu agama sebelum mulai bulan puasa 2023 akan menjadi bekal menjalankan ibadah puasa terutama dengan mengetahui berbagai amalan di bulan suci Ramadhan seperti, shalat tarawih, hikmah puasa Ramadhan, membaca Al-Qur’an, melakukan I’tikaf di Masjid dan melakukan Zakat Fitrah. 

  • Perkuat Niat 

Memperkuat niat yang dimiliki merupakan persiapan menyambut Ramadhan yang penting karena beribadah kepada Allah SWT harus dijalankan dengan ikhlas dan untuk mencari ridho, bukan untuk niatan lainnya. Pastikan untuk memperkuat niat ibadah yang dimiliki untuk menghadap Allah SWT.

  • Persiapkan Kesehatan Secara Fisik dan Jasmani 

Persiapkan Kesehatan Secara Fisik dan Jasmani

Saat menjalankan ibadah puasa, salah satu yang berubah drastis adalah pola hidup sehari-hari, tidak hanya pola makan, tetapi juga pola tidur yang berubah. Tidak semua orang kuat menghadapi perubahan tersebut, tetapi menjalankan puasa adalah kewajiban yang perlu dilakukan oleh seorang muslim. 

Menyambut bulan Ramadhan dan ibadah puasa, pastikan untuk ingat untuk mempersiapkan kesehatan baik secara fisik maupun jasmani. 

  • Pastikan Telah Membayar Hutang Puasa Sebelumnya 

Hukum ibadah puasa Ramadhan itu wajib, kecuali bagi orang-orang dengan kondisi tertentu, karena itu jika puasa sebelumnya tidak penuh, diwajibkan untuk mengganti hutang tersebut. 

Puasa Ramadhan yang ditinggalkan wajib untuk diganti, kecuali mereka dengan kondisi tertentu, seperti orang tua yang tidak kuat puasa maka bisa menggantinya dengan membayar fidyah. Selain itu, beberapa kondisi yang bisa menghadang puasa dan wajib diganti nantinya adalah sakit, musafir, sedang haid dan nifas.

Kewajiban mengganti hutang puasa tertulis di ayat berikut:

“Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.” (QS. Al Baqarah: 185).

Nah, sekarang beberapa hal non-religius yang bisa dilakukan sebagai persiapan menyambut puasa Ramadhan 2023. Melakukan hal-hal di bawah ini bisa membantu mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah puasa, mari ketahui apa saja!

Baca Juga: Tidak Hanya Saat Bulan Puasa, Ketahui 5 Manfaat Kurma dikonsumsi Secara Rutin!

  • Membangun Kebiasaan Bagun Lebih Awal

Dengan beribadah puasa diawali dengan melakukan sahur, membangun kebiasaan untuk bangun lebih awal agar tubuh bisa lebih cepat membiasakan diri sehingga tidak akan telat bangun untuk sahur.

  • Biasakan Menahan Diri

Persiapan menyambut Ramadhan adalah berlatih menahan diri karena bulan Ramadhan dikenal sebagai bulan penuh ampunan. Pastikan untuk tahan diri dari berbagai godaan seperti marah, iri dan perbuatan lainnya yang bisa menyebabkan dosa.

  • Berolahraga

Berolahraga secara rutin bisa jadi persiapan menyambut bulan Ramadhan yang bagus karena bisa membantu keseimbangan dari kondisi tubuh dan menjaga daya tahan tubuh agar kuat saat beribadah puasa. 

  • Mulai Mempersiapkan Kebutuhan Selama Bulan Puasa

Dengan kesibukan yang dimiliki dan pola keseharian baru menjelang bulan puasa, persiapan menyambut Ramadhan bisa jadi mengumpulkan kebutuhan yang akan dibutuhkan selama bulan puasa agar tidak buru-buru mempersiapkannya, bisa mengecek dahulu apa yang dibutuhkan dan tidak usah melakukannya saat menjelang bulan puasa.

  • Merencanakan Menu Sahur dan Buka Puasa

Salah satu hal tersulit saat bulan puasa adalah menentukan menu sahur dan buka puasa, karena itu salah satu persiapan menyambut Ramadhan bisa dengan merencanakan menu makanan selama satu bulan agar tidak bingung beserta bahan apa saja yang dibutuhkan serta pastikan makanan tersebut sehat dan bergizi seimbang.

  • Mempersiapkan Hampers untuk Lebaran

Setelah puasa akan ada lebaran dan biasanya akan membagikan hampers. Sebagai persiapan menyambut Ramadhan bisa dengan direncanakan dahulu hampers yang akan dikasih dan dimana belinya, serta secepat apa bisa melakukan pesanan. Melakukan hal ini akan mempermudah agar tidak perlu tergesa-gesa nantinya.

super berkah

Nah, itulah apa saja yang menjadi persiapan menyambut Ramadhan. Pastikan untuk menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan karena memiliki hukum yang wajib dan menjaga kesehatan selama berpuasa dengan memiliki asuransi kesehatan dari Super You yang bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan saja loh!

Artikel Terkait