salon mobil

Melakukan perawatan kecantikan mobil semakin sering dilakukan hingga sekarang ada salon mobil, tempat khusus untuk merawat penampilan mobil. Tentunya mobil yang dimiliki tidak ingin terlihat kotor dan jorok, karena itu perawatan mobil penting untuk dilakukan. 

Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai apa itu salon mobil dan perawatan mobil apa saja yang bisa didapatkan!

Perawatan Salon Mobil

Apa itu Salon Mobil?

Apa itu Salon Mobil

Salon mobil yang juga dikenal sebagai salon mobil interior merupakan tempat khusus untuk melakukan perawatan kecantikan mobil. Perawatan ini dilakukan untuk membersihkan mobil dari kotoran yang menempel hingga membersihkan kotoran yang bisa dilihat hingga tak terlihat. 

Di salon mobil, perawatan mobil untuk kebersihan yang didapatkan adalah membersihkan kotoran yang menempel dan noda yang ada di mobil. Contohnya adalah jika ada jamur atau noda asam yang timbul akibat air hujan atau material lainnya yang bisa menyebabkan kerusakan, seperti timbul baret pada mobil, sehingga cat body mobil terlihat buram. 

Jika merasa kurang dengan pembersihan yang dilakukan di salon mobil, auto detailing bisa melakukan perawatan mobil kebersihan secara lebih detail.

Perbedaan Salon Mobil dan Auto Detailing 

Meskipun keduanya menawarkan jasa perawatan mobil, terdapat beberapa perbedaan salon mobil dan auto detailing, yakni dari fokus perawatan mobil yang ditawarkan, alat, hingga biaya yang dikeluarkan. Yuk, ketahui perbedaannya di bawah ini.

  • Perawatan Mobil yang Diberikan 

Untuk salon mobil, perawatan mobil yang dilakukan adalah pada bagian permukaan, seperti mencuci seluruh body mobil, melakukan sedot debu di kabin mobil, membersihkan area kaca hingga melakukan perawatan mobil untuk membuat mobil terlihat lebih mengkilap. 

Perawatan mobil yang dilakukan auto detailing adalah memberikan perawatan yang lebih detail. Tidak hanya membersihkan badan mobil, tetapi hingga roda dan mesin mobil. 

Selain jenis perawatan mobil yang diberikan, perbedaan salon mobil dan auto detailing juga pada durasi perawatannya. Durasi waktu yang dikerjakan oleh salon mobil sekitar 3 hingga 5 jam, sedangkan durasi waktu yang dikerjakan oleh auto detailing bisa mencapai 7 jam perawatan, bahkan lebih. 

  • Alat dan Bahan yang Digunakan Saat Perawatan Mobil

Selain perawatan yang diberikam, perbedaan salon mobil dan auto detailing juga terletak pada alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan perawatan mobil.

Peralatan yang digunakan di salon mobil adalah alat pembersih yang umum untuk ditemukan di banyak tempat cuci mobil atau salon mobil terdekat, tidak hanya alat yang digunakan saat perawatan mobil, tetapi juga bahan yang digunakan bukan berkualitas tinggi, seperti di tempat auto detailing.

Untuk di tempat auto detailing, menggunakan alat, bahan dan teknik yang lebih bagus dibandingnkan salon mobil, maka dari itu hasil yang diberikan juga lebih bersih dari hasil salon mobil.

  • Ketahanan Hasil Setelah Perawatan Mobil

Melakukan perawatan mobil ke salon mobil ataupun auto detailing akan membuat mobil lebih bersih dan mempercantik penampilan mobil. Namun, tentu ada perbedaan salon mobil dan auto detailing, seperti dari segi ketahanan hasil perawatan mobil. 

Melakukan perawatan di salon mobil tidak akan bertahan selama jika melakukan perawatan mobil di auto detailing.

  • Biaya yang Dikeluarkan untuk Perawatan Mobil

Perbedaan salon mobil dan auto detailing juga dari biayanya. Harga salon mobil lebih murah dibandingkan biaya detailing mobil, karena hasil perawatan mobil dari auto detailing lebih sempurna, hingga membuat mobil tampak seperti baru lagi. Namun, biaya salon mobil, bisa mengimbangi biaya detailing mobil.

Baca Juga: Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik, Apakah Setimpal?

Jenis – Jenis Perawatan Mobil Apa Saja Tersedia di Salon Mobil?

Jenis – Jenis Perawatan Mobil

Sebelum membawa mobil ke salon mobil, ketahui dahulu perawatan mobil yang tersedia di salon mobil. Perawatan mobil yang tersedia di salon mobil merupakan jenis – jenis dari poles mobil, sehingga salon mobil menyediakan jasa poles mobil.  Berikut ini adalah perawatan yang ada di salon mobil.

  • Cleaning Mobil

Cleaning mobil adalah layanan yang paling umum dan utama di tempat salon mobil. Perawatan mobil dengan melakukan cleaning dilakukan untuk membersihkan semua bagian mobil, seperti eksterior, interior dan bagian bawah mobil.

Terdapat berbagai macam jenis cleaning di salon mobil, bisa dengan teknik cuci mobil biasa, teknik snow wash, dry wash dan lainnya.

  • Detailing Mobil 

Detailing mobil merupakan perawatan mobil yang dilakukan denan cara poles dan waxing mobil. Perawatan mobil ini ditujukan untuk membuat cat mobil tampil lebih mengkilap, sehingga warna kusam yang ada pada mobil menghilang.

Saat melakukan detailing mobil, prosedur yang akan dilakukan adalah melapisi wax pada permukaan mobil, sehingga cat bisa terlindungi dari noda. Namun, perawatan mobil dengan melakukan detailing tidak bisa dilakukan terlalu sering, karena berpotensi bisa mengikis cat yang ada di bawahnya dan menjadi mudah terkelupas.

  • Coating Mobil 

Dibandingkan detailing mobil, perawatan mobil dengan melakukan coating mobil lebih aman. Umumnya, perawatan ini dilakukan dengan nano coating dan ceramic coating yang menggunakan dua bahan yang berbeda. 

nano coating akan dilapiskan pada mobil yang melindungi mobil dari paparan kimia dan oksidasi.

ceramic coating yang dilapiskan pada mobil bisa memberikan mobil efek daun talas dan meminimalisir adanya waterspot dan jamur tumbuh pada permukaan cat. 

  • Fogging dan Fumigator

Perawatan mobil dengan melakukan fogging dan fumigator ditujukan kepada perawatan bagian interior mobil. 

Proses fogging dilakukan dengan meniupkan uap dari larutan khusus kepada bagian interior mobil. Uap yang dihembuskan ke kabin akan dimasukkan melalui udara AC mobil dan menggunakan AC mobil membantu uap untuk menyebar secara merata ke kabin. Perawatan ini dilakukan untuk meminimalisir bakteri yang menyebabkan penyakit di kain mobil. 

Fumigator akan dilanjutkan setelah proses fogging. Tujuan dari melakukan proses fumigator adalah menghilangkan jamur dan serangga yang muncul di kabin.

Baca Juga: Ragu Membeli Mobil 100 Jutaan? Ini 20 Rekomendasi Mobil 100 Jutaan yang Pas Untuk mu!

Apa Saja Manfaat Poles Mobil

Melakukan poles mobil di salon mobil memiliki banyak manfaatnya untuk mobil, tidak hanya untuk mempercantik penampilan mobil, tetapi juga bermanfaat untuk melindungi mobil dari kecacatan fisik. Berikut ini adalah manfaat poles mobil yakni:

  • Cat Mobil Menjadi Lebih Awet 

Melakukan poles mobil di salon mobil membuat cat mobil lebih tahan lama dan memperkuat cat mobil sehingga tidak mudah retak atau terkelupas.

  • Cat Mobil Menjadi Lebih Kinclong 

Pergi ke salon mobil untuk melakukan poles mobil juga membuat tampilan dari cat mobil menjadi kinclong seperti mobil baru. Dengan melakukan poles mobil, akan semakin mudah membersihkan noda yang ada pada mobil, cukuh dengan menggunakan air jika ingin membersihkan mobil dari kotoran seperti debut.

  • Menghilangkan Baret di Mobil 

Melakukan poles mobil bisa menghilangkan baret pada mobil sehingga hasilnya akan membuat mobil tampil baru.

  • Bisa Menutupi Noda dan Bintik di Mobil 

Poles mobil mampu menutupi noda dan bintik yang ada di mobil sehingga tampilan mobil mengkilap kembali.

  • Meningkatkan Nilai Jual 

Dengan melakukan poles mobil bisa mempercantik tampilan mobil sehingga mengkilap seperti baru, nilai jualnya juga lebih tinggi dibandingkan mobil dengan kondisi yang kotor dan terlihat kusam. 

Super Hoki

Selain melakukan poles mobil di salon mobil, pastikan bahwa selalu menjaga keamanan saat mengemudi. Miliki asuransi jiwa yang bisa memberikan perlindungan ganda pada jiwa dan raga mulai dari Rp33.000 per bulan.

Artikel Terkait