satu galon berapa liter

Apa kamu tahu satu galon berapa liter? Pertanyaan ini mungkin terdengar sepele, tetapi mengetahui ada berapa liter dalam satu galon merupakan hal yang lebih penting dari yang kamu pikir. Sebelum mengetahui satu galon berapa liter, mari ketahui dahulu mengapa disebut ‘galon’. 

Mengapa Digunakan Istilah Galon?

Istilah galon untuk tempat air minum dengan bentuk tabung yang bisa diisi ulang aslinya berasal dari satuan volume gallon. Satuan ini bukanlah satuan yang familiar digunakan di Indonesia karena lebih banyak yang menggunakan satuan liter, cc atau meter kubik. Satuan gallon lebih banyak digunakan di negara barat seperti Amerika Serikat (AS) dan Inggris. 

Berapa Liter Dalam Satu Galon

Berapa Liter Dalam Satu Galon

Kita sudah mengetahui asal usul istilah galon, dengan begitu mari kembali ke pertanyaan ada berapa liter dalam satu galon? 

Ini tergantung dari ukuran galon yang dimiliki jika kamu menggunakan galon air berukuran kecil, sedang atau berukuran besar. Biasanya, jika galon air yang dimiliki berukuran paling kecil, maka ada yang berukuran 2 liter, tetapi ada juga dari galon air ukuran kecil ke sedang dengan variasi 10 sampai 12 – liter dan ada juga yang 15 – liter.  

Lantas, berapa liter dalam satu galon yang berukuran besar? Untuk satu galon berukuran besar biasanya memiliki volume 19 – liter air. 

Ukuran Galon Air Merek Indonesia 

Ada banyak merek air mineral di Indonesia, ukuran galon juga bisa berbeda, karena itu mari ketahui ukuran dari beberapa merek galon yang ada di Indonesia:

  • Ukuran Galon Aqua 

Standar ukuran galon Aqua memiliki diameter 26,5 cm dengan tinggi dari bentuk tabung 34cm, tinggi berbentuk kerucut 15 cm dan memiliki lubang pengisian dengan diameter 5,5 cm. Kapasitas galon Aqua adalah 19 liter, sehingga berat galon 19 – liter atau berat 1 galon air adalah 19 kilogram. 

  • Ukuran Galon Vit 

Ukuran galon juga sama dengan kapasitas galon Aqua sehingga berat dari galon Vit juga berat galon 19 liter, yaitu 19 kilogram.

  • Ukuran Galon Le Minerale 

Galon Le Minerale berbeda dari galon lainnya karena merupakan galon sekali pakai daripada standar galon cuci. Selain dari konsep yang diberikan oleh Le Minerale, perbedaan lainnya adalah ukuran galon Le Minerale yang lebih kecil dengan kapasitas 15 – liter air dalam satu galon.

  • Ukuran Galon CLEO 

CLEO juga memiliki konsep seperti Le Minerale, tetapi hal ini masuk akal karena ukuran galon CLEO kecil hanya dengan kapasitas 6 – liter air. 

  • Ukuran Galon Total 8+

Ukuran galon sama dengan ukuran galon Aqua yang memiliki kapasitas 19 – liter air. 

Baca Juga: Tidak Hanya Untuk Liburan, Kenali Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Galon Air Mineral 

Air merupakan kebutuhan pokok manusia dimana semua orang sebaiknya mengonsumsi 2 – liter air setiap hari. Hal ini dikarenakan air yang merupakan 70 – 75% tubuh manusia sehingga air memiliki peran yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk kepentingan konsumsi juga tidak bisa menggunakan air sembarangan karena air yang kotor bisa mengandung bakteri dan virus sehingga menyebabkan masalah kesehatan. 

Kebanyakan rumah di Indonesia menggunakan langganan galon air isi ulang untuk kepentingan konsumsi karena kurangnya sanitasi dan kebersihan air di Indonesia. Berdasarkan artikel yang publikasikan Unicef, hampir 70% dari 20.000 sumber air minum di rumah tangga Indonesia yang telah diuji coba, tercemar oleh limbah tinja dan menyebabkan penyebaran penyakit diare serta penyebab utama dari kematian balita.

Meskipun sudah menggunakan galon air isi ulang, bukan berarti kebersihan air sudah terjamin. Pastikan bila tidak terjadi pencemaran pada air atau pada galon. Berikut ini adalah tips menjaga kebersihan bagi yang menggunakan galon air isi ulang:

  1. Yang pertama dilakukan adalah sebelum berlangganan, pastikan tempat tersebut sudah sesuai dengan standar BPOM serta sudah memiliki izin.
  2. Sebelum memasang galon air isi ulang ke dispenser di rumah, pastikan untuk membersihkan bagian luar galon dengan tisu yang diberikan. Lakukan langkah ini sebelum membuka segel yang ada pada galon. 
  3. Pastikan untuk menyimpan galon jauh dari paparan sinar matahari untuk mencegah kandungan air di dalam galon berubah. 
  4. Pastikan untuk selalu mengecek kondisi galon, label dan tanggal kadaluarsa. Mengecek kondisi galon sangat penting karena jika galon yang diterima datang dalam keadaan rusak atau plastik galon kadaluarsa maka bisa menyebabkan air terkontaminasi.
  5. Jaga kebersihan dispenser juga bisa mencegah kerusakan galon dan mencegah air untuk terkontaminasi. 

Baca Juga : Mau Turunkan Berat Badan? Yuk, Ketahui Manfaat Air Lemon

Tips untuk Menjaga Kualitas Air Konsumsi

Selain dengan menjaga kualitas galon air isi ulang, berikut ini adalah tips untuk menjaga kualitas air konsumsi lainnya:

  1. Jika curiga akan Depot Air Minum (DAM) sudah tercemar, salah satu cara penanganan yang bisa dilakukan adalah memasak kembali air hingga matang.
  2. Jika air minum terasa aneh atau mengeluarkan bau yang tidak sedap, maka segera tukar air ke tempat yang kamu beli. Ini merupakan salah satu ciri – ciri dari depot air galon yang tercemar. 

Air Galon Sekali Pakai VS Air Galon Isi Ulang 

Kita sudah mengetahui bahwa ada merek yang menggunakan konsep isi ulang dan merek yang menggunakan konsep sekali pakai. Tentunya kedua konsep ini memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, mari ketahui lengkapnya di sini!

Air Galon Sekali Pakai

Beberapa merek yang dibahas di atas sudah menggunakan konsep air galon sekali pakai seperti CLEO dan Le Minerale. Pada dasarnya air mineral yang menggunakan galon sekali pakai aman, tetapi menggunakan konsep air galon sekali pakai akan memperbanyak sampah plastik. Hal ini menyebabkan diimbau masyarakat untuk tidak menggunakan merek dengan konsep sekali pakai karena menambahkan limbah plastik. 

Air Galon Isi Ulang

Merek dengan konsep galon air isi ulang lebih ramah lingkungan dengan galon yang akan dibawa kembali ke produsen untuk dibersihkan, disterilkan, isi ulang dengan air minum baru yang bersih dan higienis. 

Satu galon berapa liter bisa membantu mengetahui berapa banyak air yang kita konsumsi. Seseorang bisa menghabiskan 3 – 4 galon air dengan kapasitas 19 – liter dengan asumsi bahwa mereka mengonsumsi 2 – liter air setiap harinya. Manfaat air putih bagi kesehatan tubuh sangat banyak, karena itu pastikan untuk meminum air. 

super spektaday

Selain dengan mengonsumsi air putih, kesehatan tubuh juga bisa dijaga dengan memiliki asuransi kesehatan. Super Easy Health Protection dari Super You bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh hanya dengan Rp135.000 per bulan, lho!

Artikel Terkait