sepatu motor

Sedang heboh di media sosial bagi pengguna motor tidak diperbolehkan untuk memakai sandal jepit atau akan ditilang. Namun, nyatanya bagi pengguna motor yang menggunakan sandal jepit tidak akan ditilang hanya akan diberi imbauan. Imbauan ini didasari keselamatan para pengguna motor dimana dibandingkan sandal jepit akan lebih aman untuk menggunakan sepatu motor. 

“Karena memang itu tidak ada di undang – undang. Tetapi demi keselamatan, dan itu adalah tugas Polri untuk menjaga keselamatan, memberikan perlindungan kepada warga masyarakat. Kita mengimbau sebaiknya menggunakan gear yang lengkap, sepatu, jaket dan helm untuk menjamin keselamatan. Mengurangi risiko terjadinya fatalitas bila terjadi kecelakaan,” ujar Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. 

Tetapi sebahaya apakah tidak menggunakan sepatu motor dan menggunakan sandal jepit? Ketahui berikut ini.

 

Bahaya Naik Motor dengan Sandal Jepit

 

1. Tidak Melindungi Kaki

Dikatakan oleh Firman Shantyabudi, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol bahwa menggunakan sandal jepit saat naik motor tidak dapat melindungi kaki dari bahaya seperti bila tergesek aspal.

“Karena kalau sudah pakai motor, kulit itu bersentuhan langsung dengan aspal, ada api, ada bensin, ada kecepatan, makin cepat makin tidak terlindungi kita, itulah fatalitas,” ujar Firman. 

Berbeda dengan menggunakan sepatu yang bisa memberikan proteksi kaki secara keseluruhan. Menggunakan sepatu motor dapat membantu untuk melindungi kaki dengan menutupi hingga mata kaki dan untuk memberikan kestabilan saat naik motor. 

“Saat berkendara, kita tidak pernah tahu kapan akan terjadi kecelakaan, sehingga memang sebaiknya seluruh bagian tubuh harus dilindungi,” ujar Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati.

 

2. Potensi Selip

Untuk menghindari potensi selip bisa memilih sepatu motor dengan sol anti selip sebagai sepatu motor harian. Hal ini karena naik motor menggunakan sandal jepit bisa berpotensi terselip dan tergelincir saat berkendara

“Saat mengendarai motor manual, bagian kaki akan ikut bekerja untuk mengoperasikan rem belakang dan persneling gigi, aka nada kemungkinan selip dan terpeleset.” Jelas Agus Sani, hal ini mengapa lebih aman untuk menggunakan sepatu motor dibandingkan sandal jepit saat naik motor.

 

3. Bahaya Saat Naik Motor Matik

Menggunakan sepatu motor harian bisa mencegah risiko bahaya saat naik motor matik. Menurut Agus Sani hal ini karena kaki yang sering menapak ke jalan. 

“Nah, untuk mengurangi risiko bahaya, maka bagian kaki harus dilindungi dengan menggunakan sepatu yang aman dan nyaman,” ujarnya. Mencari sepatu motor harian yang tepat bisa mencegah bahaya menggunakan sandal jepit saat naik motor. Tidak hanya bahannya yang aman, tetapi juga menutupi seluruh kaki hingga mata kaki, pastikan juga nyaman untuk berkendara dan memiliki sol anti selip. 

Terdapat beberapa jenis sepatu motor yang bisa dipilih sebagai sepatu motor harian. Jenis – jenisnya bisa dipilih berdasarkan kebutuhan, penggunaan dan lokasi. Apabila masih bingung memilih sepatu motor, mari simak jenis – jenisnya di bawah ini! 

Baca Juga: Ingin Bergabung dalam Komunitas Motor? Ketahui 8 Istilah yang Digunakan!

 

Jenis Sepatu Motor

  • Street Boots

Dengan bentuknya yang mirip sepatu kasual sepatu street boots juga menawarkan kenyamanan untuk kaki saat mengendarai motor dan tetap menjaga kualitas keamanan. Hal – hal tersebut yang membuat street boots sebagai sepatu motor yang cocok digunakan dengan berbagai jenis motor sehingga banyak orang memilih street boots sebagai sepatu motor harian mereka.

  • Track Boots

Ini adalah sepatu motor yang sering digunakan saat lomba balap motor aspal, salah satunya adalah MotoGP. Hal ini karena track boots bisa melindungi kaki secara optimal terutama saat melewati tikungan atau saat terjadi kecelakaan. Bagi yang suka melakukan balap motor atau mengendarai motor di aspal ini adalah sepatu motor harian yang cocok untukmu, karena sepatu ini didesain khusus untuk balapan motor di sirkuit aspal. Mengontrol pedal persneling dan rem belakang motor balap aspal pun semakin mudah dengan menggunakan sepatu motor yang satu ini.

  • Touring Boots

Bagi yang suka touring dan melakukan perjalanan jauh, sepatu motor ini adalah salah satu barang wajib perlengkapan touring sunmori. Sepatu motor khusus touring tidak hanya nyaman tetapi juga tahan air dan meskipun perlindungan yang diberikan tidak seperti track boots, sepatu motor touring boots juga memberikan perlindungan bagi pemakainya.

  • Dirt Boots

Ingin melakukan aksi trabasan motor tetapi belum menemukan sepatu motor yang tepat? Dirt boots didesain untuk bisa melindungi kaki, pergelangan kaki serta tulang kering dari risiko cedera saat melakukan aksi off – road. Namun, karena fokus dari sepatu motor ini adalah proteksi maksimal, dirt boots bukanlah sepatu motor harian yang ideal karena tidak nyaman untuk penggunaan seharian.

  • Adventure Boots

Apabila mencari sepatu motor harian yang memberikan proteksi dan kenyamanan, coba adventure boots. Sepatu motor ini bisa dibilang campuran dari dirt boots dan touring boots yang memberikan kenyamanan dan proteksi maksimal.

Baca Juga: Ketahui Apa Itu Sunmori dan 8 Manfaatnya! 

Nah, itu lah jenis – jenis sepatu motor yang dapat dipilih sebagai sepatu motor harian anda. Namun, motor kopling bisa merusak sepatu lebih cepat karena kulit sepatu yang terus menggesek tuas persneling, karena itu untuk menjaga sepatu anda bisa dengan menambahkan aksesoris pelindung sepatu motor. Hal ini untuk mencegah kulit sepatu untuk beradu menggesek tuas persneling.

Tidak hanya sepatu motor saja yang harus dilindungi, pastikan keselamatan anda terjaga dari risiko kecelakaan dengan asuransi kecelakaan dari Super You dengan harga terjangkau dan bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhanmu!

Artikel Terkait