sepeda-motor-listrik

Kendaraan bermotor menjadi salah satu kepentingan dalam hidup sebagai transportasi, melakukan delivery bahkan sebagai hobi. Namun, banyaknya pengguna kendaraan bermotor meninggalkan dampak buruk pada lingkungan. Untuk menanggulangi masalah ini, semakin banyak penemuan dan cara yang bisa dilakukan agar dampak buruk dari kendaraan pada lingkungan bisa dikurangi. Salah satu solusinya adalah menggunakan kendaraan listrik seperti mobil listrik atau sepeda motor listrik.

 

Di Indonesia banyak bisnis yang bergantung pada kendaraan motor terutama untuk transportasi dan delivery. Berdasarkan data Momentum Works pada tahun 2021 sendiri, total pasar delivery Asia Tenggara senilai Rp 227,81 triliun (US$15,5 miliar) dan sebesar Rp 66,12 triliun (US$4,6 miliar) berasal dari Indonesia. Banyaknya pengguna kendaraan bermotor brand juga mulai mencoba mencari solusi dengan menggunakan motor listrik sebagai alternatif transportasi yang ramah lingkungan.

 

Gojek yang merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan jasa ojek telah melakukan uji coba menggunakan motor listrik mulai dari tahun 2021 dan berdasarkan Pandu Sjahrir 3 – 4 tahun kedepan seluruh pengemudi Gojek akan menggunakan motor listrik. 

 

“Jadi kita semua sama misinya, mencapai nol emisi tahun 2030. Jadi buat kita ramah lingkungan itu sangat penting kita juga pengen green business kedepannya,” Ujar Pandu selaku Wakil Direktur Utama PT TBS Energi Utama Tbk. 

 

Dengan mulai banyak yang menggunakan motor listrik untuk sebagai transportasi alternatif yang lebih ramah lingkungan, yuk ketahui lebih lanjut mengenai motor listrik!

 

Baca Juga:

Ketahui Apa Itu Sunmori dan 8 Manfaatnya!

Ingin Begabung Dalam Komunitas Motor? Ketahui 8 Istilah yang Digunakan!

Konsep Sepeda Motor Listrik 

Pada dasarnya sepeda motor listrik sama dengan sepeda motor pada umumnya dari segi fungsi dan fisik. Perbedaan dari kedua sepeda motor adalah konsepnya dimana untuk sepeda motor listrik akan mengubah energi listrik menjadi energi mekanik untuk mengganti BBM. Hal ini membuat sepeda motor listrik memiliki konsep yang lebih ramah lingkungan dengan menggunakan energi listrik dibandingkan BBK yang mengeluarkan emisi gas dari proses pembakaran agar piston bisa bergerak.

 

Dengan menipisnya cadangan bahan bakar minyak global, kendaraan seperti sepeda motor listrik diharapkan untuk menjadi alternatif transportasi ramah lingkungan.

 

Baca Juga: Bingung Ingin Bersepeda di Kota atau Pedesaan? Ketahui Perbedaannya!

 

Pasti ada kelebihan dan kekurangan dari setiap hal. Sebagai alternatif dari sepeda motor biasa, terdapat pertanyaan seputar sepeda motor listrik seperti berapa lama daya tahan penggunaannya, berapa lama isi ulang daya listrik motor dan lainnya, kerena itu mari bahas kelebihan dan kekurangan dari sepeda motor listrik.

 

Kelebihan Sepeda Motor Listrik

  • Tidak menyebabkan polusi udara dengan emisi gas, karena itu lebih ramah lingkungan.
  • Karena menggunakan tenaga listrik jadi lebih hemat dan tidak perlu membeli bensin.
  • Perawatan dari sepeda motor listrik lebih simpel dari sepeda motor biasa dan tidak perlu mengganti oli. 
  • Dibandingkan sepeda motor biasa, getaran mesin sepeda motor listrik lebih halus.
  • Memiliki sistem keamanan yang canggih.

 

Kekurangan Sepeda Motor Listrik

  • Karena menggunakan baterai dan tempat charging masih terbatas maka tidak bisa dibawa untuk perjalanan jauh.
  • Seperti tempat charging, apabila terjadi sesuatu juga bengkel rekanan yang bisa menangani sepeda motor listrik masih sedikit.
  • Untuk mengisi daya listrik hingga penuh memerlukan waktu yang lama, kira – kira hingga 6 jam 
  • Masih belum siap untuk digunakan dalam semua situasi seperti saat banjir.

 

Selain menggunakan sepeda motor listrik, banyak cara lainnya yang bisa dilakukan sebagai transportasi alternatif yang lebih ramah lingkungan seperti dengan menggunakan transportasi umum untuk menurunkan emisi gas atau menggunakan sepeda. Namun, menggunakan kendaraan apapun, pastikan untuk menjaga keamanan saat berkendara dengan asuransi kecelakaan dari Super You, tenang saja harganya terjangkau dan bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan masing – masing, lho!