Suku di Indonesia

Indonesia telah dikenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Wah! Hal ini menciptakan adanya keberagaman dalam masyarakat, salah satunya keberagaman suku di Indonesia. Setidaknya ada 300 kelompok etnik atau suku bangsa di Indonesia. Jika diperluas lagi, tercatat sekitar 1340 suku di Indonesia. Keren bukan?

Keberagaman suku di Indonesia memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing. Nah, ciri khas dan keunikan suku yang ada di Indonesia bisa juga ikut membentuk keberagaman yang lain. Misalnya, terdapat keberagaman agama, keberagaman budaya, hingga keberagaman bahasa.

Coba sebutkan apa saja nama-nama suku di Indonesia yang Teman SUPERjuangan tahu? Dari pulau Sabang sampai dengan pulau Merauke, sepertinya akan sulit kalau harus menghafal sebanyak itu. Tapi, sedikitnya SuperMin akan mengenalkan kamu 25 suku di Indonesia. So, keep scrolling, guys!

Suku di Indonesia

Apa itu Suku Bangsa di Indonesia?

Eits, sebelum kita mengetahui 25 nama suku di Indonesia tersebut, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu suku bangsa di Indonesia.

Nah, menurut Badan Bahasa yang diatur dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, suku bangsa adalah kesatuan sosial yang dapat dibedakan dari kesatuan sosial lain berdasarkan kesadaran akan identitas perbedaan kebudayaan.

Adapun menurut Ahli Sosiologi, Koentjaraningrat mendefinisikan suku bangsa di Indonesia sebagai sekelompok manusia yang memiliki kesatuan budaya serta terikat oleh kesadaran dan identitas.

Dengan begitu, suku bangsa di Indonesia adalah kelompok masyarakat yang punya kesamaan budaya, bahasa, agama, perilaku, juga sejarahnya.

Suku di Indonesia dan Asalnya

Dengan mengenal macam-macam suku di Indonesia, kita pasti akan dibuat kagum dengan masing-masing keunikannya. Salah satu nama suku di Indonesia memiliki populasi paling banyak. Selain itu, ada nama suku di Indonesia yang dikenal paling ramah. Bahkan, ada pula nama suku di Indonesia yang pernah ditakuti oleh negara lain. Wah, bikin penasaran kan?

Dari sekian banyak suku di Indonesia, yuk kita mengenal 25 suku di Indonesia dan asalnya!

1. Pulau Sumatera

Suku di Pulau Sumatera

Pulau Sumatera kini terbagi menjadi 10 provinsi sehingga tercatat sebagai pulau dengan jumlah provinsi terbanyak. Karena itu, pulau ini juga memiliki macam-macam suku di dalamnya. Nah, ini dia macam-macam suku di Indonesia dan asalnya dari Sumatera!

  • Suku Aceh

Nama suku di Indonesia yang pertama adalah suku Aceh, merupakan suku terbesar di provinsi Aceh. Uniknya, nama suku di Indonesia ini diambil dari gabungan bangsa, suku, ras, serta agama lho, yakni Arab, Cina, Eropa, dan Hindia. Wah, siapa di sini yang baru tau juga asal-asul nama suku Aceh kayak SuperMin?

  • Suku Gayo

Nama suku di Indonesia selanjutnya adalah suku Gayo asal Aceh, yang sangat taat dalam beragama. Suku Gayo menggunakan bahasa daerah yang diambil dari nama suku mereka sendiri, yakni bahasa Gayo. Selain itu, siapa yang tidak mengenal tari Saman dan kopi Gayo? Keduanya ternyata berasal dari suku Gayo lho!

  • Suku Batak

Suku Batak merupakan nama suku di Indonesia yang terbesar keenam. Suku Batak sendiri gabungan dari suku-suku yang ada di Sumatera Utara, yaitu Toba, Karo, Simalungun, Pakpak-Dairi, dan Mandailing. Suku di Indonesia satu ini terkenal berwatak tegas dan handal dalam berbicara di depan umum sehingga banyak di antara mereka yang berprofesi sebagai pengacara.

  • Suku Nias

Nama suku di Indonesia satu ini memiliki jumlah penduduk yang lebih sedikit dibandingkan suku di Indonesia dan asalnya dari pulau Sumatera yang lain. Meski begitu, kebudayaan suku Nias sudah nggak asing kok di telinga kita, yaitu tradisi lompat batu oleh pemuda untuk menunjukkan diri mereka sudah dewasa.

  • Suku Minang

Suku Minangkabau atau sering disingkat sebagai suku Minang, berasal dari Sumatera Barat. Suku Minang juga identik dengan merantau dan sukses dalam berjualan. Nama suku di Indonesia satu ini semakin terkenal karena rendang sebagai makanan khasnya yang berhasil menjadi makanan paling enak di dunia. Siapa coba yang tidak suka rendang ya?

  • Suku Mentawai

Suku Mentawai merupakan satu-satunya nama suku di Indonesia yang menempati wilayah Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Suku Mentawai dikenal dengan kebiasaan meramu, penggunaan tato, dan meruncingkan gigi. Suku Mentawai melakukan hal tersebut karena diyakini dapat mempercantik diri dan sebagai ritual sakral.

  • Suku Melayu

Nama suku di Indonesia selanjutnya adalah suku Melayu yang paling banyak tersebar di Jambi, Riau, dan Kepulauan Riau. Bahasa suku Melayu tidak jauh berbeda dengan bahasa Indonesia saat ini, bahkan dianggap sebagai salah satu sumber dasar pembentukan bahasa Indonesia. Hanya saja, nama suku di Indonesia satu ini dikenal dengan dialeknya yang sangat kental.

  • Suku Palembang

Suku Palembang atau yang kerap dipanggil wong Palembang berasal dari Sumatera Selatan. Sudah pasti nama suku di Indonesia satu ini dikenal oleh masyarakat sebagai penghasil pempek. Tapi, nggak cuma itu lho, asal usul suku Palembang ternyata dari suku bangsa di Indonesia, yaitu Melayu, di mana pertama kali datang ke wilayah yang dialiri oleh sungai Musi tersebut.

  • Suku Rejang

Suku Rejang merupakan salah satu suku di Indonesia yang tertua di pulau Sumatera. Nama suku di Indonesia satu ini telah mendiami wilayah Bengkulu hingga saat ini lho. Bahkan, sejarah suku di Indonesia mencatat kehidupan suku Rejang yang cukup lengkap dalam buku The History of Sumatra karya William Marseden pada tahun 1783.

  • Suku Lampung

Wah, kita sudah sampai di paling ujung selatan pulau Sumatera lho. Nah, suku di Indonesia dan asalnya dari Sumatera yang paling terakhir adalah suku Lampung. Berdasarkan semboyan mereka Sai Bumi Ruwa Jurai, artinya Satu Bumi Dua Jiwa, suku Lampung terbagi menjadi dua, yakni Lampung Pesisir dan Lampung Pepadun.

Baca juga: Inilah Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia!

2. Pulau Jawa

Suku di Pulau Jawa

Saat ini, pulau Jawa memiliki enam provinsi, antara lain Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Pulau Jawa juga dikenal sebagai tempat perantauan dari pulau-pulau lain sehingga kita bisa bertemu berbagai suku di dalamnya. Tapi, inilah nama-nama suku di Indonesia yang asli berasal dari pulau Jawa!

  • Suku Jawa

Nama-nama suku di Indonesia yang pertama dari pulau Jawa adalah suku Jawa, yang dikenal sebagai suku paling ramai lho. Yup, penduduk suku Jawa yang terbesar di Indonesia, sekitar 95,2 juta. Suku Jawa juga dikenal memiliki aturan dalam berbahasa, baik dalam kosakata maupun intonasinya. Hal ini disebut unggah-ungguh yang mencirikan budaya suku Jawa.

  • Suku Sunda

Nah, nama-nama suku di Indonesia selanjutnya dari pulau Jawa adalah suku Sunda, yang paling banyak menempati Jawa Barat, termasuk Banten dan DKI Jakarta. Suku Sunda dalam istilah kekinian dikenal suku yang paling good looking nih, tapi sebenarnya itu bersifat relatif. Yang pasti, suku Sunda sangat ahli dalam memainkan musik tradisionalnya, yaitu angklung.

  • Suku Betawi

Suku Betawi merupakan salah satu nama-nama suku di Indonesia dan paling banyak menempati wilayah DKI Jakarta sehingga kerap dipanggil suku paling metropolitan. Suku yang ada di Indonesia satu ini semakin dikenal lewat film Si Doel Anak Sekolah yang berasal dari suku Betawi asli lho. Selain itu, suku Betawi juga identik dengan kebudayaan ondel-ondel dan tanjidornya.

  • Suku Baduy

Suku Baduy menjadi salah satu dari nama-nama suku di Indonesia, tepatnya Banten, Jawa Barat. Suku Baduy sangatlah otentik, dengan pakaian yang sama, senang berjalan jauh tanpa alas kaki, dan mata pencaharian utamanya adalah menjual madu. Suku yang ada di Indonesia satu ini juga dikenal jauh dari kata modern karena sangat mempertahankan adat istiadat.

  • Suku Madura

Kalian pasti sudah tidak asing dengan nama suku di Indonesia yang ini. Suku Madura merupakan salah satu dari nama-nama suku di Indonesia dengan populasi terbesar. Suku Madura bisa dikatakan 99 persen penduduknya beragama Islam, karena itu kita akan banyak menemukan masjid, sekolah, dan pondok pesantren di pulau Madura, guys!

3. Pulau Kalimantan

Suku di Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan saat ini telah memiliki lima provinsi, antara lain Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah. Kalau begitu, kita akan membahas nama-nama suku di Indonesia yang berada di pulau Kalimantan, guys!

  • Suku Dayak

Suku Dayak merupakan suku yang ada di Indonesia sebagai penduduk asli pulau Kalimantan. Keunikan dari suku Dayak yang sudah tak asing, yaitu kepercayaan mereka pada benda atau tempat yang memiliki kekuatan magis. Uniknya lagi, suku Dayak terbagi menjadi sekitar 400 sub-suku di dalamnya. Meski begitu, kebudayaan dan istiadat mereka sangatlah mirip.

  • Suku Banjar

Selain suku Dayak, suku Banjar juga merupakan penduduk asli pulau Kalimantan. Wah, kalau mendengar nama suku yang ada di Indonesia satu ini langsung teringat Soto Banjar, setuju nggak? Tapi nggak cuma itu, suku Banjar juga identik dengan rumah Banjar, budaya seni tari Banjar, Mamanda, serta musik Panting. 

  • Suku Kutai

Suku Kutai merupakan nama suku di Indonesia yang bermukim di tepi sungai. Suku Kutai juga melekat dengan upacara adat bernama Erau, sebuah tarian yang dipercaya dapat mengobati penyakit. Suku di Indonesia satu ini akan membacakan mantra-mantra ketika melakukan upacara adat tersebut.

4. Pulau Sulawesi

Suku di Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi juga kerap disebut sebagai pulau Celebes. Tercatat sebanyak enam provinsi yang ada di pulau Sulawesi, yaitu Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, serta Gorontalo. Nah, apa aja sih nama-nama suku yang ada di Indonesia berasal dari pulau ini?

  • Suku Bugis

Suku Bugis merupakan nama suku di Indonesia, tepatnya mendominasi hampir semua bagian pulau Sulawesi. Suku Bugis memiliki tradisi bernama uang panai ketika hendak menikah, yang mana pemberian harta benda oleh calon pengantin pria kepada calon pengantin wanita. Besaran uang panai ditentukan oleh status keluarga dan pendidikan sang wanita, guys

  • Suku Toraja

Suku Toraja merupakan nama suku yang ada di Indonesia. Nah, suku Toraja punya tradisi pemakaman yang agak seram, tapi justru menjadi destinasi wisata lho. Kok bisa ya? Jadi, suku Toraja memiliki upacara adat untuk memakamkan jenazah di dalam goa pada pegunungan. Mereka juga punya ritual membersihkan jenazah yang sudah bertahun-tahun. 

5. Pulau Papua

Suku di Pulau Papua

Pulau Papua merupakan pulau terbesar pertama di Indonesia, bahkan pulau ini juga menempati peringkat kedua di dunia. Nah, jumlah provinsi di pulau Papua sebanyak lima provinsi, antara lain Papua, Papua Pegunungan, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Tengah, dan Papua Selatan. Dengan begitu, apa kamu juga penasaran dengan macam-macam suku yang ada pulau Papua? Yuk, kita cari tau!

  • Suku Asmat

Macam-macam suku yang ada di pulau Papua adalah suku Asmat. Ciri paling mencolok dari suku Asmat adalah pakaian adat dan motif lukisan pada tubuh penduduknya. Suku Asmat juga sebagai salah satu suku di Indonesia yang memiliki hasil ukiran kayu yang sangat unik. Selain itu, ada tradisi mumifikasi, artinya mengawetkan jasad pemimpin adat mereka yang telah meninggal.

  • Suku Dani

Suku Dani merupakan salah satu suku di Indonesia yang mendiami wilayah Pegunungan Tengah, Papua. Fakta menarik di balik suku Dani adalah mereka tidak mengenal konsep keluarga batih, yang biasanya terdiri dari bapak, ibu, dan anak. Suku Dani terbiasa hidup dengan sistem komunitas, bahkan juga poligami.

6. Pulau Bali

Suku di Pulau Bali

Siapa yang tidak mengenal pulau Bali? Pulau Bali kerap disebut Pulau Dewata atau Pulau Seribu Pura. Pulau ini memang menawarkan keindahan alamnya sehingga menjadi tujuan liburan wisatawan lokal sampai mancanegara. Tapi, nggak banyak yang tahu suku di Indonesia yang berasal dari pulau Bali ini lho, ada apa saja?

  • Suku Bali

Suku bangsa di Indonesia yang paling merupakan penduduk mayoritas pulau Bali adalah suku Bali. Penduduk suku Bali menggunakan bahasa Bali sebagai bahasa sehari-hari selain bahasa Indonesia. Kemudian, sebagian besar dari mereka penganut agama Hindu sehingga masih sangat kental dengan upacara adat istiadatnya, diiringi dengan kesenian yang khas.

7. Pulau Maluku

Suku di Pulau Maluku

Kepulauan Maluku merupakan pulau kecil yang berbatasan dengan pulau Sulawesi. Karena itu, pulau Maluku hanya memiliki dua provinsi di dalamnya, yaitu provinsi Maluku dan provinsi Maluku Utara. Meski terbilang kecil, pulau Maluku menyimpan banyak sekali kekayaan alam, khususnya kekayaan laut. Tapi, apakah berlaku juga untuk macam-macam suku di pulau Maluku?

  • Suku Ambon

Sebenarnya cukup banyak macam-macam suku yang ada di pulau Maluku, tapi kali ini kita akan membahas suku Ambon, tentu saja sudah tidak asing di telinga kita. Suku Ambon merupakan suku di Indonesia yang mendominasi pulau Maluku. Penduduk suku ini memiliki tubuh yang atletis, sampai-sampai dinilai sangar, tapi biasanya suara mereka sangat merdu ketika bernyanyi lho.

Baca juga: 5 Fakta Sejarah Sumpah Pemuda

8. Pulau Nusa Tenggara

Suku di Pulau Nusa Tenggara

Hampir sama dengan pulau Maluku, pulau Nusa Tenggara juga merupakan salah satu pulau kecil yang ada di Indonesia. Pulau Nusa Tenggara dibagi menjadi dua, yaitu Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Karena itu, sebenarnya cukup banyak macam-macam suku yang ada di pulau ini. Tapi, kali ini kita hanya akan membahas salah satunya, suku Sasak!

  • Suku Sasak

Suku Sasak merupakan suku yang mendiami pulau Lombok. Nah, ada fakta menarik di balik nama suku Sasak, yang berasal dari kata sak sak, artinya satu satu. Ternyata, nama suku tersebut diambil dari kepintaran penduduknya dalam menenun. Jadi, hasil tenun mereka nggak usah diragukan lagi, sebagai salah satu karya terbaik suku di Indonesia!

Nah, itu dia 25 suku di Indonesia dengan keunikannya! Apakah ada termasuk suku kamu? Dengan begitu, sudah seharusnya kita menjaga kelestarian macam-macam suku di Indonesia. Tapi, selain mewariskan hal tersebut pada anak-anak, sudahkah kamu juga memberi perlindungan kesehatan yang maksimal untuk mereka?

Yuk, bantu anak-anak dan keluarga kita mencapai hari depan yang baik melalui asuransi kesehatan. Selalu cegah risiko penyakit dan keuangan dari sekarang, Super Easy Health dari Super You siap membantu kamu, cukup bayar premi setara Rp4.500 aja kok per hari. Jadi, jangan tunda lagi ya, Teman SUPERjuangan!

Artikel Terkait