teknik dasar bola voli

Permainan bola voli merupakan olahraga yang memerlukan teknik dasar bola voli jika kamu ingin memainkannya. Jumlah pemain bola voli terdiri dari enam orang setiap timnya yang sekarang menjadi tren baru di tengah masyarakat Indonesia.

Hal ini tidak terlepas dari prestasi membanggakan para atlet voli nasional baik dari tim putra dan putri. Memang, permainan bola voli tidak sepopular sepak bola, tapi semakin ke sini semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Buktinya, di setiap lapangan yang ada di kota ataupun desa pasti ada saja lapangan voli dan dipenuhi oleh masyarakat untuk berolahraga bersama. Tak usah jauh-jauh, pada momen kemerdekaan kemarin pasti juga banyak lomba bola voli yang diadakan untuk meramaikan HUT Kemerdekaan Indonesia.

Sebelum jauh membahas tentang teknik dasar bola voli, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu bola voli dan lain sebagainya.

Pengertian Bola Voli

Permainan bola voli masuk ke dalam salah satu contoh cabang olahraga bola besar. Permainan ini juga bisa masuk ke dalam kategori pertandingan yang melibatkan dua tim yang saling berhadapan untuk mendapatkan hasil pertandingan.

Cara memainkan bola voli ini juga cukup sederhana. Bola dilempar dan dipantulkan ke rekan setim agar bisa melewati net yang berada di tengah lapangan. Agar bisa mendapatkan skor, pemain daam satu tim harus mengarahkan bole ke lawan sehingga bola bisa terjatuh di daerah pertahanan lawan.

Pencipta bola voli adalah William G. Morgan yang merupakan seorang guru olahraga di Amerika Serikat. Beliau terinpirasi permainan bola basket untuk menciptakan permainan bola voli saat ia bertemu dengan James Naismith, penemu olahraga bola basket.

Pada awalnya, permainan ini hanya ditujukan untuk para orang tua saja. Namun, Morgan berpikiran bahwa tidak memungkinkan bagi orang tua untuk mengandalkan kekuatan fisik saja, apalagi berlari dan melompat.

Oleh karenanya, ia mulai memperkenalkan permainan ini di tempat ia mengajar olahraga. Perubahan nama menjadi Volleyball terjadi pada tahun sekitar 1896 bertepatan dengan diselenggarakannya pertandingan pertama secara Internasional Young Men’s Christian Association (YMCA) Training School.

Baca Juga : 9 Manfaat Olahraga Lari untuk Kesehatan Tubuh dan Mental Kamu

Sejarah Bola Voli Bisa Sampai ke Indonesia

Sejarah Bola Voli Bisa Sampai ke Indonesia

Mungkin dari kalian semua banyak yang bertanya bagaima sejarah bola voli sehingga bisa sampai ke Indonesia. Permainan ini pada awalnya dibawa oleh Belanda pada saat penjajahan di Indonesia. Dulu, permainan bola voli ini hanya dimainkan oleh kalangan terbatas saja. Mereka adalah para bangsawan dan orang-orang Belanda.

Lalu, para guru olahraga Belanda yang memperkenalkan permainan ini kepada anak didiknya yang kebetulan adalah orang Indonesia. Sehingga, pada akhirnya permainan bola voli ini bisa dimainkan oleh beberapa orang Indonesia di lapangan terbuka.

Baca Juga : Apa Itu Workout? Yang Suka Olahraga, Wajib Tahu!

Teknik Dasar Bola Voli

Kalau kamu ingin bermain bola voli, ada beberapa teknik dasar bola voli yang bisa kamu lakukan untuk menjadi pemain yang cukup tangguh dan hebat. Teknik dasar bola voli meliputi beberapa cara yang tak sulit seperti servis, smash, blocking, dan lain sebagainya.

Untuk mencari tahu teknik dasar bola voli apa saja, kami sudah menyiapkan jawabannya untuk kamu.

  • Servis Bola Voli

Servis adalah awalan dalam permainan bola voli. Teknik ini seakan menjadi cara untuk menyajikan bola agar permainan bisa dimulai. Namun, teknik servis dalam bola voli ini juga bisa menjadi serangan awal untuk tim yang mendapatkan giliran melakukan servis.

Oleh sebab itu, servis bisa menentukan jalannya pertandingan. Sehingga pukulan bola luar lapangan harus kamu lakukan dengan tepat dan bertenaga. Pentingna servis bola voli ini memang tak banyak diajarkan oleh pelatih kawakan, namun hal ini tentu menjadi dasar untuk kamu jika ingin menjadi pemain voli professional.

  • Passing Bola Voli

Teknik dasar yang kedua adalah passing bola voli. Teknik passing ini memiliki banyak tujuan dalam bola voli. Kalau kamu menerima operan dari tim lawan, maka kamu bisa menggunakan teknik ini untuk menerima bola, menangkis serangan, dan juga melakukan serangan balik.

Dengan passing yang baik, kamu juga bisa mengendalikan permainan dan mengatur tempo tanpa harus membuat bola jatuh di area tim kamu. Oleh karenanya, teknik passing ini menjadi sangat penting dalam permainan bola voli.

  • Smash

Smash voli

Smash ini juga menjadi salah satu poin penting dalam permainan bola voli. Teknik smash ini dilakukan kalau tim kamu sedang dalam melakukan serangan. Smash juga kerap dianggap sebagai indikator penentu serangan kepada lawan.

Teknik smash dalam bola voli memerlukan konsentrasim keakuratan, dan kekuatan. Kalau kamu ingin melakukan smash keras, kamu perlu berlari, melompat, dan memukul bola dengan keras. Jangan lupa

juga pendaratan kamu usai melakukan smash juga harus diperhatikan karena berkaitan dengan tumpuan yang kuat pula.

  • Blocking

Teknik blocking adalah salah satu cara yang dilakukan untuk menghalau smash dari lawan dalam permainan bola voli. Teknik dasar bola voli ini juga bisa digunakan untuk mengembalikan serangan lawan agar menjadi boomerang bagi mereka sendiri.

Ketika smash dari lawan mengenai blocking dari tim kamu, maka bola akan memantul ke arah pertahanan sendiri. Kalau kamu mau blocking kamu berhasil, maka kamu harus berdiri di depan net. Semakin dekat posisi dengan net, maka semakin sempit pula ruang tembak yang dimiliki lawan untuk melakukan smash.

Begitu bola berada dalam jangkauan lawan, maka kamu harus langsung melompat dan mengangkat kedua tangan setinggi mungkin. Jari juga harus direnggangkan agar luas area blocking semakin besar.

Baca Juga : Ketahui 4 Teknik Dasar Bola Basket yang Harus Kamu Ketahui!

Peraturan Dalam Permainan Bola Voli

Peraturan Dalam Permainan Bola Voli

Peraturan bola voli menjadi salah satu poin penting dan perlu kamu ketahui sebelum mengetahui teknik dasar bola voli. Ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di permainan bola voli. Dengan memahami peraturan ini, maka kamu bisa mengukur dan memahami cara mengatur permainan bola voli.

Berikut akan kami berikan aturan peraturan bola voli yang harus kamu ketahui.

  1. Permainan dimainkan oleh dua tim
  2. Setiap tim terdiri dari enam orang
  3. Pemain dengan posisi libero menggunakan seragam berbeda dari anggota lain
  4. Libero tidak boleh servis, pergantian posisi, dan melakukan pukulan bola
  5. Permainan dimulai dengan servis
  6. Servis dilakukan dari luar garis lapangan
  7. Bola dinyatakan keluar jika keluar dari garis lapangan
  8. Bola dianggap masuk jika menyentuh lantai lapangan dan masih berada dalam garis lapangan
  9. Semua anggota tubuh bisa digunakan untuk memantulkan atau memukul
  10. Pemain tidak boleh menangkap dan melempar bola
  11. Permainan bola voli berlangsung 2 sampai 3 set
  12. Satu set dimenangkan oleh tim yang mencapai skor 25
  13. Jika dalam satu set imbang 24-24, maka pertanidngan dilanjutkan sampai ada tim yang unggul dua poin lebih dulu
  14. Pergantian pemain dilakukan boleh selama pertandingan berlangsung.

Baca Juga : Pelajari Langkah-Langkah Shooting Sepak Bola

Lapangan Bola Voli

Ini juga menjadi poin menarik untuk dibahas. Lapangan bola voli pada umumnya memiliki ukuran yang hampir mirip dengan lapangan futsal ataupun lapangan basket. Ukuran lapangan bola voli sendiri memiliki ukuran lapangan 9 m x 18 m.

Selain itu, ada area servis yang berada 3 m di belakang garis lapangan. Area serang juga dimiliki oleh lapangan voli dengan jarak 3 m dari garis tengah. Lebar garis lapangan pada lapangan voli adalah 5 meter.

Itu lah tadi rangkuman kami tentang teknik dasar bola voli serta pengertian dan sejarahnya di Indonesia. Untuk menghindari cidera karena permainan bola voli, kamu sekarang juga bisa bikin asuransi kesehatan nggak pakai lama dengan Super Easy Health dari Super You.

Super Smart

Asuransi ini siap melindungi kamu dari berbagai cidera karena permainan bola voli hanya dengan Rp4.500 saja per harinya. Jadi, tunggu apa lagi, yuk cek premi kamu sekarang juga.

Artikel Terkait