bersepeda saat pandemi

Dengan bekerja dari rumah, semua orang dapat menelusuri kembali kegiatan atau hobi yang mereka sukai. Salah satunya adalah bersepeda. Selain manfaat bersepeda yaitu olahraga, kamu juga bisa memanfaatkan sepeda sebagai alat transportasi yang murah dan sehat.

Tidak ada salahnya untuk pergi travelling dengan bersepeda. Namun mengingat kondisi kita yang masih dalam pandemi, kamu tetap harus mengingat 7 tips travel berikut.

1. Rencanakan rute dan tujuan kamu

Sebelum pergi berkunjung ke suatu tempat wisata, tentu kamu harus cari tahu dulu informasinya. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat kamu mencari informasi tempat dan rute:

  • Tempat wisata jangan terlalu jauh, terutama karena kamu bersepeda;
  • Cari tahu waktu sampai tujuan dengan rute-rute berbeda;
  • Lihat apakah ada tempat parkiran sepeda yang aman di sana;
  • Perkirakan apakah kondisi jalannya terlalu berat, seperti menanjak atau tidak rata;
  • Hindari jalan atau tempat yang masuk ke dalam daerah zona merah COVID-19.

2. Tentukan dengan siapa kamu ingin pergi

Kamu bisa pergi bersama teman atau kerabat bila tidak berani pergi sendiri. Namun, pastikan bahwa kamu tetap pergi dalam kelompok yang kecil, misalnya 4-5 orang saja. Dengan begitu, kamu pun mengurangi resiko penyebaran virus. Namun jika kamu cukup berani dan sudah terbiasa dengan rutenya, kamu juga bisa pergi bersepeda sendiri.

Alasan Sewa Campervan Lebih Seru Saat Liburan di Tengah Pandemi

3. Pilih peralatan yang cocok untuk kamu

Ada berbagai jenis sepeda dengan berbagai jenis fungsi. Untuk travelling, kamu bisa mencoba sepeda touring atau roadbike. Namun, bila jaraknya lumayan jauh, kamu bisa mencoba sepeda lipat yang mungkin lebih nyaman. 

Hal paling penting adalah kamu memastikan kondisi sepeda sudah dalam keadaan baik. Kamu perlu mengecek antara lain bagian dari rem, rantai, ban sepeda, serta pengatur gigi. Pastikan juga kamu tidak lupa memakai helm.

Pastikan semua komponen sepeda dalam kondisi baik, terawat, dan siap untuk diajak perjalanan jauh. Bila diperlukan, bawa peralatan tambahan seperti GPS, pompa ban, atau ban cadangan.

4. Pastikan tubuh kamu sedang sehat

Bersepeda, terutama bila jarak jauh, akan membutuhkan tenaga yang sangat besar. Jadi pastikan ketika kamu berencana untuk bersepeda, kamu sedang dalam kondisi yang sehat. Bila kamu merasa lemas atau sedang sakit, atur ulang jadwal untuk pergi bersepeda.

Pastikan Kamu Selalu Aman Di Jalan dan Terlindungi dengan Asuransi Super Safe Protection
Premi Mulai Rp 30 ribu per Bulan

5. Coba carb loading

Karena bersepeda dapat menguras banyak energi, kamu memerlukan karbohidrat. Carb loading merupakan salah satu metode yang biasa digunakan para atlet untuk menyimpan energi. Biasanya metode ini dilakukan H-2 dari perjalanan. 

Kamu bisa melakukan carb loading dengan memakan 10 mg karbohidrat per 1 kg berat badan kamu. Misalnya, berat badan kamu adalah 60 kg, maka kamu memerlukan 600 mg karbohidrat.

6. Tetap pakai masker

Hal ini penting, terutama bila kamu pergi bersepeda dalam kelompok. Pakai masker yang multi ply atau mempunyai minimal 3 lapis. Namun, jika kamu pergi sendiri, kamu boleh menggunakan masker yang lebih tipis, asalkan tetap menjaga jarak minimal 2 meter. Bila kamu merasa sesak, kamu bisa berhenti sebentar dan membuka masker dengan menjaga jarak. 

Jika memungkinkan dan dalam kondisi yang aman, kamu juga bisa memilih rute yang lebih sepi. Dengan begitu, kamu tidak perlu banyak berinteraksi dengan orang lain.

Selain itu, pastikan bahwa kamu juga membawa cadangan. Ada kemungkinan kamu akan berkeringat dan masker kamu basah. Pastikan kamu membawa 2 atau lebih masker cadangan untuk perjalanan pulang.

7. Cuci tangan

Sesampainya di tempat tujuan, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan air dan sabun. Kamu juga bisa mencuci tangan dengan hand sanitizer atau cairan disinfektan. Dengan begitu, kamu pun tetap aman dari orang lain dan bisa memutus rantai penularan virus COVID-19.

Aman dari Risiko?

Dengan tips travel di atas, kamu bisa aman dari resiko tertularnya COVID-19. Namun, kamu juga tetap mempunyai risiko lainnya saat bersepeda, yaitu risiko kecelakaan. Karena itu, pastikan kamu sudah menerapkan safety riding juga.

Kamu juga bisa mengantisipasi risiko kecelakaan melalui asuransi digital Super You seperti salah satunya asuransi kecelakaan Super Safe. Dengan membayar premi flat mulai dari Rp 36.500 per bulan, kamu sudah mendapatkan proteksi atas biaya medis dan risiko meninggal kecelakaan. Bila kamu berencana untuk melakukan travel di tengah masa liburan, kamu juga bisa mencoba asuransi pendamping Super Safe, yaitu asuransi masa liburan Super Holiday.

SHARE

Artikel Terkait Lainnya