Laundry termasuk bisnis yang cukup menjanjikan dan terbilang mudah untuk dijalankan. Tanpa modal yang besar dan keahlian khusus, Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Bisnis rumahan sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Khususnya untuk ibu-ibu rumah tangga yang membutuhkan penghasilan tambahan. Laundry termasuk jenis-jenis bisnis rumahan yang paling banyak dipilih. Sebab, keuntungan yang cukup menjanjikan dan modal yang tidak begitu besar menjadi pertimbangan utama seseorang memilih bisnis ini.

Bisnis yang pertama kali muncul di Amerika ini dengan cepat menyebar ke seluruh dunia. Sebab, bisnis ini sudah sangat dibutuhkan masyarakat untuk meringankan pekerjaan rumah yang mungkin sulit untuk dikerjakan.

Keuntungan Membuka Bisnis Jasa Laundry

Melihat jangka panjang dari bisnis ini yang cukup menguntungkan, tidak heran jika banyak orang yang memilih bisnis laundry ini sebagai mata pencahariannya. Jadi, keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis ini apa?

1. Banyak yang Membutuhkan

Laundry termasuk salah satu jenis bisnis yang cukup menjanjikan. Sebab, adanya  bisnis ini sangat meringankan beban masyarakat untuk mendapatkan baju yang bersih tanpa usaha yang keras. Apalagi jika Anda membuka bisnis ini di kota-kota besar yang notaben orang-orangnya terlalu sibuk dengan aktivitas sehari-hari sehingga tidak memiliki waktu untuk mengerjakan pekerjaan rumah, khususnya mencuci baju. Selain itu, bisnis ini juga bisa Anda mulai di kawasan kampus karena mayoritas mahasiswa yang tinggal jauh dari orang tua sangat mengandalkan jasa laundry dibandingkan harus mencucinya sendiri.

2. Mudah Dijalankan

Laundry termasuk salah satu bisnis yang cukup mudah untuk dijalankan. Sebab, kegiatan mencuci baju ini sudah sangat umum dilakukan oleh manusia, terutama wanita. Tidak heran jika hampir semua yang membuka bisnis ini adalah kaum hawa.

Selain itu, bisnis ini juga tidak membutuhkan tenaga yang banyak. Sebab, untuk mencuci baju, sudah ada mesin cuci otomatis yang bisa bekerja dengan sendirinya untuk menghasilkan baju yang bersih dan wangi. Mungkin tenaga yang Anda keluarkan pada bagian menyetrika pakaian sebelum dikembalikan kepada pemiliknya.

3. Penghasilan yang Besar

Salah satu daya tarik dari bisnis ini banyak dipilih adalah penghasilan yang lumayan besar. Tentu ini sangat menggiurkan. Kenapa bisa sangat menggiurkan, karena pendapatan yang diterima bisa lebih dari 50% dari modal yang dikeluarkan. Contohnya, banyak orang yang lebih memilih untuk mencuci dengan metode kiloan dibandingkan per-item. Jika satu kilogram baju diberi harga 6-10 ribu, sedangkan kapasitas satu mesin cuci bisa menampung Rp5-6 kilogram baju, tentu keuntungan bersih yang Anda dapatkan sekitar Rp40-45 ribu. Itu untuk sekali mesin yang nyala, bisa dibayangkan jika Anda memiliki lebih dari satu mesin cuci dan semuanya bekerja untuk mencuci baju, tentu semakin banyak pendapatan yang Anda peroleh.

 

Tips Memulai Bisnis Laundry dengan Mudah

Pada umumnya, tidak sulit untuk menjalankan bisnis laundry ini. Sebab, tidak membutuhkan kemampuan dan modal yang berlebih. Lalu, apa saja tips untuk memulai usaha ini dengan mudah?

1. Perencanaan Bisnis yang Matang

Setiap ingin menjalankan bisnis, tidak terkecuali bisnis rumahan, tetap membutuhkan perencanaan yang matang. Contohnya untuk bisnis laundry ini, Anda harus mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan, seperti mesin cuci, deterjen, setrika, dan lainnya. Pastikan semua kebutuhan sudah terpenuhi dan jangan ada yang terlewat. Selain itu, Anda juga harus menentukan harga yang akan ditawarkan tanpa adanya kerugian, mencari distributor bahan pokok untuk mendapatkan harga yang terjangkau, dan lain sebagainya.

2. Pemilihan Tempat

Tempat yang akan Anda jadikan sebagai lahan untuk membuka bisnis ini menjadi penentu untuk kemajuan bisnis tersebut. Sebab, Anda harus pintar mencari peluang agar semuanya berjalan dengan rencana dan harapan. Pilih tempat yang cukup strategis, seperti di pinggir jalan utama, dikelilingi oleh perumahan padat penduduk, atau di sekitaran perkantoran dan kampus yang mayoritas orangnya tidak ada waktu untuk melakukan pekerjaan rumah.

3. Modal

Hal paling krusial dan penting dalam semua bisnis adalah modal. Pastikan Anda bisa menghitung dengan cermat dan terperinci. Pastikan semua yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini sudah terpenuhi. Namun, jika Anda memiliki modal yang pas-pasan, Anda bisa menggunakan barang-barang yang sudah dimiliki, seperti Anda bisa menggunakan mesin cuci yang sudah ada. Sebab, mesin cuci bisa dikatakan sebagai barang yang cukup menguras bujet.

4 Strategi Marketing

Strategi marketing penting sekali dilakukan untuk Anda yang baru membuka sebuah bisnis. Kreativitas sangat diuji untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Contoh strategi marketing untuk bisnis ini, yaitu Anda bisa membuat promo dengan diskon 50% untuk 10 orang pertama atau cuci di atas 10 kg gratis 1 kg. Tentu cara ini bisa menarik perhatian masyarakat untuk menggunakan jasa laundry Anda.

5. Menjaga Kualitas

 

Menjaga kualitas adalah langkah yang harus dilakukan agar bisnis bisa berumur panjang. Misalnya, parfum atau pewangi yang Anda pakai tahan lama, memberikan hasil cucian yang lebih bersih, hasil setrika baju yang rapi, tepat waktu, dan lain sebagainya.