ambeien

Ambeien adalah salah satu penyakit yang sering kita jumpai pada penduduk Indonesia, penyebab ambeien sangat beragama dan pada  tahap awal gejala ambeien tidak disadari. Walaupun tidak menyebabkan kematian, ambeien menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Berikut merupakan informasi mengenai ambeien yang harus kamu tau!.

Ambeien

Apa Itu Ambeien?

apa itu ambeien

Ambeien atau juga dikenal dengan hemoroid adalah penyakit yang terjadi pada rektum dan anus yang disebabkan karena rusaknya pleksus hemoroidalis atau pembuluh darah yang terdapat di sekitar rektum dan anus. Gangguan ini terjadi ketika pembuluh darah balik (vena) di daerah anus membengkak dan meradang. Sehingga menyebabkan hambatan pada aliran darah dari pembuluh balik. 

Seseorang dapat terkena ambeien karena kebiasaan sehari-hari yang buruk dan kebanyakan orang terkena ambeien tidak menyadari. Faktanya, rasa sakit yang timbul dapat menyebabkan pengidapnya sulit beraktivitas.

Berdasarkan letaknya hemoroid atau ambeien dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Hemoroid atau Ambeien Internal

Ambeien internal disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah yang terjadi di dalam anus dan tidak terlihat.

  • Hemoroid atau Ambeien Eksternal

Ambeien eksternal disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah yang terjadi di luar anus, yaitu dekat lubang anus, dan terasa lebih nyeri.

Di antara dua jenis ambeien, faktor utama penyebabnya adalah adanya peningkatan tekanan darah pada pembuluh darah yang ada di sekitar anus.

Menurut data WHO tahun 2008, jumlah penderita ambeien di seluruh dunia  kurang lebih sekitar 230 juta orang dan diderita oleh 5% seluruh penduduk dunia. Hemorrhoid juga ditemukan pada 50% manusia diatas 50 tahun. Hemorrhoid bisa diderita baik pria maupun wanita. Akan tetapi laki-laki mempunyai kecenderungan lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan. 

Baca Juga : Lakukan 6 Cara Mengatasi Diare dan Cegah Gangguan Pencernaan!

Penyebab Ambeien atau Wasir

penyebab ambeien

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan ambeien, di antaranya sebagai berikut:

1. Kebiasaan Mengejan Terlalu Kuat

Mengejan terlalu kuat merupakan salah satu penyebab terjadinya ambeien, hal ini disebabkan karena adanya tekanan yang kuat pada pleksus hemoroid sehingga  menyebabkan trauma berlebih pada pleksus hemoroidalis, dan  dapat memicu terjadinya hemoroid atau ambeien.

2. Diare Kronik

Diare yang terlalu lama dapat menyebabkan iritasi pada pleksus hemoroidalis, sehingga dapat memicu terjadinya hemoroid atau ambeien.

3. Konstipasi

Konstipasi merupakan gangguan buang air besar berupa berkurangnya frekuensi buang air besar dan diperlukan mengejan secara berlebihan,  sehingga menimbulkan rasa nyeri pada perut ketika buang air besar. Jika hal tersebut sering terjadi dan dalam jangka waktu yang lama dapat menjadi penyebab munculnya penyakit ambeien.

4. Kebiasaan Duduk Terlalu Lama

Kebiasaan duduk terlalu dapat menjadi penyebab ambeien karena pada saat duduk terjadi pelebaran pembuluh Vena sehingga dapat menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah tersumbat dan menyebabkan ambeien.

5. Kurang Serat

Rendahnya mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi mengakibatkan feses mengeras dan mengejan terlalu keras saat BAB sehingga dapat menimbulkan Ambeien.

6. Aktivitas Fisik berat

Seseorang yang mempunyai aktivitas fisik berat,dalam  jangka waktu yang lama dan frekuensi yang terlalu sering  akan menyebabkan peningkatan tekanan di sekitar area hemoroid, sehingga dapat menyebabkan ambeien.

Baca Juga : Jangan Anggap Remeh! Ini Gejala dan Penyebab Hepatitis Akut!

Gejala Awal Penyakit Ambeien 

Seperti sakit pada umumnya, seorang yang terkena ambeien juga menunjukan gejala-gejalanya. Berikut merupakan gejala awal dari penyakit ambeien.

  • Muncul Darah Saat BAB

Gejala awal ambeien biasanya adalah ditemukannya darah yang berwarna merah terang pada feses. Hal ini disebabkan karena adanya pembekuan darah dalam hemorid dan pecah saat mengejan sehingga muncul darah.

  • Gatal pada Anus

Rasa gatal baik pada rektum atau di anus bagian dalam adalah salah satu gejala ambeien yang paling umum ditemui. Selain mengganggu, kondisi ini juga bisa berisiko menyebabkan infeksi pada kulit.

  • Prolaps pada Beberapa Kasus Ambeien

Pada beberapa kasus ambeien penderita akan mengalami prolaps, yaitu suatu kondisi menonjolnya benjolan pada anus yang keluar keluar melalui anus.

  • Bengkak pada Anus

Bengkak pada anus merupakan gejala dari ambeien, hal ini terjadi karena saat seorang mengejan terlalu kuat akan menyebabkan tekanan yang besar di area anus. Hal ini menjadikan jaringan ikat yang mendukung dan menahan hemoroid pada tempatnya melemah dan akhirnya membengkak.

  • Tidak Nyaman dan Nyeri di sekitar Anus

Selanjutnya gejala awal yang umum ditemukan adalah terasa nyeri pada bagian anus saat buang air besar, baik sebelum maupun sesudah buang air besar. Rasa nyeri ini kemungkinan disebabkan oleh prolaps, dan menyebabkan menegangnya otot di sekitar anus sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman.

  • Keluar Skin Tag (Jaringan Lunak dari Anus)

Kasus ini biasanya terjadi pada penderita ambeien eksternal, namun biasanya munculnya skin tag pada anus tidak dibarengi sakit. Keluarnya skin tag karena adanya regangan kulit akibat gumpalan darah saat mengalami ambeien. Ketika ambeien sembuh bekas kulit yang tersisa akan menggantung ke luar di anus sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman.

Baca Juga : Sakit Perut Bagian Bawah, Ketahui Penyebab dan Cara Diagnosisnya!

Cara Mengobati Ambeien Secara Alami

cara mengobati ambeien

Penggunan obat tradisional dan penggunaan bahan alami merupakan salah satu alternatif untuk mengobati ambeien. Berikut merupakan beberapa informasi cara alami yang bisa kamu coba.

  • Lidah Buaya

Cara mengobati ambeien yang pertama, yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya. Efek dingin yang dihasilkan oleh lidah buaya dapat membantu mengurangi rasa sakit pada anus. Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya pada bagian terluar anus yang mengalami bengkak dan terasa gatal. Kamu juga bisa meminumnya, yaitu dengan dijadikan jus, Zat antioksidan dalam lidah buaya dapat mengobati ambeien secara alami.

  • Ramuan Daun Sirsak

Daun sirsak memiliki kandungan anti bakteri yang dapat menjadi alternatif untuk mengobati ambeien. Kamu bisa menggunakan air rebusan 5 lembar daun sirsak dan 2 gelas air putih. Kamu bisa minum air rebusan daun sirsak setiap pagi dan malam.

  • Menggunakan Minyak Kelapa

Pengobatan ambeien bisa dilakukan dengan bantuan minyak kelapa. Kandungan antiinflamasi, pada minyak kelapa dapat mengurangi peradangan. Sifat analgesik pada minyak kelapa juga yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rasa tidak nyaman akibat ambeien. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki efek pencahar yang dapat membantu mengatasi sembelit sehingga buang air besar menjadi mudah dan lancar. Kamu bisa menggunakannya dengan cara mencampurkan minyak kelapa dengan witch hazel atau pun menambahkan minyak kelapa pada makanan.

  • Mengompres dengan Es Batu

Selanjutnya, cara mengobati ambeien adalah dengan menggunakan es baru. Es batu yang dingin dapat meredakan pembuluh darah sehingga pembengkakan pada anus dapat mengecil dan mengurangi rasa tidak nyaman. Kamu bisa melakukanya dengan mengompres bagian anus yang terasa sakit selama 15 menit. Cara ini bisa kamu lakukan ketika gejala ambeien kembali muncul.

  • Berendam di Air Hangat

Untuk mengobati ambeien kamu dapat melakukanya dengan berendam air hangat, karena air hangat dapat membantu meredakan berbagai keluhan seperti nyeri, gatal hingga iritasi pada anus. Kamu hanya perlu berendam selama 20 menit dan untuk hasil maksimal kamu bisa berendam dengan air hangat sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari. 

  • Menjaga Kebersihan Anus

Untuk dapat mengobati ambeien, salah satu hal terpenting adalah dengan membersihkan anus. Namun, sebaiknya hindari sabun ataupun tisu yang memiliki kandungan alkohol dan pewangi karena dapat menyebabkan benjolan ambeien mengalami iritasi.

supershocktober

Setelah mengetahui tentang ambeien, penyebab, gejala dan pengobatanya, pilihan terbaik untuk kita adalah dengan melakukan pola hidup sehat dan seimbang agar tidak terkena penyakit wasir atau ambeien. Yuk, terus terapkan dan tingkatkan pola hidup sehat dan jangan lupa untuk memproteksi diri dengan asuransi kesehatan dari Super You!

Artikel Terkait