Habbatussauda

Bagi sebagian masyarakat Indonesia mungkin agak jarang mendengar obat herbal Habbatussauda. Namun, bagi penggemar jamu tentu sudah akrab dengan salah satu obat herbal andalan masyarakat Indonesia ini.

Habbatussauda adalah salah satu obat herbal yang suka dan sering kali diolah menjadi obat berbagai penyakit. Nama latin dari Habbatussauda adalah Nigella Sativa. Lalu, banyak yang bertanya apa sih sebenarnya manfaat Habbatussauda ini? Sebelum jauh ke sana mari kita kulik lebih jauh apa itu Habbatussauda.

Table of Contents

Apa yang Dimaksud Habbatussauda?

Dikutip dari berbagai sumber, Habbatussauda adalah tanaman biji intan hitam yang berasal dari tanaman berbunga tahunan berna latin Nigella Sativa yang masih satu rumpun atau satu keluarga Ranunculaceae, sebuah tanaman asli Asia Selatan dan Asia Barat.

Di India dan negara Timur Tengah, Habbatussauda atau jintan hitam banyak digunakan sebagai bumbu penyedap dan pengawet alami untuk masakan khas di sana. Seorang ilmuwan Persia pernah meneliti manfaat Habbatussauda yang dianggap sebagai salah satu pemikir dan penulis paling terkenal di Zaman Keemasan Islam.

Ibnu Sina menuliskan bahwa biji jintan hitam ini bermanfaat sebagai pengobatan jika terkena sesak napas. Baik karena penyakit asma ataupun masalah kesehatan lainnya. Pada pengobatan tradisional, Habbatussauda digunakan sebagai perangsang produksi ASI, obat cacingan, obat diuretik, dan pelemas otot untuk kedutan dan kejang.

Tak hanya itu, jintan hitam atau Habbatussauda bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti:

  • Sakit kepala
  • Sakit gigi
  • Serta flu dan hidung tersumbat
  • Mata memerah
  • Wasir
  • Luka bernanah
  • Rematik
  • Reaksi alergi
  • Masalah pencernaan (diare, disentri, sembelit, kolik, dan perut kembung)
  • Dermatitis kontak

Baca Juga : Rutin Sikat Gigi Tapi Apakah Anda Tahu Cara Menyikat Gigi yang Benar? Yuk, Ketahui Disini!

Manfaat Habbatussauda untuk Manusia

Manfaat Habbatussauda

Saat ini, sudah banyak penelitian ilmiah yang menemukan sejumlah potensi dan manfaat Habbatussauda untuk kehidupan manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diberikan oleh biji jintan atau Habbatussauda.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Khasiat Habbatussauda yang pertama menurut beberapa penelitian adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Habbatussauda memiliki kandungan yang berperan dalam agen anti-inflamasi, antioksidan, dan aktivator imunitas.

Antioksidan ini adalah senyawa tanaman bermanfaat yang membantu melindungi tubuh kamu dari kerusakan sel dan penyakit. Selain itu, manfaat Habbatussauda adalah meningkatkan daya tahan tubuh, antioksidan dalam biji jintan hitam juga bisa mencegah berbagai penyakit seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Habbatussauda juga mengandung vitamin A, C, E, dan beberapa vitamin V. Berbagai macam vitamin ini juga bisa memperkuat daya tahan tubuh kamu dan keluarga.

  • Mampu Mengatasi Gejala Diabetes Tipe 1

Thymoquinone atau TQ adalah senyawa aktif utama yang terkandung dalam minyak Habbatussauda. Sebauh penelitian pernah mengatakan bahwa senyawa ini bisa dijadikan agen terapi yang efektif untuk mengendalikan diabetes.

Penyuntikkan obat Habbatussauda Thymoquinone bisa mencegah perkembangan diabetes. Lalu, ada juga sebuah studi yang mengatakan bahwa campuran ekstrak Habbatussauda dengan rempah herbal khas Timur Tengah bisa menurunkan gula darah.

Jenis rempah herbal khas Timur Tengah yaitu Myrrh, Gum Olibanum, dan Gum Asafoetida. Hal ini bisa terjadi karena adanya efek penghambatan metabolisme glukosa yang ada di hati. Oleh karenanya, para peneliti ini percaya bahwa ekstrak herbal ini bisa digunakan sebagai tambahan pengobatan diabetes.

  • Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Pil ekstrak dari Habbatussauda juga diyakini bisa menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi setiap hari selama dua bulan pada orang yang menderita hipertensi ringan. Analisis untuk pembuktian ini sudah lama dilakukan oleh para peneliti andal.

Habbatussauda bisa menurunkan tekanan darah selama periode 4-12 minggu pada peserta penelitian hipertensi dan normotensi. Hasil analisa juga menemukan bahwa mengkonsumsi suplemen yang mengandung jintan hitam bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik sebesar 3.26/2.80 mmHg.

  • Melawan Kanker

Yang menariknya, khasiat Habbatussauda lain adalah bisa mengurangi kemungkinan pertumbuhan tumor. Habbatussauda memiliki senyawa antioksidan etanol yang diketahui bisa menghambat keganasan sel kanker.

Terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh yang bisa membuat tubuh mengalami stres okdsidatif. Stres ini bisa memicu berbagai kerusakan sel dalam tubuh manusia dan menyebabkan berbagai macam penyakit kronis, termasuk kanker.

Namun, penelitian ini masih terbatas pada hewan, sehingga belum ada efek yang lebih pasti untuk manusia.

Baca Juga : Atasi Gangguan Psikosomatis, Sakit Fisik yang Dipicu Stress

Kandungan Nutrisi Dalam Habbatussauda

Habbatussauda sendiri masuk ke dalam golongan tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat di dalamnya. Manfaat ini didapatkan dari kandungan nutrisi dalam Habbatussauda yang sangat melimpah. Oleh karenanya, berikut kami berikan informasi seputar kandungan nutrisi Habbatussauda.

  • Protein
  • Kalori
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Seng
  • Tembaga
  • Tiamin
  • Niasin
  • Fosfor
  • Asam Folat.

Selain itu, obat Habbatussauda atau jintan hitam ini juga mengandung senyawa aktif utama. Zat ini bisa berperan sebagai anti oksidan, antiinflamasi, dan sifat terapeutik. Fungsi dari zat ini adalah untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel dan jenis penyakit kronis lainnya.

Cara Memilih Produk Habbatussauda

Produk Habbatussauda saat ini tersedia di dalam berbagai bentuk seperti pil, kapsul, dan sirop. Kandungan dalam Habbatussauda obat ini tidak ada bedanya dengan bentuk fisiknya yang ada di alam.

Tanaman herbal ini akan memberikan khasiat yang lebih maksimal dalam meningkatkan daya tahan tubuh manusia, utamanya di musim-musim yang tidak menentu seperti sekarang ini.

Produk Habbatussauda ini dengan sangat mudah kamu temukan di pasaran, mulai dari warung, supermarket, sampai dengan online store. Meski menawarkan beberapa manfaat, namun kamu juga perlu cermat untuk memilih kemasan produk yang aman.

Hal ini diperlukan untuk mengindari khasiat yang tidak penting untuk badan kita. Selain itu, hal ini juga perlu dilakukan untuk mendapatkan manfaat seutuhnya dari Habbatussauda. Kalau kamu membeli yang asli, dijamin akan ada perubahan dalam waktu yang tidak lama.

Namun, kalau kamu membelinya yang tidak asli, ini yang menjadi bahaya. Karena kandungan di dalamnya sudah tidak asli lagi dan membuat khasiatnya pasti akan menurun.

Baca Juga : Datang dan Pergi Tiba-Tiba, Ini Dia Penjelasan Bell’s Palsy!

Jangan Minum Habbatussauda Sembarangan

jangan Minum Habbatussauda

Nah, ini menjadi poin yang cukup penting juga untuk diketahui orang banyak. Sebab bukti ilmiah dari jintan hitam Habbatussauda sendiri masih bersifat uji coba laboratorium yang ketat. Oleh karenanya, banyak yang dilakukan pada kultur sel, hewan percobaan, dan percobaan pada sekelompok manusia.

Oleh karenanya, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait dengan segudang manfaat Habbatussauda bagi tubuh manusia. Minum jamu dan obat-obatan herbal sebagai salah satu alternatif itu sah-sah saja. Tapi jangan minum Habbatussauda setiap hari.

Obat herbal yang berupa rebusan relatif sangat aman bagi tubuh manusia karena zat kimia berbahaya sudah mengalami perubahan struktur. Meski seperti itu, ada baiknya Habbatussauda ini tidak diminum sembarangan. Ikuti saja standar tertentu untuk mengkonsumsi Habbatussauda.

Oh iya, selain itu informasi yang tak kalah penting adalah kamu saat ini sudah bisa mendapatkan asuransi kesehatan terpercaya dan terjangkau dengan Super Easy Healty by Super You.

super care

Hanya dengan Rp4.500 saja per harinya kamu sudah mendapatkan asuransi kesehatan yang tak kaleng-kaleng. Jadi, sudah siap cek premi kamu hari ini?

Artikel Terkait