Apa Itu Leukosit

Tubuh manusia terdiri dari beberapa komponen darah yang ada di dalamnya. Dimana salah satunya adalah garda terdepan dalam sistem kekebalan tubuh manusia, yaitu leukosit atau sel darah putih. Leukosit sendiri adalah komponen darah yang bertanggung jawab dalam melawan infeksi yang menyerang tubuh.

Table of Contents

Tapi, apakah perannya hanya sebatas itu saja? Tentu saja tidak. Dalam artikel ini, kami akan memberikan penjelasan tentang leukosit dan apa sebenarnya fungsi dari sel darah putih yang sangat berguna bagi tubuh itu.

Apa Itu Leukosit atau Sel Darah Putih

Sel darah putih atau leukosit adalah salah satu komponen sel darah yang mengandung sedikit sekali hemoglobin, sehingga warnanya lebih pucat. Leukosit sendiri diproduksi oleh sel induk sumsum tulang (bone marrow), di mana sumsum itu sendiri selain memproduksi sel darah merah dan keeping darah, juga bisa memproduksi sel darah putih.

Meski memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh manusia, kadar leukosit dalam tubuh tidak boleh melebihi atau kurang dari normal. Jika hal ini terjadi, maka seseorang akan mengalami kesehatan yang disebut dengan leukositosis atau kondisi dimana kadar penyebab leukosit tinggi atau leukopenia atau kadar leukosit rendah.

Jumlah leukosit normal pada manusia adalah 9.400-34.000 pada bayi yang baru lahir, 4.000 – 12.000 pada bayi, 3.500 – 9.000 pada remaja usia 12-15 tahun, 3.500 – 10.500 pada dewasa 15 tahun ke atas.

Baca Juga : Tergantung Usia, Berapa Tekanan Darah Normal Kamu?

Fungsi Leukosit Pada Tubuh Manusia

Fungsi Leukosit Pada Tubuh Manusia

Pada tubuh manusia yang sempurna ini, leukosit memiliki fungsi yang sangat penting. Fungsi leukosit sendiri adalah untuk mendeteksi dan melawan mikroorganisme atau patogen asing yang mampu menyebabkan penyakit seperti virus, jamur, bakteri dan parasit.

Selain itu, leukosit ini juga berperan dalam melindungi tubuh dari patogen asing lain yang bisa mengancam kesehatan manusia. Pada saat tubuh sedang terserang infeksi, maka akan terjadi peradangan pada tubuh yang secara otomatis akan melepaskan leukosit untuk melawan infeksi tersebut.

Ini adalah sebuah fungsi alami tubuh dalam melawan berbagai penyakit yang datang. Maka, bisa dibayangkan jika kadar leukosit dalam tubuh seseorang tergolong kecil atau bahkan sedikit sekali. Ini bisa mempengaruhi kepada sistem imun mereka.

Kadar Leukosit Normal Pada Tubuh Manusia

Kadar sel darah putih atau leukosit pada tubuh manusia tidak boleh kurang atau lebih dari jumlah normal karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Lalu, berapa nilai normal leukosit pada tubuh manusia itu? Kami memiliki penjelasannya untuk kamu:

  • Bayi baru lahir: 13.000 – 38.000 per mikroliter darah
  • Anak-anak: 5.000 – 20.000 per mikroliter darah
  • Orang dewasa: 4.500 – 11.000 per mikroliter darah
  • Wanita hamil trimester pertama: 5.700 – 13.600 per mikroliter darah
  • Wanita hamil trimester kedua: 5.600 – 14.800 per mikroliter darah
  • Wanita hamil trimester ketiga: 5.600 – 16.900 per mikroliter darah.

Kadar leukosit pada ibu hamil akan terus meningkat sampai mencapai pada puncaknya pada saat melahirkan yaitu di angka 9.000 – 25.000 per mikroliter darah. Kadar leukosit ini akan kembali normal kembali dalam kurun waktu sekitar 4 minggu setelah melahirkan.

Beberapa Faktor yang Memengaruhi Kadar Leukosit

Leukosit adalah komponen sel darah yang memiliki peran sangat penting dalam melawan kuman penyebab infeksi atau penyakit di dalam tubuh manusia. Sehingga, kalau kadar leukosit terlalu rendah, maka tubuh menjadi lebih rentan terkena penyakit.

Tapi sebaliknya, jika jumlahnya terlalu banyak, kondisi ini juga sangat beresiko membahayakan tubuh yang bisa mengarah pada komplikasi serius seperti sindrom hiperviskositas darah sampai dengan stroke.

Kadar leukosit bisa dikatakan rendah apabila hasil tes menunjukkan angka yang kurang dari 4.000 per mikroliter darah. Pada kondisi seperti ini, tubuh tidak akan bisa melakukan perlawanan sebagaimana mestinya terhadap kuman penyebab infeksi atau penyakit.

Rendahnya kadar leukosit ini disebut dengan leukopenia bisa disebabkan oleh beberapa faktor medis, seperti:

  • Infeksi parah
  • Penyakit autoimun
  • Gangguan atau kerusakan pada sumsum tulang belakang
  • Penyakit defisiensi imun
  • Konsumsi obat-obatan imunosupresan.

Sementara itu, pada kondisi lain yang bisa menyebabkan meingkatnya kadar pada leukosit adalah:

  • Sakit kanker seperti leukimia, myeloma, dan limfoma
  • Infeksi
  • Kehamilan
  • Asma dan alergi
  • Penyakit peradangan seperti radang usus
  • Trauma mental dan tubuh.

Baca Juga : Kenali Hemoglobin, Protein yang Mewarnai Darah Merah

Cara Mengatasi Leukosit Tinggi

Cara Mengatasi Leukosit Tinggi

Pada dasarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati kondisi leukosit tinggi atau leukositosis. Hal ini juga bisa dilakukan sebagai cara menurunkan leukosit tinggi pada anak secara alami. Berikut kami berikan sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan sel darah putih.

  • Minum Antibiotik

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan kadar sel darah putih adalah dengan meminum antibiotik. Tentu, jika meminum antibiotik ini harus dibarengi dengan resep dari dokter ya. Jadi, jangan lupa untuk memeriksakan dahulu diri kamu supaya bisa diberikan resep terbaik dari dokter ya.

  • Dengan Cairan IV

Cairan intravena atau yang biasa disebut dengan cairan infus biasa diberikan pada penderita leukositosis. Penggunaan cairan ini bisa membantu memenuhi asupan cairan dan elektrolit ekstra dalam tubuh manusia. Sehingga mampu meningkatkan aliran darah dan melawan gangguan kesehatan yang bisa disebabkan oleh sel darah putih ini.

  • Leukapheresis

Kelebihan sel darah putih tinggi berikutnya bisa diobati dengan Leukapheresis. Ini adalah prosedur yang dilakukan untuk mengurangi jumlah leukosit dalam tubuh. Darah akan diambil dari tubuh melalui infus. Nantinya, sel darah putih akan dipisah kemudian dibuang.

Setelah itu, darah yang tanpa leukosit bisa dimasukkan kembali ke dalam tubuh manusia. Selain itu, darah juga mungkin akan dikirim ke laboratorium untuk dilakukan pengujian.

  • Terapkan Gaya Hidup Sehat

Selain cara di atas, ada satu cara menurunkan leukosit tinggi pada anak secara alami. Ajarkan kepada anak untuk memiliki gaya hidup yang sehat. Pastikan mereka untuk beristirahat dengan cukup, banyak minum air putih dan memiliki pola makan sehat dengan mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

Ada satu hal yang perlu diingat bahwa tingginya kadar leukosit akan berbeda pada setiap orang. Ada baiknya kamu untuk segera berkonsultasi dengan dokter bila mengalami gejala leukositosis seperti demam, kelelahan, nyeri, sulit bernapas, sering keringat di malam hari dan penurunan berat badan secara drastis.

Super care terbaru

Itu lah penjelasan kami tentang arti leukosit dan beberapa cara yang bisa dilakukan kalau kadar sel darah putih kamu dalam diri agak berlebihan. Sekarang, kamu juga sudah bisa mendaftarkan diri di asuransi kesehatan terbaik yang ada di Indonesia yaitu Super Easy Health by Super You.

Hanya dengan Rp4.500 saja per hari, kamu sudah bisa mendapatkan beberapa fasilitas terbaik dari rumah sakit terbaik pula yang ada di Indonesia. Tunggu apalagi, segera cek premi kamu sekarang ya.

Artikel Terkait