asam urat

Asam urat sering didengar sebagai penyakit dengan banyak pantangan makanan. Namun, apa itu asam urat sebenarnya?

Asam Urat

Apa itu Asam Urat 

apa itu asam urat

Source : Freepik

Gout atau Asam urat adalah radang sendi akibat penumpukan kristal asam urat dan penumpukan ini bisa terjadi pada sendi manapun dengan area paling umumnya jari kaki, pergelangan kaki, lutut dan jempol kaki. 

Meski pada umumnya asam urat akan dikeluarkan dari tubuh melalui urine, dalam kondisi tertentu asam urat bisa menumpuk sehingga asam urat dalam tubuh berlebih atau mengalami gangguan saat membuang asam urat berlebih. 

Penyakit asam urat adalah kondisi dimana kadar mineral asam urat di dalam tubuh terlalu tinggi yang kemudian mengkristal sehingga bisa menyerang dan menyebabkan radang persendian. 

Lalu apa yang dianggap kadar asam urat normal? 

Kadar asam urat normal aslinya bergantung pada jenis kelamin seseorang:

  • Kadar asam urat normal untuk laki-laki adalah 4,0 – 8,5 mg/dL
  • Kadar asam urat normal untuk perempuan adalah 2,5 – 7,5 mg/dL

Pada urine, kadar asam urat normal yang dihasilkan per 24 adalah 250 – 750 miligram atau 1,48 – 4,43 milimol (mmol). Kadar asam urat dinyatakan terlalu tinggi jika melebihi 6,0 mg/dL pada wanita dan 7,0 mg.dL pada pria.

Kadar asam urat dapat meningkat ketika ginjal tidak bisa menghilangkan asam urat secara efisien dan menyebabkan perlambatan dalam penghapusan asam urat termasuk jika mengkonsumsi makanan penyebab asam urat, kelebihan berat badan, diabetes, dan sering mengkonsumsi alkohol.

Penyebab Asam Urat 

penyebab asam urat adalah penumpukan kristal asam urat, tetapi terjadinya penumpukan kristal asam urat ini dapat dipicu oleh berbagai macam faktor. beberapa faktor yang menjadi penyebab asam urat adalah sebagai berikut.

  • Mengonsumsi Makanan Penyebab Asam Urat

minuman dan makanan penyebab asam urat memiliki kandungan purin. Dengan begitu makanan dan minuman yang mengandung purin menjadi pantangan asam urat.

  • Kelebihan Berat Badan 

Meski tidak pasti akan terkena asam urat, kelebihan berat badan umum menjadi penyebab asam urat karena memiliki risiko yang lebih tinggi akibat pola makan tidak sehat terutama jika banyak mengonsumsi makanan penyebab asam urat.

  • Memiliki Penyakit Tertentu 

penderita penyakit seperti gangguan ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes atau penyakit jantung memiliki risiko lebih tinggi terkena asam urat. 

selain penyakit, ada beberapa kondisi lainnya yang bisa menjadi faktor penyebab asam urat. dehidrasi kronis karena kurang minum air putih, melakukan diet ekstrim, memiliki gangguan proses metabolisme juga bisa menjadi penyebab asam urat,

  • Efek Samping Obat – Obatan 

Penyebab asam urat juga bisa efek samping dari penggunaan obat-obatan. Beberapa obat-obatan yang bisa memicu penyebab asam urat adalah aspirin dalam dosis kecil, obat diuretik, obat siklosporin, beta blocker dan obat kemoterapi. 

Selain obat-obatan dan mengidap penyakit tertentu, faktor penyebab asam urat juga bisa adanya riwayat asam urat di keluarga, cedera atau peradangan pada persendian atau pernah menjalani operasi.

Gejala Asam Urat

gejala asam urat

Beberapa gejala asam urat seperti nyeri di persendian yang umumnya dirasakan pada saat pagi hari dan malam hari. Kaki yang mengalami nyeri tersebut akan berwarna kemerahan kemudian akan susah digerakkan bahkan menjadi kaku. Selain itu masih banyak ciri – ciri asam urat lainnya, simak gejala asam urat di bawah ini.

  • Rasa sakit luar biasa yang terjadi karena nyeri mendadak pada sendi.
  • Mengalami kesulitan berjalan karena sakit yang mengganggu. Hal ini terutama pada malam hari.
  • Perkembangan rasa nyeri dalam beberapa jam hingga mengalami rasa nyeri yang hebat, pembengkakan yang disertai rasa panas dan warna kemerahan pada kulit.
  • Bengkak yang mengempis setelah gejala mereda dan kulit disekitar sendi akan terlihat bersisik, mengelupas dan gatal.
  • Meskipun gejala asam urat bisa reda dengan sendirinya, tetap harus melakukan pengobatan untuk mencegah asam urat bisa kambuh lebih parah.

Baca Juga: Ternyata Ada 35 Efek Bahaya Minum Alkohol Terlalu Banyak Lho, Sudah Tahu?

Faktor Risiko Asam Urat

Terdapat beberapa faktor risiko yang bisa memicu atau meningkatkan terjadinya asam urat. Yuk, ketahui apa saja faktor risiko asam urat di bawah ini:

  • Keluarga memiliki riwayat penyakit asam urat 
  • Baru mengalami cedera atau operasi pembedahan 
  • Mengonsumsi makanan pantangan asam urat
  • Sering mengonsumsi minuman dengan kandungan gula yang tinggi atau minuman alkohol
  • Memiliki penyakit lainnya seperti diabetes, gangguan sindrom metabolik, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, leukimia, anemia, sleep apnea, hipertensi dan obesitas.

Diagnosis Asam Urat 

Penyakit asam urat bisa didiagnosis dengan beberapa cara. Yuk, ketahui apa saja cara untuk mengetahui jika seseorang mengalami indikasi penyakit asam urat:

  • Tes Darah 

Tujuan dari melakukan tes darah adalah untuk mengetahui kadar asam urat dan kreatinin dalam darah. Jika kreatinin dalam darah mencapai 7 mg/dL maka ada kemungkinan pasien menderita asam urat.

  • Tes Urine 24 Jam

Tes urine dilakukan untuk mengecek kadar asam urat pada urine pasien selama 24 jam terakhir.

  • Tes Cairan Sendi 

Tes cairan sendi dilakukan dengan mengambil cairan sinovial dari sendi yang merasa sakit untuk diidentifikasi di bawah mikroskop.

  • Tes Pencitraan

Pemeriksaan penyakit asam urat ini dilakukan dengan melakukan foto rontgen untuk mengidentifikasi penyebab radang sendi dan USG bisa dilakukan untuk mengidentifikasi kristal asam urat pada sendi.

Obat Asam Urat yang Ampuh

cara mengobati asam urat

Ada beberapa cara untuk mengobati asam urat, bisa dengan mengonsumsi obat dokter atau tidak menggunakan obat. Namun, pastikan untuk selalu konsultasi dahulu dengan dokter untuk gejala yang timbul. Berikut adalah beberapa obat asam urat yang bisa kamu ikuti!

  • Mengonsumsi Obat Dokter

Mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter adalah cara paling umum dan efektif untuk mengobati asam urat. Konsultasi dengan dokter dan dapatkan resep yang tepat.

  • Perbanyak Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin C 

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C bisa membantu menurunkan kadar asam urat di darah. Namun, pastikan untuk lakukan konsultasi dahulu karena suplemen vitamin C tidak boleh dikonsumsi sembarangan terutama jika memiliki penyakit lainnya.

  • Perbanyak Minum Air Putih 

Mengonsumsi banyak air putih bisa mengurangi pembengkakan pada sendi akibat asam urat. Selain air putih, kaldu atau minuman herbal juga bisa dikonsumsi jika sudah dikonsultasikan dahulu dengan dokter mengenai kadar banyak airnya.

  • Hindari Makanan Tinggi Purin 

Makanan tinggi purin adalah makanan penyebab asam urat yang menjadi pantangan asam urat karena itu lebih baik untuk dihindari agar tidak menyebabkan atau memicu kambuhnya asam urat.

  • Olahraga Teratur 

Berolahraga teratur bisa menurunkan kadar asam urat karena berolahraga dan bergerak meminimalisir gejala asam urat. Namun, harus diingat bahwa tidak disarankan untuk berolahraga saat sedang mengalami asam urat karena bisa memperparah sendi.

Makanan Penurun Asam Urat

Makanan dapat memainkan peran penting dalam mengelola kadar asam urat dalam tubuh. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat:

  • Buah-buahan

Buah-buahan seperti ceri, stroberi dan blueberry memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi gejala asam urat. Buah-buahan ini juga rendah purin.

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale dan brokoli kaya akan vitamin C dan rendah purin. Vitamin C dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

  • Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh seperti oatmeal, beras merah dan quinoa mengandung serat yang dapat membantu mengurangi risiko asam urat tinggi.

  • Minum Air Putih

Banyak minum air putih membantu mengencerkan urin dan membantu tubuh mengeluarkan asam urat dengan lebih efisien.

  • Minuman Rendah Gula

Hindari minuman bersoda dan minuman manis tinggi fruktosa, karena dapat meningkatkan risiko asam urat tinggi. Sebaiknya konsumsi air mineral, teh hijau atau teh herbal tanpa gula.

  • Produk Susu Rendah Lemak

Produk susu rendah lemak seperti susu atau yoghurt rendah lemak dapat membantu mengurangi risiko asam urat tinggi.

  • Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe adalah sumber protein nabati yang baik dan rendah purin, sehingga bisa menjadi alternatif protein sehat.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung lemak sehat dan memiliki sifat antiinflamasi.

Komplikasi Asam Urat 

Jika asam urat tidak segera ditangani maka berpotensi untuk menimbulkan komplikasi kesehatan lainnya. Ketahui beberapa komplikasi yang bisa timbul akibat asam urat:

  • Menimbulkan Tofi 

Salah satu komplikasi dari asam urat adalah timbulnya tofi, kumpulan kristal urat akibat penumpukan asam urat yang bisa berkembang pada persendian dan tulang rawan. Saat kristal mengeras maka akan terbentuk benjolan dengan berbagai ukuran pada bagian tubuh. Meskipun tidak menyakitkan, tofi bisa menyebabkan kerusakan sendi.

  • Terjadi Kerusakan Sendi 

Pembengkakan sendi akibat asam urat kronis bisa menyebabkan kerusakan kronis karena timbulnya tofi.

  • Menyebabkan Batu Ginjal

Salah satu risiko dari asam urat adalah bisa memicu terjadinya batu ginjal. Hal ini karena asam urat yang tinggi bisa menyebabkan kristal asam urat yang berkumpul di saluran kemih dan menimbulkan batu ginjal.

Cara Mencegah Asam Urat 

Kambuhnya asam urat berhubungan erat dengan gaya hidup seseorang. Mencegah terjadinya penyakit asam urat dan menjaga asam urat tidak kambuh bisa dilakukan dengan memperbaiki gaya hidup dan melakukan beberapa cara di bawah ini.

  1. Mengonsumsi banyak air bagus untuk kesehatan ginjal dan membantu fungsi ginjal serta menjaga tubuh dari mengalami dehidrasi.
  2. Olahraga secara teratur bisa membantu menjaga kestabilan berat badan atau menurunkan berat badan dan menaikkan massa otot. Hal ini penting karena berat badan berlebih bisa meningkatkan asam urat dan memberikan tekanan pada persendian.
  3. Hindari penggunaan obat – obatan seperti diuretik atau imunosupresan.
  4. Batasi konsumsi makanan dan minuman dengan kandungan purin tinggi. 
  5. Konsumsi makanan dengan antioksidan tinggi seperti sayuran dan buah.

promo super easy health terbaru

Demikian informasi mengenai asam urat dan 5 cara mengobati asam urat. Untuk mencegah terjadinya asam urat dan agar asam urat tidak kambuh, memperbaiki pola hidup merupakan solusi yang gampang untuk dilakukan. Selain melakukan pola hidup sehat, menjaga kesehatan juga bisa dilakukan dengan memiliki asuransi kesehatan dari Super You, memproteksi kesehatan menyeluruh dengan harga yang aman di kantong dan bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan masing – masing. Mulai dari Rp135.000 per bulan saja, lho!

Artikel Terkait