base makeup spf vs sunscreen

Menggunakan sunscreen kadang terasa berat karena faktor malas atau lupa. Belum lagi bahwa harus mengaplikasikan lagi setiap beberapa jam sekali. 

 

Hal ini menyebabkan kebanyakan makeup lovers untuk menggunakan base makeup yang sudah memiliki kandungan SPF agar tidak harus menggunakan tabir surya sebelum dandan. Namun, apakah kandungan SPF yang berada di base makeup cukup untuk memberikan kulit perlindungan dari sinar matahari layaknya tabir surya? Yuk, cari tahu disini!

 

Tabir Surya Murni VS Base Makeup Dengan Kandungan SPF

Pada dasarnya manfaat sunscreen yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari wajib untuk digunakan setiap hari. Pemakaian satu kali sehari pun tidak cukup dan karena itu harus diaplikasikan ulang beberapa kali sehari.

 

Hana Hong, seorang beauty editor di Real Simple berkata bahwa “Produk kecantikan serbaguna apa pun adalah nilai lebih. Namun SPF di dalam foundation hanya baik secara teori, praktiknya berbeda”. 

 

Joshua Zeichner, MD, seorang dokter kulit di New York setuju dengan pendapat Hong mengenai base makeup sebagai pengganti tabir surya murni. 

 

Hal ini karena untuk melindungi satu badan saja akan memerlukan sekitar 29 ml gelas yang dipenuhi SPF 30. Jadi untuk kita memerlukan setidaknya 1 – 1,5 sendok tabir surya, bahkan bila terkandung dalam base makeup. Namun, nyatanya adalah banyak base makeup yang tidak memiliki kandungan hingga SPF 30 meski mengeklaim seperti itu. 

 

Baca Juga: Kenali Kulit Kering dan Cara Mengatasinya!

 

Untuk mendapatkan proteksi yang seimbang dengan tabir surya murni, perlu untuk mengoleskan base makeup dengan kandungan SPF dalam jumlah yang lebih banyak. Selain itu, menurut Hadley King, MD, seorang dokter kulit di New York, bahwa baik makeup maupun tabir surya, nyatanya masih banyak yang mengoleskannya secara tidak rata dan menerapkannya tidak sesuai kebutuhan.

 

“Anda mungkin tidak mengoleskan alas bedak pada garis rambut, garis rahang, dan leher serta semua area terbuka yang juga membutuhkan perlindungan dari sinar matahari” ujar King. 

 

Jadi meski base makeup yang mengandung SPF bisa digunakan untuk menggantikan tabir surya murni, tetapi harus digunakan dalam kuantitas yang lebih besar agar bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Karena itu akan lebih efisien untuk menggunakan tabir surya sebelum dandan.

 

Hong juga menegaskan bahwa mengaplikasikan tabir surya dan base makeup disaat yang sama tidak apa – apa dan tidak ada dampak negatif apa pun.

 

“Jika anda tidak menggunakan alas bedak dalam jumlah banyak untuk memenuhi SPF yang diperlukan, mungkin lebih mudah menerapkan lapisan tabir surya tambahan” ujar Hong.

 

Tabir Surya Wajib untuk Diaplikasikan Ulang

Setelah diaplikasikan, tabir surya akan mulai memudar beberapa jam kemudian maka dari itu penting untuk diaplikasikan ulang. Hal ini juga berlaku untuk penggunaan base makeup yang memiliki kandungan SPF. 

 

“Alas bedak yang memiliki elemen sun protection di dalamnya bagus, namun pastikan untuk melapisi dengan dosis lebih, dan ulangi kembali pemakaiannya jika anda berada di bawah sinar matahari selama berjam – jam” perjelas Hong. 

 

Namun bagaimana cara untuk mengaplikasikan ulang tabir surya apabila sedang menggunakan makeup? Berikut ini adalah beberapa cara yang disetujui oleh dokter kulit untuk mengaplikasikan ulang tabir surya.

 

Cara Mengaplikasi Ulang Tabir Surya Dengan Makeup

Menggunakan Makeup Sponge 

Apabila menggunakan makeup mengaplikasikan ulang tabir surya bisa dilakukan dengan makeup sponge. Ini bisa dilakukan dengan tabir surya bertekstur cair atau tekstur krim, untuk sponge bisa digunakan dalam kondisi kering atau basah. 

 

Tetapi bagaimana bila sedang di luar? Tidak mungkin untuk membawa makeup sponge kemana – mana. Berikut ini adalah beberapa jenis tabir surya yang gampang untuk dibawa dan cocok untuk mengaplikasikan tabir surya apabila on the go.

 

Jenis – Jenis Tabir Surya

Tinted Sunscreen 

Tinted Sunscreen merupakan produk yang cocok sebagai pengganti base makeup atau untuk diaplikasikan diatas makeup. 

 

Tidak hanya bagus untuk ‘no-makeup look’ apabila digunakan sebagai pengganti base makeup, tetapi tinted sunscreen juga memiliki tekstur yang cair dan tipis jadi tidak akan merusak makeup apabila digunakan diatasnya. 

 

Bedak Tabir Surya 

Bedak tabir surya sangat bagus bagi mereka yang memiliki kulit berminyak. Selain itu bedak tabir surya juga bagus untuk diaplikasi ulang apabila menggunakan makeup tanpa khawatir akan merusaknya, dan gampang untuk dibawa kemana – mana. 

 

Salah satu cara yang dianjurkan Hong adalah untuk menggunakan bedak tabir surya untuk touch up karena tidak hanya memberikan efek mattifying, tetapi juga memberikan tampilan yang halus pada kulit. 

 

Spray Sunscreen 

Spray sunscreen berbeda dengan bentuk sunscreen lainnya karena disemprot. Spray Sunscreen berbentuk aerosol, mudah untuk dibawa kemana -mana dan mudah untuk diaplikasikan diatas makeup tanpa merusak tekstur atau riasannya jadi sempurna untuk touch up.


Nah, sudah tahu kan cara aplikasi tabir surya meski menggunakan makeup? Sekarang pastikan untuk selalu menggunakan tabir surya secara rutin ya untuk menghindari risiko masalah kulit dan kanker kulit. Selain menggunakan tabir surya, memiliki asuransi kesehatan juga bisa menjadi cara melindungi diri lho! Yuk, cek sekarang!