biaya pengobatan

Tidak ada seorang pun yang ingin tubuhnya terjangkit penyakit kronis. Namun ketika penyakit tersebut datang menghampiri, tidak akan bisa dicegah lagi. Hal itu berakibat meningkatnya pengeluaran karena biaya berobat, sehingga asuransi kesehatan sangat penting di kondisi itu.

Beberapa Penyakit dengan Biaya Untuk Pengobatan Termahal

1. Jantung

Jantung berada di urutan pertama yang menjadi penyebab kematian pada seseorang karena organ vitalnya mengalami gangguan kesehatan. Hampir seluruh negara mengalami hal itu, salah satunya yaitu Indonesia. Penyakit ini menghabiskan biaya berobat berbeda tergantung dengan gejalanya.

Apabila sudah masuk ke dalam tahapan lebih serius seperti mengalami penyumbatan arteri, maka biayanya dapat mencapai hingga Rp 500 juta. Sementara pada kasus ringan seperti pasien penderita jantungnya berdetak terlalu cepat, pengobatan aritmatiknya menghabiskan biaya Rp 150-350 ribu.

Apalagi biaya tersebut tidak termasuk tindakan penanganan pada operasi besar. Hal itu karena setidaknya akan menghabiskan dana sebesar Rp 20 juta atau bisa juga lebih dari itu.

Antisipasi Resiko Serangan Jantung dengan Super Strong Protection.

Uang Pertanggungan Hingga Rp 300 juta

2. Asma dan COPD (Chronic Obstructive Pulmonary Disease)

Emfisema dan bronkitis adalah contoh penyakit yang termasuk ke dalam jenis COPD. Penyakit ini ternyata berada di urutan ke-2 sebagai biaya berobat termahal pada gangguan kesehatan. Asma dan COPD bisa muncul karena dipicu polusi udara semakin tinggi selain faktor genetiknya.

Rumah sakit biasanya menetapkan harga mulai dari Rp 200.000,- untuk melakukan pemeriksaan masalah paru-paru gejala awal, yaitu melalui tes spirometri  (mengetes fungsi pada paru-paru). Perlu diingat bahwa spirometri hanya suatu metode pemeriksaan saja.

Sehingga Kamu perlu membayar biaya tambahan untuk obat-obatan dan konsultasi dengan dokter. Sementara itu, biaya untuk tindakan operasi dapat menghabiskan dan hingga puluhan juta rupiah.

3. Kanker

Seorang penderita kanker membutuhkan pengobatan yang harus dijalankan, yaitu radioterapi, kemoterapi, serta operasi. Biaya untuk kemoterapi termurah yaitu berkisar 4 hingga 5 juta, sedangkan untuk pengobatan radioterapi menghabiskan biaya sebesar 6 juta rupiah.

Selain itu ada operasi yang menelan biaya mulai dari 100 juta rupiah. Namun biaya-biaya tersebut tidak termasuk biaya untuk melakukan konsultasi dengan dokter dan obat-obatannya. Apabila dihitung, rata-rata akan menghabiskan dan kurang lebih sekitar 100 juta rupiah.

Pertanggungan Penyakit Kritis Kanker Hingga Rp 300 juta.
Premi Mulai Rp 30 ribua-an

4. Diabetes

Diabetes adalah suatu kondisi pada tubuh seseorang yang mempunyai gula di dalam darah terlalu banyak, sehingga bisa berakibat komplikasi semakin serius seiring berjalannya waktu. Adapun faktor penyebab seseorang terjangkit penyakit ini karena gen, usia, obesitas, dan gaya hidup tidak sehat.

Pasien biasanya harus melakukan serangkaian pengobatan di antaranya seperti berkonsultasi dengan dokter, obat-obatannya, operasi, suplemen khusus, dll. Diabetes pada tipe ringan menghabiskan biaya sebesar 4 juta rupiah per bulannya, dan kronis butuh puluhan – ratusan juta.

Sehingga tidak mengherankan lagi apabila gangguan kesehatan diabetes tergolong penyakit yang biaya pengobatannya termahal. Kamu pun membutuhkan asuransi penyakit kritis supaya biayanya tidak terlalu mahal. Salah satu asuransi yang memberikan pelindungan optimal untuk asuransi penyakit kritis adalah Super Strong dari Seper You.

5. Gangguan pada Kesehatan Mental dan Perilaku

Salah satu jenis penyakit yang disembuhkan adalah gangguan kesehatan pada mental dan perilaku. WHO menyebutkan bahwa angka bunuh diri di negara Indonesia telah mencapai 1,6%-1,8% tiap 100.000 jiwa pada tahun 2010.

Apalagi biaya pengobatannya termasuk kategori termahal. Bahkan untuk satu kali suntikan ke pasien, biaya untuk pengobatannya dapat mencapai jutaan rupiah. Padahal biaya itu tidak termasuk biaya untuk obat-obatannya.

Kamu dapat melihat bahwa biaya pengobatan penyakit-penyakit di atas sangat tinggi dan mahal. Kamu bisa mendaftar ke asuransi apabila ingin terjamin dan lebih terjangkau biayanya. Kamu akan sangat membutuhkannya, apalagi jika mengidap penyakit pada tingkat kronis.

SHARE

Artikel Terkait Lainnya