belimbing wuluh

Apa kamu tahu buah belimbing wuluh? Mungkin kalau buah belimbingnya pernah dengar ya, buah yang juga dikenal sebagai starfruit karena bentuknya yang menyerupai bintang. Namun, belimbing wuluh berbeda dari buah tersebut ya! Jika masih belum tau belimbing wuluh itu apa, baca disini yuk! Kita kasih tahu!

Table of Contents

Tanaman belimbing wuluh itu asli Asia Tenggara loh dan biasanya ditemukan di beberapa area, seperti Indonesia, Malaysia, Filipina hingga di Sri Lanka. Khasiat belimbing wuluh ada sangat banyak dan biasanya tetapi manfaat belimbing wuluh tidak hanya di buahnya, daun belimbing wuluh juga bisa digunakan. 

Manfaat belimbing wuluh biasanya digunakan sebagai tanaman herbal untuk pengobatan, beberapanya adalah sebagai obat untuk mengatasi batuk rejan, pencegahan terjadinya diabetes, mengatasi maag hingga bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit, seperti jerawat. Bagaimana belimbing wuluh bisa menjadi obat untuk masalah tersebut? Ini karena kandungannya yang sangat bagus. 

Kandungan Dari Belimbing Wuluh

belimbing wuluh

Belimbing wuluh, tanaman yang juga dikenal dengan nama latinnya, Averrhoa Bilimbi L. dan panggilan lainnya sebagai belimbing sayur ini dikenal dengan cita rasanya yang sangat asam. Bentuk dari buah belimbing wuluh juga sangat berbeda dari buah belimbing yang berbentuk seperti bintang. 

Buah belimbing wuluh berwarna hijau pekat dan bentuknya lonjong. Daripada buah belimbing, bentuk dari belimbing wuluh lebih menyerupai timun yang juga berwarna hijau pekat dan lonjong. 

Khasiat belimbing wuluh ada banyak, untuk buah belimbing wuluh saja ada banyak kandungan mineralnya loh, seperti fosfor, kalsium dan zat besi. Manfaat belimbing wuluh sendiri juga banyak dikenal karena bersifat antioksidan dan memiliki zat bersifat astringen. 

Berdasarkan Journal of Pharmacy and Bio Allied Sciences, manfaat belimbing wuluh ada beragam. Mulai dari memiliki efek antidiabetes, antihipertensi, hipolipidemik, antitrombotik, anti kanker, hepatoprotektor, serta kelebihannya untuk menyembuhkan luka karena bersifat antioksidan, antiinflamasi dan antimikroba yang kuat. 

Kandungan tersebut yang membuat khasiat belimbing wuluh cocok dijadikan tanaman herbal yang digunakan untuk membuat obat-obatan. Biasanya cara menggunakan belimbing wuluh untuk pengobatan adalah dengan direbus, tetapi pastikan untuk berhati-hati karena penggunaan buah belimbing wuluh memiliki efek samping. 

Dikutip dari jurnal Archives of Pharmacy and Biological Science, berikut ini adalah kandungan yang ada di dalam 100 gram belimbing wuluh:

  • 2,8 – 3 Gram Serat 
  • 6,7 Gram Karbohidrat 
  • 60 IU Vitamin A
  • 35 Miligram Vitamin C
  • 0,15 miligram Vitamin E 
  • 12 Mikrogram Folat 
  • 130 Miligram Kalium 
  • 10 Miligram Magnesium 
  • 0,12 Miligram Zinc 

Selain beragam nutrisi tersebut, di dalam 100 gram belimbing wuluh juga masih ada 30 gram kalori. Namun, tidak hanya itu, belimbing wuluh juga memiliki kandungan Vitamin B, serta beragam antioksidan loh, seperti lutein, zeaxanthin dan flavonoid. Banyak kan khasiat belimbing wuluh? Namun, manfaat belimbing wuluh tidak hanya untuk kesehatan loh, bisa juga untuk kulit dan rambut!

Baca Juga: 14 Manfaat Daun Kelor yang Perlu Kamu Ketahui

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan 

Belimbing wuluh memiliki banyak khasiatnya terutama sebagai pengobatan. Berikut ini adalah manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan.

  • Menyembuhkan Batuk dan Pilek

Belimbing wuluh memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan ini bisa bekerja sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas dan manfaat belimbing wuluh sangat bagus untuk fungsi sistem kekebalan tubuh. Hal ini menyebabkan mekanisme pertahanan tubuh semakin kuat dan bisa mengobati batuk dan pilek yang terjadi akibat perubahan musim atau alergi.

  • Membantu Diet 

Buah belimbing wuluh memiliki serat yang tinggi sehingga membuat cepat kenyang dalam waktu yang lama ketika dikonsumsi karena itu menjadi makanan yang cocok bagi orang diet.  

  • Menangani Wasir 

Anti inflamasi menjadi salah satu khasiat belimbing wuluh dan ini berguna untuk menangani wasir. Tanin dan terpenoid yang ada pada belimbing wuluh merupakan senyawa yang membantu mengurangi terjadinya pembengkakan pada pembuluh darah anus dan rektum atau wasir. 

  • Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan vitamin C yang ada pada buah belimbing wuluh memiliki banyak manfaatnya, salah satunya khasiat belimbing wuluh untuk memproduksi lebih banyak kolagen sehingga bisa memperbaiki jaringan yang rusak lebih cepat ketika kulit terluka. 

  • Mengatasi Sakit Gigi

Seperti mengatasi jerawat, khasiat belimbing wuluh juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Caranya sama, hanya dengan menghancurkan belimbing wuluh, tetapi jangan terlalu halus.

  • Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Kandungan antioksidan, serat, vitamin C dan kalium yang ada pada belimbing wuluh sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu khasiat belimbing wuluh adalah menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Kandungan kalium bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, serat bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, vitamin C mengatasi peradangan dan mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah dan kadar antioksidan tinggi juga membantu mencegah kerusakan sel tubuh dan pertumbuhan sel kanker. 

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Salah satu manfaat belimbing wuluh ketika ekstraknya dikonsumsi dalam bentuk buah kering adalah menjaga kesehatan tulang sehingga integritas struktural kerangka tubuh juga tetap terjaga.

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kulit 

belimbing wuluh

Khasiat belimbing wuluh sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Berikut ini adalah manfaat belimbing wuluh dan bagaimana menggunakannya bisa menyehatkan kulit. 

  • Meringankan Kondisi Jerawat Pada Wajah

Belimbing wuluh mengandung asam oksalat yang bisa membantu mengatasi kondisi jerawat pada wajah. Menggunakan belimbing wuluh sebagai masker bisa dilakukan sendiri di rumah karena cara membuatnya juga mudah, tetapi pastikan bahwa alat dan bahannya higienis untuk mencegah terjadinya iritasi setelahnya. 

Buat masker belimbing wuluh sangat gampang, hanya perlu menghaluskan buahnya dan aplikasi ke wajah seperti masker pada umumnya. Setelah itu tunggu hingga masker mengering dan bilas bersih menggunakan air. Lakukan ini secara rutin untuk melihat hasil yang maksimal. 

  • Mencerahkan Wajah

Vitamin C merupakan kandungan yang dikenal bisa membantu mencerahkan kulit karena itu mencerahkan wajah menjadi salah satu khasiat belimbing wuluh karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. 

Dengan menggunakan belimbing wuluh sebagai masker, kulit tidak hanya menjadi cerah tetapi juga bisa menghilangkan flek hitam yang ada pada kulit, mengembalikan elastisitas kulit karena produksi kolagen yang meningkat sehingga kulit menjadi lebih kencang.

  • Mengecilkan Pori-Pori

Insecure dengan pori-pori besar? Coba gunakan masker dari belimbing wuluh untuk mengecilkan tampilan pori-pori. Salah satu manfaat belimbing wuluh adalah khasiatnya untuk membunuh bakteri jahat yang menyebabkan timbulnya jerawat dan pori-pori tampak lebih besar.

  • Mencegah Penuaan Dini 

Seperti yang sudah diketahui bahwa belimbing wuluh mengandung vitamin C dan vitamin A yang tinggi sehingga bekerja sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas. Khasiat belimbing wuluh ini adalah mencegah terjadinya penuaan dini dengan mengurangi tampilan garis halus dan kerutan pada wajah. 

  • Mengurangi Rasa Gatal Akibat Gigitan Serangga

Khasiat belimbing wuluh terkenal sebagai obat gatal akibat dari gigitan serangga. Caranya adalah dengan menumbuh daun belimbing wuluh hingga halus hingga menjadi pasta atau adonan. Jika sudah seperti itu bisa langsung diaplikasikan ke daerah yang gatal akibat gigitan serangga.

Baca Juga: Kenali Jenis Vitamin yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Rambut 

belimbing wuluh

Manfaat belimbing wuluh tidak hanya bisa untuk kesehatan tubuh, tetapi bisa juga untuk kecantikan, salah satunya untuk rambut. Berikut ini adalah bagaimana khasiat belimbing wuluh bisa berguna untuk rambut.

  • Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat belimbing wuluh bisa membantu memberantas masalah rambut rontok. Hal ini karena khasiat belimbing wuluh yang bisa merangsang pertumbuhan rambut baru karena kaya akan vitamin C yang menjadi antioksidan. 

Kandungan belimbing wuluh ini mencegah terjadi penuaan dini, sehingga akan rambut akan ternutrisi dan tidak mudah rontok. Belimbing wuluh juga memiliki kandungan vitamin B kompleks, sehingga memberikan rambut nutrisi yang penting. 

  • Mengatasi Masalah Ketombe

Manfaat belimbing wuluh untuk rambut bisa juga dengan membantu mengatasi masalah ketombe yang bisa menjengkelkan saat terjadi. Ketika ada ketombe, maka bisa menimbulkan rasa gatal dan membuat penampilan tidak maksimal.

Timbulnya ketombe bisa disebabkan oleh produk rambut yang tidak cocok atau jamur Malassezia sp pada kulit orang dewasa. Untuk mengatasi masalah ini bisa dengan belimbing wuluh. Khasiat belimbing wuluh untuk ketombe bisa didapatkan dengan resep di bawah ini!

  • Membasmi Kutu

Kutu rambut merupakan serangga berukuran seperti biji stroberi berwarna coklat yang tinggal di kulit kepala dan menghisap darah manusia. Ketika seseorang memiliki kutu, gejalanya adalah rasa gatal pada kulit kepada dan adanya sensasi gerakan yang terjadi di sekitar rambut.

Membasmi kutu yang tinggal di kepala bisa dilakukan menggunakan belimbing wuluh. Air yang ada pada belimbing wuluh bisa membantu meracuni kutu tersebut. 

  • Mengatasi Rambut Berminyak

Belimbing wuluh juga bisa mengatasi rambut dengan minyak berlebih, tetapi tenang saja! Mengatasi rambut berminyak bisa dengan belimbing wuluh yang dikenal ampuh untuk mengembalikan rambut ke kondisi sehat. Caranya adalah dengan mengaplikasikan jus belimbing wuluh ke rambut dan kulit kepala secara rutin, mengonsumsi jusnya juga bisa memaksimalkan khasiat belimbing wuluh.

  • Resep Jus Belimbing Wuluh

Berikut ini adalah resep jus belimbing wuluh yang bisa digunakan sebagai masker rambut.

  1. Persiapkan buah belimbing wuluh yang sudah cukup matang 
  2. Blender hingga halus
  3. Gunakan sebagai masker pada kepala dengan dioleskan ke kulit kepala dan rambut
  4. Pijat perlahan secara merata 
  5. Bungkus rambut yang sudah dilumuri masker jus belimbing wuluh 
  6. Diamkan selama 30 menit 
  7. Jika sudah, bilas atau dikeramasi seperti biasa
  8. Lakukan ini minimal 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal 

Untuk nutrisi yang maksimal, resep jus belimbing wuluh ini bisa ditambahkan madu sebanyak satu sendok teh. Jika ingin mengonsumsi buah belimbing wuluh bisa dengan mengonsumsinya 2 buah belimbing wuluh per harinya. 

Tidak hanya pengobatan kimia yang  bisa menyembuhkan dan bermanfaat bagi kesehatan, tetapi tumbuhan seperti belimbing wuluh juga bisa rutin tambahkan pada keseharian untuk menjaga kesehatan tubuh, kecantikan dan rambut. Seperti asuransi kesehatan dari Super You yang siap memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan saja. 

Artikel Terkait