berat badan ideal

Biasanya berat badan ideal dianggap sebagai salah satu indikator kesehatan tubuh. Orang yang berat badannya ideal, kemungkinan akan lebih mengalami risiko penyakit yang lebih rendah. Namun, tidak semua orang yang mempunyai berat badan ideal itu sehat. Bisa jadi mereka juga mengalami kondisi bernama skinny fat.

Nah, untuk mengerti bahasan yang satu ini, kita harus mengerti dulu nih arti dari Body Mass Index atau BMI.

Apa itu BMI?

Body Mass Index (BMI), disebut juga sebagai Indeks Massa Tubuh (IMT) kerap menjadi standar penilaian kesehatan. Bentuknya yaitu angka untuk memberi informasi seputar status berat badan. Mungkin ideal, kurang, berlebih, atau obesitas. Angkanya sendiri didapat dari analisis tinggi dan berat badan kamu.

Bagaimana sih cara menghitung berat badan ideal dengan BMI?

Perhitungan BMI lumayan sederhana. Pertama, ukur berat badan (dalam kg) dan juga tinggi badan (dalam cm). Rumus dari perhitungan BMI adalah berat badan dibagi tinggi badan yang dikuadratkan.

Males hitung manual? Kamu bisa menggunakan kalkulator berat badan ideal.

Hitung Berat Badan Ideal Kamu dengan Kalkulator BMI

Memangnya nilai BMI penting?

Semakin tinggi nilai BMI seseorang, maka semakin tinggi juga risiko kesehatan yang dialami. Namun perlu diingat bahwa BMI hanya memperhitungkan proporsionalitas berat badan dan tinggi badan.

Artinya apa? BMI gak bisa memperkirakan persentase lemak dan otot yang ada. Karena itu, terkadang BMI bukanlah alat pengukur kesehatan yang tepat untuk beberapa orang seperti atlet, anak-anak, ibu-ibu hamil, atau orang lanjut usia.

Baca Juga : 5 Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Berat badan ideal atau skinny fat?

Walaupun kamu mempunyai berat badan ideal, jangan lengah! Karena salah satu kelemahan BMI adalah ketidakmampuan untuk mendeteksi komposisi lemak dalam tubuh. Hal ini berakhir kepada fenomena masyarakat yaitu skinny fat.

Apa itu skinny fat?

Skinny fat adalah orang-orang yang mempunyai berat badan ideal namun memiliki terlalu sedikit otot dan terlalu banyak lemak. Orang yang skinny fat mempunyai tanda sebagai berikut.

  • Mempunyai lemak tubuh sekitar 10-20 persen untuk pria dan 20-30 persen untuk wanita.
  • Tidak berotot secara alami.
  • Belum melakukan latihan kekuatan dalam satu tahun terakhir (atau bahkan belum pernah).

Maka bisa dijamin bahwa kamu adalah seseorang yang skinny fat.

Ini Dia Cara Mengatasi Underweight

Bagaimana cara menjaga berat badan ideal yang sehat?

Nah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjaga berat badan yang sehat dan menghindari kondisi skinny fat.

1. Lakukan diet yang benar

Diet bukan semerta-merta mengimbangi kalori yang masuk dengan yang keluar, namun pastikan juga bahwa kalori tersebut padat dengan nutrisi. Batasi karbohidrat, batasi konsumsi gula dan garam, perbanyak protein, dan makan banyak sayur dan buah.

Ingat: Mindset yang benar menginginkan tubuh yang sehat, bukan yang kurus. Karena itu kamu tetap harus mempunyai nutrisi yang baik.

2. Berolahraga

Berolahraga yang rutin akan membakar kalori. Selain itu, dengan melakukan latihan kekuatan, kamu juga bisa membangun massa otot. Massa otot inilah penawar dari skinny fat, karena dengan bertambahnya massa otot meningkatkan metabolisme. Artinya apa? Lebih banyak kalori yang terbakar saat kamu membangun massa otot ini.

Usahakan untuk berolahraga 150 menit per minggu. Jika kamu tidak terbiasa berolahraga secara rutin, buat target untuk per minggunya. Mungkin kamu bisa memulai dengan 30 menit per minggu, lalu naik menjadi 60 menit, dan seterusnya, sampai kamu terbiasa.

Punya Masalah Berat Badan Berlebih? Ini 3 Cara Ampuh Menurunkan Overweight

3. Jaga kesehatan

Berat badan bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Karena itu pastikan kamu menjaga kesehatan baik secara mental dan fisik. Ini berarti jauhkan dirimu dari stress yang berlebih, tetap minum dan makan yang cukup, dan tidur yang cukup.

4. Pantau kalori yang masuk dan keluar

Dengan memantau kalori yang masuk dan yang keluar, kamu akan tahu mana yang perlu kamu tekankan. Apakah kalori yang masuk terlalu banyak? Apakah kalori yang keluar terlalu banyak? Pastikan bahwa keduanya seimbang, namun juga pastikan kualitas dari kalori tersebut baik dan sehat.

Lindungi badan agar sehat selalu

Berat badan mungkin ideal, tapi make sure itu terdiri dari tubuh yang sehat. Dengan begitu, kamu pun bisa terhindar dari penyakit.

Selain itu, pastikan kamu sudah melakukan yang terbaik untuk melindungi dirimu dari risiko-risiko tak terduga. Kamu bisa mencoba mulai dari perlindungan asuransi jiwa, mulai dari Rp30.000-an saja per bulan.

super life

SHARE Super you Facebook Super you instagram

Artikel Terkait Lainnya