biaya USG

Biaya USG bervariasi dan tergantung dengan fasilitas kesehatan serta jenis yang dilakukan. melakukan prosedur USG tidak hanya dilakukan saat melakukan check-  up kehamilan, tetapi juga bisa dilakukan untuk mendeteksi penyakit lainnya. 

Biaya USG

Apa itu USG?

apa itu usg

Ultrasonografi yang juga dikenal sebagai USG merupakan prosedur kesehatan dimana akan melakukan pengambilan gambar dari bagian dalam tubuh tertentu. Bagaimana cara USG bekerja adalah menggunakan gelombang ultrasound lewat transducer dengan gel sebagai media perantaranya. Gelombang ultrasound yang dipancarkan akan dipantulkan kembali sebagai gambar di layar monitor dan akan menunjukkan organ – organ dalam tubuh melalui monitor agar bisa dilihat secara langsung kelainan apa yang terjadi dalam tubuh sehingga menyebabkan penyakit.

Jenis Pemeriksaan USG

Terdapat berbagai macam jenis dari pemeriksaan USG dan dilakukan bergantung dengan gangguan kesehatan yang terjadi. 

  • Ultrasonografi Perut 

Melakukan ultrasonografi perut akan dilakukan pada area bagian tengah, yakni area perut untuk mendiagnosis penyebab timbulnya sakit perut. 

  • Ultrasonografi Ginjal 

Tujuan dari melakukan ultrasonografi ginjal adalah melihat ukuran, bentuk dan lokasi ginjal. Selain itu prosedur USG ini juga dilakukan untuk melihat struktur yang terkait dengan organ ginjal, seperti ureter dan kandung kemih. 

  • Ultrasonografi Payudara

Prosedur ultrasonografi payudara bertujuan untuk mengidentifikasi jika ada benjolan atau kista pada organ payudara.

  • Ultrasonografi Doppler

Prosedur ultrasonografi doppler dilakukan untuk mengetahui pergerakan darah di dalam tubuh.

  • Ultrasonografi Panggul

Melakukan ultrasonografi panggul biasanya bertujuan untuk mengecek kesehatan dari beberapa organ, sepert kandung kemih, prostat, rektum, ovarium, vagina dan rahim. 

  • Ultrasonografi Transvaginal

Fungsi dari prosedur ultrasonografi transvaginal adala mengetahui jika ada gangguan di jaringan reproduksi, seperti pada rahim dan ovarium.

  • Ultrasonografi Tiroid 

Pengecekan menggunakan ultrasonografi tiroid bertujuan untuk mendapatkan visualisasi dan mengukur besar tiroid sehingga bisa membantu mendeteksi jika ada nodul atau lesi pada kelenjar.

  • Ultrasonografi Transrektal  

Melakukan prosedur ultrasonografi transrektal adalah untuk mengetaku kondisi prostat. Prosedur ini akan dilakukan dengan memasukkan transduser pada rektum.

Baca Juga: Hindari 3 Penyebab Utama Gagal Ginjal, Kenali Gejalanya!

Fungsi Pemeriksaan USG 

fungsi pemeriksaan usg

Tujuan dari melakukan pemeriksaan USG bervariasi, tetapi dasarnya adalah untuk mendeteksi serta mengetahui kondisi kesehatan, seperti:

  • Prosedur USG bisa dilakukan saat pemeriksaan kehamilan untuk memonitor detak jantung janin melakukan ultrasonografi Doppler.
  • Melakukan prosedur USG adalah untuk mendapatkan gambaran atau visualisasi jaringan perut serta organ – organ yang ada di dalamnya. 
  • Menggunakan ultrasonografi transrektal bisa mengetahui masalah pada prostat.
  • USG bisa dilakukan untuk mendapatkan visualisasi yang jelas dari organ jantung.
  • Prosedur USG bisa dilakukan untuk mengecek struktur jaringan yang berada di sekitar organ ginjal. 
  • USG juga bisa dilakukan untuk mendapatkan gambaran jaringan payudara yang jelas. 
  • USG mata dilakukan untuk melihat struktur mata secara jelas. 
  • Saat hamil, prosedur USG tidak hanya dilakukan untuk melakukan monitor denyut jantung, tetapi juga untuk melihat perkembangan janin. 
  • Melakukan biopsi dengan USG dilakukan untuk memperoleh jaringan tubuh yang akan digunakan sebagai sampel. 
  • Pemeriksaan USG dilakukan untuk memperoleh pencitraan rahim dan ovarium. 

Bagaimana Melakukan Prosedur USG

Terdapat beberapa tahapan yang perlu dilakukan sebelum melakukan prosedur USG, yakni:

  • Sebelum melakukan prosedur ada kemungkinan dokter meminta pasien berpuasa terlebih dahulu selama 8 jam. Hal ini terutama jika bagian yang akan dicek adalah perut (abdomen), karena makanan di dalam usus bisa mempengaruhi gambar yang diperoleh saat USG.
  • Saat melakukan USG, pasien akan berbaring atas meja dan membuka pakaian bagian yang akan di USG. Pada daerah yang akan diperiksa, teknisi USG akan mengoleskan gel yang bekerja untuk membantu mengirim gelombang suara ke dalam tubuh dan memudahkan alat USG bergerak dengan mudah di atas kulit sehingga mengurangi terjadinya gesekan pada kulit. Pada saat ini, umum untuk dokter mengubah tekanan yang diberikan atau meminta pasien mengubah posisi untuk mendapatkan gambaran dan sudut yang lebih baik.
  • Jika sudah puas dengan hasil gambar, gel yang dioleskan sebelumnya akan diusap bersih dan pasien bisa kembali ke kegiatan semula atau kembali ke kamar rawat inap. Hasil USG akan dianalisis guna untuk mencari jika ada kelainan yang didapatkan dari pengambilan gambar tersebut. namun, dalam paket USG kehamilan, analisis akan dilakukan bersama dengan tindakan.

Melalui prosedur USG, dokter bisa menganalisa organ yang ada di dalam tubuh dan menentukan jika terdapat kelainan yang bisa ditemukan. Namun, karena keterbatasan prosedur USG, terkadang untuk mendapatkan diagnosis yang lebih jelas akan diperlukan pemeriksaan lanjutan.

Baca Juga : 10 Ciri Ciri Hamil yang Harus Kamu Tahu!

Risiko Dari Melakukan Prosedur Ultrasonografi 

Apakah ada risiko dari melakukan prosedur ultrasonografi?

Untungnya prosedur ini aman dan masih belum ada risiko yang dilaporkan mengenai keamanan melakukan prosedur ini. Namun, USG memiliki batasannya sendiri sehingga mungkin memerlukan prosedur tambahan dengan melakukan rontgen, MRI atau CT – Scan yang bisa menimbulkan risiko lainnya akibat penggunaan radiasi. 

Dimana Tempat USG Terdekat

Prosedur USG bisa dilakukan di fasilitas kesehatan. Tempat USG terdekat sudah banyak dan gampang untuk ditemukan sekarang. Yuk, ketahui dimana saja bisa melakukan prosedur USG terdekat dan kisaran biaya USG di bawah ini!

  • Rumah Sakit

Rumah sakit adalah fasilitas kesehatan yang paling umum menyediakan prosedur USG. Cari rumah sakit terdekat untuk mencari tempat USG terdekat. 

Biaya USG rumah sakit bervariasi dari lokasinya dan alat yang digunakan. Untuk harga melakukan prosedur USG di rumah sakit berkisar Rp50.000 – Rp770.000 di berbagai daerah di Indonesia. 

  • Bidan

Bidan terdekat juga sekarang banyak menyediakan prosedur USG. Biaya bidan USG terdekat merupakan opsi yang lebih terjangkau dibandingkan biaya USG di rumah sakit. Kisaran harga melakukan USG di bidan terdekat adalah Rp40.000 – Rp300.000 dan memberikan konsultasi gratis yang tidak dibatasi waktu.

  • Klinik

Selain bidan terdekat, sudah banyak juga klinik yang menyediakan prosedur USG sehingga hanya perlu pergi ke klinik USG terdekat. Seperti melakukan USG di bidan, biaya USG di klinik juga lebih terjangkau dari menjalani prosedur USG di rumah sakit. Klinik USG terdekat dan harga melakukan prosedur USG adalah Rp40.000 – Rp350.000 tergantung lokasi dan alat yang digunakan. 

asuransi jiwa super life

Itu lah penjelasan USG dan biaya USG di berbagai fasilitas kesehatan. Terdapat lebih dari satu jenis USG yang bisa dilakukan dan bukan hanya untuk kehamilan, tetapi juga banyak masalah kesehatan lainnya. Cegah timbulnya masalah kesehatan dengan memiliki asuransi kesehatan yang bisa memberikan proteksi kesehatan secara fisik dan finansial. Super Easy Health menyediakan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan, loh!

Artikel Terkait