manfaat buah beri

Buah beri seperti stroberi, blueberi, rasberi dan bluberi bukanlah hal yang asing lagi. Tidak hanya kecil dan terlihat cantik, buah beri juga mengandung banyak khasiat menyehatkan untuk tubuh.  

Meski sesama buah, apa yang membedakan berries dari fruit? Meski berries termasuk buah, tidak semua buah termasuk berries

Buah beri, berdasarkan pengertian botani, adalah buah berdaging yang dihasilkan dari satu ovarium, berbeda dengan buah yang bisa dihasilkan dari ovarium sederhana atau ovarium multiple

Perbedaan satu lagi adalah dimana seluruh dinding ovarium bisa dimakan saat sudah matang, tetapi tidak pada semua buah, namun meski ada perbedaan antara berries dan fruit, keduanya memiliki banyak manfaat untuk tubuh. 

Buah beri mengandung vitamin, mineral dan serat juga rendah kalori, sempurna sebagai makanan diet yang mengenyangkan dan sehat. Berikut ini ada 4 jenis buah beri dan manfaatnya untuk kesehatan:

Stroberi 

Stroberi adalah salah satu buah beri yang gampang untuk ditemukan di toko buah. Tidak hanya itu, stroberi juga merupakan makanan yang populer dengan berbagai macam hidangan penutup dibuat dengan rasa stroberi atau dijadikan bagian dari hiasan. 

Tidak hanya cantik dan enak, stroberi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan:

  • 100-gram stroberi mengandung 35 kalori yang membuatnya makanan yang aman untuk diet dan menurunkan berat badan.
  • Stroberi juga mengandung vitamin C, magnesium, kalsium, serat dan zat besi.
  • Mengonsumsi stroberi juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung karena stroberi mengandung antosianin yang bersifat antioksidan. Hal ini membantu melindungi jantung dari radikal bebas.
  • Kandungan antosianin juga bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat.

Baca Juga: Ingin Meningkatkan Kadar HDL Kolesterol? Cukup Ikuti 5 Tips ini Saja!


Bluberi

Bluberi merupakan buah beri yang termasuk dalam daftar superfood karena kandungan vitamin dan antioksidan. Kadar antosianin yang ada pada bluberi lebih tinggi dari stroberi dengan 487 mg per 100 gramnya. 

Beberapa kandungan lainnya yang ada pada bluberi adalah vitamin C, Vitamin A, Vitamin K, Magnesium, Protein, Kalsium dan mengandung hanya 57 kalori per 100 gramnya. 

Beberapa manfaat bluberi adalah:

  • Seperti stroberi, kandungan antosianin yang ada dalam bluberi juga bisa membantu untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. 
  • Selain itu bermanfaat untuk jantung, kandungan antioksidan yang ada pada bluberi juga mampu memperkuat struktur kolagen di retina mata jadi bisa melindungi retina dari sinar UV dan menjaga penglihatan.
  • Bluberi juga sangat bagus bagi penderita diabetes karena kandungan kadar gulanya yang sangat rendah dibandingkan buah beri lainnya. 


Blackberry

Meski kepopuleran buah blackberry masih rendah, kandungan zat gizinya termasuk tinggi. Buah Blackberry mengandung vitamin C, Vitamin A, Vitamin K, Kalium, Serat, Beta-Karoten, Lutein dan Zeaxanthin, dan 43 kalori per 100 gram nya.

Berikut ini adalah manfaat dari buah blackberry:

  • Dibanding buah beri yang lain, kandungan serat yang ada pada blackberry termasuk tinggi dengan 5,3 g. Hal ini sangat baik untuk sistem pencernaan dengan membantu memecahkan gula dengan baik.
  • Manfaat buah blackberry yang dapat memecahkan gula membantu menjaga kestabilan gula darah sehingga menghindari risiko penyakit diabetes tipe 2.
  • Serat yang ada pada blackberry juga membantu memperlancar buang air. 
  • Buah blackberry juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mata dengan kandungan beta-karoten, lutein dan zeaxanthin, serta vitamin A yang melindungi mata dari sinar matahari, memperlambat kerusakan pada sel mata dan bisa memperlambat peradangan mata bagi penderita diabetes.


Blackcurrant 

Blackcurrant bukanlah buah beri yang asing. Banyak minuman yang diformulasikan dengan cita rasa buah beri ini. Namun, apabila ke toko buah, jarang untuk bisa menemukan buah blackcurrant yang masih segar dan biasanya dalam bentuk yang sudah dikeringkan.

Pada dasarnya kandungan vitamin dan mineral akan berkurang saat buah dikeringkan, tetapi tidak berarti bahwa buah tersebut tidak bagus atau tidak sehat ya.

Dalam buah blackcurrant mengandung karbohidrat, kalsium, zat besi, kalium, magnesium, vitamin A, vitamin C dan 63 kalori per 100 gram nya. Berikut adalah manfaat dari buah blackcurrant:

  • Buah blackcurrant mengandung vitamin C yang sangat tinggi dibanding buah beri lainnya. 100 gramnya bisa mengandung 181 mg vitamin C. hal ini membantu tubuh untuk menyerap serta menyimpan zat besi.
  • Kandungan vitamin C yang ada juga membantu pertahanan tubuh dan mencegah tubuh rentan terkena penyakit dengan memperkuat daya tahan tubuh.

Baca Juga: 6 Manfaat Vitamin C untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Nah, itulah 4 buah beri dan manfaatnya. Meski kecil tetapi banyak kan manfaat dari buah beri! Mari mulai perbanyak konsumsi buah beri dan memiliki asuransi kesehatan untuk menjaga kesehatan tubuh kita!

Artikel Terkait