buah untuk diet

Buah-buahan mengambil peran penting dalam pola makan yang sehat. Selain tingginya serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh, buah juga biasanya mengandung kalori yang rendah. Hal ini menyebabkan buah menjadi salah satu makanan yang tepat bagi kalian yang ingin mencapai berat badan ideal.

Kamu juga bisa menurunkan berat badan dengan memakan 15 buah berikut.

1. Apel

Apel merupakan salah satu buah untuk diet karena sifatnya yang rendah kalori, namun tinggi serat. Tingginya serat dapat memperlambat pencernaan dan membuat kita merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. 

2. Jeruk

Jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C dan serat. Sama seperti apel, buah jeruk juga membuat kita merasa kenyang. Namun, perlu diingat bahwa hal ini hanya berlaku untuk buah jeruk, bukan jus jeruk.

Jika kamu ingin mencoba mencapai berat badan ideal, maka akan lebih baik jika kamu makan buah jeruk. Jeruk bisa dikonsumsi begitu saja atau ditambahkan ke dalam salad

3. Stroberi

Buah beri secara umum sering disebut sebagai superfoods karena tingginya level vitamin C dan E, yaitu antioksidan yang membantu mencegah penyakit kritis. Stroberi sendiri memproduksi hormon pembakar lemak, yaitu leptin dan adiponektin, yang membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh. Karena itu, stroberi dianggap sebagai salah satu buah yang bagus untuk diet.

4. Pisang

Ada persepsi yang salah bahwa pisang mengandung terlalu banyak karbohidrat. Faktanya, pisang mengandung hormon pektin dan pati resistan, yang membantu mengontrol gula darah. Fungsinya pun serupa dengan serat, yaitu memperlambat pencernaan, sehingga kamu merasa kenyang lebih lama, serta menjaga gula darah normal yang membuat kamu merasa lebih berenergi.

5. Mangga

Tidak hanya manis di mulut, mangga juga bisa membantu memperbaiki metabolisme tubuh, serta menurunkan peradangan. Penelitian mengatakan mangga dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan membantu menjaga kadar gula darah, dimana keduanya mengambil peran dalam menjaga metabolisme tubuh. Tentunya, buah ini juga berkontribusi dengan mempunyai tingginya serat.

Baca Juga : 7 Manfaat Salad Buah Kesehatan Tubuh

6. Semangka

Mengandung banyak air, semangka dapat membantu kamu menurunkan berat badan dan menjaga agar tubuh tetap terhidrasi. Semangka pun mempunyai kalori yang rendah. Yuk hitung kalori kamu dengan kalkulator kalori dibawah ini.

kalkulator kalori

Namun, perlu diingat bahwa semangka mempunyai indeks glikemik yang tinggi. Ini berarti terlalu banyak memakan semangka dapat menyebabkan naiknya gula darah. Maka dari itu, konsumsi semangka harus dalam porsi yang tepat.

7. Jambu Biji

Kebalikan dari semangka, jambu biji mempunyai indeks glikemik yang rendah, sehingga membantu menjaga gula darah. Selain itu, jambu biji juga mengandung tinggi serat, serta dapat membantu pencegahan sembelit. Jambu biji juga mempunyai banyak vitamin C yang dapat membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh.

8. Blueberry

Sama seperti stroberi, blueberry memiliki kadar antioksidan yang tinggi dan membantu proses metabolisme tubuh. Memakan blueberry secara teratur dapat memiliki berbagai manfaat lain, seperti menurunkan level kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mencegah peradangan, yang sangat membantu dalam pencegahan risiko penyakit kritis pada orang yang tergolong berat badan berlebih dan obesitas. 

9. Plum

Plum juga merupakan salah satu buah yang rendah kalori dan kaya akan serat yang dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Plum juga diketahui mengandung sorbitol, yaitu zat yang dapat membantu melancarkan pencernaan serta membantu rutinnya buang air besar.

10. Pir

Salah satu buah dengan vitamin C tinggi, pir dapat tergolong sebagai salah satu buah untuk diet. Tingginya serat dapat memperlambat pencernaan dan membuat kamu merasa lebih kenyang, dan pir juga berperan dalam menjaga level kolesterol dalam darah.

Asuransi Kesehatan dengan Santunan Harian. Premi Mulai Rp 30 ribu per Bulan

11. Nanas

Serupa dengan semangka, nanas juga adalah buah yang memiliki kadar air tinggi. Dengan nanas, tubuh tetap terhidrasi yang mengambil kunci peranan penting dalam penurunan berat badan. Selain itu, nanas juga bisa menjadi sumber vitamin C.

12. Persik

Mengandung 89% air, persik juga menjadi buat yang sangat mengenyangkan, serta kaya akan serat. Persik dipercaya dapat mencegah atau mengurangi rasa lapar, serta membantu melancarkan proses pencernaan.

13. Kiwi

Sebagai salah satu sumber vitamin C lainnya, kiwi dapat menjadi salah satu buah untuk diet karena peranannya dalam menjaga gula darah tetap normal, level kolesterol, dan lainnya. Tentunya, buah kiwi juga kaya akan serat, sehingga membuat kamu merasa kenyang lebih lama. 

14. Alpukat

Alpukat adalah salah satu makanan nabati yang paling banyak mengandung lemak. Karena itu, banyak orang yang mencoba untuk menghindari buah ini. Padahal, alpukat mengandung lemak tak jenuh, yang dapat berkontribusi pada kesehatan jantung, serta membantu merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga : 5 Fakta Unik Turunkan Berat Badan dengan Diet Alpukat

15. Markisa

Sebuah markisa mengandung kalori yang sangat rendah, yaitu hanya 17 kalori saja, serta menjadi sumber akan zat dan protein lainnya, seperti serat, vitamin C, vitamin A, zat besi, dan potassium. Selain itu, markisa juga mengandung pisetanol, yaitu sebuah zat yang dipercaya dapat mengurangi tekanan darah pada laki-laki yang berat badan berlebih.

Siap Capai Berat Badan Ideal?

Nah, kamu bisa menurunkan berat badan hingga mencapai berat badan ideal dengan memakan 15 buah untuk diet tersebut. Dengan begitu, kamu pun bisa mengurangi risiko kesehatan yang datang dari berat badan berlebih dan/atau obesitas. Coba cara menghitung berat badan ideal dengan menggunakan BMI Kalkulator.

Selain mengurangi risiko kesehatan, kamu juga bisa memulai hidup yang sehat dengan mengantisipasi risiko penyakit. Faktanya adalah terkadang kita tidak bisa menduga apa yang akan terjadi pada kita dalam hidup.

Kamu bisa memulai perlindungan asuransi penyakit kritis Super Strong atas risiko stroke, serangan jantung, dan kanker. Mulai dari Rp28.500 saja per bulan, cek produknya dulu yuk!