call center BPJS kesehatan

Jika anda menggunakan bantuan BPJS, maka anda harus simak informasi mengenai pelayanan Call Center BPJS Kesehatan yang tersedia 24 Jam ini! Mari ketahui cara mengontak call center BPJS kesehatan 24 jam dan layanan yang tersedia.

Cara Mengontak Call Center BPJS

Nomor Call Center BPJS Kesehatan

Anda bisa mengontak Call Center BPJS Kesehatan 24 jam melalui telepon. Meski melalui telepon, layanan ini tersedia 24 jam lho. 

Kontak ke nomor 1500 – 400 dan pastikan untuk mempersiapkan data yang diperlukan sebelum melakukan panggilan. Berikut ini adalah data – data tersebut:

  • Nomor Kartu Keluarga (KK)
  • Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Nomor telepon aktif
  • Alamat Email aktif 
  • Nomor rekening 
  • Fasilitas Kesehatan (Faskes) pilihan 
  • Kantor cabang BPJS terdekat 

Via Aplikasi Messenger

Untuk mempermudah komunikasi, Call Center BPJS Kesehatan juga tersedia dalam bentuk aplikasi messenger. Anda hanya perlu mengontak melalui akun resmi BPJS di aplikasi messengernya.

WhatsApp

Call Center BPJS Kesehatan tersedia di aplikasi messenger WhatsApp, jadi mempermudah apabila memiliki pertanyaan atau memiliki keluhan. Kontak Call Center BPJS Kesehatan WhatsApp ini dapat dilakukan melalui akun resmi WhatsApp di nomor 08118750400. Sebelum mengontak, pastikan untuk menyediakan data dan dokumen yang akan digunakan. 

Baca Juga : BPJS Kesehatan Akan Hapus Kelas 1, 2, 3 dan Menggantinya dengan Kelas Standar, Uji Coba Juli 2022

Telegram

Call Center BPJS Kesehatan juga memiliki akun resmi di aplikasi messenger Telegram lho. Untuk mengontak Call Center BPJS Kesehatan melalui Telegram, anda hanya perlu mengetik alamat web ini https://t.me/BPJSKes_bot dan anda akan langsung diarahkan ke Telegram BPJS Kesehatan. Pilih ‘send message’ untuk memulai percakapan. 

Messenger Facebook

Anda juga bisa mengontak Call Center BPJS Kesehatan melalui Messenger Facebook. Cari Facebook BPJS Kesehatan RI dan klik menu inbox dan fitur Live CS untuk merahasiakan data mu. Saat mengontak berikan data dasar, nama, tanggal lahir, NIK dan KTP.

Akun Sosial Media 

Follow akun resmi sosial media BPJS Kesehatan untuk menghindari hoax dan pastikan untuk mengikuti informasi terbaru BPJS di beberapa akun sosial media ini:

Facebook: BPJS Kesehatan RI

Twitter: @BPJSKesehatanRI

Instagram: @bpjskesehatan_ri

Alamat

Selain mengontak call center BPJS Kesehatan, anda juga bisa mengunjungi ke kantor pusat BPJS Kesehatan. Ini adalah alamat resmi kantor pusat BPJS Kesehatan yang bisa dikunjungi:

Jl. Letjen Suprapto No.14, RT.10/RW.7, Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat, Jakarta 10510

Layanan yang Disediakan di Call Center BPJS

Apa saja sih yang bisa dilakukan saat mengontak Call Center BPJS Kesehatan? Yuk, ketahui 4 layanan yang disediakan Call Center BPJS Kesehatan!

Daftar BPJS

Selain daftar BPJS kesehatan online, anda juga bisa mendaftarkan diri ke BPJS lewat pelayanan call centernya via telepon lho. 

Mendaftakan diri lewat call center akan lebih gampang apabila anda adalah peserta mandiri atau Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) yang merupakan seseorang yang mendapatkan penghasilan dengan usaha mandiri dan tidak berada di bawah arahan. 

Saat mendaftar, akan ada beberapa data diri yang diperlukan oleh petugas call center, jadi akan lebih baik untuk menyiapkannya dahulu. Berikut adalah beberapa data diri yang akan diminta:

  • Nomor Kartu Keluarga
  • Nomor KTP
  • Nomor Telepon 
  • Alamat Email
  • Nomor Rekening
  • Nomor Handphone 
  • Pilihan Fasilitas Kesehatan (Faskes)

Apabila sudah anda akan menerima nomor virtual account (VA) yang akan anda gunakan saat melakukan pembayaran di bank. Nomor VA akan dikirim via SMS atau Email. Lakukan pembayaran maksimal 30 hari setelah menerima nomor VA. 

Setelah itu anda akan menerima kartu BPJS yang dikirim langsung ke rumah, jadi pastikan alamat tersebut lengkap dan benar. 

Merubah Data Diri

Apabila ada perubahan yang harus dilakukan, anda bisa merubah data diri BPJS melalui layanan call center. Perubahan data diri yang bisa dilakukan adalah meliputi identitas diri, faskes, dan terkait dengan kelas rawat. Namun, ada persyaratan yang harus diikuti apabila ingin mengubah data diri anda.

Jika ingin fasilitas kesehatan (faskes) anda harus terdaftar lebih dari 3 bulan di faskes 1 untuk pindah faskes.

Untuk kelas rawat, perubahan hanya tersedia untuk peserta mandiri atau Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan harus terdaftar lebih dari setahun sebagai anggota aktif BPJS kesehatan.

Baca Juga: Lengkap! Panduan Klaim BPJS Kesehatan

Konsultasi Kesehatan 

Call center BPJS kesehatan juga menyediakan layanan konsultasi dengan dokter umum apabila memiliki pertanyaan atau keluhan mengenai penyakit yang diderita. Anda bisa melakukan layanan ini setiap Senin sampai Jumat dari pukul 7 pagi hingga 8 malam WIB.

Layanan Informasi dan Pengaduan Terpadu

Call Center juga memberikan layanan informasi apabila ada pertanyaan sekitar BPJS seperti mengenai status keanggotaan, fasilitas kesehatan, membayar iuran dan lainnya. Selain menjawab pertanyaan, apabila ada keluhan mengenai BPJS dan akan segera dihubungkan dengan petugas terkait. 

super easy health

Nah, itulah informasi mengenai Call Center BPJS Kesehatan. Selain BPJS Kesehatan, ketahui juga kamu bisa menemukan asuransi kesehatan seharga BPJS di Super You. Terjangkau, mudah, dan cepat lho! Hanya beberapa menit untuk daftar, kamu sudah terlindungi.

Artikel Terkait