Apa itu Cantengan

Kesehatan kuku yang tidak terawat berisiko menimbulkan cantengan. Sementara, tidak sedikit orang yang menganggap penampilan kuku tidak begitu penting, apalagi tentang kebersihan kuku kaki. Bahkan, keberadaan cantengan pun dinilai sebagai masalah sepele yang bisa sembuh dengan sendirinya.

Tapi ternyata, cantengan yang dibiarkan begitu saja bisa menyebabkan rasa nyeri tidak karuan, bengkak, sampai bernanah loh. Berdasarkan riset, cantengan telah mewakili 20 persen masalah kuku yang paling sering dikeluhkan orang. Lantas, apa sih itu cantengan menurut Teman SUPERjuangan?

Table of Contents

Singkatnya, cantengan adalah salah satu sisi kuku yang tumbuh ke dalam daging kuku. Di samping itu, sebaiknya kita juga mengetahui apa saja penyebab cantengan hingga obat kuku cantengan. Tenang, semuanya sudah Supermin rangkum untuk kamu dalam artikel berikut ini. So, keep reading, ya!

Apa itu Cantengan?

Tahukah kamu kalau pada kulit bawah kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang menyimpan suplai darah. Karena itu, kuku berperan penting sebagai pelindung bagi ujung jari yang penuh urat saraf dengan mempertinggi daya sentuh. Dan kuku juga termasuk salah satu bagian tubuh terkeras selain gigi serta tulang loh.

Nah, seharusnya kuku itu bertumbuh ke atas, cuma sering terjadi kuku yang salah bertumbuh, alias cantengan. Cantengan adalah pertumbuhan ujung kuku ke dalam sehingga menekan jaringan kulit dan daging di sekitarnya. Dalam istilah medis, cantengan adalah onikokriptosis atau nama lain ingrow toenail. 

Cantengan biasa terjadi pada kaki, terutama ibu jari atau jempol. Kuku cantengan juga bisa dialami oleh semua kelompok usia loh. Saat remaja, peningkatan keringat mempengaruhi lipatan kuku menjadi lunak. Sedangkan seiring bertambahnya usia, kuku akan bertambah ketebalannya. Alhasil kedua kondisi ini bisa berpotensi menjadi kuku cantengan.

Penyebab Cantengan

Penyebab Cantengan

Pertumbuhan kuku yang tidak normal berubah menjadi cantengan tentunya bukan tanpa sebab, Teman SUPERjuangan. Bahkan jika diamati, ternyata oh ternyata berasal dari kebiasaan sehari-hari yang sering tidak diperhatikan atau kita lewatkan doang. Yuk, cari tahu apa aja sih penyebab cantengan di bawah ini!

  • Kesalahan saat memotong kuku

Pastinya kamu udah nggak asing lagi dengan bagian kuku jika tak sengaja terkena menimbulkan rasa sakit.  Nah, sebenarnya sudah bagian kulit bawah kuku yang tidak boleh dipotong loh. Tapi kenyataannya, kita sering memotong kuku terlalu pendek, memiringkan sisinya, atau sampai menembus ke daging sehingga menjadi penyebab cantengan.

  • Alas kaki yang terlalu sempit

Selain penunjang estetika, memakai alas kaki akan melindungi kaki kita. Tapi nggak berarti kalau masih memilih alas kaki yang terlalu sempit atau ketat sehingga menekan kuku kaki ke dalam kulit. Penyebab cantengan kaki satu ini membuat pertumbuhan kuku yang tidak normal. Hal ini juga berlaku pada penggunaan stocking ya, girls.

  • Mengalami cedera kuku

Penyebab cantengan berikutnya karena alami cedera kuku. Biasanya akibat tersandung, kejatuhan barang yang berat, atau menerima tekanan berulang seperti menendang bola. Jika kamu seorang pesepakbola, hati-hati dengan kaki cantengan. Selain itu, cedera ringan penyebab cantengan bisa membuat perubahan pada kuku kaki.

  • Tidak membersihkan kuku

Siapa di antara Teman SUPERjuangan yang malas banget bersihkan kuku? Apalagi kuku kaki. Bukan hanya dengan cukup mencuci tangan dan kaki ya, bilamana masih sering menggigit kuku jari serta menggunakan alas kaki yang sudah basah air ataupun keringat. Hentikan kebiasaan-kebiasaan ini, kalau tidak menjadi penyebab cantengan loh.

  • Kelainan bentuk kuku

Kelainan bentuk kuku biasanya merupakan bawaan dari sejak lahir. Beberapa contoh bentuk kuku kaki yang tidak biasa antara lain terlalu mencembung, melengkung, terangkatnya kuku dari tempat yang seharusnya, atau lekukan yang menjorok ke dalam sehingga kuku tumbuh lalu menusuk daging alias penyebab cantengan kaki.

  • Terpapar infeksi bakteri atau jamur

Cantengan adalah peradangan yang mengelilingi kulit atau daging di sekitar kuku. Penyebab cantengan satu ini akibat infeksi bakteri atau jamur. Biasanya sih masuk melalui luka di bagian kuku tersebut. Selain itu, infeksi bakteri atau jamur bisa dipicu oleh kuku yang dibiarkan tumbuh terlalu panjang, paparan, dan iritasi tertentu membuat kaki cantengan.

Faktor Risiko Cantengan

Kalau kita lihat penyebab cantengan di atas bisa terkena oleh siapa saja, namun mudah untuk kita hindari. Berbeda hal dengan faktor risiko kuku cantengan yang agak sulit untuk dihindari sebagian orang. Nah, beberapa kondisi atau mengidap penyakit tertentu bisa meningkatkan faktor risiko kuku cantengan. Ini dia faktor risiko kuku cantengan!

  • Masa awal pubertas
  • Berusia 40-50 tahun
  • Sudah pernah cantengan, sedikitnya satu kali kuku cantengan
  • Terdapat anggota keluarga dengan riwayat kuku cantengan
  • Mengalami kondisi yang menyebabkan kaki mudah sekali berkeringat
  • Berat badan yang berlebihan atau obesitas
  • Menderita penyakit diabetes
  • Memiliki pekerjaan yang membuat kuku mendapatkan tekanan berulang

Gejala Cantengan

Gejala Cantengan

Keberadaan kuku cantengan memang kebanyakan nggak disadari, ditambah karena perkembangan cantengan yang perlahan-lahan tapi pasti. Pasti jadi rasa sakit kalau nggak segera ditangani loh. Meskipun begitu, kamu bisa mengenali gejala awal kuku cantengan, apalagi saat baru bertemu dengan pemicunya.

Berikut gejala awal kuku cantengan:

  • Kulit di sebelah kuku cenderung berubah menjadi lebih lunak atau mengeras ketimbang kulit kuku lainnya
  • Terjadi pembengkakan pada bagian sisi tepi kuku
  • Disertai rasa nyeri, terutama di bagian jari kaki
  • Adanya cairan yang tertumpuk dari bagian yang membengkak
  • Tidak jarang pecah sehingga cairannya keluar

Jika sudah terinfeksi lebih parah, kamu akan mengalami beberapa gejala kuku cantengan ini:

  • Demam
  • Bengkaknya semakin membesar dan memerah
  • Rasa sakit berlebihan, terutama saat kuku cantengan mendapatkan tekanan
  • Mengeluarkan darah dari bagian tepi kuku cantengan
  • Muncul nanah yang dari bagian yang terinfeksi
  • Jika berisi nanah, kuku cantengan berubah warna kekuningan
  • Tumbuh kulit berlebihan di sekitar jari kaki cantengan

Cara Mengobati Cantengan

Cara Mengobati Cantengan yang Sudah Bengkak

Supermin, apakah cantengan kaki bisa disembuhkan? Bagaimana cara mengobati cantengan yang sudah bengkak? Teman SUPERjuangan, kamu tidak perlu terlalu khawatir karena ternyata, kaki cantengan bisa diobati secara mandiri dengan cara sederhana. Yuk, ikuti cara mengobati cantengan berikut di rumah sebelum semakin memburuk!

  • Rutin membersihkan kaki

Cara mengobati cantengan kaki yang pertama dengan rutin membersihkan kaki. Kalau bisa, gunakan sabun yang mengandung anti bakteri. Dan perlu diperhatikan saat membersihkan kaki cantengan, lakukan secara lembut agar tidak melukainya, terutama cara mengobati cantengan yang sudah bengkak tersebut.

  • Rendam kaki dalam air hangat

Merendam kaki dalam air hangat bukan cuma untuk meredakan nyeri, tapi juga efektif sebagai cara mengobati cantengan yang sudah bengkak pun berkurang. Mudah banget, cukup siapkan wadah berisi air hangat, tambahkan sedikit garam, lalu diamkan kaki kamu. Lakukan dalam 15-20 menit sebanyak 2-3 kali sehari.

  • Gunakan cuka apel

Sebagai alternatif cara mengobati cantengan yang sudah bengkak, kamu bisa pilih cuka apel. Cuka apel diyakini mengandung antiseptik dan anti peradangan yang ampuh, terutama cantengan jempol kaki yang agak dalam. Tambahkan seperempat cangkir cuka apel ke dalam baskom berisi air hangat, lalu diamkan kaki cantengan.

  • Oles salep antibiotik

Antibiotik mampu membunuh bakteri. Tapi, tidak semua berbentuk tablet atau sirup, karena ada juga yang berbentuk salep. Nah, salep antibiotik digunakan mengobati cantengan jempol kaki, bahkan yang timbul nanah. Itu sebabnya, salep antibiotik sudah lama dikenal sebagai obat kuku cantengan.

  • Konsumsi obat pereda nyeri

Nggak jarang cantengan jempol kaki disertai rasa nyeri yang berlebihan. Nah, kalau obat kuku cantengan sebelumnya untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri, obat kuku cantengan satu ini untuk meredakan nyeri. Beberapa obat cantengan di apotik yang bisa kamu minum di antaranya yang mengandung paracetamol atau ibuprofen.

  • Dorong kulit dari tepi kuku dengan minyak zaitun

Setelah lakukan cara mengobati cantengan yang sudah bengkak, kamu bisa dorong kulit dari tepi kuku tersebut. Ambil bola kapas, basahi dengan minyak zaitun secukupnya, lalu tempelkan pelan-pelan di bagian kuku cantengan. Lakukan cara mengobati cantengan jempol kaki ini setidaknya satu kali dalam sehari secara rutin.

  • Pilih alas kaki yang nyaman dan aman

Nyaman saja nggak cukup, alas kaki juga harus aman bagi kaki cantengan. Pilihlah ujung alas kaki yang terbuka, juga dilengkapi pelindung jari kaki berupa bantalan kuku. Hal ini akan mempercepat proses pengobatan cantengan jempol kaki kamu. Obat cantengan di apotik yang kamu beli pun nggak sia-sia deh.

  • Batasi pergerakan kuku

Cara mengobati cantengan juga nggak boleh melewatkan tips satu ini, yang mana kamu perlu membatasi pergerakan kuku. Lebih baik, tidak melakukan aktivitas berat yang menggunakan kuku kaki terlebih dahulu supaya proses penyembuhan cantengan jempol kaki sempurna. Kalau dalam keadaan terpaksa, tetap hati-hati, ya.

Kamu Sandwich Generation? Jangan Lewatkan Dana Kesehatan Keluarga!

Jangan Ragu Pergi ke Dokter!

Bagaimana hasil dari cara mengobati cantengan kaki yang sebelumnya? Kalau cara mengobati cantengan yang sudah bengkak atau obat cantengan di apotik tidak membuahkan hasil, ada baiknya segera cari bantuan tenaga medis, ya. Apalagi cantengan jempol kaki justru makin parah, jangan sampai dibiarkan.

Selain itu, jangan sesekali mencabut atau memotong kuku cantengan. Takut malah meningkatkan risiko terjadinya infeksi, bahkan berakhir tetanus. Mengingat tindakan ini hanya boleh dilakukan oleh yang ahli loh, alias dokter. Nah, penanganan kaki cantengan oleh dokter umumnya berupa operasi cantengan kaki.

Operasi tersebut pastinya bertujuan untuk mengangkat kuku cantengan atau seluruh kuku jika infeksi cantengan sudah menyebar. Setelah menjalani operasi pun, dokter akan meminta kita mengonsumsi obat kuku cantengan, memakai alas kaki terbuka, hingga membatasi gerakan pada kaki cantengan agar mempercepat pemulihannya.

Teman SUPERjuangan, karena artikel kali ini kita bisa waspada terhadap cantengan. Layaknya mencegah risiko finansial saat sakit dengan memiliki asuransi kesehatan yang pasti aman, pasti mudah, dan pasti terjangkau. Sudah pasti asuransi Super Care Protection dari Super You by Sequis, premi setara mulai Rp1.000-an/hari aja, kamu sudah dijamin hingga Rp50 juta per penyakit infeksi loh. Yuk, daftar sekarang!

Artikel Terkait