Berhenti merokok bukanlah suatu hal yang mudah. Tidak hanya rokok dapat menyebabkan kecanduan, merokok mungkin sudah menjadi suatu kebiasaan dalam hidup kita. Dan mengubah kebiasaan itu sangat susah untuk dilakukan. Maka dari itu, kamu perlu berbagai jenis strategi atau cara berhenti merokok yang tepat.

Ingat, gagal bukan berarti kamu selamanya tidak bisa berhenti merokok. Bila kamu merasa cara berhenti merokok yang satu tidak cocok, kamu bisa mengganti cara lain. Atau kamu bisa memadukan semua cara berikut sekaligus.

Yuk beralih ke hidup yang lebih sehat dengan 7 cara berhenti merokok berikut

1. Pilih tujuan berhenti merokok

Semua orang mempunyai alasan untuk berhenti merokok. Hal pertama dari cara berhenti merokok yang ampuh adalah kamu harus mempunyai suatu tujuan yang jelas.

Berikut adalah beberapa tujuan yang bisa kamu pilih:

  • Hidup yang lebih sehat dan lama
  • Menghemat pengeluaran untuk menabung
  • Disarankan untuk berhenti merokok oleh dokter
  • Berencana mempunyai anak
  • Ingin memberi contoh yang baik kepada anak
  • Demi menjaga kesehatan keluarga dan teman terdekat (dari merokok pasif)
  • Demi menjaga kesehatan hewan peliharaan (dari merokok pasif)
  • Mengambil alih kendali hidup
  • Agar bisa mengelola stres dengan baik dan benar
  • Untuk terlihat lebih baik
  • Untuk tercium lebih wangi 

Setelah menetapkan satu atau beberapa tujuan, kamu bisa menuliskannya dan menaruhnya di tempat yang sering kamu lihat. Misalnya pasang sebagai wallpaper HP atau ditempel di lemari kulkas. Jika bisa, pasang juga foto visual dari tujuan kamu. Misalnya foto USG janin istri kamu, atau foto Bali karena kamu ingin menabung untuk bisa pergi kesana.

 

2. Tetapkan tanggal berhenti

Salah satu cara berhenti merokok yang paling penting adalah menetapkan deadline. Pilih suatu tanggal pada jangka waktu 1-2 minggu ke depan. Kemudian, buat suatu komitmen untuk berhenti merokok mulai hari itu.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu siapkan:

  • Buang semua pak rokok di tas, mobil, kantor, dan rumah
  • Buang benda-benda yang mengingatkan kamu dengan rokok (asbak / korek api)
  • Pilih tanggal yang tidak penuh dengan stres
  • Rencanakan aktivitas untuk hari itu
  • Jangan pergi ke tempat yang memperbolehkan merokok
  • Jangan pergi bercengkrama bersama perokok

 

3. Bilang pada orang terdekat

Selain menetapkan tanggal, ada baiknya kamu bilang kepada teman atau anggota keluarga yang mendukung kamu untuk berhenti merokok. Beritahu mereka tanggal kamu berhenti merokok, dan minta bantuan. Setiap kali kamu merasa ingin merokok, ajak mereka untuk telpon atau pergi bersama kamu.

 

Baca Juga : Merokok Dapat Tingkatkan Infeksi Virus Corona dan Komplikasi

 

4. Kelola stress

Banyak orang yang merokok karena dipicu oleh stres. Namun, kamu bisa beralih ke cara mengatasi stress atau stress management yang lebih baik. Pasalnya, merokok tidak dapat mengurangi beban masalah kamu. Kamu bisa mencoba untuk belajar atau ambil kelas stress management secara online.

 

5. Identifikasi dan hindari pemicu

Setiap orang mempunyai pemicu yang berbeda-beda. Ada 3 jenis pemicu merokok, yaitu pemicu emosional, pemicu rutinitas, dan pemicu sosial.

Pemicu emosional adalah emosi-emosi yang kamu rasakan saat merokok. Beberapa orang merokok saat stres, bosan, merasa sendiri, atau saat cemas. Jadi perasaan apa yang dapat memicu kamu untuk merokok?

Pemicu rutinitas adalah kebiasaan / aktivitas sehari-hari yang disertai merokok. Contohnya beberapa orang akan selalu merokok setelah makan siang, atau merokok saat baru pulang kerja. Cari tahu pada waktu-waktu apa saja kamu biasa merokok.

Sementara, pemicu sosial adalah hal-hal sosial yang menyebabkan kamu ingin merokok. Contohnya mencium bau rokok orang lain, ditawarkan rokok, melihat orang lain merokok.

Hindari semua pemicu ini atau gunakan craving buster untuk membantu kamu melaluinya.

 

6. Cari craving buster

Craving buster adalah teknik untuk menghentikan keinginan merokok. Biasanya saat sedang craving (mengidam), diperlukan waktu 5 menit bagi otak kita untuk berhenti. Berikut beberapa kebiasaan kecil yang bisa kamu terapkan saat sedang craving rokok:

  • Minum segelas air putih
  • Beli dan makan es krim
  • Gosok gigi
  • Kunyah permen karet
  • Lakukan 3 set untuk 10 jumping jack
  • Pilih lagu dan ikut bernyanyi
  • Buat 1 video tiktok
  • Bersiul
  • Lari di tempat
  • Lari mengelilingi kompleks

 

7. Sibukkan tangan dan pikiran

Kamu bisa mencari kesibukan untuk tangan. Kamu tidak hanya butuh disibukkan secara mental atau pikiran, tapi juga secara fisik atau tangan.

Berikut beberapa hal yang bisa kamu praktekkan:

  • Coba fotografi
  • Buat journal
  • Beli buku mewarnai untuk orang dewasa
  • Beli kanvas untuk mewarnai / melukis
  • Main puzzle
  • Buat terrarium atau aquascape
  • Buat scrapbook

 

Yuk, Terus Berusaha untuk Hidup Sehat!

Selain dari 7 cara berhenti merokok di atas, kamu juga harus mengembangkan kebiasaan baik, seperti berolahraga dan memakan makanan yang sehat. Pasalnya, kesehatan tubuh kita wajib untuk kita jaga.

Kamu juga bisa mulai menjaga tubuh dengan mengantisipasi risiko penyakit dari rokok. Siapkan perlindungan dari risiko penyakit kritis, seperti serangan jantung, stroke, dan kanker. Kamu bisa melakukannya dengan perlindungan asuransi penyakit kritis Super Strong!

Mulai dari Rp28.500 per bulan, kamu bisa mendapatkan manfaat berupa santunan tunai sebesar ratusan juta bila terdiagnosa penyakit kritis, serta santunan tunai setara ketika meninggal dunia. Yuk, cek produknya dulu aja!

SHARE Super you Facebook Super you instagram

Artikel Terkait Lainnya