kesehatan mental

Salah satu hal tersulit dan sering menghambat untuk terus maju yaitu datang nya dari dalam diri sendiri. Misalnya seperti malu, tidak percaya diri, dan rasa takut. Untuk mengatasi masalah tersebut, Kamu perlu melakukan cara melatih kesehatan mental supaya berbagai emosi yang negatif hilang.

7 Cara Melatih Mental Menjadi Kuat

Mencoba Melakukan Setidaknya Satu Hal yang Sulit Dalam Waktu Satu Minggu

Ketika Anda mempunyai mental yang kuat, hal itu berarti berani berani untuk berbuat sesuatu. Untuk bisa melatihnya, kamu bisa belajar hal-hal baru tidak pernah sama sekali terpikirkan sebelumnya. Anda perlu mendorong diri sendiri keluar dari zona nyaman, dan jangan batasi diri dari takut gagal.

Contoh yang bisa kamu lakukan adalah mengikuti kursus fotografi atau kursus memasak.

Menjaga Kesehatan Fisik dengan Baik

Cara melatih mental yang baik tidak dapat dipisahkan dari menjaga kesehatan fisik kamu. Hal itu karena kamu membutuhkan mental sehat untuk bisa melakukan berbagai kesehatan secara baik, begitu juga sebaliknya.

Sehingga kamu perlu melakukan olahraga secara teratur, tidur dengan cukup, dan mengkonsumsi makanan bergizi supaya mental menjadi kuat dan sehat.

Baca Juga : Apa itu Mental illness dan Jenis Gangguannya

Selain Mental, Kamu Juga Harus Menjaga Kesehatan Fisik
Biaya Rawat Harian Rumah Sakit Hingga Rp 500 ribu per Hari

Buatlah List Berisi Hal-Hal yang Anda Syukuri

Kamu sebaiknya menulis berbagai hal yang disyukuri setiap harinya, niscaya pandangan tentang kehidupan pun berubah. Perlu diketahui bahwa rasa syukur bisa membuat tidur lebih nyenyak dan menurunkan stres. Hal itu telah terbukti secara ilmiah, maka sisihkan waktu kamu untuk bersyukur.

Mempunyai Keberanian Untuk Menerima Perubahan di Dalam Hidup

Tidak seluruh rencana yang kamu buat dapat terlaksana. Hal itu karena adanya ungkapan bahwa perubahan merupakan satu-satunya bersifat konstan di dalam dunia ini. Memang tidak mudah menerimanya, tetapi harus diingat bahwa terkadang beberapa hal tidak bisa kamu kontrol hasilnya.

Sehingga daripada bertahan dengan hal-hal tidak bisa diubah, maka sebaiknya kamu mengalihkan fokus terhadap suatu hal yang bisa dikontrol.

Baca Juga : Yuk, Kenali Social Anxiety Disorder dan Cara Mengatasinya

Menyisihkan Waktu Untuk Mengevaluasi Diri Sendiri Selama 15 Menit

Belajar mengevaluasi diri sendiri merupakan salah satu cara penting melatih mental untuk dilaksanakan. Cukup menyisihkan waktu selama 15 menit setiap hari, dan gunakan untuk mengobrol dengan diri Anda sendiri. Kemudian lihatlah kembali kemajuan apa yang sudah diraih.

Selain itu kamu perlu memikirkan tentang hal yang masih dapat diperbaiki untuk berintropeksi diri. Meskipun hanya sebentar, waktu yang digunakan untuk merefleksi kembali diri pun bisa menjadi ajang mengisi energi kembali setelah terbuang ketika sedang berusaha.

Hal tersebut juga akan membuat diri kamu untuk memperoleh gambaran lebih jernih lagi tentang kehidupan, selain itu juga memperbarui motivasi terhadap diri kamu untuk bisa terus maju.

Menghabiskan Waktu Bersama Lebih Banyak dengan Orang Terdekat

Baca Juga : Ini Dia Penyakit Akibat Masalah Kesehatan Mental

 

Bertemu orang-orang terdekat dengan kamu adalah termasuk hal penting untuk kesehatan mental. Meskipun sedang sibuk dengan mengejar mimpi atau pekerjaan, sebaiknya Anda selalu menyisihkan waktu bersama orang yang dapat menjadi moodbooster. 

Anda Mempunyai Tekad Untuk Bisa Menghentikan Satu Kebiasan Buruk

Salah satu contoh dalam hal kebiasaan buruk yaitu ngemil secara berlebihan. Kebiasaan buruk tersebut selain berpengaruh buruk akan kesehatan fisik, juga dapat mempunyai dampak terhadap kesehatan mental kamu.

Hal itu bisa membuat berat badan kamu bertambah, kemudian menjadi stres karena masalah tersebut. kamu harus mampu menghentikan kebiasan buruk itu supaya mental terlatih. Namun perlu diingat, tidak perlu melakukan perubahan secara tiba-tiba dan drastis.

Kamu bisa melakukan langkah lebih mudah terlebih dahulu untuk melatih kesehatan akan mental, salah satunya dari kebiasaan buruk dengan mulai bertekad makan sayur mayur lebih banyak. Anda juga bisa memulai memutuskan berhenti dari konsumsi semua makanan kemasan ketika sore hari.

Lindungi Kesehatan dengan Super Strong dan My Hospital Protection

Selain perlindungan terhadap biaya rawat harian rumah sakit dengan My Hospital Protection, kamu juga bisa memanfaatkan perlindungan Super Strong Protection untuk beberapa penyakit kritis tertentu. Super Strong Protection memberikan manfaat uang pertanggungan hingga Rp 300 juta dengan premi mulai dari Rp 30 ribu-an per bulan.

sequis

SHARE

Artikel Terkait Lainnya