Cara Melatih Kesehatan Mental

Teman SUPERjuangan, memang tidak mudah mengubah perilaku yang sebenarnya menurunkan kesehatan mental kita. Namun, dengan menyadari bagaimana cara melatih kesehatan mental bisa sangat membantu kita untuk mengubahnya.

Sayangnya, hingga saat ini, sebagian orang menganggap kesehatan mental sebagai suatu hal yang tabu. Nggak jarang juga beberapa fakta yang terkait masih sering disalahpahami.

Kesehatan mental adalah komponen penting di kehidupan manusia, mulai dari anak-anak, kesehatan mental remaja, bahkan orang tua. Kondisi kesehatan mental juga mencakup kesehatan kita secara emosi, psikologis, dan fungsi sosial.

Karena itu, jangan lupa untuk sehatkan mental kita, salah satunya dengan cara melatih kesehatan mental, yuk!

Table of Contents

Pengertian Kesehatan Mental

Belakangan ini, kita sering mendengar mental health, tapi masih belum tau istilah apa itu? Untuk bisa cek kesehatan mental tentu dimulai dari seberapa jauh sih kita memahami tentang kesehatan mental.

Mental health artinya kesehatan mental, istilah lain yang dipakai untuk menjelaskan kondisi kejiwaan. Nah, pengertian kesehatan mental adalah kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram sehingga memungkinkan kita menikmati hidup, juga menghargai sekitar kita.

Kondisi kesehatan mental yang baik dapat mendorong kita untuk menggunakan kemampuan atau potensi diri secara maksimal. Kita menjadi produktif, lebih baik dalam menyikapi masalah, serta mampu berkomunikasi dan memberikan kontribusi positif untuk sekitar.

Maka sebaliknya, apabila kesehatan mental seseorang terganggu justru merusak suasana hati, tidak dapat berpikir jernih, sulit mengendalikan emosi, menarik diri dari kehidupan sosial, bahkan melukai diri sendiri atau orang lain.

Pentingnya kesehatan mental sama dengan kesehatan fisik, apabila tidak ditangani akan menimbulkan gangguan kejiwaan yang dapat mengancam kehidupan. Ingat seperti kata pepatah “di balik tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.”

Penyebab Gangguan Kesehatan Mental

Bagaimana kondisi kesehatan mental di Indonesia? Berdasarkan hasil Indonesia National Adolescent Mental Health Survey pada tahun 2022, hampir 35% kesehatan mental remaja yang terganggu, berarti 1 dari 3 remaja di Indonesia memiliki masalah kesehatan mental.

Kesehatan mental remaja dianggap sebagai fase yang membingungkan bagi banyak orang, terutama emosi yang kemudian memengaruhi perilakunya. Pada umumnya, masalah kesehatan remaja terjadi ketika dihadapi dengan tuntutan. Tapi, beberapa alasan lain di bawah ini juga bisa menjadi penyebabnya lho!

  • Faktor biologis

Faktor penyebab gangguan kesehatan mental remaja ini juga bisa disebut faktor genetik. Adanya riwayat pengidap gangguan mental health dalam keluarga. Selain itu, adanya ketidakseimbangan di otak

  • Pengalaman buruk

Adanya pengalaman yang kurang menyenangkan yang ditujukan kepada diri sendiri, seperti bullying, diskriminasi, kecelakaan, pelecehan, rasa kesepian, kehilangan orang terdekat, atau sebagainya.

  • Faktor lingkungan

Faktor penyebab gangguan kesehatan mental remaja satu ini terpengaruh oleh faktor lingkungan di sekitarnya. Misalnya, ada kekerasan dalam rumah tangga, trauma, kemiskinan, dan lainnya.

  • Gaya hidup

Selain dari lingkungan, penyebab gangguan kesehatan mental remaja juga disebabkan oleh pola makan yang buruk, kebiasaan merokok, pengaruh zat berbahaya atau alkohol, atau kurang tidur.

asuransi rawat jalan
Bukan Cuma Kesehatan Mental, Kesehatan Fisik Juga Nggak Kalah Penting!

Gejala Gangguan Kesehatan Mental

Mental health artinya kita memiliki kondisi emosi dan psikologis yang sehat sehingga kita sendiri pun bisa menjalani kehidupan sehari-hari dengan normal. Tapi, pada kenyataannya beberapa faktor membuat kita malah mengalami gangguan kesehatan mental.

Teman SUPERjuangan, kesehatan mental adalah dasar dari definisi kesehatan. Cuma, ada hal yang perlu kita ingat bersama bahwa kondisi kesehatan mental tiap orang nggak bisa dipukul rata. Ada yang mudah beradaptasi terhadap tekanan hidup, ada juga yang sulit sehingga berisiko mengalami masalah kesehatan mental.

Banyaknya perubahan yang terjadi dalam fase hidup remaja, terutama usia 12-21 tahun menciptakan masalah kesehatan mental remaja biasanya berupa gangguan mood, kecemasan berlebihan, stres, hingga depresi. Di samping itu, ketiganya sering disertai gejala berikut ini. Yuk, cek kesehatan mental kita!

  • Insomnia
  • Tidak punya semangat hidup
  • Suka cemas sendiri
  • Emosi tidak stabil
  • Merasa sedih tanpa sebab
  • Sulit konsentrasi
  • Kurang percaya diri
  • Mudah merasa lelah
  • Kebiasaan makan berubah drastis
  • Ketidakmampuan mengatasi stres
  • Terpengaruh untuk merokok, alkohol, atau narkoba
  • Ingin melukai diri sendiri dan orang lain
  • Hingga berpikiran untuk bunuh diri

Baca juga: Apa itu Social Anxiety Disorder?

Stigma Kesehatan Mental yang Salah

Cara menjaga kesehatan mental nggak bisa tercapai kalau masih ada stigma yang salah terhadap kondisi kesehatan mental. Pentingnya kesehatan mental masih sering dianggap sesuatu yang tabu dan layak untuk dihindari.

Menurut sebuah penelitian, sebanyak 75% orang yang memiliki masalah kesehatan mental, termasuk saat dilakukan cek kesehatan mental, mengaku pernah mengalami stigma negatif dari masyarakat. Coba kita lihat apakah kondisi kesehatan mental sesuai dengan pengertian kesehatan mental yang sebenarnya berikut ini!

  • Introvert sama dengan ansos, alias anti-sosial

Kebanyakan yang menganggap cara menjaga kesehatan mental orang berkepribadian introvert adalah dengan sengaja menghindari keramaian atau selalu menyendiri. Padahal bukan berarti anti dengan kehidupan sosial, orang introvert lebih memilih kelompok pertemanan yang intim aja kok.

  • Berbicara dengan diri sendiri adalah gangguan mental health

Berbicara dengan diri sendiri menjadi hal yang penting, apalagi ketika lagi masa-masa sulit. Stigma ini justru salah karena bukan merupakan gangguan kesehatan mental, tapi cara menjaga kesehatan mental lho.

  • Sibuk dengan dunianya ciri-ciri autisme

Ketika seseorang sedang sibuk dengan dunianya sendiri, label ini justru jauh sekali dari definisi autisme sebenarnya. Apabila kita berprasangka baik, orang tersebut justru hanya sedang menyibukkan diri sendiri untuk sementara waktu sebagai salah satu menjaga kesehatan mental

  • Orang dengan bipolar disebut gila

Faktanya, orang dengan gangguan kesehatan mental bipolar nggak sama dengan orang gila hanya karena perubahan mood yang tiba-tiba. Mereka layaknya manusia seperti kita, jadi mereka bukan orang gila, guys

  • Seseorang dengan gangguan mental health tak akan sukses

Bukan berarti seseorang dengan gangguan mental health nggak akan bisa berkembang. Mereka juga berusaha untuk keluar dari kondisi tersebut, hanya saja memerlukan lebih banyak waktu dan cara menjaga kesehatan mental mereka.

Baca juga: Selain Sukses, Ini 5 Manfaat Menabung Sejak Dini!

Cara Melatih Kesehatan Mental

Cara Melatih Kesehatan Mental

Teman SUPERjuangan, apakah kamu pernah merasa bahwa terkadang tanpa sadar kita melakukan hal-hal yang sebenarnya menurunkan kesehatan mental? Terkadang juga kita udah tau kalau itu buruk, tapi masih tetap dilakukan. Mungkin rasanya nggak mudah, pelan-pelan kita belajar bareng!

Dengan menjaga kesehatan mental, kita dapat menikmati, menjalani, mendapatkan kehidupan yang lebih berkembang, serta terhindar dari penyakit. Nah, untuk dapat merasakan manfaat dari mental yang sehat, yuk lakukan cara melatih kesehatan mental di bawah ini!

  • Mencintai dan menghargai diri sendiri

Berusaha untuk tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Pada kenyataannya, pengalaman dan proses hidup kamu dengan orang lain beda. Nah, cara melatih kesehatan mental yang baik dimulai dengan mengenali dan mencintai diri sendiri.

  • Menerima perubahan di dalam hidup

Cara melatih kesehatan mental selanjutnya adalah memiliki keberanian untuk menerima perubahan di dalam hidup. Ketika nggak semua rencana kita bisa terlaksana, ada kalanya kita harus menerima dan mengalihkan fokus kepada sesuatu yang bisa dikendalikan aja.

  • Membuat list hal-hal yang bisa disyukuri

Fakta menariknya, perasaan bersyukur bisa membuat tidur lebih nyenyak dan menurunkan stres loh. Kamu bisa menulis apa aja sih yang membuat kamu bersyukur. Lakukan cara melatih kesehatan mental satu ini, yuk!

  • Mengatakan hal positif pada diri sendiri

Cara melatih kesehatan mental ini dikenal dengan istilah self-talk. Sayangnya, masih banyak orang yang menggunakan self-talk negatif buat dirinya sendiri. Kalau kamu juga sering berkata: bisa nggak ya, menyerah aja deh. Mulai sekarang, ubah jadi kata-kata positif yang justru membangun, yuk!

  • Mencoba setidaknya satu hal sulit dalam waktu satu minggu

Untuk bisa melatih kesehatan mental, kita bisa belajar hal-hal baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Contohnya, mengikuti kursus masak atau kelas fotografi. Kita perlu mendorong diri sendiri, jangan batasi dari rasa takut gagal.

  • Melakukan kegiatan yang bisa memberi rasa bahagia

Kita boleh loh melakukan kegiatan yang memberikan rasa bahagia. Misalnya, jalan-jalan, menulis, atau menonton konser. Cara melatih kesehatan mental ini dinilai mampu mengelola stres.

  • Menghabiskan waktu bersama orang terdekat

Bertemu dengan orang-orang terdekat termasuk hal penting untuk kesehatan mental. Apalagi di tengah rutinitas yang membuat kita lelah. Nah, dengan menghabiskan waktu bersama orang terdekat dapat menjadi cara melatih kesehatan mental kita tetap sehat.

  • Menghentikan satu kebiasaan buruk

Kenapa sih ini menjadi salah satu cara melatih kesehatan mental? Kebiasaan  memainkan peran penting dalam kesehatan kita lho. Misalnya, kebiasaan ngemil berlebihan membuat berat badan kamu bertambah, yang ada kamu menjadi stres karena masalah tersebut, guys. Nggak baik juga kan?

  • Menyisihkan waktu untuk mengevaluasi diri

Belajar untuk mengevaluasi diri sendiri merupakan salah satu cara melatih kesehatan mental. Meskipun cuma sebentar, kamu bisa melihat kemajuan hingga memotivasi diri untuk memperbaiki kesalahan sehingga kamu lebih bersemangat lagi.

  • Menjaga kesehatan fisik dengan baik

Cara melatih kesehatan mental nggak terpisahkan dari menjaga kesehatan fisik. Kita membutuhkan mental yang sehat untuk bisa melakukan berbagai aktivitas fisik. Sebaliknya, tubuh yang lemah membuat kesehatan mental ikut terganggu. Sehat mental, sehat fisik, dan tetap produktif!

Selain menjaga kesehatan fisik sebagai cara melatih kesehatan mental, sudahkah kamu juga memberi perlindungan secara menyeluruh untuk diri sendiri? Super You menyediakan Super Easy Health, mulai Rp4.500 aja per hari membantu kamu dari risiko sakit atau kecelakaan hingga 1M lho. Always plan the unplanned!

Artikel Terkait