cara membesarkan payudara

Payudara besar merupakan salah satu idaman para wanita karena itu cara membesarkan payudara banyak dicari. Pada umumnya ukuran payudara wanita dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, mulai dari usia, kehamilan hingga keturunan, tetapi jika kurang puas, ada banyak cara memperbesar payudara atau bahkan mengecilkan payudara. 

Cara Membesarkan Payudara

Faktor yang Mempengaruhi Ukuran Payudara

Faktor yang Mempengaruhi Ukuran Payudara

Proses pembentukan payudara setiap wanita sama, tetapi ada berbagai macam faktor yang menyebabkan ukuran payudara bisa berbeda-beda. Berikut ini adalah faktor-faktor yang menentukan besaran payudara wanita. 

  • Nutrisi 

Asupan nutrisi yang diterima setiap wanita berbeda-beda, karena itu bisa mempengaruhi ukurannya. Menurut dr. Arina Heidyana, jika asupan nutrisi baik, maka pertumbuhan yang terjadi juga baik. 

Makanan dengan nutrisi yang bergizi adalah kedelai dan olahannya, kacang-kacangan, telur, alpukat, semangka, kacang-kacangan dan lainnya. Mengonsumsi vitamin juga sangat penting karena kekurangan vitamin menyebabkan gangguan pada produksi hormon sehingga proses pertumbuhan pada payudara bisa terhambat.

  • Usia 

Perubahan ukuran pada payudara pertama kali akan terlihat saat usia pubertas. Semakin bertambah usia, maka tubuh manusia juga akan berubah, bagi wanita salah satu perubahan yang dialami adalah payudara yang membesar. Mulai dari usia remaja hingga akhirnya dewasa, ukuran payudara akan semakin membesar.

Kemudian, di usia senja jaringan yang mempertahankan bentuk dari payudara akan mulai mengendur dan hilang kekencangannya. Hal ini membuat bentuk payudara berubah. Namun, tidak hanya bentuknya, ukuran payudara wanita juga semakin mengecil. Kunci dari payudara yang sehat adalah dengan memakai bra yang tepat dan mengonsumsi makanan yang bergizi

  • Berat Badan 

Payudara terdiri dari beberapa bagian, jaringan ikat, kelenjar dan saluran susu dan jaringan lemak. Karena adanya jaringan lemak, wanita yang memiliki komposisi lemak tinggi akan memiliki ukuran payudara yang lebih besar.

  • Keturunan 

Faktor keturunan juga bisa menentukan pertumbuhan payudara seseorang. Berdasarkan dr. Ariana, faktor keturunan memiliki peran penting dalam ukuran payudara, tetapi hal ini tidak berarti ukuran payudara seorang wanita akan sama dengan ukuran payudara ibunya.

  • Olahraga 

Jika seorang wanita rajin berolahraga dan sering melatih otot bagian dada maka payudara bisa terlihat lebih besar dan kencang, karena itu sering berolahraga bisa mempengaruhi ukuran dan bentuk dari payudara wanita.

  • Kehamilan 

Salah satu perubahan yang terjadi saat hamil adalah ukuran dan bentuk payudara seorang wanita, tetapi perubahan yang terjadi bukan permanen. Bentuk dan ukuran payudara akan kembali seperti semula sebelum hamil setelah melahirkan dan menyusui bayi selama beberapa waktu.

Ukuran Payudara yang Ideal 

Dengan berbagai ukuran payudara yang dimiliki oleh wanita, apakah ada ukuran payudara yang ideal? Mungkin secara visual payudara yang lebih besar terlihat ideal untuk dimiliki seorang wanita, tetapi berdasarkan dr. Ariana aslinya tidak ada ukuran payudara yang ideal selama payudara tersebut sehat. 

Meski tidak ada ukuran payudara yang ideal untuk kesehatan wanita, ada penelitian dari Zava mengenai ukuran payudara ideal menurut pria dan wanita. Survey yang dilakukan oleh Zava diikuti oleh lebih dari 2.000 partisipan yang memberikan pendapat mereka mengenai ukuran payudara yang ideal dan menarik. 

Berdasarkan hasil survey 60 persen pria dan 54 wanita menganggap payudara dengan ukuran sedang atau medium lebih menarik dan ideal. Hanya 30 persen partisipan yang menganggap bahwa payudara besar menarik. 

Kesimpulan dari survey ini adalah payudara berukuran medium dianggap lebih menarik dari payudara berukuran besar. Lalu apa yang masuk dalam kriteria payudara medium? Berdasarkan survey, menurut partisipan ukuran payudara yang ideal adalah dengan cup bra C. 

Baca Juga: Ketahui 7 Jenis Pengobatan Kanker dan Biayanya!

Manfaat Operasi Payudara

Manfaat Operasi Payudara

Melakukan operasi tidak hanya untuk kecantikan, tetapi bisa juga untuk kesehatan. Terdapat berbagai macam jenis operasi payudara dengan banyak manfaatnya, yaitu:

  • Pembesaran Payudara

Operasi pembesaran payudara biasanya dilakukan untuk memperbesar ukuran payudara dan mengubah bentuk payudara menjadi lebih simetris. Prosedur ini dilakukan dengan memasukkan implan di bawah otot dada yang terbuat dari silikon atau saline yang bisa bertahan selama 10 tahun.

  • Pengecilan Payudara 

Operasi pengecilan payudara dilakukan jika ukurannya terlalu besar atau tidak proporsional. Payudara yang terlalu besar bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang. Beberapa masalahnya adalah sakit leher, nyeri punggung dan iritasi kulit.

  • Rekonstruksi Payudara

Operasi rekonstruksi payudara biasanya dilakukan oleh wanita yang melakukan prosedur mastektomi untuk mengobati kanker payudara. Operasi ini bertujuan untuk membentuk volume dan mengembalikan tampilan awal payudara menggunakan implan atau jaringan tubuh pasien sendiri. 

  • Pengencangan Payudara

Prosedur pengencangan payudara dilakukan pada payudara yang sudah kendur dengan menarik puting dan daerah areola. Cara melakukan prosedur ini adalah menghilangkan kulit berlebih pada bagian bawah payudara atau area sekitar puting sebelum disatukan kembali dengan dijahit.

  • Lumpektomi 

Operasi payudara dengan menjalankan prosedur lumpektomi dilakukan untuk menyingkirkan benjolan yang tumbuh di payudara. Benjolan ini bisa menjadi tumor atau kanker, sehingga perlu diangkat untuk mencegahnya menyebar ke bagian tubuh lainnya.

  • Mastektomi 

Operasi payudara dengan menjalankan prosedur mastektomi merupakan prosedur pengangkatan payudara untuk mengangkat jaringan tumor atau kanker payudara. Prosedur ini juga bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya kanker payudara. 

Baca Juga: Kanker Payudara: Penyebab, Gejala, dan Cara Pencegahannya

Cara Membesarkan Payudara

Ukuran dari payudara memang tidak berpengaruh dengan kesehatan seseorang, tetapi bisa jadi menyebabkan masalah percaya diri. Lalu, bagaimana cara membesarkan payudara? Bagi yang ingin membesarkan ukuran dan mengencangkan payudara, terdapat banyak cara memperbesar payudara, baik secara alami maupun melalui prosedur medis. 

Pembesar Payudara Alami 

Pembesar Payudara Alami

Berikut ini adalah beberapa prosedur yang bisa dilakukan sebagai cara memperbesar payudara secara alami.

  • Memijat Payudara

Memijat payudara bermanfaat sebagai cara memperbesar payudara secara alami karena tekanan yang diberikan mendorong pertumbuhan payudara yang sehat serta melancarkan sirkulasi daerah payudara. Untuk hasil yang lebih efektif bisa dibantu dengan menggunakan minyak, seperti rose oil, minyak zaitun, minyak fenugreek, minyak atsiri sereh dan baby oil. 

  • Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Fitoestrogen 

Fitoestrogen adalah senyawa yang ada pada tumbuhan dan bermanfaat untuk memperbesar ukuran payudara. Berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung fitoestrogen:

  • Kecambah kedelai 
  • Anggur merah 
  • Rasberi
  • Kacang hijau 
  • Kenari
  • Teh hitam
  • Teh hijau 
  • Semangka 
  • Plum kering 
  • Berolahraga 

Salah satu cara membesarkan payudara secara alami adalah dengan berolahraga. Terdapat beberapa gerakan olahraga yang bisa membantu memperbesar ukuran payudara dengan melatih otot dada.

  • Menggunakan Bra yang Tepat 

Pembesar payudara alami juga bisa bra yang digunakan. Dengan memilih bra yang tepat akan mencegah payudara mengendur dan tidak nyaman. Memilih bra yang tepat tidak hanya berdasarkan ukuran, tetapi juga yang memiliki busa atau yang khusus untuk memperbesar payudara.

  • Mengonsumsi Suplemen 

Suplemen payudara banyak yang mengandung ubi jalar, ginseng, dandelion dan fenugreek yang tinggi fitoestrogen, karena itu baik untuk pertumbuhan payudara. 

  • Melakukan Pola Hidup Sehat 

Menerapkan pola hidup sehat bisa membantu pertumbuhan payudara dan memperbesar ukuran payudara secara alami. Hindari merokok dan minum alkohol karena nikotin yang terkandung bisa mempercepat penuaan serta merusak jaringan penyokong di payudara sehingga payudara terlihat lebih kecil dan kendur.

  • Mengonsumsi Makanan Kaya Lemak Sehat 

Makanan yang mengandung lemak sehat bisa menjadi pembesar payudara alami. Namun, harus diiringi dengan latihan yang tepat agar bentuknya sesuai dengan yang diinginkan. Berikut ini adalah beberapa makanan kaya lemak sehat:

  • Minyak zaitun 
  • Ikan
  • Kacang-kacangan 
  • Telur 
  • Alpukat 

Cara Memperbesar Payudara dengan Prosedur Medis

Cara Memperbesar Payudara dengan Prosedur Medis

Selain cara memperbesar payudara secara alami, bisa juga melalui prosedur medis. Berikut ini adalah beberapa cara memperbesar payudara tersebut.

  • Mengonsumsi Pil KB 

Manfaat dari mengonsumsi pil KB tidak hanya mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, tetapi juga bisa memperbesar ukuran payudara. Bahkan ukuran payudara yang membesar merupakan efek samping dari mengonsumsi pil KB. 

Hal ini disebabkan oleh kandungan hormon estrogen yang ada di pil KB menstimulasi perkembangan payudara.

  • Operasi Membesarkan Payudara Implan Saline 

Cara memperbesar payudara bisa dilakukan dengan operasi. Prosedur pembesaran payudara akan dilakukan dengan memasukan implan di bawah otot dada yang terbuat dari saline.

  • Operasi Membesarkan Payudara Implan Silikon 

Selain operasi membesarkan payudara dengan implan saline, ada juga operasi pembesaran payudara dengan implan silikon.

Asuransi sesuai gaji kamu

Sekian informasi mengenai cara membesarkan payudara dan jenis-jenis operasi payudara yang bisa dilakukan berdasarkan keperluannya. Sebelum menjalankan prosedur apapun, pastikan telah memiliki asuransi kesehatan yang bisa melindungi diri dari risiko kesehatan apapun. Super Easy Health dari Super You bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan.

Artikel Terkait