cara memperbanyak asi

Asi atau air susu ibu menjadi salah satu faktor penting bagi setiap bayi yang baru lahir sampai usianya kurang lebih enam bulan. ASI juga merupakan satu-satunya sumber nutrisi bagi anak ketika ia baru lahir. Namun, saat ini banyak ibu yang susah menemukan cara mudah memperbanyak asi.

Kalau kamu masuk ke dalam bagian itu, kamu berada di dalam artikel yang tepat. Saat ini, kami akan membahas cara mudah untuk memperbanyak ASI bagi ibu yang sedang menyusui. Pemberian ASI yang baik akan mempengaruhi tumbuh kembang bayi untuk kedepannya.

Table of Contents

Banyak yang beranggapan bahwa penggunaan ASI eksklusif akan memberikan dampak yang luar biasa terhadap tumbuh kembang sang bayi. Biasanya, kalau sudah ASI eksklusif tidak dianjurkan mencampurkannya dengan susu formula, jus, ataupun air.

Pengertian Air Susu Ibu (ASI)

ASI merupakan suatu pengertian yang merujuk pada air susu ibu sebagai satu-satunya sumber nutrisi bagi bayi, tanpa memberikan makanan atau minuman agar asi melimpah lainnya. Dalam praktiknya, ASI eksklusif merujuk pada pemberian makan pada bayi hanya dari ASI saja, baik langsung dari payudara ibu ataupun dengan pompa ASI untuk memberikan dalam bentuk botol.

Pada periode pemberian ASI dalam kurun waktu kurang lebih enam bukan, tidak ada penggunaan susu formula, jus, air, ataupun makanan lain yang diberikan kepada bayi. ASI mengandung banyak nutrisi yang diperlukan bayi termasuk di dalamnya ada protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, dan zat kekebalan.

Selain itu, ASI juga mengandung antibody yang bisa melindungi bayi dari penyakit dan infeksi. WHO sebagai organisasi kesehatan internasional sangat menyarankan untuk memberikan makanan pada bayi selama enam bulan pertama.

Setelah enam bulan, ASI akan tetap penting dan harus disertai dengan pengenalan makanan pendamping ASI secara rutin sambil tetap memberikan ASI setidaknya sampai usia dua tahun.

Lalu, sering pula ada pertanyaan tentang ASI bertahan berapa jam? Jawabannya adalah empat jam dalam ruangan tanpa AC atau air conditioner. Jika dalam ruangan AC, maka Asi bisa bertahan dalam 6-8 jam.

Baca Juga : 2 Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Muda dan 3 Manfaatnya!

Cara Memperbanyak ASI bagi Ibu Menyusui

Cara Memperbanyak ASI bagi Ibu Menyusui

ASI adalah sumber makanan atau minuman utama pada bayi sampai usianya genap enam bulan. ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi di usia enam bulan pertama. Namun, volume ASI yang keluar terkadang tidak sesuai ekspektasi ibu hamil.

Beberapa faktor ASI yang tidak keluar ini satu di antaranya adalah karena stress, baby blues, atau postpartum depression. Meski demikian, ibu sesungguhnya tak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memperbanyak ASI. Apa saja itu? Mari kita bahas.

  • Rutin Memompa

Usai ibu menyusui anaknya, payudara biasanya masih terasa kencang dan keras karena masih ada sisa ASI di dalamnya. Sebaiknya, pada saat itu sang ibu segera mengosongkannya dengan menggunakan pompa ASI dan menyimpannya di lemari pendingin dengan suhu yang tepat agar bisa digunakan kembali.

Ini juga menjadi salah satu cara pelancar ASI bagi ibu hamil yang sangat ampuh. Aktivitas pompa ASI ini diketahui dapat memperbanyak ASI karena payudara yang kosong dapat memicu produksi ASI tetap berjalan.

  • Lebih Sering Untuk Menyusui

Pada awal minggu kelahiran bayi, jadwal pemberian ASI biasanya belum begitu teratur. Meski demikian, para ibu bisa mendapatkan ASI kapan pun sang bayi membutuhkannya. Ibu disarankan untuk memberi ASI setidaknya 2-3 jam sekali atau 8-12 kali dalam satu hari.

Semakin sering ibu memberikan ASI, maka produksinya akan semakin bertambah juga. Hal ini karena menyusui lebih sering bisa meningkatkan pelepasan hormone prolactin yang bekerja merangsang produksi ASI pada ibu.

Baca Juga : Arti Mimpi Hamil Ditinjau Dari Sisi Islam, Primbon Jawa, dan Psikologis

  • Lingkungan yang Nyaman

Selama periode ibu menyusui, pastikan untuk bisa mengelola rasa stress, cemas, dan depresi dengan sangat baik. Berbagai masalah psikologis ini diketahui bisa memberikan dampak yang buruk pada produksi ASI. Karenanya, para ibu diusahakan bisa menciptakan lingkungan yang tenang dan santai agar lebih nyaman saat menyusui.

Kalau ibu sedang dalam masa stress, coba lakukan beberapa aktivitas atau hobby yang dirasa bisa menaikkan mood seperti melakukan perawatan ke salon, meditasi, dan lain sebagainya. Selain bisa memicu rasa senang, hal ini juga efektif sebagai salah satu cara memperlancar produksi ASI.

  • Gunakan Kedua Payudara

Cara memperbanyak ASI berikutnya adalah dengan menggunakan kedua sisi payudara ibu. Jadi, biarkan sang bayi menyusui secara bergantian di kedua payudara. Biarkan bayi menyusu di payudara sebelah kanan sampai berhenti dengan sendirinya kemudian gantikan dengan payudara sebelah kiri.

Rangsangan atau stimulasi pada kedua payudara bisa membantu menambah produksi ASI sang ibu. Cara ini juga banyak dilakukan oleh orang pada zaman dahulu dan bisa bertahan sampai dengan pada saat ini.

  • Pastikan Nutrisi Ibu Terpenuhi¬†

Untuk memperoleh ASI yang maksimal, ada baiknya untuk memperhatikan asupan nutrisi ibu setiap harinya. Sejumlah makanan agar asi melimpah sangat dianjurkan diproduksi oleh ibu selama masa menyusui.

Makanan ini juga harus dipastikan agar kaya vitamin dan mineral seperti buah-buahan, sayuran hijau, telur, ikan, ayam, sampai dengan daging. Selain itu, ibu juga harus rutin untuk mengonsumsi air putih kurang lebih dua liter per hari untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

  • Konsumsi Makanan Pelancar ASI

Para ibu juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan mengonsumsi makanan pelancar ASI paling ampuh yang disarankan seperti:

Bawang putih, karena mengandung senyawa galactagogue yang bisa meningkatkan produksi ASI.

Oatmeal, karena memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, kandungan zat besi diketahui bisa memicu produksi ASI.

Sayuran seperti wortel, bayam, brokoli, dan ubi, karena sayuran ini bisa mengandung vitamin, zat besi, kalsium, sampai folat yang bisa melenngkap nutrisi dalam ASI.

Biji wijen, ini juga menjadi makanan untuk memperbanyak asi yang cukup bagus karena mengandung mineral kalsium yang tinggi sehingga bermanfaat untuk memberbanyak ASI dan menunjang pertumbuhan tulang bayi.

Makanan lainnya yang mengandung protein seperti kacang, susu almond, telur, dan daging rendah lemak.

  • Lakukan Pijat Laktasi

Pijat laktasi ini juga merupakan salah satu cara ASI booster yang cukup baik guna memperbanyak produksi ASI ibu, terutama jika terdapat sumbatan pada payudara. Gerakan pada pijat laktasi ini bisa merangsang produksi hormone oksitosin yang berperan dalam proses pengeluaran ASI.

Pijak laktasi yang dilakukan dengan memijat bagian payudara secara lembut ini kemudian bisa berlanjut ke tengkuk, punggung, bahu, dan pinggang. Pijatan ini bisa membuat otot menjadi rileks serta memperlancar sirkulasi darah dan kerja hormone oksitosin.

  • Istirahat yang Cukup

Poin terakhir dari cara memperbanyak ASI adalah istirahat yang cukup. Ibu yang sedang menyusui disarankan untuk beristirahat dengan cukup dan mengurangi kegiatan di luar rumah atau menghindari aktivitas berat agar tidak lelah berlebihan.

Habiskanlah banyak waktu dengan bersantai bersama bayi dan hindari kebiasaan kurang baik seperti mengonsumsi alkohol dan rokok karena bisa berpotensi menyebabkan ASI tidak keluar.

super easy health

Itu lah tadi penjelasan kami tentang cara memperbanyak ASI yang sangat mudah untuk dilakukan para ibu menyusui. Sekarang, kamu juga sudah bisa mendaftar asuransi kesehatan terbaik dan terpercaya di Super Easy Health by Super You.

Hanya dengan Rp4.500 saja per harinya, kamu sudah bisa menikmati berbagai manfaat kesehatan dari asuransi terbaik yang ada di Indonesia. Jadi, tunggu apalagi, cek premi kamu sekarang juga ya.

Artikel Terkait