cara menggunakan test pack

Biasanya sebelum ke dokter, mengecek indikasi pertama kehamilan adalah menggunakan test pack, tetapi cara menggunakan test pack untuk hasil yang akurat perlu digunakan dengan cara yang benar karena itu penting mengetahui cara yang benar menggunakan test pack.

Table of Contents

Sekarang tes hamil bisa dilakukan dengan mudah di rumah hanya dalam beberapa menit, ini terima kasih kepada Margaret Crane, seorang penemu dan desainer grafis asal Amerika. Ia pertama kali menciptakan alat tes kehamilan di tahun 1967, tetapi sekarang jenisnya sudah beragam dan semakin mudah untuk digunakan.

Sebelum menggunakan alat tes kehamilan, mari ketahui dahulu jenis – jenis dari test pack dan bagaimana cara menggunakan tespek tersebut. Ikuti juga cara menggunakan test pack untuk mendapatkan hasil test pack akurat! Yuk, baca selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Test Pack 

alat tes kehamilan
Sumber : https://www.freepik.com/

Alat tes kehamilan atau yang dikenal sebagai test pack merupakan sebuah paket yang digunakan untuk mendeteksi kehamilan secara mandiri, karena itu bisa dilakukan dimana saja. Selain mendeteksi kehamilan, fungsi dari alat kehamilan bisa juga untuk mendeteksi kandungan hormon Human Chorionic Gonadotropin atau hCG yang ada di dalam urine

Mengapa test pack juga bisa mendeteksi hormon hCG? Hal ini karena hormon hCG merupakan hormon kehamilan yang merupakan produk dari sel – sel yang terbentuk dalam plasenta. Ini terjadi setelah sel telur telah berhasil dibuahi dan menempel pada dinding rahim. Biasanya ketika sedang hamil, kadar hormon hCG  bisa mencapai 20 mIU/hCG yang terjadi pada 7 hingga 10 hari pasca ovulasi dan dapat mengalami peningkatan 2 sampai 3 kali lipat setiap dua atau tiga hari saat sedang hamil.

Baca Juga:

Cara Kerja Test Pack

Bagaimana cara kerja dari alat tes kehamilan hingga bisa mendeteksi jika seseorang sedang hamil? Ini adalah dengan mengecek hormon hCG yang terkandung pada urine. Hormon hCG ini terbentuk dari sel yang membentuk plasenta.

Normalnya wanita dengan siklus haid normal, 28 hari akan berovulasi di hari ke – 14 dan jika sel telur berhasil dibuahi 1 hingga 2 hari kemudian, embrio akan tumbuh beberapa hari kedepan dan plasenta akan mulai terbentuk. 

Ketika plasenta akhirnya terbentuk, hormon hCG akan mulai masuk ke dalam aliran darah dan disaring oleh ginjal, karena itu hormon ini akan terkandung dalam urine. Jika seorang wanita mengecek kehamilan menggunakan alat tes kehamilan di hari ke 25 atau hari ke 26, maka test pack akan mendeteksi kandungan hormon hCG yang membuat hasil tespek positif.

Jenis Alat Tes Kehamilan

jenis test pack
Sumber : https://www.freepik.com/

Sekarang alat tes kehamilan memiliki banyak jenisnya, jadi untuk melakukan tes kehamilan menggunakan alat tersebut perlu dilakukan dengan benar. Mari ketahui apa saja jenis alat tes kehamilan!

  • Test Pack Strip

Adalah sebuah alat tes kehamilan yang datang dalam bentuk strip plastik. Cara menggunakan test pack strip ini sangat mudah, hanya perlu untuk mencelupkan strip tersebut ke dalam wadah yang berisi urine selama beberapa waktu, 

  • Pregnancy Cassette Test 

Selain jenis alat kehamilan dalam bentuk test pack strip, ada juga pregnancy cassette test yang merupakan alat kehamilan dalam bentuk stik. Cara menggunakan tespek ini juga menggunakan urine, tapi berbeda dengan test pack strip yang perlu dicelupkan, alat tes kehamilan jenis ini bisa dengan meneteskan urine pada bagian penampung yang tersedia di stik.

  • Test Pack Digital

Alat tes kehamilan yang ini merupakan jenis yang baru karena perkembangan teknologi. Cara menggunakan test pack ini tidak jauh beda dari kedua jenis sebelumnya, yang berbeda adalah terdapat fitur yang memberi tahu keterangan hasil hamil atau tidak pada layar digital yang ada pada alat tes kehamilan.

Syarat Menggunakan Test Pack

Sebelum menggunakan test pack, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil test pack akurat.

  1. Pastikan untuk membaca petunjuk cara untuk menggunakan test pack terlebih dahulu 
  2. Waktu yang tepat untuk tespek yaitu untuk digunakan sekitar 5 hingga 6 hari setelah terjadi pembuahan 
  3. Pastikan untuk menggunakan test pack pada waktu yang tepat. 
  4. Jangan baca hasil test pack terlalu cepat.

Cara Menggunakan Test Pack

Berikut adalah langkah-langkah umum tentang cara menggunakan test pack:

  • Pilih Test Pack yang Tepat

Pastikan test pack yang Anda beli memiliki masa berlaku yang masih berlaku dan perhatikan petunjuk penggunaan yang terlampir.

  • Pilih Waktu yang Tepat

Kebanyakan test pack dapat digunakan setelah Anda melewati tanggal dimana seharusnya menstruasi Anda datang. Namun, beberapa test pack mungkin dapat mendeteksi kehamilan lebih awal. Baca petunjuk untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menggunakan alat tersebut.

  • Persiapkan Alat

Pastikan Anda memiliki test pack, wadah untuk mengumpulkan urin, dan jika diperlukan, stopwatch atau jam untuk mengukur waktu reaksi.

  • Kumpulkan Urin

Gunakan wadah bersih untuk mengumpulkan urin pertama pagi, karena urin pagi memiliki konsentrasi hCG yang lebih tinggi. Namun, beberapa test pack dapat digunakan dengan urin yang diambil kapan saja.

  • Gunakan Test Pack

Ambil test pack dari kemasannya. Biasanya, test pack memiliki strip yang sensitif terhadap urin. Tempatkan strip ini di dalam urin atau arahkan aliran urin langsung ke strip.

  • Tunggu Waktu yang Ditentukan

Setelah Anda mengoleskan strip dengan urin, tunggu sesuai dengan petunjuk yang diberikan dalam kemasan test pack. Biasanya, hasil dapat dibaca dalam waktu 3 hingga 5 menit.

  • Baca Hasil

Perhatikan garis atau simbol yang muncul pada test pack. Garis kedua (atau simbol) mungkin menunjukkan kehamilan, tergantung pada jenis test pack yang Anda gunakan. Baca dengan hati-hati petunjuknya.

  • Periksa Hasil dengan Hati-hati

Beberapa test pack mungkin memiliki hasil yang sulit dibaca. Pastikan Anda memeriksa hasil dengan cermat sesuai dengan petunjuk penggunaan.

  • Simpan atau Buang Alat

Simpan atau buang test pack sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

  • Konsultasi dengan Profesional Kesehatan

Jika Anda mendapatkan hasil positif atau hasil yang tidak jelas, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan untuk konfirmasi lebih lanjut.

Baca Juga:

Bagaimana Cara Membaca Hasil Test Pack?

Sudah melakukan tes kehamilan tetapi bingung cara membaca hasil pada alat tes kehamilan? Tidak usah khawatir karena caranya mudah sekali! 

Jika hasil tespek positif, maka akan menunjukkan garis dua apabila menggunakan jenis alat tes kehamilan test pack strip, jika menggunakan jenis test pack digital maka akan muncul keterangan ‘hamil’. 

Lalu bagaimana jika hasil tes garis dua berujung samar? Ini bisa disebabkan oleh hormon hCG pada urine yang masih belum tinggi dan dapat terjadi ketika digunakan terlalu dini atau bisa juga karena kondisi urine sedang tidak baik. 

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Testpack?

hamil
Sumber : https://www.freepik.com/

Pada syarat cara menggunakan test pack, salah satu poinnya adalah untuk menggunakannya di waktu yang tepat, tetapi kapan waktu yang tepat untuk testpack?

Waktu yang tepat untuk testpack adalah di pagi hari, ketika baru bangun tidur. Dalam kondisi baru bangun tidur, urine yang dihasilkan akan lebih pekat jadi kandungan hCG yang ada pada urine akan lebih cepat untuk terdeteksi bahkan sebelum terlambat menstruasi dan hanya ingin mengecek jika pembuahan telah berhasil dilakukan atau tidak. 

Berbeda jika jadwal menstruasi sudah telat, dengan begitu mengecek kehamilan menggunakan alat tes kehamilan bisa dilakukan kapan saja dan tidak perlu untuk menunggu hingga pagi hari setelah bangun tidur. Hal ini karena kadar hCG yang terkandung pada urine sudah cukup tinggi.

super easy health

Mengecek kehamilan dengan alat tes kehamilan mungkin sebuah hal yang menegangkan, terutama pada ibu yang sedang mencoba, tetapi pastikan untuk menenangkan diri agar bisa melakukan cara menggunakan test pack dengan benar dan mendapatkan hasil yang akurat. Pastikan juga untuk melindungi diri dari risiko apapun dengan asuransi kesehatan dari Super You yang bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp4.500 per hari!

Artikel Terkait