cara menghilangkan flek hitam di wajah

Kenapa menghilangkan flek hitam di wajah sepertinya sangat sulit ya? Flek hitam di wajah mungkin tidak begitu mengganggu secara kesehatan, tetapi bisa menyebabkan rasa terganggu secara estetika dan menyebabkan rasa tidak percaya diri. Namun, cara mengatasi flek hitam di wajah, perlu ditangani dengan tepat. Yuk, ketahui bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan cepat. 

Flek Hitam di Wajah

Apa itu Flek Hitam di Wajah 

Apa itu Flek Hitam di Wajah

Flek hitam di wajah adalah masalah kulit dimana timbul bintik hitam pada beberapa bagian tubuh, di wajah, lengan, bahu dan bagian tubuh lainnya. Timbulnya flek hitam atau ephelis ini dikarenakan produksi melanin berlebihan dan biasanya disebabkan oleh paparan dari sinar matahari. 

Baca Juga : Makeup Bikin Jerawatan? Yuk Cek Kebersihan Alat Makeup mu

Penyebab Flek Hitam di Wajah 

Flek hitam di wajah bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, baik eksternal atau internal. Hal ini menyebabkan melanin untuk memproduksi melanosome berlebihan, sehingga kulit menjadi lebih gelap. Semakin sering seseorang terpapar sinar matahari akan semakin gelap dan banyak timbulnya flek hitam pada pada wajah. Namun, selain terkena paparan sinar matahari, masih ada faktor lainnya, yakni:

1. Paparan Sinar Ultraviolet 

Terkena paparan sinar ultraviolet atau sering melakukan tanning menggunakan tanning bed maka kulit akan sangat rentan timbulnya flek hitam di wajah. 

2. Masalah Kulit 

Penyakit kulit juga bisa menjadi penyebab flek hitam di wajah. Berikut ini adalah beberapa masalah kulit yang bisa memicu timbulnya flek hitam:

  • Hiperpigmentasi pasca – inflamasi merupakan kondisi dimana warna kulit berubah setelah luka, mengalami ruam atau jerawat.

  • Melasma merupakan masalah kulit dimana timbul bercak – bercak cokelat pada kulit.

  • Linea nigra merupakan kondisi dimana timbul garis vertikal yang berwarna gelap pada area perut hingga tulang kemaluan. 

  • Melanosis Riehl merupakan dermatitis kontak yang terjadi akibat paparan dari sinar matahari.

  • Poikiloderma of Civatte menyebabkan warna kulit di bagian leher menjadi coklat kemerahan.

  • Erythromelanosis follicularis merupakan kondisi dimana bercak coklat kemerahan timbul di wajah dan leher.

3. Obat – Obatan 

Penggunaan obat – obatan bisa meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari, sehingga lebih gampang timbulnya flek hitam di wajah. Berikut ini adalah beberapa obat – obatan yang bisa menjadi penyebab flek hitam di wajah:

  • Estrogen 

  • Fenitoin, obat antikonvulsan 

  • Sulfonamida untuk mengobati infeksi 

  • Amiodarone untuk mengobati detak jantung yang tidak regular 

  • Tetrasiklin yang merupakan antibiotik spektrum luas

  • Fenotiazin yang merupakan obat gangguan mental dan emosional 

4. Kondisi Tertentu 

Terdapat beberapa kondisi tertentu yang menyebabkan seseorang rentan timbul flek hitam di wajah, seperti ibu hamil, penderita tumor hipofisis, penderita hemokromatosis, penderita penyakit Addison dan penderita penyakit hati

5. Faktor Lingkungan 

Salah satu faktor eksternal yang bisa menyebabkan timbulnya flek hitam di wajah adalah faktor geografis. Pada dasarnya orang yang hidup disekitar garis khatulistiwa memiliki lebih banyak melanin yang berguna untuk tubuh merespon paparan sinar matahari, sehingga tubuh mereka menjadi berwarna cokelat. Karakteristik dari melanin tersebut bisa menyerap sinar matahari dan menghalau radiasi UV. 

6. Genetik 

Penyebab flek hitam di wajah juga bisa akibat genetik, seperti orang dengan kulit cerah, rambut pirang atau merah akan lebih sering mengalami flek hitam di wajah. Selain itu, semakin tua juga lebih gampang untuk flek hitam muncul pada kulit. Bintik hitam tersebut dikenal sebagai liver spot atau sunspot.

Baca Juga: Manfaat Pemakaian Sunscreen dan Tips yang Harus Kamu Ketahui!

Flek Hitam di Wajah Bekas Jerawat

Flek hitam di wajah bekas jerawat merupakan hiperpigmentasi pasca – inflamasi akibat luka jerawat. Biasanya flek hitam yang timbul dari ini tidak semuanya berwarna hitam gelap atau coklat dan hal ini lah salah satu faktor yang menunjukkan bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan cepat,

  • Post Inflammatory Hyperpigmentation 

Post inflammatory hyperpigmentation atau yang dikenal sebagai PIH adalah flek di muka karena hiperpigmentasi pasca – inflamasi akibat luka jerawat. Flek PIH disebabkan oleh kulit yang stres dan merespon dengan cara memproduksi melanin berlebihan. Hal ini menyebabkan luka tersebut berwarna kecoklatan, bisa muda atau pun gelap dan bahkan mengarah ke warna hitam.

PIH cenderung lebih banyak ditemukan pada orang – orang dengan warna kulit sedang hingga gelap karena sel produksi melanin lebih aktif.  PIH biasanya disebabkan oleh luka bekas jerawat atau karena terkena paparan sinar matahari berlebihan.

  • Post Inflammatory Erythema 

Post inflammatory Erythema yang juga dikenal sebagai PIE memiliki warna yang lebih muda dari flek lainnya. Ciri – ciri dari PIE adalah warnanya yang cenderung lebih kemerahan, merah muda atau berwarna ungu. Hal ini disebabkan oleh pembuluh darah yang membesar akibat inflamasi. 

PIE bisa timbul jika jerawat meradang, memencet jerawat dan terkena paparan sinar matahari. Namun, harus hati – hati karena inflamasi juga bisa terjadi saat skincare yang digunakan terlalu keras.

Biasanya PIE cenderung lebih sering terjadi pada orang – orang dengan warna kulit yang terang, tetapi PIE juga bisa terjadi pada orang – orang dengan warna kulit yang gelap. 

Gejala Flek Hitam di Wajah 

Gejala flek hitam di wajah adalah timbul pada kulit bintik hitam yang menyerupai bercak atau noda dengan warna beragam, yakhni coklat terang, cokelat tua maupun hitam, bintik tersebut bisa berkembang dan timbul di daerah manapun meskipun paling sering di wajah. 

Jika paparan matahari yang diterima seseorang semakin sedikit dan semakin rajin menggunakan sunscreen maka seiring waktu flek hitam di wajah akan memudar, tetapi jika terkena paparan sinar matahari berlebihan bisa menyebabkan inflamasi.

Faktor Risiko 

Pada umumnya setiap individu memiliki risiko timbulnya flek hitam di wajah, tetapi kondisi ini lebih tinggi untuk terjadi pada orang yang berkulit terang, rambut terang, berusia paruh baya atau sering terpapar sinar matahari dan ultraviolet. 

Diagnosis 

Flek hitam di wajah tidak menimbulkan masalah kesehatan berbahaya, tetapi gampang dikenali dengan warnanya dan bintik – bintik yang beragam. Bentuknya bisa oval, besar atau kecil dan warnanya bisa coklat terang maupun gelap. Flek tersebut bahkan bisa berwarna lebih kemerahan.

Jika kondisi tersebut disertai dengan bintik yang berwarna hitam, seperti melanoma maka harus waspada. Pastikan untuk mengecek jika ada rasa perih atau mengalami pembengkakan dan temui dokter.

Baca Juga : Ketahui Penyebab dan Bagaimana Mengatasi Jerawat Punggung!

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Flek hitam di wajah tentunya bisa hilang, tetapi apa saja cara menghilangkan flek hitam di wajah? Terdapat banyak perawatan yang dapat dilakukan untuk menghilangkan flek di wajah. Bisa melalui prosedur medis ataupun dengan perawatan di rumah

Perawatan Topikal 

Salah satu cara mengatasi flek di wajah adalah dengan menggunakan obat topikal atau yang diletakkan di atas permukaan kulit. Perawatan topikal bukanlah bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan cepat, karena perawatan ini memerlukan beberapa bulan agar hasilnya terlihat. 

Cara Menghilangkan Flek di Wajah Akibat PIH 

  • Menggunakan skincare dengan kandungan yang bisa mencerahkan kulit
  • Melakukan eksfoliasi kulit

Cara Menghilangkan Flek di Wajah Akibat PIE 

  • Hindari melakukan eksfoliasi kulit 
  • Menggunakan skincare yang memiliki kandungan niacinamide

Prosedur Medis

Selain perawatan topikal, cara menghilangkan flek hitam di wajah bisa melalui prosedur medis. Berikut ini adalah beberapa prosedur medis yang menjadi bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah. 

  • Perawatan laser

Perawatan laser yang menggunakan energi cahaya terfokus untuk menghilangkan lapisan kulit dan membakar flek hitam di kulit bisa menghilangkan bintik hitam tersebut. Perawatan laser juga bisa digunakan sebagai perawatan flek hitam di wajah karena PIE.

Namun, melakukan perawatan laser bisa menyebabkan kulit menjadi memar, bengkak, timbul kemerahan pada kulit, jaringan parut, terinfeksi dan berpotensi untuk mengubah tekstur kulit. 

  • Pengelupasan Kimia 

Melakukan pengelupasan kimia dengan asam salisilat dan asam glikolat berguna sebagai cara menghilangkan flek hitam di kulit. Melakukan perawatan ini bisa membuat kulit lebih sehat dan merata. Namun, perlu diketahui bahwa melakukan perawatan ini berisiko menyebabkan iritasi kulit.

  • Mikrodermabrasi

Prosedur mikrodermabrasi dilakukan dengan kristal halus yang disemprotkan menggunakan alat khusus. Kemudian kulit akan digosok agar sel terkikis. Setelah perawatan, kulit akan menjadi kemerahan untuk sementara waktu.

  • Cyrosurgery 

Prosedur perawatan ini adalah dengan membekukan kulit menggunakan larutan nitrogen cair agar bisa menghilangkan flek hitam di wajah.

Pencegahan 

Sebagai pencegahan timbulnya flek hitam di wajah, bisa dengan melakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Gunakan sunscreen dengan SPF (sun protection factor) 50 dan dilengkapi PA++++ (protection grade of UVA)
  • Menggunakan topi yang lebar serta pakaian yang bisa melindungi tubuh dari paparan sinar matahari. 
  • Jangan sering – sering berada di luar ruangan, terutama saat matahari sangat terik, yaitu jam 10 pagi hingga jam 2 siang.

promo super cinta

Merawat kulit mungkin terlihat susah, tetapi akan semakin mudah jika dijadikan sebuah rutinitas. Cara menghilangkan flek hitam di wajah tidak ada lagi selain melakukan perawatan kulit, karena itu pastikan untuk selalu menjaga kesehatan kulit. Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan tubuh dengan memiliki asuransi kesehatan dari Super You dan dapatkan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan!

Artikel Terkait