Tidak perlu panik jika ketombe muncul, karena ada banyak cara menghilangkan ketombe secara alami yang bisa Anda lakukan dengan hasil yang maksimal

Ketombe adalah salah satu masalah pada kulit kepala dan rambut yang hampir semua orang alami. Ada banyak faktor umum yang bisa menyebabkan ketombe ini muncul adalah kurangnya menjaga kebersihan kepala dan rambut.

Namun, kurang menjaga kebersihan bukan satu-satunya penyebab rambut berketombe, tetapi ada sebab lainnya, seperti produksi minyak di kulit kepala yang berlebih, stres, adanya perubahan pada hormon, infeksi jamur, hingga penyakit tertentu. Namun, meskipun ketombe sangat mengganggu penampilan, ada banyak cara menghilangkan ketombe yang bisa Anda lakukan dengan penggunaan bahan-bahan alami.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Berikut ini serangkaian cara menghilangkan ketombe dan bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan.

1. Lidah Buaya

Selain memiliki manfaat untuk mengatasi beberapa penyakit, lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Lidah buaya mengandung anti radang dan anti jamur, yang bisa mengatasi peradangan pada kulit kepala. Sebab, peradangan pada kulit kepala adalah penyebab munculnya ketombe.

Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya ini cukup mudah, Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya di kulit kepala, khususnya pada kulit yang terdapat ketombe. Setelah itu, diamkan kurang lebih 1 jam dan bilas dengan air. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa gunakan lidah buaya secara rutin 2 kali seminggu hingga ketombe hilang.

2. Cuka Apel

Cuka apel memang memiliki banyak manfaat untuk kulit dan kecantikan, salah satunya bisa menghilangkan ketombe. Cuka apel mengandung zat asam yang bisa mengangkat sel kulit mati pada kepala yang merupakan salah satu penyebab munculnya ketombe. Selain itu, cuka apel juga mampu menyeimbangkan tingkat keasaman (pH) kulit sehingga mampu menghambat pertumbuhan jamur.

Cara menggunakan cuka apel untuk menghilang ketombe, Anda perlu mencampurkan cuka apel dengan segelas air. Kemudian, oleskan ke kulit kepala hingga merata. Diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas rambut dengan air bersih.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu bahan alami yang paling banyak dipilih untuk menghilangkan ketombe. Minyak kelapa ini dapat melembapkan kulit dan rambut sehingga mencegah terjadinya kulit kepala kering dan mengelupas.

Sama halnya dengan bahan alami lainnya, cara menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa ini, Anda bisa oleskan minyak kelapa ke kulit kepala secara merata, lalu pijat perlahan dan diamkan selama 15-20 menit. Tidak hanya dipercaya bisa menghilangkan ketombe, minyak kelapa ini juga bisa menyuburkan sekaligus menghaluskan rambut.

4. Soda Kue

Zat antijamur yang terkandung dalam soda kue dipercaya mampu melawan ketombe yang membandel di rambut Anda. Sebab, zat eksfolian pada soda kue mampu mengangkat dan sel-sel kulit mati dan minyak berlebih pada kulit kepala Anda. Cara pakai soda kue ini tentu tidak sembarangan. Sebab, jika Anda pakai terlalu banyak, akan menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi.

Cara menghilangkan ketombe dengan baking soda, Anda bisa membasahkan rambut terlebih dahulu dengan air, kemudian balurkan 2-3 sendok makan baking soda pada kulit kepala. Kemudian, diamkan 2 menit dan bilang dengan air bersih. Lakukan langkah ini secara rutin 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

5. Tea Tree Oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil sudah lama dikenal dan dipercaya bisa mengatasi sejumlah masalah pada kulit, baik itu kulit wajah berjerawat hingga psoriasis. Tea tree oil mengandung antimikroba dan anti peradangan yang mampu melawan jamur penyebab munculnya ketombe. 

Caranya menggunakan tea tree oil untuk menghilangkan ketombe cukup mudah, Anda bisa mencampurkan tea tree oil dengan salah satu minyak pembawa, contohnya minyak kelapa. 1: 1 untuk tea tree oil dan minyak kelapa. Misalnya Anda meneteskan 2-3 tea tree oil, jumlah tetesan untuk minyak kepala pun harus sama. Agar ketombe bisa berkurang dengan cepat, lakukan cara tersebut 2-3 kali dalam seminggu. Namun, Anda harus mengetahui jenis kulit kepala, sebab untuk kulit yang sensitif, Anda harus berhati-hati jika ingin menggunakan tea tree oil ini karena jika terlalu banyak akan menimbulkan iritasi pada kulit.