15 cara menghilangkan ketombe

Tidak perlu panik jika ketombe muncul di kulit kepala karena ada banyak cara menghilangkan ketombe secara alami yang bisa kamu lakukan dengan hasil yang maksimal!

Teman SUPERjuangan, siapa sih yang nggak mau punya rambut sehat, indah, dan bebas dari ketombe kayak model iklan sampo? Padahal kan udah coba semua sampo yang katanya anti ketombe, kok ketombe bandel masih muncul lagi dan lagi, ya.

Apa itu ketombe? Ketombe sering dianggap sebagai permasalahan rambut yang kotor. Faktanya, ketombe merupakan pengelupasan sel-sel yang mati dari kulit kepala, bukan rambut loh. Meski begitu, kebersihan rambut yang buruk membuat ketombe lebih terlihat.

Selain itu, nggak sedikit yang mengeluhkan adanya ketombe yang mengganggu penampilan walau bukan hal serius sampai menyebabkan komplikasi. Tapi tenang, sekarang Supermin punya solusinya. Penasaran? Yuk, bahas dulu apa itu ketombe, penyebab ketombe, serta cara menghilangkan ketombe yang ampuh lewat artikel kali ini!

Ketombe

Apa itu Ketombe?

Ketombe menjadi salah satu masalah pada kulit kepala yang hampir dialami oleh semua orang. Ketombe merupakan serpihan putih keabuan atau kekuningan yang muncul berlebihan pada kulit kepala, di antara rambut, hingga jatuh ke bahu dan mengotori baju. Nggak asing lagi kalau sering dikaitkan dengan kebersihan diri.

Dalam dunia medis, ketombe dikenal dengan istilah pityriasis capitis. Namun, sebenarnya pengelupasan sel kulit kepala yang mati normal terjadi loh. Lapisan sel kulit mati di kepala akan beregenerasi secara berkala. Pengelupasan ini sangat kecil, jumlahnya sedikit, hampir tidak terlihat, dan tidak menimbulkan masalah lain.

Sayangnya sebagian orang mengalami pertumbuhan dan kerontokan sel kulit kepala terlalu cepat diakibatkan oleh produksi kelenjar minyak yang berlebihan. Alhasil, sel kulit mati yang terkikis di kepala menumpuk, tak jarang berukuran besar, dan terlihat kasat mata. Inilah yang namanya ketombe.

Nah, sekarang udah ada gambaran apa itu ketombe! Tapi ada yang tau nggak, apa aja sih penyebab ketombe bisa muncul?

Penyebab Ketombe

Penyebab Ketombe

Kecil-kecil banyak banget, bisa jatuh nggak kenal tempat, aduh ketombe! Teman SUPERjuangan, ketombe disebabkan oleh pertumbuhan dan pengelupasan sel kulit kepala yang terlalu cepat serta berlebihan. Tentu bikin nggak nyaman dan rasa percaya diri menurun.

Di samping itu, ternyata masih ada banyak faktor penyebab ketombe muncul. Bukan cuma masalah kebersihan rambut, juga seperti dermatitis seboroik, reaksi alergi, bahkan eksim. Yuk, cari tahu sebenarnya ketombe disebabkan oleh apa aja sih!

  • Infeksi Malassezia sp.

Infeksi jamur kulit bernama Malassezia sp. menjadi penyebab ketombe yang utama. Tapi uniknya, jamur Malassezia sp. merupakan penghuni tetap kulit kepala kita loh. Yup, jamur satu ini normal keberadaannya pada kulit kepala semua orang, tidak sampai mengganggu.

Hanya saja, ketombe disebabkan oleh perkembangan Malassezia sp. yang berlebihan pada kulit kepala beberapa orang. Selain itu, Malassezia sp. juga berisiko menumpuk asam lemak sehingga terjadi peradangan yang memicu deskuamasi kulit hingga ketombe.

  • Dermatitis seboroik

Gangguan kulit yang disebut dermatitis seboroik menjadi penyebab ketombe yang cukup sering ditemui. Dermatitis seboroik terjadi pada area kulit yang gampang banget berminyak, seperti punggung, dada bagian atas, wajah, khususnya pada kulit kepala.

Tanda dermatitis seboroik berupa ketombe disebabkan oleh daya tahan tubuh yang melemah, baik itu kelelahan biasa maupun akibat suatu penyakit serius lainnya. Itu mengapa, penyebab ketombe satu ini biasanya akan muncul dan hilang dengan sendirinya.

  • Dermatitis kontak

Dermatitis kontak merupakan peradangan kulit akibat paparan zat tertentu sehingga muncul iritasi atau reaksi alergi. Dermatitis kontak muncul hampir di seluruh bagian tubuh, tak terkecuali kulit kepala. 

Tanda dermatitis kontak berupa ketombe disebabkan oleh hipersensitivitas komposisi dari perawatan rambut yang digunakan. Tapi nggak cuma serpihan putih, penyebab ketombe satu ini bisa membuat kulit kepala begitu berkerak dan gatal.

  • Kulit kepala berminyak

Ketombe disebabkan oleh produksi sebum berlebihan pada kulit kepala yang ternyata meningkatkan peluang jamur Malassezia sp. berkembang biak tak terkendali. Malassezia sp. pun akan betah tinggal pada kulit kepala karena memakan substansi lemak yang terkandung dalam sebum tersebut.

  • Jarang keramas

Selain kondisi medis, kurang menjaga kebersihan rambut secara rutin juga menjadi penyebab ketombe. Coba Teman SUPERjuangan bayangkan, saat bepergian keluar, pasti kulit kepala terpapar debu, kotoran, panas sinar matahari, bahkan berkeringat.

Itu mengapa kita diharuskan keramas, guna membersihkan area kulit kepala hingga ujung rambut. Sebaliknya, ketombe disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati dan kotoran yang masih menempel akibat tidak segera dibersihkan. Bahkan, akan semakin diperburuk dengan adanya jamur Malassezia sp.

instagram superyou

Faktor Risiko Ketombe

Teman SUPERjuangan, beberapa kondisi juga bisa meningkatkan risiko munculnya ketombe, hal ini disebut faktor risiko. Bahkan, pada kebanyakan kasus ketombe disebabkan oleh kebiasaan buruk yang meningkatkan risiko munculnya ketombe. Yuk, cek faktor risiko ketombe yang bisa jadi kamu lakukan tanpa sadar berikut ini!

  • Usia dewasa muda

Risiko ketombe akan lebih banyak terjadi pada orang dewasa muda, periode usia 20 sampai dengan 40 tahun. Kondisi satu ini terjadi dikarenakan produksi sebum atau minyak di kulit kepala mengalami peningkatan pada periode usia dewasa muda hingga paruh baya.

  • Berjenis kelamin pria

Menurut penelitian, pria lebih cenderung mengalami masalah ketombe pada kulit kepalanya dibandingkan wanita. Kondisi satu ini terjadi dikarenakan pria memiliki ukuran kelenjar minyak yang lebih besar dan aktif yang dipengaruhi oleh hormon androgen.

  • Mengidap penyakit tertentu

Kondisi kesehatan juga bisa memicu munculnya ketombe. Risiko ketombe akan jauh lebih tinggi pada penderita penyakit yang mempengaruhi saraf dan sistem imun, contohnya penyakit parkinson dan HIV/AIDS. Penderita penyakit kulit juga berisiko munculnya ketombe, seperti penyakit eksim.

  • Pembilasan tidak bersih

Ketika menggunakan berbagai produk perawatan rambut, mengharuskan kita lakukan pembilasan yang sempurna. Gunanya agar tidak tersisa kemudian bercampur dengan debu dan kotoran yang bisa mengakibatkan ketombe. Atau, memakai banyak produk perawatan rambut berbahan dasar minyak.

  • Gaya hidup buruk

Gaya hidup yang buruk ternyata mempengaruhi kesehatan kulit kepala hingga rambut loh. Mulai dari kebiasaan begadang, konsumsi junk-food setiap hari, tidak diimbangi dengan makanan sehat, malas minum air, hingga tingkat stres berlebih, parahnya lagi kebiasaan menggaruk kepala terlalu kencang.

Gejala Ketombe

gejala Ketombe

Sebenarnya, sangat mudah loh untuk mengenali gejala ketombe. Masalahnya, tak sedikit yang menganggap gejala ketombe sama dengan kulit kepala kering bahkan psoriasis. Padahal keduanya berbeda dengan gejala ketombe pada umumnya. Nah, ini dia gejala ketombe yang perlu diperhatikan!

  • Serpihan kulit mati ukurannya kecil
  • Berwarna putih keabuan atau kekuningan
  • Rasa gatal pada area yang terdampak
  • Kulit kepala tampak bersisik
  • Kadang menimbulkan ruam merah
  • Rambut cenderung terasa berminyak

Bosan dengan Warna Rambut yang Gitu-Gitu Aja, Mau Coba yang Lagi Tren?

Jenis-Jenis Ketombe

Eits, ketombe juga ada jenisnya loh. Kalau kamu mengalami ketombe akut yang nggak kunjung sembuh, bisa jadi karena pakai obat ketombe nggak sesuai jenis ketombe itu sendiri. Beda jenis, beda juga obat ketombe kamu. Nah, supaya tepat, simak dulu jenis-jenis ketombe dan perbedaannya!

  • Ketombe kering

Ketombe kering berbentuk serpihan halus sangat kecil, cenderung warna putih keabuan, dan mudah sekali berjatuhan. Jenis ketombe kering inilah yang paling sering menempel pada pakaian kamu. Selain itu, banyak kasus ketombe kering disebabkan oleh ketidakcocokan dengan produk perawatan rambut.

  • Ketombe basah

Ketombe basah biasanya terlihat seperti serpihan kulit yang terkelupas, cenderung warna putih kekuningan, dan sering menempel pada kulit kepala atau di antara rambut. Ketombe basah yang saat dipegang pun akan terasa lebih berminyak dan lengket. Pada kebanyakan kasus ini disebabkan oleh jamur kulit memakan sebum berlebih.

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Cepat

Cara menghilangkan Ketombe yang Cepat

Ketombe memang bukanlah kondisi yang berbahaya dan tidak akan menular, hanya saja ketombe kerap membuat seseorang risih dan nggak pede. Itu mengapa, penting untuk memastikan kesehatan rambut terjaga, serta membersihkan sel kulit kepala mati yang bersifat ringan secara berkala dengan sampo. 

Cara pakai sampo yang biasa kita kenal dengan nama anti ketombe sangat cepat dan mudah sama seperti keramas umumnya. Aplikasikan sampo anti ketombe dari kulit kepala hingga ujung rambut yang basah, lalu diamkan sekitar lima menit, dan tinggal bilas bersih aja deh.

Yuk, temukan jawaban rekomendasi kandungan dalam sampo untuk cara menghilangkan ketombe di bawah ini!

  • Zinc pyrithione

Cara menghilangkan ketombe yang pertama adalah dengan kandungan Zinc pyrithione, umum dijual di pasaran. Zinc pyrithione memiliki agen antibacterial dan antifungal sehingga bisa mengurangi jamur penyebab ketombe hingga risiko dermatitis seboroik. Kandungan satu ini juga dinilai aman untuk cara menghilangkan ketombe kering di kepala.

  • Ketoconazole

Ketoconazole sudah lama terbukti efektif mengatasi infeksi jamur pada kulit. Meski lebih banyak diproduksi dalam bentuk krim, sekarang sudah tersedia dalam bentuk sampo kok. Selain sebagai cara menghilangkan ketombe membandel, sampo ini masih dapat digunakan untuk mencegah kembali datangnya ketombe.

  • Selenium sulfida

Shampo anti ketombe yang mengandung Selenium sulfida dapat membantu cara menghilangkan ketombe berkerak di kepala dengan cara mengurangi iritasi, peradangan, dan membasmi jamur. Namun, sampo ini tidak boleh digunakan terlalu sering sehingga dianjurkan 1-2 kali seminggu untuk cara menghilangkan ketombe berkerak di kepala.

  • Asam salisilat

Kandungan Asam salisilat pada sampo anti ketombe berfungsi mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala. Sayangnya, lebih baik hindari penggunaannya untuk cara menghilangkan ketombe berkerak di kepala apalagi jika ada ruam, alias ketombe basah. Tapi, buat cara menghilangkan ketombe kering masih sangat aman kok.

  • Coal tar

Coal tar atau dalam Bahasa Indonesia disebut tar batubara bisa membantu menghambat pertumbuhan sel kulit sehingga tidak tumbuh terlalu cepat dan mengelupas. Tar batubara juga bisa digunakan untuk membasmi jamur dan mengobati peradangan pada kulit kepala yang membuat kandungan ini cocok sebagai cara menghilangkan ketombe membandel.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Ada yang tau nggak kalau cara menghilangkan ketombe bisa menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kita? Kamu nggak salah baca kok, bahkan sudah sejak dulu dikenal ampuh sebagai cara menghilangkan ketombe membandel di kepala. Berikut serangkaian cara menghilangkan ketombe kering sampai yang berkerak cuma dengan 10 bahan alami!

  • Lidah buaya

Lidah buaya mengandung anti jamur yang bisa mengatasi peradangan di kulit kepala, sekaligus bermanfaat menyehatkan rambut. Cara menghilangkan ketombe kering dengan lidah buaya sangatlah mudah. Kamu cukup oleskan gel lidah buaya dari kulit kepala hingga ujung rambut, diamkan maksimal 1 jam, kemudian bilas dengan air sampai bersih.

  • Jeruk nipis

Jeruk nipis yang mengandung zat asam bisa membantu cara menghilangkan ketombe membandel, sekaligus mengoptimalkan pertumbuhan akar rambut. Cukup gosokkan jeruk nipis secara langsung pada kulit kepala perlahan atau peras terlebih dahulu lalu bilas. Aman banget deh dipakai 2-3 kali seminggu sebagai obat ketombe kering.

  • Cuka apel

Cuka apel juga mengandung zat asam yang bisa mengangkat sel kulit mati di kepala. Nggak cuma itu, cuka apel mampu menyeimbangkan pH kulit guna menghambat pertumbuhan jamur. Cocok untuk cara menghilangkan ketombe kering, cukup campurkan cuka apel dengan air, oleskan ke kulit kepala, diamkan 10 menit, lalu bilas.

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu bahan alami yang paling banyak dipilih untuk cara menghilangkan ketombe berkerak di kepala. Hal tersebut karena kandungan antimikroba yang juga bersifat melembapkan sangatlah aman. Oleskan minyak kelapa pada kulit kepala sambil pijat perlahan selama 15 menit, dan bilas hingga bersih.

  • Soda kue

Zat antijamur yang terkandung dalam soda kue dipercaya sebagai cara menghilangkan ketombe membandel. Sebab, zat eksfolian pada soda kue mampu mengangkat dan sel-sel kulit mati dan minyak berlebih pada kulit kepala. Cara pakainya, basahi kulit kepala dan rambut terlebih dahulu, baluri 2-3 sdm soda kue, diamkan selama 2 menit aja, lalu bilas deh.

  • Tea tree oil

Kamu juga bisa menggunakan tea tree oil bersamaan minyak kelapa sebagai cara menghilangkan ketombe berkerak di kepala. Kandungan anti radangnya melawan jamur penyebab ketombe. Campurkan perbandingan 1:1 tea tree oil dan minyak kelapa, oleskan secukupnya pada kulit kepala, dan pijat secara lembut, lalu bilas dengan air.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun menyimpan banyak sekali manfaat, salah satunya sebagai cara menghilangkan ketombe kering. Sekarang pun nggak perlu repot-repot untuk menggunakannya, produk minyak zaitun udah banyak dijual di pasaran, kamu tinggal oleskan pada kulit kepala, diamkan selama 1 jam sembari dipijat-pijat perlahan, kemudian bilas hingga bersih.

  • Daun sirsak

Jauh sebelum adanya sampo anti ketombe, masyarakat dulu banyak pakai daun sirsak sebagai obat ketombe. Daun sirsak telah dipercaya mengandung kumpulan senyawa aktif antimikroba. Cara pakainya dengan tumbuk halus beberapa helai daun sirsak, tambahkan sedikit air, oleskan seperti masker rambut, dan bilas hingga bersih. 

  • Minyak serai

Minyak serai juga nggak kalah banyak dijadikan pilihan obat ketombe, bahkan bantu atasi sensasi gatal. Bahkan, sebuah studi mengatakan sifat anti jamur minyak serai lebih efektif jika dibandingkan tea tree oil loh. Buat kamu yang baru mau coba obat ketombe satu ini, disarankan untuk mencampurkannya dengan sampo atau kondisioner saat keramas.

  • Biji fenugreek

Bahan alami sebagai obat ketombe terakhir adalah biji fenugreek, yang masih kedengaran asing, ya. Namun, ternyata biji fenugreek dinilai manjur untuk cara menghilangkan ketombe berkerak di kepala. Gimana cara pakainya? Kamu perlu rendam biji fenugreek semalaman sampai menjadi pasta, barulah oleskan ke kulit kepala 30 menit aja, dan bilas.

Itu dia 15 cara menghilangkan ketombe membandel, say goodbye deh sama ketombe! Tapi, nggak cuma ketombe yang perlu diatasi, risiko finansial kamu kalau ada kejadian tak terduga udah belum? Lengkapi kebutuhan kesehatan kamu dengan asuransi kesehatan sekarang juga. Yuk, daftar Super Easy Health dari Super You by Sequis Online sekarang, premi terjangkau dimulai Rp4.500 aja loh per hari!

Artikel Terkait