Cara Menghilangkan Komedo

Bye-bye kulit bertekstur dan kusam! Sekarang ada cara menghilangkan komedo secara permanen pada wajah hanya dengan 6 bahan ini lho! Sayangnya, masih banyak yang keliru membedakan antara komedo dengan jerawat sehingga perawatannya sendiri masih salah. Cari tahu dulu yuk apa itu komedo supaya bisa segera teratasi!

Cara Menghilangkan Komedo

Apa itu Komedo?

Komedo sendiri adalah gumpalan massa sebum yang muncul sebagai bintik-bintik hitam atau putih pada wajah. Komedo biasanya berkembang di sekitar area dahi, hidung, dan dagu. Keberadaannya cukup mengganggu, bahkan membuat wajah kasar dan kusam. Bikin rasa percaya diri kita menurun deh.

Komedo berukuran lebih kecil dan berwarna agak gelap. Sedangkan, jerawat biasanya berukuran lebih besar dan berwarna lebih putih, serta berisi nanah di dalamnya. Apabila kondisi jerawat meradang, benjolannya dapat berubah menjadi kemerahan. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Jenis-Jenis Komedo

Sebelumnya telah disebutkan perbedaan antara jerawat dengan komedo. Meski komedo tidak akan sampai meradang, pada kondisi lain justru komedo dapat menjadi cikal bakal tumbuhnya jerawat. Untuk memahami perbedaannya, ketahui jenis-jenis komedo berikut ini.

  • Komedo Hitam

Komedo hitam atau yang juga dikenal dengan sebutan blackhead, merupakan jenis komedo yang permukaannya tidak tertutup kulit. Sering juga disebut komedo terbuka, sifatnya ini menyebabkan terjadinya oksidasi pada pigmen melanin yang terpapar udara atau sinar matahari sehingga warnanya berubah menjadi hitam atau kecoklatan. Selain itu, area wajah yang terdapat blackhead akan terasa lebih kasar jika diraba.

  • Komedo Putih

Komedo putih atau yang juga dikenal dengan sebutan whitehead, merupakan jenis komedo yang permukaannya tertutup kulit. Sering juga disebut komedo tertutup karena menutupi seluruh permukaan pori sehingga penampilannya menyerupai benjolan putih kecil yang tertutup. Kondisinya yang hampir sama dengan jerawat, whitehead yang tak segera diatasi dapat menjadi penyebab tumbuhnya jerawat.

Penyebab Komedo

Cara Menghilangkan Komedo

Penyebab komedo yang utama adalah sel kulit mati serta minyak yang menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit. Masalah kulit ini paling sering dikeluhkan oleh pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Mengapa? Karakteristik kedua tipe kulit ini cenderung mengeluarkan terlalu banyak sebum dengan kualitas yang buruk sehingga membuat keseimbangan kulit terganggu dan memberi ruang bagi bakteri jadi lebih mudah berkembang biak. Alhasil terjadi penumpukan dan penyumbatan pada pori-pori tadi.

Faktor Risiko Komedo

Ada banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan penumpukan sel kulit mati dan minyak yang berpotensi menyumbat pori-pori wajah, sehingga meningkatkan penyebab komedo. Cek selengkapnya di bawah ini ya!

  • Penggunaan bahan kimia dari kosmetik yang tidak cocok dengan kulit wajah.
  • Penggunaan makeup yang terlalu lama sehingga pori-pori kesulitan bernafas.
  • Terpapar bahan-bahan kimia tertentu yang dapat menyumbat pori-pori, seperti pomade yang berminyak.
  • Terlalu sering cuci muka ataupun kurang bersih ketika cuci muka juga salah.
  • Kerap menggosok-gosok kulit terlalu keras ataupun gesekan dengan benda lain, seperti masker dan kerah baju.
  • Kebiasaan memegang wajah.
  • Kebiasaan memencet jerawat, apalagi yang sedang meradang.
  • Banyak mengeluarkan keringat yang mengundang bakteri jahat.
  • Bercukur yang menyebabkan folikel rambut terbuka.
  • Terlalu lama berada di bawah sinar matahari dan polusi udara.
  • Pola makan yang salah, yakni mengonsumsi makanan berlemak dan bergula secara berlebihan yang bisa memicu tumbuhnya komedo.
  • Alergi tertentu yang dapat membuat komedo tumbuh lebih banyak dari biasanya.
  • Kebiasaan merokok, baik perokok aktif maupun perokok pasif.
  • Meminum obat-obatan tertentu yang ternyata dapat menimbulkan komedo, seperti kortikosteroid, litium, dan fenitoin.
  • Perubahan hormon di dalam tubuh, seperti yang disebabkan oleh masa pubertas, menstruasi, kehamilan, bahkan stres.
  • Genetik atau keturunan, yang mana bisa mewarisi kondisi kulit cukup berminyak atau berjerawat.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Permanen

Pertanyaan selanjutnya, apakah komedo bisa hilang? Bisa! Salah satu cara menghilangkan komedo adalah menggunakan pore strip, tetapi banyak metode lainnya, seperti cara menghilangkan komedo secara alami. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui cara-caranya. Yuk, simak cara menghilangkan komedo di bawah ini.

Menggunakan Produk Skincare Penghilang Komedo

Kamu bisa mencari produk-produk skincare pada beragam gerai, mulai toko kosmetik, mal, retail, sampai online marketplace. Ini dia produknya!

  • Gentle Face Cleanser

Berarti produk sabun cuci muka yang bersifat lembut karena akan menghindari gesekan-gesekan terlalu kasar pada kulit, menjaga keseimbangan, dan mengangkat kotoran yang menempel pada kulit wajah.

  • Double Cleansing

Berarti membersihkan kulit wajah secara maksimal. Meski disebut cleansing oil, nyatanya produk ini mampu mengangkat minyak berlebih dan sel kulit mati, serta cukup memberi kelembapan pada kulit wajah.

  • Menggunakan Skincare dengan Kandungan Tertentu

Kandungan Salicylic acid, Dioic acid, Glycolic acid, Lactic acid, Retinoid, Benzoyl peroxide, Witch hazel, Sulphur, Jojoba, atau Charcoal dianggap ampuh membasmi komedo membandel serta dapat mengontrol produksi sebum pada kulit wajah.

  • Pore Strip 

Masker penghilang komedo di hidung yang bekerja sebagai pengangkat komedo dengan mudah dan cepat.

  • Clay Mask

Masker komedo yang memiliki kemampuan untuk membersihkan pori-pori wajah, mengurangi minyak berlebih, bahkan meredakan jerawat. Pada clay mask sendiri, kandungan yang paling populer saat ini adalah mugwort, charcoal, dan sulphur.

Baca juga: 7 Manfaat Niacinamide Untuk Wajah

Masker Komedo dari Bahan Alami

Masker wajah dari bahan alami dipercaya dapat mengatasi permasalahan komedo, juga cara pengaplikasiannya yang mudah sehingga kita bisa mengikutinya di rumah saja lho. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan dua minggu sekali ya. Kamu ingin tahu? Berikut 3 cara ampuh menghilangkan komedo dengan masker penghilang komedo dari bahan alami.

  • Putih telur

Putih telur bisa menjadi cara menghilangkan komedo di hidung secara alami dan permanen, loh. Selain itu, putih telur dapat membersihkan pori-pori dan mencerahkan wajah. Fakta menariknya, masker putih telur ini lebih efektif dalam mencabut blackhead dibandingkan pore strip lho! Ini langkah-langkahnya:

      1. pisahkan antara putih telur dan kuning telur,
      2. letakkan putih telur dalam mangkuk bersih,
      3. kocok putih telur sampai agak berbusa dan merata,
      4. kamu bisa langsung mengoleskan putih telur pada area wajah yang berkomedo, seperti dahi, hidung, dan dagu,
      5. kamu juga bisa menggunakan tisu dengan membaurkan putih telur di atasnya, lalu tempelkan pada dahi, hidung, dan dagu,
      6. diamkan hingga mengering kurang lebih 15 menit,
      7. pijat wajah untuk merontokkan putih telur atau angkat langsung tisu yang menempel tadi,
      8. bilas wajah hingga bersih, lanjutkan dengan menggunakan pelembap.
  • Teh hijau dan madu

Selain menjadi minuman herbal, teh dan madu juga bermanfaat untuk mengatasi komedo karena mengandung sifat antioksidan, antibakteri, dan antiseptik. Ya, keduanya sangat baik dan memang dianjurkan untuk dicampur sebagai masker wajah, berikut tipsnya:

      1. siapkan 2 kantung teh hijau dan madu,
      2. pindahkan ampas teh hijau ke dalam sebuah wadah,
      3. tambahkan madu sebanyak 1-2 sendok teh,
      4. campurkan keduanya hingga merata,
      5. oleskan masker teh hijau dan madu pada kulit wajah,
      6. diamkan kurang lebih 10 menit agar meresap ke kulit wajah,
      7. bilas wajah dengan air hangat sampai bersih.
  • Oatmeal

Oatmeal Kaya akan serat dan antioksidan serta teksturnya seperti scrub dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Ikuti langkah-langkah berikut:

      1. rendam oatmeal secukupnya dalam mangkuk yang berisi air panas,
      2. aduk sampai berbentuk seperti pasta,
      3. tunggu sampai oatmeal dingin,
      4. oleskan pada wajah, namun hindari daerah mata dan bibir,
      5. diamkan selama kurang lebih 10 menit,
      6. bilas dengan air sembari melakukan gerakan memutar pada wajah secara lembut dan perlahan.

Baca juga: Perawatan Kulit Wajah pada Pria

Cara Mencegah Komedo

Mencegah komedo timbul lagi juga tak kalah penting supaya usaha kamu tidak sia-sia So, yang pasti hindari faktor-faktor risiko munculnya komedo dan coba ikuti 10 tips ini ya!

  • Mencuci wajah secara teratur, umumnya 2 kali dalam sehari pada pagi hari sebelum beraktivitas dan pada malam hari setelah beraktivitas.
  • Rutin keramas, terutama jika tipe rambut kamu berminyak agar kotoran pada rambut tak menempel pada wajah.
  • Selain menjaga kebersihan kulit wajah, sangat penting juga untuk menjaga kebersihan kuku tangan agar menghindari berpindahnya bakteri ke permukaan kulit. 
  • Rajin mengganti sarung bantal dan seprai untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran yang ada.
  • Gunakan produk perawatan kulit (skincare) yang cocok dan dapat melembabkan kulit wajah, serta bersifat non-comedogenic yang artinya tidak berpotensi menimbulkan komedo.
  • Tidak boleh lupa menggunakan produk tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan polusi udara yang berlebihan. 
  • Lakukan eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati seminggu sekali.
  • Menyimpan produk kosmetik secara benar agar terhindar dari debu dan kotoran.
  • Menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang, salah satunya kurangi mengonsumsi makanan yang berlemak dan bergula tinggi.
  • Istirahat yang cukup.

super easy health

Itu dia cara menghilangkan komedo secara permanen. Apa ada salah satunya yang sudah pernah kamu coba? Kalau belum, ikuti tipsnya dan hempas komedo membandel pada wajah! Tetapi, ingat kalau bukan hanya kulit loh yang perlu dijaga. Proteksi kesehatan kamu secara menyeluruh dengan mendaftar asuransi kesehatan sekarang juga. Biaya premi mulai Rp135.000 saja per bulan hanya di Super Easy Health Protection dari Super You.

Artikel Terkait