Cara Menghilangkan Tahi Lalat

Umumnya, tahi lalat yang muncul di permukaan kulit tidak akan membahayakan. Tapi, banyak juga yang mencari cara menghilangkan tahi lalat. Sebagian karena tahi lalat terindikasi sebagai melanoma. Sebagian lagi karena tahi lalat dianggap mengganggu penampilan dan rasa percaya diri mereka.

Lalu, apakah tahi lalat bisa dihilangkan? Yup, faktanya tahi lalat yang bukan menjadi pertanda masalah kesehatan juga bisa dihilangkan lho! Ada beberapa cara menghilangkan tahi lalat yang perlu kamu ketahui. Wah, lebih baik sama-sama simak detailnya aja yuk!

Cara Menghilangkan Tahi Lalat

Apa itu Tahi Lalat?

Apa itu Tahi Lalat

Kamu pasti sudah tidak asing dengan istilah tahi lalat bukan? Dalam dunia medis, tahi lalat disebut nevus. Tahi lalat adalah bintik kecil yang tumbuh di atas permukaan kulit. Misalnya, tahi lalat di wajah, tahi lalat di hidung, bahkan tahi lalat di leher.

Nah, tahi lalat yang tidak berbahaya biasanya memiliki warna yang sama. Mulai coklat gelap hingga coklat kehitaman. Bentuk tahi lalat pun beragam, bisa saja oval atau bulat dengan tekstur halus, kasar, menonjol, ataupun datar. Dan ukurannya yang kurang dari 6 milimeter.

Baca juga: Ketahui Apa Itu Bisul dan Pengobatannya!

Penyebab Tahi Lalat

Tahi lalat disebabkan oleh melanosit yang membentuk pigmen kulit berkumpul jadi satu. Sel melanosit ini seharusnya menyebar di seluruh area permukaan kulit pada tubuh kita. Namun, pada kasus yang menumpuk inilah menjadi penyebab adanya tahi lalat.

Beberapa tahi lalat akan tumbuh sedari lahir. Tapi, nggak menutup kemungkinan tahi lalat akan muncul ketika kita beranjak dewasa. Jumlah tahi lalat pada setiap orang pun berbeda-beda lho. Rata-rata berkisar 10-40 buah. Wah! Apa kalian juga pernah menghitung jumlah tahi lalat kalian sendiri?

Nah, karakteristik dan jumlah tahi lalat ternyata bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Sebagai contoh, tahi lalat di hidung atau tahi lalat di leher. Bahkan tahi lalat yang ditumbuhi bulu juga ada, guys! Bentuk dan ukurannya mungkin saja diwariskan dari kedua orang tua kita.

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Di Wajah

Apakah tahi lalat bisa dihilangkan? “Kamu nanya? Kamu bertanya-tanya?” Kalau tahi lalat menunjukkan ciri-ciri yang tak lazim atau menurut kamu cukup memengaruhi penampilan kamu, tenang aja! Super You sudah merangkum beberapa cara menghilangkan tahi lalat di wajah berikut ini.

  • Cara Menghilangkan Tahi Lalat di Wajah dengan Bahan Alami

Masker Tahi Lalat

Guys, perlu diperhatikan bahwa cara ini akan memakan waktu yang cukup lama. Karena itu, kamu perlu konsisten melakukannya. Kalau tidak, hasilnya pun kurang maksimal. Tapi, kamu nggak perlu lagi datang ke ahli kecantikan, cukup melakukannya sendiri di rumah dengan bahan alami.

Nah, cara menghilangkan tahi lalat ini cukup pakai minyak biji rami. Minyak biji rami mampu mengatasi permasalahan kulit, seperti membantu proses penyembuhan luka. Selain itu, orang banyak menggunakannya untuk menghilangkan flek hitam di wajah lho. 

Karena khasiatnya tersebut, minyak biji rami dipercaya sebagai cara menghilangkan tahi lalat di wajah. Termasuk tahi lalat di hidung ataupun tahi lalat di leher. Penasaran banget kan, guys? Yuk, ikuti langkah-langkah di bawah ini!

  • Bersihkan area tahi lalat di hidung ataupun tahi lalat di leher.
  • Keringkan menggunakan handuk atau tisu wajah.
  • Masukkan beberapa tetes minyak biji rami ke dalam wadah kosong.
  • Campurkan juga dengan madu secukupnya.
  • Aduk merata hingga berbentuk seperti pasta.
  • Oleskan pada tahi lalat di hidung, tahi lalat di leher, atau lainnya.
  • Tutupi area yang sudah diolesi tersebut dengan kapas.
  • Biarkan selama 1-2 jam, lalu bilas secara perlahan dengan air hangat.
  • Lakukan tips ini 2-3 kali dalam seminggu! Tahi lalat lama kelamaan akan mengering, mengelupas, dan hilang!

Baca juga: Selain di Wajah, Ini Penyebab Jerawat Muncul di Punggung

  • Cara Menghilangkan Tahi Lalat di Wajah dengan Laser

Laser Tahi Lalat

Perlu kamu ketahui bahwa cara menghilangkan tahi lalat dengan bahan alami di atas itu belum ada penelitian formal yang melakukannya. Jadi, apabila kamu khawatir dan masih mempertimbangkan cara tersebut, keep reading ya!

Nah, masih ada cara lain kok, guys! Cara menghilangkan tahi lalat satu ini paling sering dilakukan dengan alasan estetika. Laser tahi lalat hanya dilakukan untuk tahi lalat di hidung atau tahi lalat di leher yang berukuran kecil dan datar.

Sinar laser tahi lalat yang khusus akan ditembakkan ke bagian tahi lalat untuk menghilangkan sel-sel pigmen yang ada. Sebelum dilakukan laser tahi lalat, area tersebut akan dibersihkan dan diberikan anestesi kulit. Nah, perawatan setelah laser tahi lalat juga wajib dilakukan, terutama perlindungan terhadap sinar matahari.

Selain itu, kekurangan dari laser tahi lalat ini adalah besaran biaya yang kamu harus persiapkan. Berdasarkan informasi yang beredar, biaya prosedur laser tahi lalat bisa mencapai puluhan juta. Tidak murah loh, guys! Gimana kamu tertarik juga nggak?

  • Cara Menghilangkan Tahi Lalat di Wajah dengan Operasi

Operasi Tahi Lalat

Terdapat dua operasi tahi lalat, yakni bedah cukur dan bedah eksisi. Singkatnya, kedua operasi tahi lalat ini sebagai cara menghilangkan tahi lalat dengan mengangkat tahi lalat yang menonjol. Operasi tahi lalat hanya dapat dilakukan oleh dokter bedah yang ahli. Yuk, ketahui perbedaan keduanya!

Operasi tahi lalat bedah cukur tidak memerlukan jahitan. Tapi, tetap akan diberikan anestesi lokal di area tersebut. Itu karena memotong tahi lalat menggunakan pisau cukur khusus dengan elektroda kecil. Operasi tahi lalat ini cocok menghilangkan tahi lalat yang berukuran kecil dan agak menonjol. 

Sedangkan, operasi tahi lalat bedah eksisi akan menggunakan pisau bedah. Operasi tahi lalat ini guna menghilangkan tahi lalat menonjol yang berukuran cukup besar sampai ke akarnya. Para dokter pun akan memberikan anestesi dan menunggu sampai kulit mati rasa. Setelah itu, operasi tahi lalat satu ini memerlukan jahitan pada kulit bekas tahi lalat.

Bagaimana guys, kamu tertarik mencoba cara menghilangkan tahi lalat yang mana?

Baca juga: Bye-Bye Kusam, Coba Cara Ampuh Ini Hilangkan Komedo!

Cara Menghilangkan Tahi Lalat di Wajah Tanpa Bekas

Apakah cara menghilangkan tahi lalat di atas meninggalkan bekas? Lalu, bagaimana cara menghilangkan tahi lalat di wajah tanpa bekas? Yuk, kita cek faktanya!

Setelah melakukan cara menghilangkan tahi lalat, sebenarnya bekas tahi lalat tidak akan hilang sempurna. Apalagi pada operasi tahi lalat bedah eksisi. Bisa saja tetap meninggalkan bekas jahitan. Maka, semakin kecil ukuran tahi lalat, semakin minim pula bekasnya. Begitu juga sebaliknya.

Setelah operasi selesai, bekas luka tahi lalat akan berwarna kemerahan. Namun, lama kelamaan biasanya akan memudar. Nah, untuk itu penting melakukan perawatan yang benar pasca operasi. Tujuannya agar bekas tahi lalat semakin samar, menjadi tanda halus yang sulit terlihat.

Misalnya, melindungi bekas tahi lalat dari sinar matahari supaya tidak berubah kehitaman. Lalu, mengikuti instruksi perawatan dengan hati-hati agar bekas luka tidak malah menimbulkan infeksi. Jaga area bekas luka tahi lalat selalu bersih dan tertutup ya!

Jadi, belum ada cara menghilangkan tahi lalat di wajah tanpa bekas, guys! Hanya tergantung perawatan kamu terhadap bekas tahi lalat tersebut ya!

Kalau Tahi Lalat Pertanda Penyakit Gimana?

Kalau menemukan hal yang tak biasa pada tahi lalat, segera konsultasikan dengan dokter ya! Adapun tahi lalat sebagai gejala gangguan kesehatan atau penyakit pada tubuh memiliki ciri-ciri antara lain:

  • bentuk tahi lalat tidak simetris;
  • tepian tahi lalat kasar dan tidak rata;
  • tahi lalat berubah warna, bentuk, dan ukuran seiring berjalannya waktu;
  • terdiri lebih dari campuran 3 warna sekaligus;
  • diameter tahi lalat melebihi 6 mm;
  • tahi lalat terasa gatal, nyeri, bahkan mengeluarkan nanah, darah, atau cairan aneh lainnya.

Asuransi sesuai gaji kamu

Nah, itu dia beberapa cara menghilangkan tahi lalat. Yup, selain menjaga kesehatan tubuh, kita juga harus mengatur keuangan guna menghindari risiko finansial di masa mendatang, salah satunya melalui asuransi kesehatan. Tenang! Super Easy Health dari Super You memberikan perlindungan sempurna, mudah, dan mulai Rp4.500 aja loh per hari! Cek premi kamu sekarang!

Artikel Terkait