Cara Mengobati Luka Bernanah

Luka bernanah menjadi salah satu luka yang harus segera diobati agar tidak melebar dan menjadi infeksi bagi tubuh manusia. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas cara mengobati luka bernanah dengan cara yang tradisional dan disarankan medis.

Kami rasa ini adalah seseuatu yang harus diketahui oleh semua orang terutama masyarakat Indonesia karena luka rasanya sering terjadi pada orang Indonesia. Penyebab luka bernanah bisa berasal dari berbagai peristiwa, entah itu jatuh, tersandung, dan lain sebagainya.

Kondisi luka bernanah biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Keluarnya cairan yang memiliki warna putih susu atau kuning ini menandakan bahwa luka itu tidak sehat dan harus segera diobati. Cairan ini terdiri dari sel darah putih yang akan mencoba melawan infeksi.

Table of Contents

Biasanya, warna nanah yang berbeda akan tergantung pada jenis bakteri yang menyerang. Sangat penting untuk kamu mengobato luka bernanah untuk mencegah terjadinya komplikasi yang lebih serius. Kalau kamu ragu dan luka bernanah lebih parah, maka kamu wajib untuk mengkonsultasikannya kepada dokter.

Pertolongan Pertama saat Luka

Pertolongan Pertama saat Luka
sumber : https://www.freepik.com/

Kalau untuk pertolongan pertama, kamu bisa melakukan langkah-langkah yang kami rekomendasikan berikut ini:

  • Pastikan Luka Tidak Terinfeksi

Kalau kamu mau menghindari nanah yang keluar dari luka, pastikan kamu untuk menjaga area luka dari infeksi. Salah satu caranya adalah dengan rutin membersihkan dan membalutnya secara teratur. Pasalnya, infeksi pada luka dapat menyebar ke area lain. Hal ini nantinya bisa memengaruhi perawatan yang cukup serius.

  • Jaga Kebersihan Luka

Menjaga kebersihan luka adalah cara menyembuhkan luka bernanah yang cukup ampuh. Karena bakteri bisa langsung dibersihkan dan menjauhkan luka dari kondisi yang terlalu berat. Perawatan luka bernanah yang bisa kamu lakukan adalah mencuci area luka dengan menggunakan air secara lembut, kemudian gunakan kain untuk mengeringkannya. Tujuan dari membersihkan luka ini adalah untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

  • Oleskan Salep

Cara merawat luka yang berikutnya adalah mengoleskan salep antibiotik untuk luka bernanah. Ini adalah obat luka bernanah yang bisa kamu cari di apotek-apotek terdekat dari rumah kamu. Salep ini juga menjadi salah satu obat paling ampuh untuk merawat luka.

  • Tutup Luka dengan Perban

Kalau kamu sudah membersihkan luka, kamu bisa menutupnya dengan perban atau pembalut steril. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kelebihan cairan dari luka dan melindungi lua bernanah dari infeksi. Disarankan, kamu untuk mengganti perban steril secara rutin untuk menjaga luka agar tetap bersih. Kamu bisa ganti perban setiap hari atau ketika perban masih kotor ataupun dalam kondisi basah.

  • Konsumsi Obat Bebas

Pada kondisi luka bernanah yang menimbulkan gejala nyeri, kamu bisa mengonsumsi obat-obatan. Obat untuk luka bernanah agar cepat kering bisa kamu dapatkan di apotek. Ini adalah cara terbaik jika kamu mengalami hal yang demikian. Ada beberapa obat yang biasanya diberikan dokter untuk mengurangi rasa nyeri.

Kondisi Luka Bernanah yang Cukup Rentan untuk Kesehatan

Setiap luka yang terbuka pada dasarnya bisa menjadi luka bernanah, apalagi jika tidak dirawat dengan tepat. Contohnya saja luka bekas sayatan akibat tindakan medis yang steril bisa bernanah jika kebersihannya tidak dijaga dengan baik.

Risikonya terjadi luka yang memiliki nanah akan semakin tinggi jika luka itu disebabkan oleh tusukan benda tajam yang kotor. Selain itu, luka bernanah juga lebih mungkin dialami oleh orang yang memiliki kondisi, seperti:

  • Aktif merokok
  • Memiliki Riwayat medis yang tidak biasa
  • Mengonsumsi Obat kortikosteroid
  • Sudah berusia lebih dari 65 tahun.

Tanda luka Bernanah yang Harus Diwaspadai

Nanah bukanlah satu-satunya tanda dari infeksi. Biasanya, luka bernanah akan disertai dengan gejala dan tanda lain, seperti:

  • Luka memiliki bau tidak sedap
  • Kulit di sekitar luka menjadi merah
  • Luka tambah besar
  • Luka terasa sakit ketika sembuh
  • Luka bengkak
  • Demam tinggi

Tanda luka bernanah di atas ini tidak boleh disepelehkan karena bisa berkembang menjadi komplikasi serius, seperti absesm impetigo, sepsis, dan necrotizing fascilitis atau infeksi kulit langka.

Cara Menyembuhkan Luka Bernanah yang Cukup Tepat

Cara Menyembuhkan Luka Bernanah yang Cukup Tepat

Pertanyaan tentang kenapa luka bernanah sudah kami sebutkan di atas. Nah, pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara menyembuhkan luka bernanah? Ini akan kami bahas dalam poin yang satu ini.

  • Pakai Lidah Buaya

Kamu tidak perlu lagi meragukan keefektifan gel lidah buaya dalam mengatasi berbagai masalah kulit. Tanaman yang satu ini mengandung sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan kulit.

Selain itu, lidah buaya juga merupakan obat alami yang efektif untuk mengobati luka, ruam, dan luka bakar. Tidak hanya membantu luka lebih cepat sembuh, efek menenangkan dari gel lidah buaya juga membantu mengurangi rasa tidak nyaman.

  • Pakai Minyak Kelapa

Selain krim antibiotic untuk mengobati luka bernanah, kamu juga bisa menggunakan antiseptik berwarna merah untuk mencegah infeksi bakteri penyebab munculnya bisul pada luka. Sebelum mengoleskannya, bersihkan luka dengan kain kasa steril yang sudah direndam dalam air antiseptik. Selanjutnya kamu bisa mengoleskan obat lengkap berwarna merah tersebut pada lukanya.

  • Oleskan Kunyit

Cara lainnya adalah dengan menggunakan kunyit. Rempah ini mengandung kurkumin yang memiliki sifat anti inflamasi dan anti inflamasi, sehingga dapat membantu penyembuhan luka lebih cepat. Selain itu, kunyit juga memiliki sifat anti inflamasi yang membantu menyembuhkan luka dengan cepat.

Namun efektivitas kunyit sebagai obat alami terhadap luka menyakitkan pada manusia masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Selain itu, sebaiknya hindari konsumsi pil kunyit karena dapat meningkatkan risiko pendarahan.

  • Pakai Madu 

Tidak boleh dilupakan bahwa madu merupakan obat tradisional yang telah digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan sejak zaman dahulu. Senyawa ini memiliki sifat anti inflamasi, antibakteri dan antioksidan.

Selain itu, madu juga dapat mengurangi pembentukan bekas luka ketika mencegah munculnya bakteri dan luka bernanah serta luka bakar.

Namun, kamu harus berhati-hati karena mengoleskan madu pada luka pasca operasi justru dapat meningkatkan risiko infeksi. Inilah sebabnya mengapa Anda bisa menggunakan madu untuk mengobati luka kecil, bukan luka besar.

Satu hal lagi yang harus kamu ketahui adalah bahwa tanda luka bernanah mau sembuh adalah dengan adanya muncul kuit kering di sekitar kulit. Ini menjadi tanda normal pada luka bernanah kalau sudah mau sembuh.

Sebagai informasi tambahan, sekarang kamu juga sudah bisa mendapatkan asuransi kesehatan terbaik dari Super Easy Health by Super You. Hanya dengan Rp4.500 per harinya, kamu sudah bisa mendapatkan pelayanan terbaik dari seluruh rumah sakit yang ada di Indonesia.

super strong

Perlindungan asuransi ini juga sangat dibutuhkan untuk menghindari luka bernanah di tubuh yang cukup parah. Jadi, tunggu apalagi, daftarkan diri kamu sekarang juga ya. 

Artikel Terkait