Cara Mengurangi Mata Minus

Teman SUPERjuangan, kamu pasti pernah mendengar kalau sering melepas kacamata akan bantu cara mengurangi mata minus. Bukan hanya itu saja, mengkonsumsi jus wortel secara rutin adalah cara menyembuhkan mata minus. Apa sepenuhnya benar, atau justru salah, ya?

Istilah mata minus digunakan untuk menggambarkan kondisi seseorang mengalami kesulitan melihat objek yang jaraknya jauh, memanglah cukup umum dialami oleh masyarakat. Karena itu, nggak sedikit informasi “katanya” yang beredar. Tapi kamu nggak perlu khawatir, Supermin siap membantu kamu.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas secara detail tentang apa itu mata minus, mulai dari penyebab dan gejalanya, sampai gimana sih cara mengatasi mata minus. Yuk, temukan solusi yang tepat untuk masalah penglihatan kamu!

Table of Contents

Mengapa Disebut Mata Minus?

Apakah kamu pernah merasa melihat benda yang jaraknya jauh menjadi buram, tapi kalau dilihat secara dekat tidak ada masalah loh. Jika iya, mungkin kamu alami mata minus, merupakan gangguan penglihatan pada objek yang berjarak jauh. 

Dalam dunia medis disebut miopi atau rabun jauh, sementara pada orang awam kita lebih mengenalnya sebagai mata minus. Nah, kondisi ini terjadi ketika cahaya yang masuk tidak fokus di retina, tapi jauh di depannya karena kornea mata yang terlalu melengkung atau panjang bola mata yang terlalu besar.

Padahal pada mata normal, kornea akan membiaskan cahaya yang masuk sehingga bayangan objek fokus tepat di retina, guys. Di samping pandangan yang buram, ciri-ciri mata minus adalah kamu harus menyipitkan mata agar objek yang jauh bisa tampak lebih jelas.

Penyebab Mata Minus

Penyebab Mata Minus
Sumber: https://www.freepik.com

Teman SUPERjuangan, penasaran nggak sih, sebenarnya apa aja penyebab mata minus? Ternyata, penyebab mata minus yang utama adalah ketidakseimbangan antara panjang bola mata dengan daya refraksi lensa mata. Penyebab mata minus satu ini membuat kornea mata gagal membiaskan cahaya yang masuk.

Tapi nggak kelainan refraksi doang, masih banyak lagi loh penyebab mata minus. Di mana faktor genetik juga memainkan peran penting. Selain itu, penyebab yang pasti semua orang bisa kena adalah faktor lingkungan. Betul banget, beberapa kebiasaan yang tidak disadari sebagai penyebab mata minus. Kamu wajib tahu!

  • Keturunan

Ayah Bunda sudah tau belum, kalau anak-anak yang salah satu orang tuanya mengalami ciri-ciri mata minus 2x lebih berisiko. Sementara jika kedua orang tuanya, risiko penyebab mata minus meningkat sebesar 5x lipat dibanding anak-anak yang orang tuanya sama sekali tidak mengidap mata minus.

  • Membaca dalam ruangan gelap

Penyebab mata minus selanjutnya merupakan kebiasaan membaca dalam kondisi cahaya redup. Kebiasaan membaca ini bikin otot mata bekerja lebih keras untuk menangkap objek. Lama-kelamaan, otot mata tersebut tegang dan menyebabkan kelelahan, termasuk sembari berbaring.

  • Menatap layar terlalu dekat

Di era yang serba canggih sekarang, siapa sih yang tidak mengenal gadget. Sayangnya, masih banyak yang salah dalam penggunaan teknologi tersebut. Misalnya, menatap layar terlalu dekat terutama dalam waktu yang lama. Hal ini tentu bisa memicu penyebab mata minus.

  • Kekurangan zat karoten

Memiliki nama lengkap beta karoten, adalah sebuah zat yang akan diolah menjadi vitamin A dalam tubuh. Karena itu, sering dinilai provitamin A yang berguna menjaga kesehatan mata. Apabila kamu kekurangan zat satu ini, sangat memungkinkan penyebab mata minus muncul.

  • Kurang tidur

Sederhananya ketika kamu tidak tidur, mata pun ikut dipaksa untuk tetap terjaga. Alhasil, menimbulkan ketegangan pada mata, bahkan disertai kemerahan. Pastikan kamu mendapat waktu tidur yang cukup, atau kalau tidak siap-siap penyebab mata minus menghampiri kamu.

Bukan Primbon, Ini Arti Kedutan Mata Kanan Atas yang Harus Kamu Ketahui!

Kenali Gejala Mata Minus

Nggak jarang yang mengeluhkan tiba-tiba pas cek mata kok jumlah minusnya udah tinggi, tapi nggak terasa gejalanya sama sekali. Kenyataannya, mata minus juga disertai gejala loh, memang kelihatannya sepele sampai kurang diperhatikan. Nah, di bawah ini Supermin udah rangkum gejala mata minus yang patut kamu kenali!

  • Kehilangan fokus penglihatan

Saat melihat objek yang berada di kejauhan, pandanganmu berubah menjadi kabur atau buram. Kamu pun berusaha mendekat dengan objek tersebut, dan penglihatan tetap baik. Makanya, kondisi ini sering dianggap cuma kelelahan biasa, padahal udah menunjukkan gejala mata minus, guys.

  • Mata mudah lelah

Mirip dengan sebelumnya, gejala mata minus satu ini juga kerap diabaikan. Mata menjadi mudah lelah ketika dipaksa melihat objek dari jarak agak jauh. Bahkan rasanya baru sebentar baca buku atau menatap layar laptop, mata cepat sekali lelah. Apa kamu termasuk yang pernah mengalaminya?

  • Mata pedih dan memerah

Selain kelelahan, gejala mata minus lainnya adalah mata terasa pedih. Belum lagi bola mata yang berwarna putih mulai berubah warna kemerahan akibat otot-otot mata yang menegang. Kamu perlu hati-hati dengan ciri-ciri yang satu ini, jangan dibiarkan semakin parah, ya.

  • Pusing pada area sekitar mata

Jika memaksa mata terus-menerus fokus pada satu objek, kepala kamu pun mendadak sakit atau pusing. Namun, untuk membedakan gejala mata minus sama gangguan lain, terasa lebih sakit pada area sekitar mata setelah lihat objek jauh dalam waktu yang lama. 

  • Mengedip, mengucek, atau memicingkan mata

Ketika kamu mencoba memfokuskan kembali pandangan mata dengan mengedip, mengucek, hingga memicingkan mata berulang-ulang kali. Gejala mata minus satu ini juga tanda mata kamu mulai terasa lelah, apalagi kalau sudah terlalu lama menatap layar ponsel atau laptop, nih. 

  • Gangguan penglihatan saat berkendara

Khususnya pada malam hari, kamu kesulitan melihat sekitar saat mengemudi. Kamu jadi sering mengedipkan mata berlebihan agar tetap bisa berkendara. Teman SUPERjuangan, gejala mata minus satu ini sekaligus terakhir harus banget kamu waspadai ya, sebab menyangkut keselamatan.

Cara Mengurangi Mata Minus

Teman SUPERjuangan, pasti nggak asing lagi sama pepatah sedia payung sebelum hujan, bukan? Supaya jumlah minus tak makin bertambah, sebaiknya beri perhatian lebih terhadap kesehatan mata kamu. Sebetulnya juga gampang banget kok. Mulai lakukan 5 hal ini sebagai cara mengurangi mata minus, yuk!

  • Memilih kacamata yang tepat

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk cara mengurangi mata minus adalah dengan memilih kacamata yang tepat, berdasarkan pemeriksaan, ya. Sebab mata minus yang tidak segera ditangani, bukan berarti bisa berkurang begitu aja. Justru yang ada malah meningkat jumlah minusnya. 

  • Lakukan senam mata

Senam mata berguna untuk melatih fokus penglihatan, serta membersihkan dan melumas bola mata. Sesekali goyangkan kedua bola mata, baik dari kiri ke kanan maupun berputar. Kemudian, pijat pelipis mata searah jarum jam. Dan lakukan cara mengurangi mata minus ini setiap pagi.

Selain senam mata di atas, sinar matahari pagi juga terbukti bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk mata. Cukup arahkan pandanganmu ke matahari, lalu lakukanlah gerakan membuka dan menutup mata perlahan-lahan sampai bola mata terasa hangat, guys

  • Mengonsumsi makanan bergizi

Vitamin A sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam cara mengurangi mata minus sehingga kesehatannya pun terjaga. Seperti yang terkandung dalam wortel. Karena itu, memang lebih baik untuk rutin mengonsumsi wortel. Tapi, bukan berarti cuma wortel aja, kamu tetap harus memastikan tubuh sudah mendapat nutrisi yang lengkap.

  • Obat mata minus

Perlu diingat kalau obat mata minus ini bukan untuk menyembuhkan total, namun membantu menjaga kesehatan mata. Namun, saat diketahui jumlah minus bertambah, barulah dengan cara mengobati mata minus. Beberapa obat mata minus yang bisa kamu coba adalah Eyevit, Matovit, dan Wellness Ocucare.

  • Hindari kebiasaan buruk

Dan cara mengurangi mata minus terakhir tentu hindari kebiasaan buruk yang memicu pertambahan jumlah minus. Misalnya, kebiasaan buruk baca buku di penerangan yang buruk, menonton televisi terlalu dekat, sampai keseringan main handphone sambil tiduran. Waduh, kebiasaan siapa aja nih? Ayo, mulai saat ini berhenti, ya.

Apakah Mata Minus Bisa Sembuh?

Apakah Mata Minus Bisa Sembuh
Sumber: https://www.freepik.com

Nah, pertanyaan yang paling suka ditanyakan nih, bukan cuma dari penderitanya aja loh. Apakah mata minus bisa sembuh? Jawabannya tentu bisa dong! Penderita mata minus mampu melihat kembali sekitarnya, terutama objek yang jauh dengan jelas melalui cara menyembuhkan mata minus.

Namun menurut dokter, tidak sepenuhnya secara alami. Perlu diketahui bahwa cara yang alami lebih tepat dilakukan sebagai cara mengurangi mata minus makin bertambah, seperti pembahasan yang sebelumnya. Sementara untuk cara menyembuhkan mata minus itu perlu dibantu oleh tindakan medis.

Karena itu, setelah kamu mengalami ciri-ciri mata minus, jangan tunda untuk pemeriksaan mata dan konsultasikan dengan ahlinya. Sebagai informasi buat kamu, ini dia cara menyembuhkan mata minus!

  • Pemakaian kacamata minus

Cara menyembuhkan mata minus yang pertama adalah pemakaian kacamata minus yang sesuai. Cara ini membantu kamu dapat melihat objek jauh lebih jelas. Selain itu, cara mengatasi mata minus satu ini membantu mengoreksi kelainan refraktif pada kornea. 

Tapi katanya, kalau sering melepas kacamata itu bikin minus kita berkurang, sebaliknya kalau sering memakai kacamata bikin minus kita bertambah. Duh, keduanya merupakan disinformasi. Faktanya, mata minus tidak terpengaruh oleh seberapa sering melepas ataupun memakai kacamata, ya.

  • Lensa kontak (orthokeratology)

Terdapat sebagian orang yang kurang nyaman dengan pemakaian kacamata minus setiap hari, alhasil memilih cara menyembuhkan mata minus dengan terapi mata minus. Dalam istilah kedokteran dikenal sebagai orthokeratology, alias pemakaian lensa kontak.

Kayak pakai softlens, orthokeratology melibatkan lensa kontak yang dipakai pada malam hari menjelang istirahat. Kemudian, dilepas lagi saat bangun di pagi hari. Terapi mata minus satu ini membantu lengkungan kornea mata bisa membaik secara bertahap, guys.

  • LASIK (laser-assisted in situ keratectomy)

Cara menyembuhkan mata minus berikutnya dengan operasi refraktif, yang paling terkenal adalah LASIK (laser-assisted in situ keratectomy). Operasi ini bertujuan untuk membentuk kembali kornea mata, yang mana prosedurnya menggunakan laser. Meskipun begitu, cara mengatasi mata minus dengan LASIK tergolong efektif dan aman loh.

Teman SUPERjuangan, jangan lupa lakukan cara mengurangi mata minus di atas! Meskipun bukan gangguan penglihatan yang berbahaya, pasti kita maunya mendapat kehidupan yang lebih aman dan nyaman, bukan? Nah, ini saatnya lengkapi dirimu dengan Super Easy Health dari Super You by Sequis. Premi mulai Rp4.500 aja per hari, sudah terproteksi sampai Rp1 milyar loh, dan klaim cashless yang mudah banget dong!

Artikel Terkait