hari jantung sedunia cara menjaga kesehatan jantung

Hari Jantung Sedunia jatuh setiap tanggal 29 September dan diadakan untuk menaikkan tingkat kesadaran warga dunia akan kesehatan jantung. Tema tahun ini pun adalah #UseHeart untuk menjadi versi dirimu yang lebih baik. 

Nyatanya kamu bisa menikmati hidup dan menjadi lebih baik lagi jika kamu mempunyai jantung yang berfungsi dengan baik. Sebelum menjadi dirimu yang paling super, yuk pastikan jantung kamu sudah sehat!

Simak dulu nih 7 cara menjaga kesehatan jantung berikut.

1. Berhenti merokok

Merokok, tak peduli seberapa sering atau banyak, dapat mengakibatkan berbagai penyakit jantung. Hal ini dikarenakan merokok menaikkan faktor risiko yang menyebabkan penyakit-penyakit tersebut.  Contoh efek samping rokok termasuk meningkatkan detak jantung dan tekanan darah, memperkecil arteri, dan menyebabkan ritme jantung yang tidak normal. Semuanya ini menyebabkan kerja jantung lebih berat.
  1. Pilih tanggal untuk berhenti, kalau bisa yang berarti untuk kamu, misalnya ulang tahun atau tanggal favorit kamu.
  2. Buang semua pak rokok dan produk sejenisnya dari rumah, kendaraan, atau kantor. Buang juga semua korek api dan asbak. 
  3. Cari tahu keadaan apa yang membuat kamu ingin merokok. Hindari situasi-situasi tersebut atau cari alternatif.
  4. Bilang kepada keluarga dan teman bahwa kamu akan berhenti merokok dan minta mereka untuk tidak mengajak kamu merokok.
  5. Ganti rokok dengan elemen pengganti, seperti permen karet, inhaler, atau permen mint. Hal-hal ini dapat membantu kamu melewati masa sulit dalam proses ini.  

2. Olahraga rutin

Walaupun terdengar membosankan, olahraga memang menjadi salah satu kunci yang penting dalam menjalani hidup yang sehat. Selain mempunyai efek samping yang baik untuk hati, olahraga juga membantu menurunkan faktor risiko dari terkena penyakit jantung dan stroke.
  • Memperkuat otot jantung. Hal ini membuat jantung bisa memompa darah lebih banyak sehingga memperlambat detak jantung, sehingga mengurangi beban kerja jantung
  • Membantu menjaga berat badan. Berat badan yang berlebih dapat menjadi faktor risiko bagi penyakit jantung, karena memperberat kerja jantung. Dengan menjaga berat badan ideal, lebih sedikit risiko bagi kamu untuk menderita penyakit jantung.
  • Menurunkan kadar stress.
  • Mengurangi gula darah. Latihan kekuatan dan aerobik rutin dapat membantu mengurangi atau memperlambat diabetes, yang merupakan faktor risiko dari penyakit jantung.

 

 

Jenis olahraga berikut bisa membantumu menjaga kesehatan jantung:

  • Berjalan kaki / Lari
  • Berenang
  • Bersepeda
  • Bermain tenis
  • Loncat tali
  • Latihan kekuatan, seperti push-up, squat, dan chin-up.

Idealnya kamu bisa melakukan olahraga ini secara rutin selama 30 menit per harinya atau 150 menit per minggu.

3. Rutin lakukan pengecekan kesehatan

Kamu harus bisa menjaga kesehatan tubuh kamu dengan menyadari kondisi kesehatan kamu. Lakukan ini dengan rutin menjaga tekanan darah normal, serta gula darah yang normal juga. Nyatanya mengurangi faktor risiko hipertensi dan diabetes dapat membantu jantung kamu agar tetap sehat.  Pengecekan tekanan darah dan gula darah pun bisa dilakukan di rumah. Kamu bisa membeli alat tes untuk digunakan.

4. Sadari gejala penyakit jantung

Penyakit jantung itu tidak muncul secara tiba-tiba. Karena itu, penting bagi kamu untuk menyadari gejala penyakit jantung.

Terutama bila kamu adalah seorang wanita. Hal ini dikarenakan gejala penyakit jantung pada wanita bisa terlihat berbeda dengan gejala yang dialami pria. 

Selain itu, tidak ada salahnya juga bila kamu mengetahui langkah pertolongan pertama serangan jantung. Ilmu ini mungkin dapat menyelamatkan nyawa kamu atau orang-orang di sekitar kamu suatu hari.

Selain Pencegahan, Jangan Lupa Antisipasi Risiko Penyakit Jantung, Mulai Dari Rp28.500

5. Terapkan diet sehat

Jantung yang sehat dimulai dari makanan yang sehat. Kamu harus bisa tahu apa saja pantangan makanan penyakit jantung, dan makanan apa saja yang baik untuk jantung. Secara umum, kamu harus bisa menghindari makanan tertentu yang menaikkan faktor risiko dari penyakit jantung, seperti garam, gula, lemak jenuh, dan juga alkohol berlebih. Sementara itu, perbanyak makanan yang berserat, seperti buah dan sayur. Hal ini dikarenakan serat dapat menguraikan kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

6. Istirahat yang cukup

Kurangnya tidur atau kelebihan tidur dapat berefek buruk pada jantung. Salah satu alasannya adalah fakta bahwa pasien apnea tidur (sleep apnea) dimana mereka bangun berkali-kali saat tidur mempunyai kondisi jantung yang lebih buruk. Dengan tidur dengan waktu yang lama dan nyenyak, detak jantung dan tekanan darah bisa lebih terkontrol.  Tanpanya, maka kamu lebih berisiko untuk menderita tekanan darah tinggi, dan risiko lebih tinggi atas timbulnya gejala penyakit jantung dan gejala stroke.

7. Jangan lupa minum obat (bila sakit)

Terkadang seiring bertambahnya usia, kamu bisa menderita penyakit seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol. Demi menjaga kesehatan jantung, jangan lupa untuk minum obat hipertensi atau kolesterol kamu. Pastikan sudah sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter ya.

Cegah dan Antisipasi Penyakit Jantung!

Tanpa jantung yang sehat, kita tidak bisa fokus untuk menjadi individu yang lebih baik. Tanpa individu yang baik, jalan menuju dunia dan masa depan yang lebih baik pun terhambat. Karena itu, #UseHeart untuk sama-sama menjadi lebih baik lagi!

Selain menjaga agar jantung tetap sehat, kamu juga bisa mengantisipasi penyakit jantung dengan perlindungan terbaik. Tahukah kamu bahwa perlindungan asuransi penyakit kritis bisa melindungi kamu jika mengalami risiko kanker, stroke, dan serangan jantung?

Di Super You by Sequis Online, kamu bisa mendapatkannya hanya dengan harga mulai dari Rp28.500 saja per bulan. Selain sebagai asuransi penyakit kritis, Super Strong juga mempunyai perlindungan jiwa dengan sebab apa pun (tidak hanya penyakit kritis), kecuali risiko kecelakaan. 

Yuk antisipasi penyakit jantung hanya dalam beberapa klik, tunggu apalagi?

SHARE

Artikel Terkait Lainnya