gula darah

Gula darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan berbagai risiko penyakit. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengontrol kadar gula darah normal. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti cara menurunkan gula darah secara alami.

Kunci utamanya kamu harus menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. Mulai dari olahraga hingga diet yang bernutrisi. Walaupun butuh waktu dan tenaga, ini merupakan cara yang tepat untuk menurunkan gula darah secara alami.

10 Cara Simpel Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Jika kamu punya diabetes atau gula darah tinggi, pastikan kamu mencoba tips-tips berikut!

1. Rajin Cek Gula Darah

Dianggap sebagai silent killer, kebanyakan orang tidak menyadari kadar gula darah mereka sudah di atas normal, yaitu 200 mg/dL. Gejala pun jarang muncul sebelum gula darah menjadi terlalu tinggi.

Karena dari itu, ada baiknya jika kamu sering mengecek kadar gula darah. Untuk yang masih muda, bisa mulai dengan 6 bulan sekali atau setahun sekali. Jika kamu sudah berumur di atas 40, ada baiknya untuk mengecek sebulan sekali.

Dengan begitu, kamu pun bisa mendeteksi jika gula darah kamu naik. Sehingga kamu pun bisa melakukan langkah pencegahan dan menurunkan gula darah kamu kembali ke normal.

2. Minum Air yang Cukup

Tubuh kita membutuhkan cairan yang cukup untuk bisa berfungsi secara optimal. Jika kita minum air yang cukup, maka otomatis tubuh kita pun bisa membantu menurunkan gula darah yang berlebihan secara alami.

Karena cairan dapat memperlancar fungsi kerja ginjal dalam menyaring gula dalam darah. Gula yang berlebih ini pun akan keluar melalui urine setelah tersaring.

Adapun air bisa memperlancar peredaran darah yang memastikan pasokan oksigen lebih banyak tersebar ke seluruh tubuh. Dengan begitu, lebih banyak gula yang mengendap dalam darah pun bisa dikonversi menjadi energi.

Namun, pastikan cairan yang kamu konsumsi adalah air putih. Karena jenis minuman yang lainnya akan cenderung mengandung manis dan malah menambah kadar gula darah kamu.

3. Makan Makanan Berserat

Makanan berserat dapat mengurangi kecepatan proses terserapnya karbohidrat dan gula. Karena itu, peningkatan kadar gula darah pun menjadi lebih lambat.

Ada dua jenis serat, yaitu serat yang dapat larut dalam air dan tidak. Walaupun keduanya bagus dan penting untuk tubuh, serat yang dapat larut itu lebih berperan dalam penurunan kadar gula darah.

Makanan yang kaya akan serat yang dapat larut ini antara lain:

  • Pir
  • Ubi
  • Apel
  • Wortel
  • Alpukat
  • Brokoli
  • Gandum (Oats)
  • Kacang polong
  • Buah citrus, termasuk limau, lemon, jeruk nipis, jeruk, dan jeruk bali

Selain makanan ini, kamu pun tetap bisa menambah semua jenis serat melalui perbanyak makan sayur, buah, dan kacang-kacangan.

Baca Juga :

4. Jaga Berat Badan Ideal

Berat badan ideal dapat membantu menjaga kadar gula darah normal. Hal ini dikarenakan seorang yang mempunyai berat badan berlebih akan cenderung mengalami kondisi resistensi insulin.

Hitung Berat Badan Ideal dengan Kalkulator BMI

Ini berarti sel dalam tubuh mereka menjadi “kebal” atau resisten terhadap insulin yang dihasilkan pankreas. Alhasil, insulin tidak dapat efektif melakukan fungsinya untuk memasukkan gula dari darah ke dalam sel. Pada akhirnya, darah kamu jadi mengandung kelebihan gula.

Selain itu, menjaga berat badan ideal juga mencegah berbagai risiko penyakit kritis. Mulai dari penyakit jantung, stroke, hingga tekanan darah tinggi.