Cara Sikat Gigi yang Benar

Demi menjaga kesehatan gigi kita selalu rutin menyikat gigi yang benar, dan membersihkannya dari kuman dan kotoran. Sikat gigi yang benar harus dilakukan minimal 2 kali sehari pagi dan malam. Dengan menggosok gigi yang benar, ini akan memelihara kebersihan gigi dan mulut serta untuk menghilangkan bau mulut. Namun, meski diajarkan kebiasaan menyikat gigi sejak kecil, menyikat gigi tidak boleh dilakukan secara asal dan ada cara sikat gigi yang benar lho.

Mengetahui cara gosok gigi yang benar itu sangat penting karena apabila dilakukan secara tidak benar ini bisa berbahaya untuk mulut, gigi dan gusi. Cara menyikat gigi yang benar bisa mencegah terkena penyakit gusi, adanya kerusakan gigi dan risiko terkena gigi sensitif yang bisa terjadi karena kondisi mulut dan gigi atau cara menyikat gigi yang salah seperti menyikat gigi terlalu keras. Untuk mencegah hal-hal tersebut terjadi, mari mulai menyikat gigi. Berikut ini adalah cara menyikat gigi yang benar!

Baca Juga: 5 Hal Penting Tentang Gigi Bungsu: Operasi dan Perawatannya

Cara Menyikat Gigi yang Benar :

Dimulai Dari Posisi Sikat Gigi yang Benar

Dengan tangan yang menggenggam sikat gigi, tempelkan bulu sikat gigi di permukaan gigi dengan posisi menyimpang jadi lumayan miring dan membentuk sudut 45 derajat. 

Menyikat Gigi

Buka sedikit mulut anda hingga gigi bagian atas dan bagian bawah tidak bersentuhan. Anda bisa mulai dari gigi bagian atas maupun bagian bawah. Dimulai dari sisi depan gigi, dengan gerakan melingkar mulai menyikat ke arah berlawanan jarum jam. Pastikan untuk menyikat selama minimum 20 detik pada setiap sisi gigi. Pastikan untuk menyikat sisi belakang gigi.  

Pastikan Untuk Membersihkan Bagian Lidah

Pastikan untuk membersihkan permukaan lidah dengan pembersih lidah yang biasanya berada pada bagian belakang sikat gigi yang dilengkapi pembersih lidah, jadi pastikan untuk memilih sikat gigi yang dilengkapi dengan pembersih lidah. Cara menggunakan pembersih lidah adalah dengan meletakkannya pada permukaan lidah bagian belakang dan sikat dengan gerakan maju dan mundur hingga lidah tampak bersih.

Gunakan Benang Gigi 

Jika masih ada sisa makanan atau kotoran yang nyangut pada sela-sela gigi, bisa dibersihkan dengan benang gigi dan berkumur dengan air bersih untuk membersihkan sisa kotoran di mulut. 

Akhiri Dengan Berkumur 

Mengakhiri rutin sikat gigi yang benar bisa dengan kumur-kumur menggunakan obat kumur yang bebas alkohol atau dengan obat kumur yang diformulasikan secara khusus untuk masalah tertentu seperti untuk yang memiliki gigi sensitif atau masalah bau mulut.

Tetapi setelah melakukan semua ini bagaimana anda bisa mengetahui bahwa gigi sudah bersih? Ini bisa diketahui dengan meraba permukaan gigi menggunakan lidah anda. Apabila permukaan gigi sudah terasa halus, maka gigi sudah bersih. Namun, apabila permukaan gigi masih terasa kasar berarti masih belum bersih, dan masih ada plak yang tersisa. 

asuransi digital

Pilih Alat menggosok gigi yang Benar

Selain memerlukan cara menyikat gigi yang benar, memilih alat yang benar juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi, gusi dan mulut lho! Yuk ketahui cara memilih alat yang benar disini! 

Sikat Gigi 

Dimulai dari memilih sikat gigi. Sikat gigi diperlukan untuk menyingkirkan kotoran yang ada di gigi, mulut dan lidah, karena itu perlukan memilih sikat gigi yang tepat untuk tidak menyebabkan luka pada mulut atau gusi atau kerusakan pada gigi. Saat memilih sikat gigi, pastikan untuk memilih sikat gigi dengan bulu sikat yang halus dan lembut untuk mengurangi risiko terluka yang bisa terjadi apabila bulu sikat terlalu keras dan kaku. Selain bulu sikat gigi, ukuran kepala sikat gigi juga perlu diperhatikan. Pastikan untuk memilih kepala dengan ukuran yang tepat untuk mulut anda agar pergerakan bulu sikat menjadi mudah, dan bisa menjangkau seluruh permukaan mulut.

Pasta Gigi

Pasta gigi berguna tidak hanya untuk membersihkan gigi dan mulut, tetapi juga menjaga mulut agar terhindar dari bakteri dan kuman. Saat memilih sikat gigi pastikan untuk ada kandungan fluorida (fluoride) yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dengan memperkuat enamel gigi serta mencegah gigi dari risiko berlubang. 

Selain fluorida, ada bagusnya juga untuk memilih pasta gigi dengan kandungan herbal seperti tanaman herbal eucalyptus dan fennel (adas) karena kedua tanaman ini bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut, membantu untuk menghambat pertumbuhan kuman yang bisa menyebabkan infeksi gusi dan mulut dan juga mengandung antioksidan yang bisa membantu menangani peradangan.

Baca Juga : 3 Tips Jitu Memilih Asuransi Gigi Terbaik di Indonesia

Itulah cara menyikat gigi yang benar yang bisa kamu lakukan. Jaga kesehatan gigi dan mulut dengan rutin menyikat gigi minimal 2 kali sehari pagi dan malam dengan cara yang benar. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk melihat kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut setiap 6 bulan sekali. Dengan menggunakan asuransi perawatan gigi bisa lebih terjangkau dan dengan asuransi online, memiliki polis asuransi menjadi lebih gampang, ikuti 3 tips ini untuk memilih asuransi gigi terbaik untukmu. Cek asuransi kesehatan dan ketahui lebih lanjut mengenai perawatan gigi!

Artikel Terkait