ciri ciri hamil

Kehamilan bisa disertai dengan berbagai tanda – tanda yang gampang terlihat, salah satunya adalah telat menstruasi. Ciri ciri hamil pada umumnya mudah untuk diidentifikasi, yuk pelajari tanda – tanda kehamilan di minggu pertama lainnya. 

Table of Contents

Ciri Ciri Hamil 

Saat terjadi kehamilan, akan muncul tanda tanda hamil muda yang mudah untuk dikenali. Berikut adalah beberapa ciri ciri hamil yang umum terjadi saat awal – awal terjadi kehamilan atau saat periode hamil muda.

1. Terlambat Menstruasi 

Haid tidak lancar atau tidak mengalami menstruasi merupakan salah satu ciri ciri hamil paling umum terjadi saat hamil muda.

2. Perubahan Area Payudara 

Minggu pertama kehamilan mungkin tidak memperlihatkan banyak tanda tanda hamil muda, tetapi ini tidak berarti tidak ada ciri cirinya. apa ciri ciri orang mau hamil? ciri ciri hamil muda 1 minggu yang dapat terlihat adalah payudara yang membengkak dan lebih sensitif serta terasa nyeri saat disentuh. Selain itu warna puting juga semakin gelap.

3. Mual dan Muntah 

Salah satu tanda tanda hamil muda adalah mengalami mual dan muntah yang juga dikenal sebagai morning sickness.

4. Cepat Lelah 

Salah satu ciri ciri hamil muda 1 minggu adalah tubuh menjadi cepat lelah dan merasa lemah. Hal ini karena meningkatnya hormon progesterone yang mengakibatkan calon ibu lebih gampang untuk mengantuk. Selain itu kelelahan juga disebabkan oleh tubuh yang melemahkan sistem imun sebelum implantasi sehingga embrio bisa melekat dan menetap di rahim.

5. Lebih Sering Buang Air Kecil 

Salah satu ciri ciri hamil muda yang umum adalah menjadi lebih sering buang air. Ciri ciri hamil ini akan terjadi 6 – 8 minggu setelah terjadi pembuahan. Meningkatnya frekuensi buang air kecil disebabkan oleh meningkatnya hormon human chorionic gonadotropin (hCG) yang mengakibatkan aliran darah ke ginjal meningkat dan menyebabkan produksi urine lebih banyak.

Baca Juga: 2 Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Muda dan 3 Manfaatnya!

Tanda tanda Hamil Muda yang Tidak Disadari 

Selain ciri ciri hamil yang umum, masih ada juga tanda tanda hamil yang tidak disadari dan ini bisa menjadi kehamilan yang tidak biasa. Yuk, ketahui tanda tanda hamil muda apa saja yang tidak umum untuk disadari.

1. Mood Swing 

Dengan perubahan hormon dalam tubuh, salah satu tanda tanda hamil yang tidak disadari adalah mood swings.

2. Sembelit 

Tiba – tiba sembelit atau mengalami buang air besar yang tidak teratur? Bisa jadi ciri ciri kehamilan, lho! 

Sembelit atau buang air besar tidak teratur bisa jadi tanda tanda hamil yang tidak disarari karena meningkatnya hormon progesterone yang menyebabkan pergerakan usus semakin lambat sehingga feses lebih susah keluar.

3. Sakit Kepala 

Sakit kepala merupakan hal yang terjadi pada Sebagian wanita yang sedang hamil, tetapi merupakan salah satu tanda tanda hamil yang tidak disadari. Penyebab dari sakit kepala saat hamil adalah akibat peningkatan hormon dan aliran darah. Hal ini karena saat sedang mengandung, tubuh akan menampung 50 persen volume darah tambahan.

4. Keluar Bercak Darah dari Vagina

Keluarnya bercak darah dari vagina bisa jadi ciri ciri hamil. hal ini bukanlah darah menstruasi melainkan kondisi yang disebut pendarahan impantasi yang terjadi ketika embrio menempel ke dinding rahim dan mengikis dinding rahim. Tanda – tanda pendarahan implantasi adalah 1 – 2 tetes darah yang berwarna merah muda, kekuningan atau kecoklatan. 

5. Suhu Tubuh Meninggi 

Suhu basal tubuh naik merupakan salah satu tanda tanda hamil yang tidak disadari. Hal ini karena pada dasarnya saat sedang hamil, suhu tubuh akan meningkat satu derajat.

Makanan untuk Ibu Hamil Muda

Saat sedang hamil terdapat makanan untuk ibu hamil muda yang baik untuk dikonsumsi untuk memperkaya nutrisi dan memenuhi asupan yang dibutuhkan oleh calon ibu dan janin. Mengonsumsi makanan – makanan tersebut bisa membantu janin tumbuh sehat sebelum hari persalinan. Berikut ini adalah beberapa daftar nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil muda!

  1. Makanan yang kaya asam folat penting untuk dikonsumsi saat hamil muda untuk membentuk sel otak bayi. Berdasarkan Journal of American Medical Association, calon ibu yang mengonsumsi asam folat empat minggu sebelum kehamilan dan delapan minggu setelah kehamilan bisa membantu meminimalisir risiko autis pada bayi sebesar 40 persen.
  2. Memperbanyak protein saat hamil penting untuk membentuk jaringan tubuh pada ibu dan bayi selama masa kehamilan. Selain itu protein juga meningkatkan daya tahan tubuh ibu dan mencegah jatuh sakit.
  3. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi penting untuk ibu hamil muda untuk mencegah terjadinya anemia. Jangan meremehkan anemia saat hamil, karena anemia bisa berdampak buruk pada janin dan memicu masalah seperti menyebabkan kelahiran prematur.
  4. Memperbanyak konsumsi serat membantu calon ibu untuk mengontrol kenaikan berat badan serta mencegah preeklamsia serta berdasarkan American Diabetes Association mengonsumsi serat bisa menurunkan risiko diabetes gestasional.
  5. Mengonsumsi susu dan produk olahan susu penting saat hamil muda karena mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan saat trimester pertama kehamilan seperti protein, vitamin D, iodium asam folat hingga kalsum.
  6. Air kelapa bisa membantu saat calon ibu mengalami mual saat trimester pertama kehamilan. Selain itu air kelapa bisa membantu menghidrasi tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Selain ada makanan untuk ibu hamil muda, ada juga larangan untuk ibu hamil muda. Yuk, ketahui apa saja pantangan yang ada untuk ibu hamil muda!

  1. Diet adalah salah satu larangan untuk ibu hamil muda karena risiko calon ibu dan janin kekurangan gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan janin. Ini bukanlah hal yang sepele karena kekurangan gizi untuk janin dapat berisiko kecacatan. 
  2. Hindari olahraga terlalu berat karena bisa menyebabkan tekanan dan kontraksi yang berlebihan. Hal ini bisa meningkatkan risiko keguguran. 
  3. Nanas dan durian mungkin enak, tetapi menjadi larangan untuk ibu hamil muda karena nanas bersifat abortivum yang bisa meningkatkan terjadinya kontrasi pada kandungan dan berisiko keguguran. Durian mengandung alkohol yang menyebabkan tubuh menjadi panas.
  4. Mengonsumsi makanan mentah seperti sashimi menjadi larangan untuk ibu hamil muda karena meningkatkan risiko bakteri berbahaya masuk ke dalam tubuh dan menyerang janin.
  5. Merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol bahaya bagi ibu hamil sehingga menjadi salah satu larangan untuk ibu hamil muda. Nikotin dan zat berbahaya lainnya bisa menyebabkan terjadinya komplikasi seperti pecahnya air ketuban dini atau keguguran. Alkohol bisa berisiko janin mengalami kecacatan secara fisik atau mental. 

Nah, itulah 10 ciri ciri hamil yang penting untuk diketahui. Jika sudah mengalami tanda tanda hamil muda tersebut, segera lakukan cek dengan melakukan tes. Mengecek kehamilan bisa dilakukan dengan test pack atau mengecek langsung ke dokter kandungan. Pastikan juga untuk mengecek siklus menstruasi, bisa menggunakan kalkulator masa subur dari Super You. 

Super You juga menyediakan asuransi kesehatan yang bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan, lho! Yuk, cek sekarang

Artikel Terkait