ciri-ciri kanker serviks

Kanker serviks adalah sebuah jenis kanker yang bertumbuh di bagian leher rahim. Sekitar 99% kasus kanker serviks pun disebabkan oleh infeksi virus human papillomavirus (HPV) yang dapat menular akibat kontak seksual.

Pada umumnya, kanker serviks tidak menimbulkan gejala awal. Biasanya ciri-ciri pun muncul pada stadium lanjutan atau bahkan akhir. Karena itu, ada baiknya jika kamu melakukan pemeriksaan pap smear secara berkala.

Bagaimana pun juga, tidak ada salahnya untuk mengenali ciri-ciri kanker serviks.

 

11 Ciri-Ciri Kanker Serviks yang Paling Umum

Berikut adalah beberapa gejala yang mungkin kamu alami, jika kamu mengidap kanker serviks.

1. Pendarahan Pada Vagina

Pasien kanker serviks pada umumnya mengalami pendarahan tidak wajar, karena bisa jauh lebih banyak atau jauh lebih sedikit dibandingkan darah pada menstruasi. 

Terkadang pendarahan pun tidak terjadi saat sedang menstruasi, tapi pada waktu yang janggal, misalnya:

  • Setelah berhubungan intim;
  • Setelah menopause;
  • Sebelum jadwal menstruasi.

2. Keluarnya Cairan Putih 

Keputihan mungkin dapat keluar pada kondisi tertentu. Namun, keputihan yang tidak normal, seperti berwarna, bau, dan tekstur yang berbeda dari biasanya, dapat menjadi salah satu gejala kanker serviks.

Namun, keputihan dapat keluar dengan penyakit lainnya, seperti infeksi jamur atau bakteri. Jika kamu khawatir, konsultasi ke ahli medis agar mendapatkan kepastian ya!

3. Rasa Sakit Ketika Berhubungan

Pada umumnya, pasien kanker serviks stadium lanjut juga mengalami rasa sakit pada panggul ketika berhubungan seks. Rasanya pun menyebabkan ketidaknyamanan saat sedang berhubungan. 

Namun, kondisi ini juga dapat terjadi akibat penyakit lainnya, seperti infeksi penyakit menular seksual, menopause, iritasi atau alergi akibat kondom, kondisi vaginismus, radang pada panggul, dan lainnya.

4. Lebih Sering Buang Air

Tidak hanya lebih sering buang air, kamu pun kerap tidak bisa menahan dan buang air disertai rasa nyeri. Hal ini bisa menjadi salah satu gejala kanker serviks lho!

Biasanya ini tanda ketika sel kanker sudah merambah ke daerah kantung kemih. Namun, gejala satu ini juga dapat menjadi salah satu gejala infeksi penyakit lain. 

5. Sering Lemas

Sebagai efek samping dari terlalu banyak pendarahan, kamu pun bisa merasa lemas. Hal ini disebabkan oleh kurangnya sel darah. Biasanya tidak hanya sekedar lelah saja, tapi kamu tetap merasa lemas, bahkan ketika sudah cukup istirahat, makan, dan minum.

6. Membengkaknya Kaki

Pasien kanker serviks dapat mempunyai kaki yang lebih bengkak. Hal ini disebabkan karena sel kanker yang merambat ke pembuluh darah kaki. Akibatnya, peredaran darah ke kaki pun berkurang dan menyebabkan pembengkakan.

7. Berat Badan Turun Drastis

Mirip dengan banyak penyakit lainnya, berkurangnya nafsu makan kamu dapat menjadi salah satu ciri kanker serviks. Perubahan pada laju metabolisme dan nafsu makan ini, biasanya pun berpengaruh pada berat badan. 

Karena itu, jika berat badan ideal kamu sudah tidak lagi ideal, kamu bisa konsultasi ke dokter. Pastikan bahwa gejala yang kamu alami bukanlah akibat kanker serviks.

8. Sakit Perut

Susah buang air besar atau konstipasi dapat menjadi salah satu gejala kanker serviks. Namun, hal ini hanya mungkin terjadi bila kanker sudah masuk ke stadium lanjut dan menyebabkan kanker usus besar.

9. Kencing Berdarah

Jika ada darah yang keluar saat kamu buang air kecil, maka itu bisa menjadi salah satu ciri kanker serviks. Kondisi ini disebut juga hematuria. 

Namun, hematuria juga dapat terjadi akibat penyakit atau kondisi kesehatan lainnya. Misalnya saja infeksi saluran kemih, penyakit ginjal, mengkonsumsi beberapa obat tertentu, bahkan hingga jenis kanker lain, seperti kanker ginjal atau kanker prostat.

10. Keluarnya Kotoran Melalui Vagina

Jika kanker serviks sudah memasuki tahap lanjutan, maka ada kemungkinan terbentuknya fistula. Fistula sendiri adalah sebuah saluran kecil yang tidak wajar dan menyambungkan dua organ tubuh yang seharusnya tidak tersambung.

Pada kanker serviks, fistula dapat terbentuk antara vagina dengan saluran kemih atau anus. Dengan begitu, kotoran berupa urine atau feses dapat keluar melalui vagina.

11. Sakit Punggung

Terakhir tapi tidak kalah penting, kanker serviks juga dapat menyebabkan rasa sakit di area pinggang. Pada umumnya, jika kanker menyebar ke ginjal, maka kamu bisa merasakan nyeri di bagian samping tubuh atau punggung bawah.

Asuransi Penyakit Kritis

Bagaimana Cara Cegah dan Antisipasi Kanker Serviks?

Kamu bisa mulai mencegah risiko kanker dengan memulai gaya hidup yang lebih sehat. Yuk, coba terapkan kebiasaan berikut:

  • Memakai kondom ketika sedang berhubungan seks;
  • Vaksin untuk HPV, jika kamu masih berusia 9-26 tahun.
  • Cek kesehatan kamu melalui pap smear sekali dalam 3-5 tahun.
  • Temukan cara berhenti merokok yang ampuh.

Kamu pun juga bisa mulai antisipasi risiko kanker. Caranya adalah dengan mempersiapkan dana darurat untuk biaya perawatan agar pemulihan bisa terjadi dengan lancar. Atau kamu juga bisa mengambil asuransi penyakit kritis, seperti Super Well Protection

Dengan harga premi mulai dari Rp50.000-an saja per bulan, kamu bisa mendapatkan perawatan menyeluruh sesuai tagihan, dengan batas tahunan sampai Rp1 M. Lumayan, ‘kan? Yuk, coba cek produknya dulu!

Artikel Terkait Lainnya