covid-19

Sampai saat ini pandemi masih ada, setiap orang dianjurkan untuk tetap di rumah dan patuhi protokol kesehatan. Protokol kesehatan juga harus dilakukan jika bepergian atau beraktifitas di luar.

Di tengah pandemi ini, banyak orang juga yang bertanya-tanya apakah ruangan ber-AC membuat virus Corona menyebar?

Virus Corona sebenarnya bertahan di ruangan apa saja, apakah itu ber-AC atau tidak. Mengapa? Karena virus Corona sendiri sifatnya tidak airborne. Pada umumnya virus ini tidak dapat bertahan di ruangan terbuka. Virus akan berkembang biak jika berada di sebuah objek, salah satunya adalah manusia.

Hal lain tentang virus ini adalah berada di dalam droplet. Oleh karena itu virus bisa bertahan lebih lama. Jika kamu sedang berada di ruangan ber-AC maka dengan mudah droplet lebih lama bertahan.

Jadi pertanyaan tentang apakah benar virus Corona mudah menyebar dalam ruangan ber-AC? Kamu sudah tau jawabannya. Makanya kamu dianjurkan untuk tetap menggunakan masker dan sering mencuci tangan.

Live Update Jumlah Corona di Indonesia dan Dunia

Apa saja yang perlu kamu hindari jika berada di ruangan ber-AC?

Kamu harus tetap waspada meskipun virus ini tidak hidup di ruangan ber-AC.

  1. Pastikan kamu tidak batuk atau bersin dalam ruangan ber-AC apalagi jika tidak menggunakan masker. Kamu harus berhati-hati agar tidak tertular meskipun dalam ruangan. Misalnya jika kamu adalah pekerja kantoran dan berada dalam ruangan ber-AC, hati-hati karena bisa jadi kamu atau orang sekitar kamu bisa menjadi Carrier. Carrier bisa menjadi penular karena bisa terlihat tanpa gejala.

  1. Pastikan kamu menggunakan masker. Sebaiknya kamu tetap mengikuti protokol kesehatan yang baik. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, droplet berada juga dalam virus. Oleh karena itu jika kamu berinteraksi dengan orang lain pastikan kamu atau orang sekitar harus menggunakan masker. Bahayanya adalah jika droplet masuk ke mulut atau hidung.

  1. Pastikan makan dan minum di tempat terbuka. Mengapa? Karena masih dengan alasan yang sama yaitu droplet. Dikhawatirkan virus dapat menempel di makanan dan minuman.

Ingin tubuh tetap sehat? Ini dia manfaat infused water.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika berada di ruangan ber-AC. Hal yang paling penting adalah mengantisipasi risiko kesehatan. Kamu harus melindungi diri dari sekarang. Selain protokol kesehatan, sebaiknya kamu memiliki asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Jangan khawatir karena premi yang mahal. Di Super You, kamu bisa menemukan asuransi yang terjangkau. Mulai dari Rp 30 ribuan per bulan. Uang pertanggungan hingga Rp 300 juta.

Jaga Kesehatan, Jaga Diri Kamu dengan Asuransi Super Life Protection. Cover Risiko COVID-19 lho

Ciptakan Ruangan yang Sehat dan Bersih

Dimana pun kamu berada harus tetap menjaga kesehatan dan pastikan ruangan yang kamu tempati bersih dan sehat. Disarankan jika rumah atau kamar kamu menggunakan AC, kamu bisa menggunakan exhaust fan yang bertujuan membuat udara segar keluar dan masuk ke ruangan dengan sangat baik. Tentu saja ruangan ber-AC dapat lebih bersih.

Jika kamu tidak memiliki exhaust fan, pastikan ruangan kamu memiliki jendela agar udara segar dari luar dapat masuk sehingga udara di ruangan tetap fresh dan selalu baru.

Kamu perlu perhatikan ketika ruangan lembab atau dingin, virus yang berada di dalam droplet dapat lebih lama dan mampu bertahan.

Selain tentang virus yang ada di ruangan ber-AC, ada juga yang mengatakan bahwa virus akan mudah mati ketika di tempat yang panas. Virus memang lebih mudah mati ketika berada di udara panas namun hal ini tidak menjamin kamu akan terhindar dari virus corona karena kamu harus bisa melindungi diri dan jaga kesehatan tubuh.

Belum Punya Asuransi Kesehatan? Ini Dia My Hospital Protection Asuransi dengan Premi Mulai dari Rp 39.500 per Bulan

Pastikan kamu juga mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Jangan lupa konsumsi vitamin C setiap hari, rajin berolahraga, dan jaga imunitas tubuh kamu.

Baca juga, 6 manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh.

SHARE

Artikel Terkait Lainnya