cuaca panas di Indonesia

Cuaca panas di Indonesia mungkin terdengar biasa, apalagi karena Indonesia merupakan negara beriklim tropis. Namun, tahun ini panas yang dialami Indonesia tergolong ekstrim yang mencapai 37.2 derajat celcius dari yang biasanya 27 derajat celcius. Mengapa hal ini bisa terjadi? Lalu bagaimana cara menjaga diri dari perubahan panas yang ekstrim ini? Mari ketahui di sini.

Ciri-Ciri Negara Beriklim Tropis

Penjelasan dari iklim tropis adalah suatu daerah yang berada di antara garis isotherm (garis penghubung tempat dengan temperatur yang sama) pada bumi bagian utara dan selatan. Posisi iklim tropis ada di 23,5 derajat lintang utara dan 23,5 derajat lintang selatan. Selain itu posisi dari iklim tropis juga terletak di garis khatulistiwa. 

Wilayah beriklim tropis terbagi menjadi dua, yaitu daerah iklim tropis kering dan basah. Wilayah iklim tropis kering meliputi stepa, sabana (padang rumput) kering dan gurun pasir, berbeda dengan wilayah iklim tropis basah yang meliputi hutan hujan tropis, sabana dan daerah dengan musim basah.

Negara yang berada di wilayah beriklim tropis memiliki ciri-ciri tertentu. Ciri-cirinya adalah berikut ini:

  1. Biasanya memiliki suhu udara rata-rata tinggi dengan lokasi matahari yang selalu vertikal. Suhu udara negara tropis biasanya 20 hingga 23 derajat celcius, tetapi ada juga negara tropis yang lebih tinggi hingga rata-rata suhu udara negaranya bisa mencapai 30 derajat celcius. 
  2. Negara beriklim tropis juga memiliki tekanan udara yang rendah. Saat terjadi perubahan, biasanya akan terjadi secara perlahan dan beraturan.
  3. Biasanya, negara dengan iklim tropis akan memiliki lebih banyak curah hujan dibandingkan dengan daerah lainnya di dunia.
  4. Negara yang merupakan bagian dari wilayah beriklim tropis juga mendapatkan lebih banyak cahaya matahari, biasanya hingga sepanjang tahun. Jika wilayahnya beriklim tropis basah, biasanya memiliki lebih banyak hutan dengan tumbuhan hijau lebat.

Baca Juga: Apa Saja Istilah-istilah Label Sunscreen?

Indonesia Sebagai Negara Beriklim Tropis

Indonesia Sebagai Negara Beriklim Tropis

Indonesia merupakan negara beriklim tropis, fakta ini membuat suhu cuaca Indonesia lebih hangat dibandingkan dengan negara lain, tetapi selain itu terdapat beberapa alasan lainnya yang membuat Indonesia bagian dari wilayah beriklim tropis, yaitu:

  1. Lokasi Indonesia yang berada di garis khatulistiwa, yakni deretan pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Indonesia bagian timur. Selain itu letak astronomis Indonesia berada di 6 derajat LU – 11 derajat LS dan 95 derajat BT – 141 BT. 

Letak Indonesia juga berada di antara dua benua, benua Asia dan benua Australia, sehingga mendapatkan hembusan angin dari keduanya. Selain benua, Indonesia juga berada di antara dua samudra, yakni Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Hal-hal ini membuat Indonesia hanya memiliki dua musim, panas dan hujan.

  1. Indonesia memiliki wilayah dengan curah hujan yang tinggi, tetapi ada juga wilayah dimana curah hujannya rendah.
  2. Cuaca panas di Indonesia sudah biasa karena suhu tahunan Indonesia rata-rata di atas 18 derajat celcius dan bisa mencapai hingga 38 derajat celcius saat musim panas. 
  3. Meski Indonesia memiliki dua musim, perbedaan dari keduanya sangat tipis jadi tidak terlalu jelas. Namun, perbedaan saat periode dimana hujan sedikit dan banyak hujan yang disertai dengan angin kencang akan sangat terlihat. 

Lalu, Ada Apa Dengan Cuaca Panas di Indonesia yang Ekstrim?

Meski cuaca panas di Indonesia adalah hal biasa, tetapi dengan cuaca panas melanda berbagai belahan dunia, Indonesia juga tidak terkecuali dalam mengalami panas terik ini. 

Beberapa negara dari benua Asia, yakni Bangladesh, Myanmar, India, China, Thailand melaporkan bahwa cuaca panas mereka telah mencapai lebih dari 40 derajat celcius. Cuaca panas di Indonesia sendiri telah mencapai 37.2 derajat celcius untuk suhu maksimum harian.

Namun, berbeda dengan negara lain dimana cuaca panas ekstrim disebabkan oleh heatwave atau gelombang panas, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa penyebab cuaca panas di Indonesia adalah akibat dari gerak semu matahari. 

Baca Juga: Ketahui Manfaat Air Kelapa, Bahkan Untuk Ibu Hamil dan Penderita Asam Lambung!

Efek Samping Cuaca Panas Pada Tubuh

Efek Samping Cuaca Panas Pada Tubuh

Selain keringatan dan suhu tubuh yang meningkat, terdapat beberapa efek samping dari cuaca panas pada tubuh. Dengan tingginya cuaca panas di Indonesia ada baiknya untuk mengetahui apa saja efek samping tersebut agar bisa lebih berhati-hati dengan cuaca ekstrim belakangan ini. Mari ketahui apa saja penyakit yang bisa terjadi akibat cuaca panas di bawah ini!

  1. Terjadinya dehidrasi, heatstroke dan iritasi kulit adalah beberapa efek samping yang sering terjadi ketika cuaca panas. Kondisi ini bisa disertai dengan kelelahan, kulit kering dan perubahan warna urine yang menjadi keruh. 
  2. Saat cuaca panas sangat ekstrim, bisa saja membuat seseorang mengalami sakit kepala sebelah karena paparan matahari yang terlalu terik. Polusi yang berlebihan juga bisa menyebabkan timbulnya sakit kepala sebelah.
  3. Saat suhu cuaca sangat panas, suhu tubuh juga bisa meningkat dan biasanya harus diturunkan dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang dingin, kompres dan lainnya. Saat cuaca sangat ekstrim, seperti cuaca panas di Indonesia saat ini, hindari mengonsumi makanan seperti gorengan atau makanan pedas. 
  4. Cuaca panas di Indonesia yang ekstrim bisa menyebabkan terjadinya demam tinggi karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Bagaimana seseorang terkena demam saat cuaca panas? Hal ini bisa terjadi akibat suhu panas ekstrim yang meningkatkan suhu tubuh seseorang dan bisa menjadi berbahaya jika tidak ditangani karena bisa menyebabkan kerusakan otak serta berbagai organ-organ yang vital di dalam tubuh.
  5. Salah satu efek samping yang bisa terjadi saat cuaca panas ekstrim adalah dehidrasi. Tubuh manusia didominasi oleh cairan dan dengan dehidrasi saat cuaca panas sangat ekstrim dan mengeluarkan keringat, tubuh menjadi lebih mudah lelah, terasa lemas, mengalami rasa pusing, mual dan mudah kehilangan kesadaran. 
  6. Saat cuaca panas sangat ekstrim, bisa timbul ruam pada kulit akibat keringat berlebihan yang menyumbat pori-pori tubuh. Kondisi ini terutama terjadi pada area lipatan, seperti ketiak, selangkangan, bawah payudara, hingga siku. Saat pori-pori tersumbat, bisa timbul benjolan kemerahan dengan rasa gatal.

Tips Mengatasi Cuaca Panas Ekstrem

Tips Mengatasi Cuaca Panas Ekstrem

Dengan berbagai efek samping mengerikan yang bisa terjadi saat cuaca panas, apa saja tips mengatasi cuaca panas ekstrem seperti cuaca panas di Indonesia saat ini? Sangat banyak tips menghadapi cuaca panas seperti yang sedang melanda berbagai negara saat ini, tetapi kunci utama adalah kesiapan dari setiap individu.

  1. Dehidrasi sangat mudah terjadi terutama ketika cuaca panas ekstrim. Pastikan untuk mengonsumsi banyak air putih, jangan menunggu hingga terasa haus. Dengan cuaca panas di Indonesia yang ekstrim tubuh akan lebih sering berkeringat dan bisa menyebabkan terdehidrasi lebih cepat. 
  2. Hindari menggunakan baju berwarna gelap karena pasalnya menggunakan baju dengan warna gelap sangat cuaca panas bisa menyerap panas. Gunakan baju berwarna terang untuk mencegah hal ini terjadi.
  3. Selain warna baju, keketatan baju juga terpengaruh dengan cuaca panas. Saat cuaca panas di Indonesia seperti ini, lebih cocok untuk memakai baju yang longgar untuk beraktivitas sehari-hari untuk meminimalisir suhu panas. 
  4. Menggunakan kacamata, jaket, topi, masker, kaos kaki dan perlengkapan lainnya juga berguna untuk melindungi kulit dari melakukan kontak langsung dengan paparan sinar matahari. 
  5. Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen agar kulit terlindungi dari terbakar, kemerahan, menghitam hingga risiko terkena kanker kulit.
  6. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, bisa juga mendinginkan suhu tubuh jika cuaca panas ekstrim terlalu kencang. Hal ini bisa dilakukan dengan menghindari paparan sinar matahari dan berteduh, kompres tubuh menggunakan air es atau es batu, mengonsumsi air dingin, mendinginkan tubuh dengan ac atau kipas angin dan berbagai cara lainnya.

Cuaca panas di Indonesia dalam kondisi yang tergolong parah, karena itu setiap orang perlu lebih berhati-hati dalam menjaga suhu tubuh mereka di cuaca panas ekstrim ini. Efek samping dari terkena panas ekstrim bisa fatal kepada tubuh, karena itu tidak hanya mempersiapkan barang untuk mengatasi cuaca panas ekstrim tetapi juga asuransi kesehatan untuk mencegah risiko finansial jika jatuh sakit. 

mantap jiwa

Asuransi kesehatan dari Super you bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan. Tidak hanya terjangkau, tetapi juga gampang diakses dan didapatkan loh!

Artikel Terkait