hand sanitizer

Menjaga kebersihan tangan merupakan hal penting untuk semua orang. Sekarang ini banyak yang menggunakan cairan antiseptik seperti hand sanitizer untuk membersihkan tangan. Padahal terdapat bahaya penggunaan hand sanitizer yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Bahaya penggunaan cairan antiseptik ini dapat terjadi apabila Kamu menggunakannya secara berlebihan. Berikut adalah beberapa bahayanya yang perlu Kamu ketahui.

Bahaya Penggunaan Hand Sanitizer Berlebihan pada Tubuh

 

Keracunan alkohol

 

Bahan aktif yang terkandung dalam hand sanitizer merupakan alkohol. Penggunaan bahan ini sebaiknya tidak berlebihan agar tidak menimbulkan bahaya seperti keracunan alkohol. Batasi penggunaan hand sanitizer hanya untuk kondisi mendesak saja. Apabila memungkinkan, lebih disarankan untuk menggunakan sabun dan air mengalir.

 

Kulit kering

 

Kandungan alkohol dalam hand sanitizer cukup tinggi, mulai dari 60% atau lebih. Zat aktif ini memiliki sifat panas di kulit dan apabila tangan terlalu banyak bersentuhan dengan alkohol, kulit akan berubah menjadi kering. Oleh sebab itu, hand sanitizer sebaiknya tidak digunakan secara berlebihan agar tidak menghilangkan kelembaban alami kulit.

 

Rentan diare

 

Hand sanitizer mengandung kadar alkohol yang cukup tinggi. Pada penggunaan yang berlebihan, akan muncul bahaya penggunaan hand sanitizer seperti rentan terkena diare. Hal tersebut terjadi karena alkohol akan membunuh semua bakteri, termasuk bakteri baik yang penting untuk imun tubuh.

Alkohol dapat membunuh bakteri baik dan secara tidak langsung akan merusak mikroorganisme usus dan menurunkan sistem imun. Hal tersebut dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti diare.

Jumlah Kasus Terbaru Corona di Indonesia dan Dunia

Tubuh kebal terhadap zat antibiotik

Antibiotik umumnya dikonsumsi untuk membantu melawan bakteri jahat yang masuk ke tubuh. Namun pada kondisi tubuh yang sudah kebal antibiotik, zat ini tidak dapat terserap secara maksimal  dan mengakibatkan bakteri atau virus jahat bertambah banyak di dalam tubuh.

Mempengaruhi kesuburan

Terlalu sering menggunakan hand sanitizer akan berdampak buruk untuk kesehatan termasuk pada tingkat kesuburan. Beberapa hand sanitizer yang menggunakan triclosan dapat menurunkan tingkat kesuburan jika digunakan secara berlebihan. Sebaiknya Kamu menggunakan hand sanitizer hanya saat tidak tersedia air dan sabun untuk cuci tangan.

 

Melemahnya sistem imun

Dampak penggunaan hand sanitizer khususnya yang mengandung triclosan dapat menurunkan sistem imun apabila digunakan secara berlebihan. Tubuh menjadi lebih rentan terserang penyakit saat imun tubuh tidak bagus.

Sedangkan penggunaan hand sanitizer berlebihan pada anak dapat mengganggu perkembangan sistem imun mereka. Oleh sebab itu, lebih disarankan untuk membersihkan tangan anak dengan menggunakan air dan sabun. Hand sanitizer hanya untuk kondisi mendesak saja.

Selain Herd Immunity, Ini 9 Cara Cegah Corona

Gangguan hormon

Penggunaan hand sanitizer secara berlebihan dapat mempengaruhi hormon. Kandungan parfum pada hand sanitizer berpotensi mengganggu hormon. Selain itu, kandungan triclosan pada cairan antiseptik ini juga dapat merusak hormon hingga memicu kanker.

Dermatitis

Selain menyebabkan kulit kering, bahaya penggunaan hand sanitizer terlalu sering adalah memicu masalah kesehatan kulit seperti dermatitis. Apalagi untuk Kamu yang memiliki kulit sensitif atau pernah terkena eksim. Selain membatasi penggunaan hand sanitizer, sebaiknya gunakan juga pelembap setelah Kamu menggunakan hand sanitizer.

Merusak lapisan kulit

Kulit kering hingga mengelupas bisa terjadi jika Kamu terlalu sering menggunakan hand sanitizer. Alkohol dalam cairan ini dapat mengurangi protein dan lipid pada lapisan kulit. Selanjutnya lapisan kulit bisa menjadi rusak dan sulit untuk penyembuhan pada bagian kulit tersebut. 

Menggunakan hand sanitizer untuk melindungi diri Corona memang diperlukan namun seperti informasi diatas, penggunaan hand sanitizer berlebihan malah dapat membahayakan kesehatan kamu. Nah untuk menghindari dampak buruk dari penggunaan hand sanitizer yang berlebihan tersebut sekaligus mendapatkan perlindungan optimal dari COVID-19 kamu dapat melindungi diri dengan asuransi Super Strong Protection (cover perlindungan COVID) dari Super You by Sequis Online. Hanya dengan Rp 28,500 kamu dapat perlindungan ganda yakni asuransi jiwa dan asuransi penyakit kritis termasuk perlindungan karena resiko COVID-19. Yuk lindungi diri kamu dan orang orang tersayang sekarang. Klik banner dibawah ini untuk pelajari lebih lanjut ya.

super strong corona

SHARE

Artikel Terkait Lainnya