diet alpukat

Alpukat dianggap menjadi buah yang membuat berat badan naik karena kandungan lemak yang lumayan tinggi. Namun tidak sedikit yang beranggapan jika lemak ini justru membuat berat badan menurun. Bagaimana ilmu kedokteran melihat fakta diet alpukat? Yuk simak fakta-faktanya berikut.

Sederet Fakta Unik Diet Alpukat Yang Harus Kamu Tahu

Berdasarkan catatan Departemen Pertanian Amerika, alpukat mengandung 64 kalori per 40 gram dari berat dagingnya. Dari total tersebut, 6 gram diantaranya termasuk lemak yang bagus untuk tubuh karena menyumbang kalori. Tak hanya itu, alpukat terdiri dari nutrisi yang bagus untuk tubuh, diantaranya:

  1. 3,4 gram karbohidrat
  2. Tidak lebih dari 1 gram gula
  3. 3 gram serat

Melihat kandungan tersebut, tidak heran jika alpukat menjadi buah diet terbaik. Membahas mengenai alpukat, ada beberapa fakta unik yang harus kamu tahu. Sebelum diet Berikut fakta-fakta uniknya;

Buah Alpukat Membuat Perut Kenyang Cukup Lama

Bagi yang sering diet dengan alpukat, banyak yang beranggapan jika buah ini membuat tubuh lebih lama kenyang. Faktanya memang demikian. Dari penelitian yang didapat menyebutkan jika mengonsumsi alpukat segar setengah porsi bisa mengurangi nafsu makan sampai 3 jam.

Fakta ini diperjelas dengan kandungan serat di alpukat yang bisa mengurangi nafsu makan dalam waktu yang lumayan lama. Bukan hanya membuat kenyang saja, serat di alpukat juga melancarkan pencernaan serta mencegah terjadinya sembelit.

Alpukat adalah buah terbaik untuk menjaga berat badan

Bagi yang khawatir masalah obesitas, mengkonsumsi alpukat untuk diet sangat bagus karena tidak menambah berat badan. Penelitian dari Amerika Serikat menyebutkan jika alpukat yang dikonsumsi secara rutin membantu pengonsumsinya mendapat berat badan ideal dan mengurangi resiko terkena penyakit metabolik.

Fakta tersebut memang tidak lantas membuat seseorang yang mengonsumsi alpukat menjadi sehat dan langsing. Setidaknya penelitian ini memberitahumu untuk tidak takut makan alpukat karena berat badan tidak akan bertambah.

 

Baca Juga : 7 Jenis Minuman Untuk Diet

 

Lemak pada alpukat meningkatkan pembakaran lemak tubuh

Meskipun kandungan lemak di alpukat lumayan tinggi, lemak tersebut teksturnya seperti mentega sehingga termasuk lemak tak jenuh. Tipe lemak ini memiliki keunggulan karena:

  • Bisa membantu mempercepat proses pembakaran lemak di dalam tubuh dibanding jenis lemak lain
  • Membantu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh
  • Meningkatkan pembakaran kalori setelah makan

Meskipun manfaat lemak di alpukat masih perlu dikaji, setidaknya kamu tidak perlu khawatir jika ingin mengkonsumsi lemak ketika diet menurunkan bobot badan.

Konsumsi lemak harus diatur

Meskipun ada penelitian yang menyebutkan jika diet dengan alpukat lumayan membantu menurunkan berat badan, bukan berarti kamu bisa mengkonsumsi alpukat secara berlebihan. Bagaimanapun juga alpukat memiliki kandungan kalori yang tinggi sehingga tidak disarankan mengkonsumsi satu buah alpukat sekaligus.

 

Baca Juga : Manfaat Air Lemon Turunkan Berat Badan

 

Tujuannya agar tubuh tidak mengalami lonjakan kalori yang bisa membuat berat badan naik. Porsi yang disarankan adalah setengah buah atau minimal seperempat buah. Meskipun begitu, kamu harus mengimbanginya dengan menkonsumsi makanan lain agar nutrisi dalam tubuh tetap terjaga/ Contoh pola makannya sebagai berikut;

  • Sarapan mengkonsumsi 2 telur orak arik + 5 irisan alpukat + setengah buah apel dan dua butir almond
  • Makan siang : kacang polong + satu gelas air kelapa + salad alpukat
  • Makan malam : satu gelas susu + salmon saus dengan campuran irisan alpukat

Diet alpukat tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Namun cocok juga untuk mencegah berbagai penyakit karena kandungan antioksidan didalamnya.

SHARE Super you Facebook Super you instagram

Artikel Terkait Lainnya