efek penggunaan ac untuk kulit

Tahukah Anda? Bahwa berada di dalam rumah tidak menutup kemungkinan Anda tetap bisa terhindar dari masalah kulit, lho. Penggunaan AC yang berlebihan juga merupakan suatu ancaman yang bisa mempengaruhi kesehatan kulit Anda. Udara dingin yang dihasilkan oleh AC bisa mempengaruhi kelembaban kulit dan membuat kulit kering.

Tak hanya itu, masih ada banyak hal tentang efek samping penggunaan AC yang berlebihan pada kulit Anda, apa sajakah itu? Yuk, simak!

Efek Samping Penggunaan AC Pada Kulit

Bagi anda yang kerap kali melakukan aktivitas di dalam ruangan terutama di ruangan ber AC.anda harus mengetahui efek AC yang bisa mempengaruhi kesehatan kulit Anda di antaranya:  

 

Kering dan Gatal

kering dan gatal

Kulit yang kering karena kurangnya kelembaban pada kulit bisa memicu rasa gatal. Hal ini membuat epidermis kulit sehingga terjadi renggang dan menimbulkan rasa gatal. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan kelembaban kulit Anda saat sedang berada di ruangan yang ber AC, seperti menggunakan pelembab, minum air putih secukupnya, dan lainya.

 

Keriput 

keriput

Keringat ternyata memiliki peran penting, lho, selain melepaskan racun pada tubuh, keringat juga bisa mempengaruhi kelembaban kulit. Jika kadar keringat berkurang terlalu banyak karena suhu udara yang dingin, hal ini bisa menyebabkan timbulnya kulit kering dan keriput.

Maka dari itu, Anda tetap membutuhkan udara dengan suhu yang tidak terlalu dingin. Untuk tetap bisa menjaga kulit agar tidak muncul kerutan di wajah, yang bisa mengganggu kepercayaan diri, dan penampilan Anda.

 

Penuaan Dini

penuaan dini

Tentunya, jika muncul keriput pada wajah akibat terlalu kering, Anda akan mengalami penuaan dini. Penuaan dini adalah salah satu mimpi buruk yang tidak diinginkan wanita. Kurangnya keelastisan kulit, karena kulit kering akan menyebabkan pecah-pecah yang rentan terhadap kerutan. Oleh karena itu, kamu butuh tips cara mengatasi kulit kering.

 

Kusam

kulit kusam

Suhu ruangan yang dingin dapat mengurangi produksi minyak di lapisan kulit yang dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan tidak terhidrasi. Hal tersebut juga akan mempengaruhi kesehatan kulit Anda yang bisa menyebabkan degenerasi kulit. 

Di atas adalah efek penggunaan AC terlalu lama, tentunya Anda tidak ingin mengalami beberapa hal di atas. Meskipun sekarang dampak pandemi membuat Anda sering bekerja di rumah aja namun Anda tetap perlu memberikan perhatian kepada kulit terutama ketika Anda di ruangan ber AC.

Di bawah ini ada tips untuk Anda yang memiliki masalah kulit wajah kering!

Tips Menjaga Kelembaban Kulit di Ruang Ber AC

Bagi anda yang memiliki masalah kulit kering disebabkan terlalu banyak berada di ruang ber AC di bawah ini akan ada beberapa tips untuk anda menghindari kulit wajah kering saat berada diruangan ber AC.

Minum Air

minum air putih

Air memang memberikan segudang manfaat tak hanya di kesehatan tubuh, namun juga, memberikan manfaat bagi kesehatan kulit. Dengan rajin mengkonsumsi air mineral Anda bisa tetap menjaga kelembaban kulit Anda dan menjaganya agar tetap sehat.

Konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh yaitu sekitar 20%.

 

Pelembab Wajah

pelembab wajah

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan pelembab wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Menggunakan pelembab bisa membantu Anda memelihara kesehatan kulit. Anda bisa menggunakan pelembab 2x sehari, untuk terhindar dari kulit kering dan masalah-masalah seperti yang disebutkan di atas.

 

Menggunakan Lotion 

menggunakan lotion

Anda Juga memerlukan lotion untuk kulit tubuh Anda agar tidak kering, meskipun Anda jarang keluar rumah, penting bagi Anda untuk tetap menggunakan lotion. Banyak sekali pilihan lotion yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. 

 

Makanan Sehat

makanan sehat

Memiliki pola makan yang sehat juga membantu Anda untuk menjaga kesehatan pada kulit, mengurangi makanan cepat saji, dan mengganti dengan olahan makanan sehat akan membantu merawat kulit dari dalam. Ini dia 7 jenis makanan sehat untuk kulit.

Vitamin

minum vitamin

Selanjutnya, Anda juga membantu perawatan kulit dari dalam dengan menggunakan vitamin yang dibutuhkan antioksidan seperti vitamin E. Mengkonsumsi vitamin bisa membuat Anda terbebas dari radikal bebas. Untuk menjaga kesehatan tubuh kamu juga butuh vitamin D. Ini dia 13 manfaat vitamin D.

Nah, itulah tadi efek samping penggunaan AC berlebih terhadap kulit, beserta tips yang bisa Anda coba untuk mencegah terjadinya kulit kering. Tentunya merawat kesehatan kulit tak hanya menggunakan tips di atas, namun juga harus di imbangin dengan pola hidup sehat seperti berolahraga dan membersihkan diri.

 

Lindungi Diri dengan Perlindungan Asuransi

Selain menjaga kulit tetap sehat, kamu juga harus menjaga tubuh agar tetap sehat. Agar kamu gak keluar biaya berobat di masa depan, sebaiknya kamu membeli asuransi kesehatan untuk melindungi diri. Di Super You, asuransi hanya dimulai dari harga Rp 30 ribu-an saja per bulan. Terjangkau bukan?

Yuk, cari tahu disini.

Artikel Terkait