faktor asuransi kesehatan

Premi mahal biasanya membuat calon pembelinya ragu nih. Tapi sebenarnya, perlu dipahami dulu lho 7 faktor premi asuransi kesehatan bisa mahal. Check them out!

#1 Usia Tertanggung

Usia mempengaruhi harga premi. Sebagai contoh, sekitar 3 tahun yang lalu saya coba mendaftarkan asuransi kesehatan untuk adik saya (21 tahun). Hasilnya jauh lebih murah hingga Rp150 ribu dibandingkan premi asuransi kesehatan saya yang berusia 28 tahun.

Hal ini berkaitan dengan resiko kesehatan yang nantinya akan ditanggung oleh perusahaan. So, buat kamu yang masih muda, segera cari asuransi kesehatan ya. Eits di Super You asuransi kesehatan My Hospital Protection premi mulai dari Rp 30 ribu-an per bulan lho. Yuk cari tahu selengkapnya dibawah ini.

asuransi kesehatan my hospital

Yuk, baca juga ini alasan kenapa kamu butuh asuransi kesehatan.

#2 Riwayat Kesehatan

Pertama-tama, perusahaan asuransi akan memberikan syarat berupa tes kesehatan bagi para calon nasabahnya. Hasil tes kesehatan itu akan jadi faktor penentu besarnya premi asuransi yang akan muncul dalam prospectus polis.

Selain itu, riwayat kesehatan pribadi dan juga riwayat kesehatan keluarga seperti orangtua misalnya, akan menjadi salah satu syarat yang harus dilampirkan. Riwayat kesehatan ini akan sangat berpengaruh pada risiko besar kecilnya tingkat kematian seseorang.

#3 Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok memang buruk, pengaruh juga nih ke harga premi. Jika riwayat kesehatan orang tua baik, tapi calon nasabah memiliki kebiasaan merokok, harga premi asuransi sudah pasti mahal.

Resiko Selain diminta menuliskan riwayat kesehatan, kita biasanya juga diminta menuliskan data apakah kita termasuk perokok aktif atau tidak. Sebab, mayoritas perusahaan asuransi menilai seorang perokok memiliki risiko kesehatan lebih besar ketimbang yang tidak merokok.

#4 Jenis Pekerjaan

Orang yang bekerja dengan tingkat resiko kematian yang tinggi tentu biaya asuransi kesehatannya akan lebih mahal. Misalnya seperti para pekerja di pertambangan, maskapai penerbangan, atau konstruksi bangunan.

#5 Besarnya Uang Pertanggungan (UP)

Uang Pertanggungan yang semakin besar akan membuat premi asuransi semakin mahal. Nantinya uang pertanggungan yang keluarga kita terima akan sebanding dengan apa yang kita bayarkan.

Oleh sebab itu sangat disarankan untuk bijak dalam melakukan perhitungan kebutuhan nilai uang pertanggungan asuransi ya. Kamu bisa review polis asuransi Super You. Tentu saja jika kamu bingung, tim Super You siap membantu menjelaskannya.

#6 Masa Kontrak Polis

Ada banyak varian kontrak asuransi atau masa perlindungan asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi kesehatan. Mulai dari asuransi perjalanan yang paling singkat hingga asuransi whole life. Semakin lama masa kontrak polis asuransi yang kamu beli, maka semakin mahal juga biaya premi asuransinya.

#7 Jenis Asuransi

Manfaat yang diberikan jenis asuransi menentukan mahal atau tidaknya harga premi ya. Makin banyak manfaat, makin mahal tentunya.

Baca Juga : Bingung Pilih Asuransi? Ini 7 Jenis Asuransi Umum untuk Kamu

Lalu, gimana ya caranya dapat harga premi yang murah?

#1 Makin Muda, Makin Murah

Intinya, jangan menunda punya asuransi kesehatan. Segera miliki sejak masih muda karena premi asuransinya akan lebih murah.

#2 Gunakan Asuransi Jiwa

Selain asuransi kesehatan, kamu bisa menambah manfaat perlindungan khusus asuransi jiwa. Pada umumnya ada asuransi kesehatan yang hanya mengcover biaya kesehatan tanpa biaya tambahan jika pengguna mengalami resiko kematian. Namun perlu kamu ketahui preminya berbeda semakin banyak manfaat, semakin besar premi yang harus kamu bayar.

super life

 #3 Asuransi Kelompok

Asuransi kelompok jauh lebih murah preminya. Asuransi kelompok ini biasanya diperuntukkan bagi karyawan. Namun juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi asuransi keluarga dengan premi yang lebih terjangkau.

#4 Ketahui Produk Asuransi Rider

Dalam asuransi ada yang namanya produk rider (tambahan pembelian asuransi). Misalnya asuransi yang kamu beli adalah asuransi untuk jiwa, kesehatan dan juga kecelakaan. Manfaatnya kan banyak, jadi harga premi pun lebih mahal.

Baca Juga : Pelajari Cara Klaim Asuransi yang Benar Disini

Jadi, sudah paham kan alasan biaya premi asuransi mahal? Tapi jangan khawatir karena manfaat yang kamu dapatkan tentu juga besar. Kamu terlindungi dan aman dari resiko finansial. Daripada sakit, harus jual aset, tabungan habis. Ada baiknya jika kamu sudah punya asuransi sejak dini. Masih bingung memilih asuransi? Yuk, coba tanya SOVIA.

asuransi online

SHARE Super you Facebook Super you instagram

Artikel Terkait Lainnya