fungsi pankreas

Pankreas, organ tubuh manusia berbentuk segitiga memiliki fungsi yang penting. Fungsi pankreas yang utama ada dua, tetapi sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama dalam sistem pencernaan dan metabolisme. Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai pankreas dan beragam perannya di bawah ini!

Pankreas

Apa itu Pankreas

Apa itu Pankreas

Mari ketahui dulu apa itu pankreas? 

Pankreas adalah sebuah organ tubuh yang merupakan bagian dari sistem pencernaan manusia. 

Organ pankreas memiliki bentuk segitiga yang meruncing dan sering dibilang menyerupai ikan. Letak pankreas adalah di bagian belakang perut, dekat dengan beberapa organ pada perut yaitu, lambung, usus dan kantung empedu. Panjang dari organ pankreas sekitar 12 – 18 cm dan memiliki lebar sekitar 3,8 cm. 

Baca Juga : Pahami Penyebab Ulu Hati Sakit dan 5 Cara Mengatasi Ulu Hati Tanpa Obat

Bagian – Bagian Pankreas

Organ pankreas terbagi menjadi 4 bagian, yakni kepala, leher, tubuh dan ekor. Yuk, pahami penjelasan dari tiap bagian pankreas di bawah ini.

  • Kepala

Bagian terluas dari organ pankreas adalah area kepalanya. Fungsi pankreas bagian kepala adalah perannya dalam pencernaan karena saluran empedu yang terletak di area ini berguna untuk pencernaan.

  • Leher

Pankreas juga memiliki area leher yang panjangnya sekitar 2 cm. Fungsi pankreas bagian leher adalah sebagai penghubung antara bagian kepala dengan tubuh.

  • Tubuh

Lokasi bagian tubuh pankreas berada di belakang kepala pankreas yang membentang ke sebelah kiri. Tubuh pankreas merupakan bagian terpanjang dari organ pankreas dengan bagian depannya tertutup oleh peritoneum atau jaringan padat yang melapisi sekeliling perut. 

Pada bagian belakang dari tubuh pankreas merupakan bagian yang dekat dengan tulang belakang dan berada di belakang organ – organ lainnya di dalam perut. 

Pada belakang tubuh pankreas terdapat pembuluh darah yang besar sehingga fungsi pankreas bagian tubuh adalah untuk membawa darah ke pankreas.

  • Ekor

Ekor pankreas merupakan bagian terakhir dari anatomi organ pankreas. Bentuknya bulat dan berada pada sebelah kiri tubuh pankreas. Lokasi dari ekor pankreas dekat dengan limpa dan berada di atas ginjal kiri. 

Bagian ekor mungkin lebih kecil dibandingkan bagian lainnya, tetapi fungsi pankreas area ekor sangat penting untuk produksi hormon.

Letak Pankreas dalam Tubuh 

Letak pankreas memang di bagian belakang perut, tetapi secara jelas pankreas berada diantara kerangka tulang belakang dan perut, di atas ginjal kiri dan kanan. Atau, bisa dibilang juga bahwa lokasi dari pankreas ada di antara duodenum dan limpa dengan bagian atasnya berdekatan dengan lambung.

Fungsi Pankreas

fungsi pankreas

Fungsi pankreas yang utama secara keseluruhan adalah menjaga sistem pencernaan dan metabolisme, tetapi untuk pankreas bisa melakukan ini, pankreas perlu berfungsi dengan baik. Pankreas berfungsi untuk menjaga sistem pencernaan dan metabolisme dengan cara di bawah ini:

  • Fungsi Eksokrin

Fungsi pankreas eksokrin adalah untuk menghasilkan enzim yang digunakan saat mencerna makanan di usus halus. Pankreas berfungsi untuk menghasilkan enzim di dalam kelenjar pankreas dan dikeluarkan kemudian disalurkan ke saluran pankreas untuk dibawa ke usus halus. 

Terdapat beberapa enzim yang dihasilkan oleh pankreas, mari ketahui apa saja dan fungsi dari setiap enzim tersebut:

  • Lipase: Mencerna lemak dalam makanan
  • Protease: Memecah protein dalam makanan dan mengubahnya menjadi asam amino
  • Amilase: Mencerna karbohidrat dalam makanan kemudian dipecah menjadi gula sederhana, seperti glukosa
  • Nuklease: Mencerna asam nukleat dalam makanan seperti DNA dan RNA
  • Fungsi Endokrin 

Selain sel – sel eksokrin, pankreas juga memiliki sel endokrin. Fungsi pankreas dengan sel endokrin adalah untuk memproduksi hormon yang mengatur kadar gula darah dan metabolisme tubuh. 

Hormon yang diproduksi oleh sel endokrin adalah insulin, glukagon dan somatostatin. Yuk, ketahui fungsi dari tiap hormon di bawah ini!

  • Insulin: berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah dengan membuat semua sel dalam tubuh menggunakan glukosa sebagai sumber energi.
  • Glukagon: Fungsi glukagon adalah meningkatkan kadar gula dalam darah dengan merangsang hati agar melepaskan glukosa yang masih ada dalam bentuk glikogen.
  • Somatostatin: Fungsi dari somatostatin adalah menghambat produksi insulin dan glukagon agar kadar gula darah menjadi teratur.

Baca Juga : Gagal Hati: Gejala, Cara Pengobatan dan Pencegahannya

Penyakit Pankreas 

Penyakit pankreas bisa terjadi dan Penyakit yang bisa timbul akibat terganggunya fungsi pankreas adalah:

  • Diabetes

Jika sel endokrin yang ada di pankreas terganggu maka bisa menyebabkan diabetes. Hal ini karena salah satu fungsi pankreas yang menghasilkan insulin dan jika rusak maka tubuh tidak bisa menghasilkan insulin kemudian kadar gula darah akan meningkat.

  • Pankreatitis

Pankreatitis atau radang pankreas terjadi jika saluran pankreas tersumbat yang menyebabkan enzim pencernaan memasuki jaringan pankreas dan merusaknya. Jika pankreatitis terjadi, maka seseorang bisa merasa nyeri perut, mual, muntah, demam hingga pendarahan.

  • Malabsorpsi

Kondisi ini terjadi ketika fungsi pankreas tidak berfungsi dengan baik sehingga tidak menghasilkan enzim yang cukup untuk pencernaan yang akan menyebabkan kesusahan untuk tubuh mencerna makanan dengan baik. Jika hal ini terjadi maka bisa menyebabkan diare, kembung dan berat badan yang menurun.

  • Kanker Pankreas

Kanker pankreas bisa terjadi saat sel – sel abnormal tumbuh dalam pankreas dan membelah diri dengan tidak terkendali. Penyakit pankreas dalam bentuk kanker merupakan penyakit yang sangat sulit untuk dideteksi dan untuk diobati.

  • Fibrosis Kistik 

Terjadinya fibrosis kistik adalah gangguan genetik sehingga timbul kelainan di pankreas dan paru – paru. Jika seseorang menderita fibrosis kistik, maka bisa menderita masalah pencernaan, gangguan pernapasan dan risiko terkena diabetes meningkat.

  • Tumor Islet Pankreas dan Pembesaran Pankreas

Tumor islet yang terjadi pada pankreas bisa menjadi kondisi yang menyebabkan penurunan pada produksi hormon. Selain itu bisa juga menyebabkan terjadinya pembesaran pankreas.

  • Pseudokista Pankreas 

Penyakit pseudokista pankreas memiliki rongga dengan cairan di dalamnya. Kondisi ini terjadi setelah pankreatitis dan cara mengatasi pseudokista pankreas adalah dengan melakukan pembedahan. Namun ini tidak selalu terjadi karena bisa juga sembuh dengan sendirinya.

  • Gangguan Fungsi Hati

Fungsi pankreas yang terganggu bisa menyebabkan gangguan pada fungsi hati sehingga menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh, seperti sirosi hati.

super easy health

Nah, itulah fungsi pankreas dan apa yang akan terjadi jika ada gangguan pankreas. Pastikan untuk melindungi kesehatan pankreas dengan siap sedia asuransi kesehatan dari Super You yang bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan.

Artikel Terkait