Tulang Hasta dan Tulang Pengumpil

Tulang merupakan organ yang berfungsi sebagai pembentuk kerangka tubuh kita, termasuk fungsi tulang hasta di dalamnya. Ketika kita dilahirkan, jumlah tulang dalam tubuh kita ada sebanyak 270 tulang. Tapi, seiring bertambah dewasa, beberapa tulang menyatu sehingga jumlahnya menjadi 206 tulang saja. Mengejutkan bukan?

Selain membentuk dan menegakkan tubuh, tulang juga memegang peranan penting lho! Tulang berfungsi untuk melindungi berbagai organ dalam, tempat otot-otot melekat, serta bekerja secara simultan dengan sistem saraf. Bahkan, salah satu fungsi tulang hasta itu memproduksi sel darah. Wah!

Waktu sekolah dulu kita juga pernah mempelajari salah satu jenis tulang, yakni fungsi tulang hasta. Apa kalian masih ingat apa fungsi tulang hasta, guys? Atau, teman-teman yang saat ini duduk di bangku SMP dan SMA, pasti ada mata pelajaran mengenal fungsi tulang hasta kan?

Pas banget! Kali ini SuperMin akan membahas tulang hasta yang ternyata masih belum diketahui banyak orang. Mulai pengertian tulang hasta, bentuk tulang hasta, fungsi tulang hasta, apa perbedaan tulang hasta dan tulang pengumpil berdasarkan letaknya, sampai cara mencegah risiko tulang hasta patah. Yuk, baca sampai akhir!

Tulang Hasta

Pengertian Tulang Hasta

Tulang Hasta

Bagaimana jadinya ya kalau tubuh kita tanpa tulang? Mungkin kita tidak akan bisa berdiri setegak ini, atau tidak bisa menggerakkan anggota tubuh lainnya. Wah, nggak mungkin kan! Misalnya saja pada fungsi dari tulang hasta.

Tulang hasta merupakan bagian dari tulang anggota gerak atas. Tepatnya pada bagian lengan bawah kita. Tulang hasta juga dikenal sebagai tulang ulna atau tulang pipa. Sering disebut tulang pipa karena bentuknya seperti tabung memanjang dari siku ke tulang pergelangan tangan yang sejajar dengan kelingking. 

Pada orang dewasa, tulang hasta memiliki panjang sekitar 27 cm. Letak tulang hasta selalu berlawanan dengan tulang pengumpil. Bagian pangkal tulang hasta menempel dengan tulang lengan bagian atas. Sedangkan, bagian badannya agak bergelombang dan menyempit supaya menempel pada tulang pergelangan tangan.

Sama dengan jenis tulang lainnya, tulang hasta terdiri atas kandungan mineral. Namun yang membedakan, ciri tulang hasta memiliki sumsum tulang untuk memproduksi sel-sel darah bagi tubuh. 

Apa Fungsi Tulang Hasta?

Berdasarkan letak tulang hasta yang sudah disinggung sebelumnya, kita jadi tahu bahwa fungsi tulang hasta adalah pembentuk kerangka lengan bawah. Selain itu, tulang hasta fungsinya membantu pergerakan tangan kita. Eits, tapi ternyata fungsi dari tulang hasta lebih dari itu loh! 

Baca juga: Ini Fungsi Tulang Pergelangan Kaki!

Sebuah tips nih agar mudah mengingat apa saja fungsi tulang hasta bisa dengan slogan 7M lho! Artinya akan mewakili huruf depan tiap fungsinya! Apa saja 7M itu? 

  • Menunjang Kerangka Tubuh Manusia

Seperti yang sudah kita ketahui, fungsi tulang hasta yang paling mendasar adalah menunjang kerangka tubuh manusia. Tak lain tak bukan, berarti tulang hasta fungsinya mengenalkan kita anggota badan yang bernama tangan.

  • Membentuk Struktur Lengan

Fungsi tulang hasta selanjutnya adalah membentuk struktur lengan, tepatnya lengan bagian bawah. Tulang hasta akan menunjang struktur lengan bawah bekerja sama dengan tulang pengumpil atau tulang radius. 

Sementara itu, untuk struktur lengan bagian atas akan dibentuk oleh tulang humerus. Jika salah satu tulang mendapat masalah, fungsi pergerakan tangan pun akan ikut terganggu.

  • Mendukung Sendi Siku

Tulang hasta terdiri atas tiga bagian, antara lain bagian atas (proksimal), bagian tengah atau badan, serta bagian bawah (distal). Nah, bagian proksimal terhubung dengan tulang humerus sehingga membentuk sendi.

Fungsi dari tulang hasta yang membentuk sendi ini dapat memungkinkan lengan bawah melakukan gerakan menekuk dan meregang. Oleh karena itu, tidak diperlukan lagi gerakan persendian siku sendirian.

  • Membantu Rotasi Pergelangan

Aktivitas kita tidak terlepas dari gerakan pergelangan tangan. Contohnya saja, ketika kita menulis, membuka gagang pintu, menekan, memegang, ataupun melempar suatu benda. Apalagi mengingat bahwa sendi siku hanya bisa digerakkan dua arah.

Bagian distal pada tulang hasta melekat dengan tulang pergelangan. Nah, itulah salah satu fungsi tulang hasta yang membantu rotasi pergerakan lengan kita jadi maksimal, bebas, dan tanpa hambatan.

  • Melekatkan Otot dengan Tulang

Selain sendi, pergerakan tangan kita selalu melibatkan otot. Kamu sudah tau belum kalau otot-otot kita berada di tulang? Mudahnya, tulang adalah struktur, sedangkan otot itu penggerak aktif sehingga membutuhkan tempat.

Karena itu, tulang hasta fungsinya sebagai tempat melekatnya otot dan daging. Tulang hasta akan memberi kaitan kepada otot lengan bawah yang mengendalikan gerakan dari pergerakan lengan dan jari.

  • Menyimpan Mineral dan Protein

Fungsi tulang hasta yang satu ini jarang banget orang tau. Kamu termasuk yang sudah tau atau belum nih, guys? Fakta menariknya, tulang hasta juga terbentuk dari jaringan kenyal yang di dalamnya menyimpan mineral dan protein. Jenis mineral dalam tulang hasta yang paling besar adalah kalsium.

  • Menghasilkan Sel-Sel Darah

Tidak hanya fungsi tulang hasta yang menyimpan mineral dan protein lho. Pada bagian tulang hasta juga terdapat rongga berisi material lunak yang disebut sumsum tulang. Sumsum pada tulang hasta fungsinya menghasilkan sel-sel darah pada tubuh.

Pengertian Tulang Pengumpil

Tulang Pengumpil

Kalau kita membahas fungsi dari tulang hasta, kita juga nggak boleh ketinggalan membahas apa fungsi tulang pengumpil. Tulang hasta dan tulang pengumpil sama-sama berada di lengan bawah kita. Lalu, apa perbedaan tulang hasta dan tulang pengumpil?

Secara umum, ada perbedaan tulang hasta dan tulang pengumpil berdasarkan letaknya. Juga mengenai tiga hal apa fungsi tulang pengumpil yang secara khusus. Tapi selain itu semua, tulang hasta dan tulang pengumpil memiliki fungsi yang sama dalam tubuh kita. 

Tulang pengumpil sering disebut tulang radius. Tulang pengumpil merupakan tulang yang menyusun lengan bagian bawah bersama tulang hasta. Tulang pengumpil juga berbentuk seperti pipa, namun bedanya agak pendek dan lebih tebal dibandingkan tulang hasta. Tulang pengumpil memiliki panjang 20-26 cm saja.

Selanjutnya, perbedaan tulang hasta dan tulang pengumpil berdasarkan letaknya. Tulang pengumpil berada di bagian lateral dari tulang hasta, sedangkan tulang hasta berada di sisi medial pada bagian lengan bawah. Kalau tulang hasta terhubung dengan sisi jari kelingking, tulang pengumpil terhubung dengan sisi ibu jari.

Apa Fungsi Tulang Pengumpil?

Berbicara apa fungsi tulang pengumpil tidak sebatas membentuk struktur lengan bawah aja, guys! Nah, supaya semakin bisa membedakannya dengan tulang hasta, yuk ketahui apa fungsi tulang pengumpil secara spesifik di bawah ini!

  • Sebagai Penguat Lengan Bawah

Fungsi tulang pengumpil adalah memberi tumpuan pada lengan bawah kita supaya lebih kuat. Misalnya, kita melakukan gerakan push up ataupun merangkak ketika berolahraga. 

  • Sebagai Tempat Melekatnya Otot Bisep

Perbedaan pada apa fungsi tulang pengumpil adalah tempat melekatnya otot bisep, yang mana memungkinkan pergelangan tangan melakukan gerakan ekstensi dan fleksi.

  • Sebagai Pendukung Sendi Pergelangan

Kalau tulang hasta fungsinya mendukung sendi siku, lain hal dengan apa fungsi tulang pengumpil. Bentuk tulang pengumpil yang semakin ke bawah semakin membesar justru mendukung sendi pergelangan tangan kita.

Baca juga: Kenali Apa Itu TBC Tulang Disini!

Gimana, sekarang udah tau kan apa fungsi tulang pengumpil yang membedakannya dengan tulang hasta. Jadi, nggak boleh sampai salah mengenali tulang hasta dan tulang pengumpil lagi ya!

Menjaga Kesehatan Tulang Hasta dan Tulang Pengumpil

Gangguan Kesehatan Tulang

Tulang hasta dan tulang pengumpil memang menyimpan protein dan mineral di dalamnya. Tapi, pada suatu kondisi, cadangan protein dan mineral dalam tulang hasta dan tulang pengumpil dapat berkurang. Terutama apabila kita kurang mencukupi asupan protein dan mineral bagi tubuh kita.

Pola makan yang buruk juga dapat menyebabkan defisiensi protein dan mineral. Akibatnya akan menimbulkan masalah kesehatan pada tulang hasta dan tulang pengumpil. Adapun beberapa gangguan pada tulang hasta dan tulang pengumpil yang paling sering terjadi sebagai berikut:

  • Otot tulang menjadi lemah, misalnya ketika tangan mengangkat beban yang cukup berat.
  • Sendi kaku dan nyeri, terutama pada sendi siku dan pergelangan.
  • Patah tulang, paling sering diakibatkan oleh cedera
  • Deformitas, terutama apabila tulang hasta dan tulang pengumpil kekurangan kalsium.
  • Osteoporosis, menyebabkan tulang keropos karena menurunnya kepadatan tulang. 
  • Dan lainnya!

Yuk, penuhi kebutuhan protein dan mineral bagi tulang hasta dan tulang pengumpil. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan kaya akan protein dan mineral, seperti ikan, sayur brokoli, dan susu. Dengan begitu, gangguan kesehatan seperti di atas dapat dicegah dan tidak akan mengganggu aktivitas kita!

Nah, itulah fungsi tulang hasta yang nggak boleh kita lewatkan, guys! Selain menjaga kesehatan tulang, jangan lupa proteksi diri kita secara menyeluruh, salah satunya melalui asuransi kesehatan. Kamu bisa pilih Super Easy Health dari Super You dengan berbagai manfaatnya, premi mulai setara Rp4.500 aja kok!

Artikel Terkait